TIPS MEMERIKSA KONDISI MESIN MOBIL DAIHATSU BEKAS SEBELUM MEMBELINYA

Kalau soal merek mobil dari dulu keluarga saya memilih dan menggunakan merek Daihatsu. Meskipun berganti-ganti tipenya, tetap sulit untuk pindah ke lain hati. Dimulai dengan membeli mobil Daihatsu Zebra Espass di tahun 1996, ayah saya menggunakan mobil Espass untuk keperluan pekerjaan. Mobil Espass dipilih karena memiliki mesin di atas 1.300 cc, lengkap dengan akselerasi mesin 1.6 karbu, lumayan enak untuk diajak ngebut kemana-mana.
Mau beli mobil Daihatsu bekas? Cek kondisi mesinnya ya

Setelah 5 tahunan menggunakan Daihatsu Zebra Espass, ayah saya mengupgrade dengan menjual Espass dan mengganti dengan tipe Taruna, tipe C-Series. Saya ingat waktu itu Daihatsu Taruna baru launching di tahun 1999, walaupun menunggu 1 tahun dan kami baru memilikinya di tahun 2000. Pada saat itu mobil Taruna sangat populer, karena kapasitas 5 orang penumpang dengan mesin di atas 1.500 cc. Taruna juga dikenal dengan julukan Terios generasi pertama, meskipun belum memiliki seat belt bangku belakang dan Airbag namun kami nyaman-nyaman aja, kami menggunakannya lebih dari 5 tahun.

Gonta ganti mobil belum sampai disini, setelah 5 tahun menggunakan Taruna, ayah saya melirik Terios, mobil yang diproduksi Daihatsu dengan konsep city suv. Kami mulai memiliki Terios standar, di tahun 2007. Meskipun mobil yang dibeli adalah mobil bekas, namun kondisinya masih sangat baik. Terios dapat menampung 7 penumpang dewasa dan sangat cocok digunakan untuk jalan kota. Kami sering bepergian sampai ke Sumedang, kampung ibu saya.

Seperti judul lagu Band Kotak, “selalu cinta..” di tahun 2018, ayah mengupgrade Terios standarnya, dengan Terios TX Adventure 1.5L MT warna hitam. Kesan pertama yang dilihat, mobilnya sangat garang dan gagah. TX Adventure hadir dengan desain yang lebih sporty dan modern, sisi depan TX Adventure dilengkapi dengan desain grill yang lebih mencolok serta lampu utama yang lebih tajam. Terios TX Adventure juga dilengkapi dengan ban berukuran lebih besar dan desain yang lebih cocok untuk aktivitas off-road dengan menggunakan mesin 1.5L dengan tenaga lebih besar. Saking kecenya, hingga saat ini Ayah saya belum mengganti mobil. Masih setia dengan kesayangannya si Hitam nan macho Terios TX Adventure.
Daihatsu, brand favorit keluarga saya

Kami sekeluarga udah gak mau pindah ke lain hati, dan setia dengan merek mobil Daihatsu. Sangat kenal luar dalam, kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu. Kalau boleh saya spill sedikit, ada banyak kelebihan menggunakan dan memiliki mobil merek Daihatsu. Mobil produksi dari negeri sakura Jepang, sangat cocok dan pas dimiliki. Daihatsu telah melampaui ekspektasi dengan menghadirkan mobil-mobil yang unggul dalam berbagai aspek.

Setelah mengetahui banyak keunggulan dari merek Daihatsu, makin pengen punya mobil merk Daihatsu kan? Pokoknya gak menyesal untuk membeli mobil Daihatsu. Tapi, kalau budget masih terbatas gak ada salahnya loh untuk beli mobil Daihatsu bekas.

