Rekomendasi Liburan Keluarga di Lembang Bandung

Bandung memang memiliki sejuta daya tarik mulai dari kuliner, tempat hangout hingga destinasi wisata. Tak heran banyak warga Jakarta khususnya berbondong-bondong ke Bandung saat akhir pekan. Saya salah satunya 😁
 
Wajah kota Bandung kini semakin cantik dan ikonik, terlebih lagi kini setiap sudut kota dipercantik oleh lukisan mural, yaitu seni gambar yang memanfaatkan area-area publik sebagai kanvasnya. Contohnya seperti di flyover Antapani, Kampung Cibunut, Taman Cikapundung atau di Terminal Leuwipanjang.
 
Pasca pandemi saya lebih memilih destinasi wisata atau tempat hangout yang menyediakan area outdoor yang luas. Terlebih lagi, liburan kali ini semacam family trip date bersama keluarga sahabat saya. Jadi, kami mencari destinasi yang tentunya ramah anak sekaligus juga bisa memuaskan hasrat saya dan bestie sebagai konten kreator untuk foto-foto dan shoot video. 
spot-foto-orchid-forest-cikole
Salah satu spot instagramable di Orchid Forest Cikole

Liburan di Orchid Forest Cikole

Awalnya, agak ragu sih jangan-jangan ini destinasi wisata yang cocok buat oma-oma kalau kata bestie saya. Tapi, saya tetap pede karena sudah mengintip instagram @orchidforestcikole terlebih dahulu dan banyak spot foto instagramable kok. Plus banyak spot-spot destinasi atau wahana untuk anak bermain juga.

Orchid Forest Cikole merupakan tempat wisata hutan pinus sekaligus taman konservasi anggrek terbesar di Indonesia seluas 12 hektar di kawasan Lembang, Bandung. Kami membeli tiket on the spot di gerbang masuk kawasan Orchid Forest Cikole, berikut rinciannya;
  • Tiket masuk wisatawan lokal Rp40.000,- (anak di atas 3 tahun wajib membeli tiket + asuransi Perhutani
  • Tiket masuk wisatawan mancanegara Rp100.000,- + asuransi Perhutani
  • Untuk biaya asuransi wajib Perhutani, Rp7.500,-/orang untuk hari biasa dan Rp10.000,-/orang saat hari libur dan akhir pekan
Terrace Paphio di Orchid Forest Cikole
 
Untuk pembayaran tiket masuk ini masih pakai sistem tunai ya, semoga sih ke depannya tersedia pilihan pembayaran non tunai biar lebih praktis dan lebih cepat. Buat yang tertarik untuk berkunjung ke Orchid Forest Cikole, perhatikan jam operasionalnya ya karena berbeda nih antara weekdays dengan weekend. Check it out;
  • Hari biasa (weekdays): 09.00-18.00 WIB
  • Hari libur/akhir pekan (weekend): 08.00-19.00 WIB
Selain menikmati sejuknya udara dan hijaunya hutan pinus, ada beberapa wahana di kawasan Orchid Forest Cikole yang bisa kita jajal nih. Oh ya, untuk setiap wahana ada tambahan biaya ya, tapi masih terjangkau kok antara Rp10.000-Rp25.000 aja. Sebagai emak-emak, ini bikin bahagia sih karena biasanya kan wahana di tempat wisata tuh kadang harganya suka didongkrak.
Bermain bersama kelinci di Rabbit Forest

Rabbit Forest

Anak-anak langsung dong request untuk ke wahana ini, dan begitu tahu masuknya gratis langsung approve gak pake lama hahaha. Saat kami berkunjung ke wahana ini, kayanya kelinci-kelincinya baru saja diberi makan. Biasanya kita bisa membeli sayur-sayuran hijau dan wortel untuk diberikan kepada kelinci-kelinci di Rabbit Forest.
Kelinci kesayangan saya 😘
Kelinci-kelincinya juga jinak jadi anak-anak bisa mengelus-elus atau menggendongnya. Jangan lupa cuci tangan ya setelah bermain di Rabbit Forest, ada wastafel dan toilet kok dekat lokasinya. 
Salah satu court putt-putt golf yang menantang

Putt-putt Golf 

Wahana yang satu ini bisa jadi permainan seru buat bareng bestie atau keluarga. Jadi, kita bisa bermain bergantian dengan sahabat/keluarga di 14 hole yang menantang. Harga tiket wahana ini juga sangat terjangkau loh, cukup merogoh kocek Rp10.000,- per orang, kita sudah mendapat satu bola dan stik putt-putt golf. Let's play!

Pet Venture

Buat kamu pemilik hewan peliharaan, kamu bisa berkunjung ke wahana pet venture dimana ada staf ahli yang bisa membantu mengawasi dan melatih hewan-hewan peliharaan milikmu bermain dan berlatih ketanngkasan di wahana ini. Harga tiketnya mulai dari Rp75.000,- ya.