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Mobil Daihatsu Bekas

Bagi kamu yang ingin membeli mobil Daihatsu bekas, berikut saya berikan tips memeriksa kondisi mesin mobil Daihatsu bekas sebelum membelinya. Tips ini langsung dari ayah saya, yang memiliki pengalaman puluhan tahun memiliki mobil merk Daihatsu dengan berbagai tipe.
  • Kap Mesin
Pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa bagian dalam kap mesin mobil. Cek jika ada bekas penyok atau karat. Kedua tanda tersebut dapat menjelaskan mobil rajin dirawat atau tidak. Kemudian, cek label nomor rangka mobil masih dapat terbaca dengan jelas atau tidak, karena nomor rangka jadi sangat penting dan akan digunakan untuk balik nama mobil atau mengurus Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).
  • Selang, Kabel dan Sabuk
Kedua, kamu harus memeriksa kondisi selang, kabel dan sabuk yang tidak berlubang. Mobil yang prima, ditandai dengan ketiga part tersebut masih dalam kondisi baik, tidak berlubang, rapuh dan lunak.
  • Cek blok mesin
Ketiga, dengan melakukan pemeriksaan di bagian blok mesin. Jangan sampai bagian ini karatan, bocor bahkan korosi. Jika ada noda oli berwarna coklat tua, maka itu menandakan adanya kebocoran yang mungkin butuh biaya reparasi besar di masa mendatang. Minyak rem dan reservoirnya juga tak kalah penting. Berbagai sabuk-sabuk penghubung bagian mesin juga harus terlihat seperti baru. Tidak ada retak bahkan terlihat kering.
Wajib dicek saat beli mobil daihatsu bekas
  • Tutup oli mesin
Keempat, cek dan buka tutup oli mesin. Jika terlihat ada bekas buih pada bagian dalam, itu menandakan ada kebocoran pada gasket kepala silinder. Kemudian, Periksa juga kondisi cairan pendingin radiator pada reservoirnya. Cairan berwarna coklat cenderung kotor bisa jadi pertanda kalau mobil ini jarang diservis.
  • Pengukur oli transmisi
Kelima, silahkan membuka tutup oli transmisi. Mobil bekas dalam keadaan baik,ditandai dengan tidak adanya bau seperti hangus yang tercium. Kemudian, oli transmisi juga harus berwarna pink, lebih gelap dan tidak berbau gosong. Kondisi oli yang prima juga menandakan kalau mobil ini sering diservis.
  • Timing belt dan timing chain
Ke-enam, kamu harus memeriksa kondisi timing beltnya. Ini menjadi salah satu bagian yang kalau rusak harga gantinya cukup mahal. Atau jika tidak ada timing belt, periksa bagian timing chain.

Selain cek mesin, sebelum membeli mobil bekas kamu juga harus memeriksa kondisi fisik mobil. Lihat bagian body mobil secara keseluruhan, cek bagasi mobil, periksa besi rangka yang menghubungkan spakbor kanan dan kiri yang menjadi dudukan radiator, dan periksa bagian bawah mobil.

Lengkap kan?! Pakai mobil merek Daihatsu gak akan pernah nyesel. Karena dimensi, performa mesin, sampai fitur-fitur yang dibenamkan sengaja untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang. Nah untuk itu, aku mau rekomendasikan platform jual beli mobil bekas yang terpercaya, yaitu Caroline.id.

Berburu Mobil Daihatsu Bekas di Caroline.id

Sebagai platform jual beli mobil baru dan bekas yang memberikan garansi 7G+, Caroline.id punya 4 layanan utama yaitu jual, beli dan tukar tambah dengan cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

1. Layanan Jual.

Platform ini menawarkan penawaran harga yang terbaik. Bagi pengguna yang ingin menjual mobilnya, akan dilakukan proses pengecekan kendaraan selama 30 menit, lalu dilanjutkan transaksi jika terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli. Dan, gak pakai lama dana pun akan ditransfer ke penjual dalam waktu kurang dari 1 jam.

2. Layanan Beli Mobil Bekas dan Mobil Baru.

Untuk konsumen yang mencari mobil bekas berkualitas, Caroline memberikan garansi mesin dan transmisi selama 5 tahun serta jaminan 5 hari uang kembali. Bagi yang mau beli mobil baru, platform ini juga menawarkan mobil-mobil baru dari dealer resmi dengan harga bersaing.
Platform Caroline.id untuk jual beli mobil bekas berkualitas


3. Layanan Pre-Order.

Sebagai pembeli mobil bekas, terkadang kita harus pasrah memilih stok yang ada, dari varian, warna dan transmisinya. Tapi, gak akan begini ceritanya kalau beli mobil bekas di Caroline dengan layanan pre-order.

Ada 3 fitur utama di layanan pre-order ini, yaitu;
  • Personalisasi Permintaan dimana konsumen akan terbantu dalam menemukan mobil impian sesuai dengan merk, varian, warna dan transmisi yang diinginkan.
  • Jaminan Ketersediaan Mobil. Gak perlu buang waktu dan tenaga, karena Caroline memberikan jaminan ketersediaan mobil yang diinginkan dapat terpenuhi maksimal H+7 sejak informasi diterima.
  • Bebas Biaya. Layanan pre-order ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.
4. Layanan Tukar Tambah.

Caroline memberikan kemudahan untuk konsumen yang ingin mengupgrade kendaraannya, tak perlu ke dealer, cukup via platform ini saja. Praktis!

Garansi 7G+ Hanya di Caroline

Caroline memberikan jaminan kualitas dan kepastian keamanan dengan Garansi 7G+ untuk para konsumennya. Apa saja sih garansinya, yuk kita bahas satu per satu:

Garansi Mesin. Garansi sesuai dokumen yang menunjukkan bahwa mesin tidak diganti. Diantaranya seperti camshaft intake, valve spring, oil pump, crankshaft, intake manifold, oxygen sensor, electronic control unit, dan lain-lain.

Garansi Transmisi. Garansi transmisi selama 1 tahun yang dapat diklaim jika terjadi kendala. Mencakup Input Shaft, Torque Converter, Gear Oil Pump, Mechatronic, Manual Linkage, Output Shaft, Clutch Hub, dan lain-lain.

Garansi AC. Garansi AC selama 1 tahun yang dapat diklaim secara gratis. Komponen AC yang dilindungi oleh Caroline.id, seperti AC Compressor, AC Condenser, AC Control Unit, Motor Flap, dan lain-lain.

Garansi Rem. Garansi untuk berbagai komponen rem seperti Brake Caliper Assy, Brake Master Cylinder, ABS Control Unit, dan lain-lain.

Garansi Electrical. Garansi untuk bagian kelistrikan mobil diantaranya Door Mirror Assy, P/W Switch, Speaker, Combination Switch, Wiper Motor, dan lain-lain.

Garansi Penggerak. Perlindungan selama satu tahun untuk komponen penggerak yang terdiri dari Coil Spring, Suspension Arm, Suspension Rod, Stabilizer Bush, Ball Joint, dan lain-lain.

Garansi Kemudi. Garansi perbaikan untuk bagian kemudi seperti P/S Pump, Steering Gear Box Assy, Steering Shaft, Tie Rod, Rack Boots, dan lain-lain.

Garansi Buyback. Melalui inspeksi 150 titik yang dilakukan oleh tim profesional, Caroline.id menjamin seluruh unit yang dijual terbebas dari indikasi kecelakaan besar, kebanjiran, manipulasi odometer, dokumen kendaraan palsu, manipulasi nomor mesin dan nomor rangka kendaraan.
Keunggulan mobil Daihatsu

Nah, yang paling menariknya, jika kendaraan yang kita beli terbukti mengalami salah dari 6 indikasi tersebut maka Caroline.id akan bertanggung jawab dengan memberikan garansi buyback sehingga pelanggan akan mendapatkan uangnya kembali secara penuh.

Selain itu, Caroline juga memastikan mobil yang kita beli telah melewati inspeksi mendalam dan sudah dilakukan proses servis berupa penggantian oli dan filter oli. Jadi, benar-benar siap pakai loh.