Orchid Castle

Wahana permainan anak dengan ayunan, perosotan dan jembatan untuk area bermain anak. Tapi, karena anak saya sudah 10 tahun dia sudah kurang tertarik dengan wahana ini sih, katanya ini sih buat bocil. Haha, bocil teriak bocil. Harga tiket wahana Orchid Castle ini adalah Rp40.000,- 
Serunya menguji nyali di woodbridge

Woodbridge

Duh, maaf pemirsa kalau inget ini pengen ketawa dulu. Jadi kan ya, alasan saya pilih destinasi wisata ke Orchid Forest Cikole tuh karena kok ya di foto-foto instagram kece badai banget foto di woodbridge ini.

Tapi ya, memang hukumnya di dunia ini tuh, harus ada pengorbanan untuk mendapatkan hal yang baik. Ternyata oh ternyata, si woodbridge ini lumayan agak tinggi dari permukaan tanah. Jadi, wahana ini tuh jembatan gantung kayu antara satu pohon ke pohon lainnya dan diujung jembatan kita bisa menaiki wahana flying fox menuju ke bawah ke arah pintu keluar.
Wahana flying fox di woodbridge
Alhasil, bukannya berpose-pose kece instagramable, saya dan bestie saja berjalan selangkah demi selangkah berusaha mengalahkan ketakutan kami terhadap ketinggian. Plus, ngeri-ngeri sedap juga megangin HP biar gak jatuh or nyelip diantara celah kayu. Lihat aja videonya deh!

Next, pastinya masih pengen eksplor Bandung dengan berbagai spot ikoniknya. Ada yang bisikin rekomendasi katanya harus coba juga tuh menginap di hotel yang terkenal dengan dekorasi doodle di berbagai areanya. Ada yang tahu dimana? Happy weekend dan see you around di sesi travelling berikutnya 😎

12 komentar

  1. Di Bandung memang banyak tempat wisata yang bisa dipilih yaa. Ahh jadi kangen Bandung, kapan bisa balik ke sana lagi yaa?

    BalasHapus
  2. saya tau nih sewaktu pembukaan Orchid Forest Cikole ,
    tapi ditunda terus mau ke sana, hehehe mentang2 deket ya?
    walau gak deket juga, lalin sana kan macet berat

    BalasHapus
  3. di Orchid Castle itu kayaknya menarik ya, jadi pengen liburan di sana, kapan ya bisa ke Bandung, udah belasan tahun sejak terakhir kali ke sana.
    Sekarang mah enak banget, udah banyak tempat-tempat yang bisa dituju :D

    BalasHapus
  4. Lembang memang top deh. Selalu menyenangkan bisa main ke area ini. Wisata kulinernya juga enak-enak ya Mbak. Saya loh dah lama banget ke Orchid Foreset Cikole dan Woodbridge itu. Terakhir main ke Lembang tuh hujan deras hampir sehari penuh. Jadi batal deh mau kedua tempat ini. Next plan deh.

    BalasHapus
  5. Duh...aku yang tinggal di Bandung jagi pengen nih wisata ke Lembang. Udah lama banget engga liburan bareng keluarga. Makasih nih info spot-spot wisatanya...

    BalasHapus
  6. Jadi pengen ke Orchid Forest ini klo ke Bandung lagi
    Apa lagi termasuk afforable lah ya harganya
    Masukin wish list!

    BalasHapus
  7. Kayaknya kalau pas di woodbridge daku bakalan pegangan melulu dah, Teh hahaha.. walau sih penasaran pastinya pengen menyelesaikan sampai ujung, apalagi pepotoan di sana juga cakep

    BalasHapus
  8. Beberapa kali lewat menuju Lembang tapi belum sempet singgah ke orchid ini. Pernah udah sampe ke loket, tapi putar balik karna waktu itu gerimis.

    Nampaknya kalau ada kesempatan kesana lagi harus singgah deh ini....

    BalasHapus
  9. Wah ... explore bandung nya keren sekali lokasinya, enak dong ... kalo punya lokasi keluarag dilembang jadi liburannya bisa puas

    BalasHapus
  10. Lembang emang g ada matinya
    Pusat wisata keluarga yang asik
    Aku pernah ke Lembang, waktu itu baru sempat berkunjung ke floating market dan boscha saja

    BalasHapus
  11. Uda di spill sama kak Shynta nih kalau ke Bandung terutama ke Orchid Forest Cikole kudu pake baju yang sesuai yaa.. Karena wahana nya banyak dan biar dapet foto yang instagrammable and slay... HIhi...kebayang gimana deg-degannya sih kalo jalan di woodbridge.
    Rasanya getarannya bikin heboh...

    BalasHapus
  12. Nah kebetulan minggu depan mau ke Lembang semoga cukup waktu mampir ke Orchid Foreset Cikole dan Woodbridge dari cerita ini kayaknya seru banget ya jadi kepo pengen segera main di sana

    BalasHapus