Daftar Cabang Caroline di Indonesia

Tertarik untuk jual beli mobil di Caroline? Saat ini Caroline sudah memiliki beberapa cabang di sejumlah kota besar di Indonesia. Simak daftarnya berikut ini.
  1. Caroline.id Pondok Pinang
  2. Caroline.id Bekasi
  3. Caroline.id Gading Serpong
  4. Caroline.id Depok
  5. Caroline.id Bekasi 2
  6. Caroline.id Tajur
  7. Caroline.id Cinere
  8. Caroline.id Cimahi
  9. Caroline.id Ciledug
So, dengan layanan yang bagus banget dan garansinya yang super lengkap, makin yakin kan untuk jual beli mobil di Caroline.id. Jadi mau beli mobil Daihatsu tipe apa nih? Share di kolom komentar ya.

11 komentar

  1. Kapan nih Caroline ekspansi ke Jawa Timur ya. Dengan layanan sebagus ini, pasti deh di Jawa Timur juga bakal banyak yang mempercayakan ke Caroline kalau urusan membeli mobil bekas.

    Saya juga pakai Daihatsu mbak, tapi versi pick up. Soalnya buat urusan kerjaan angkut-angkut barang

    BalasHapus
  2. Kalau emang sudah cocok sama satu merk biasanya beli lagi pun bakalan dari merk yang sama. Kayak lebih mudah memahami kendaraannya. Kayak suamiku juga gitu, kalaupun nantinya ganti mobil, kepinginnya dari merk mobil yang sama dengan yang ada sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samma nih Mbak. Kami udah cocok juga sama merek Daihatsu deh. Dari mulai Daihatsu Hijet 1000 deh. Haha...jadul banget. Nah, kalau mau cari brand ini udah aja ke Caroline.id, bisa scroll dan pilih mobil bekas berkualitas deh...

      Hapus
  3. Ternyata Caroline udah banyak cabangnya. Saya kurang mengerti tentang mesin mobil. Makanya kalau beli mobil bekas memang enaknya ke tempat yang udah terpercaya. Di Caroline ini tentu menjual mobil bekas dengan kualitas baik, ya.

    BalasHapus
  4. Bantuan professional memang dibutuhkan saat kita tidak (begitu) paham akan sesuatu. Salah satunya adalah saat membeli mobil bekas. Tak semua orang paham mesin dan kondisi kendaraan second. Apalagi jika bisa menikmati berderet jaminan dari pelayanan jasa seperti Caroline.id ini. Lengkap dan bikin hati tentram. Membeli mobil bekas jadi tak ragu lagi.

    BalasHapus
  5. Jarang2 loh sorum mobil bekas ngasi garansi sebanyak ini. Caroline.id keren, nih
    Jadi kalo konsumen dapet zonk, ada pengaduan dan garansinya juga.
    Tapi begitupun beli mobil bekas kudu detail dan teliti, kalo perlu bawa montir biar cek riceknya bener

    BalasHapus
  6. Membeli mobil bekas memang banyak hal yang perlu diperhatikan. Cek kondisi mesin yang utama. Udah gitu milih platform jual beli mobil bekas yang terpercaya seperti Caroline.id juga penting biar nggak asal plilih soalnya udah ad garansi 7G

    BalasHapus
  7. Untuk yang gak paham otomotif, aspek-aspek yang harus dicek dan diperhatikan banyak banget. Bacanya sambil angguk-angguk biar nanti ada kesempatan mau beli bisa dicek saksama. Nah enaknya lagi ada Caroline ya, ngebantu banget kalo mau jual beli kendaraan. Garansinya banyaaak dan sangat membantu penggunanya.

    BalasHapus
  8. Caroline .id emang solutif ya?
    Tahu banget bahwa gak semua pemilik kendaraan tuh paham akan kendaraannya
    Karena itu disediakan fasilitas 7 G yang menjamin pembelian kendaraan, terlebih kendaraan bekas, agar konsumen tenang

    BalasHapus
  9. Kalau saja di Cianjur Selatan sudah ada cabang caroline.id pasti makin mudah nih untuk buka usaha jual beli kendaraan. Gak takut ketipu secara caroline.id terkenal kredibilitasnya ya

    BalasHapus
  10. wih jaminan garansi di Caroline.id ini lengkap juga ya, mulai dari garansi mesin, garansi tranmisi hingga garansi buyback juga tersedia. Customer jadi ga ragu lagi kalo mau cari mobil bekas yang terjamin.

    BalasHapus