Dunia Paralel dalam Drakor The King: Eternal Monarch

Jujur, awalnya sih aku pilih drama korea yang satu ini di Netflix hanya berdasarkan pemainnya ada Lee Min Ho dan Kim Go Eun yang familiar menurutku. Dan semakin ragu sih karena kok settingnya kaya jaman kerajaan ya, karena aku tuh kurang suka drakor tema kerajaan.

Tapi, drakor yang satu ini unik banget, karena mencampurkan beberapa genre sekaligus, ada romance, ada fantasy, ada mystery, ada science fiction dan pastinya drama. Karena biasalah alur cerita kerajaan, pastilah tentang perebutan tahta ya kan?

Ternyata oh ternyata, drakor yang satu ini banyak menuai kritikan dan sejumlah kontroversi loh. Apa aja sih? Nanti, kita bahas yaa di penghujung tulisan ini 😊 Oiya, kalo mau nonton seri drakor ini, aku saranin sih pay attention sama prolog, dialog dan scene-nya, kalo gak kamu bisa kebingungan.
review drakor the king eternal monarch
The King: Eternal Monarch (source: instagram @sbsdrama.official)

Sinopsis The King: Eternal Monarch

Cerita dimulai dengan kisah legenda Manpasikjeok, sebuah benda keramat milik Kerajaan Corea. Seruling bambu ini dipercaya dapat membawa banyak kebaikan jika berada di tangan yang benar. Sementara, bagi orang-orang tertentu, Manpasikjeok ini dipercaya sebagai alat untuk menguasai dunia.

Di adegan pertama, kita akan dibuat bingung dan menebak-nebak Lee Lim yang tengah diinterogasi oleh 2 detektif, Jung Tae Eul (Kim Go Eun) dan Kang Shin Jae. Lalu,setting pun flashback ke setting kerajaan Corea, dimana Lee Lim melakukan kudeta dan membunuh raja Kerajaan Corea yang merupakan saudara tirinya.
review drakor the king eternal monarch
Si Om Jahat, Lee Lim
(source: instagram @sbsdrama.official)

Lee Gon (Lee Min Ho) kecil menyaksikan pamannya membunuh ayahnya. Ia berusaha menyerang Lee Lim yang akan merebut Manpasikjeok. Ia berhasil melukai pamannya dan membelah Manpasikjeok menjadi 2 bagian.

Tiba-tiba, datang sosok misterius berpakaian casual serba hitam membantu Lee Gon kecil yang sudah terluka. Sosok misterius tersebut menjatuhkan sebuah kartu tanda pengenal kepolisian. Waktu berlalu dan Lee Gon pun tumbuh dewasa dengan niat mencari sosok misterius tersebut sekaligus menghentikan kejahatan Lee Lim.

Lee Lim berhasil kabur dan dengan kekuatan Manpasikjeok, ia berhasil membuka portal menuju sebuah dunia paralel. Disinilah uniknya ide drakor ini menurutku! Memasukkan unsur teori fisika kuantum tentang dunia paralel.

Di dunia paralel tersebut, Lee Lim mulai melakukan kejahatannya. Pertama-tama, ia membunuh sosok dirinya di dunia tersebut yang lumpuh dan tak berdaya. Ia pun merekrut para pengikut setianya dan melakukan hal yang sama.

Lee Lim dan pasukannya membunuh versi diri mereka di dunia tersebut dan mencuri identitas mereka. Sementara, Lee Gon yang masih berada di Kerajaan Corea mulai bersiap untuk memburu pamannya ke dunia paralel di Republik Korea Selatan.


review drakor the king eternal monarch
Momen Pertemuan Lee Gon & Tae Eul
(source: instagram @sbsdrama.official)

Kehadiran Lee Gon di dunia paralel Republik Korea Selatan membuat kehebohan karena ditengah keramaian kota, ia muncul dengan jas kerajaan mewah dan sebuah kuda putih. Disinilah, ia pertama kali bertemu dengan sosok Jung Tae Eul.

Ketua pengawal istana Kerajaan Corea, Jo Yeong pun mencurigai gerak-gerik Lee Gon. Awalnya, ia tidak mempercayai tentang dunia paralel yang diceritakan oleh Lee Gon. Sampai akhirnya mereka pergi bersama ke Republik Korea Selatan.

Seharusnya, setiap orang memiliki versi diri mereka sendiri di setiap dunia paralel. Disini, kita mulai meraba-raba teka-tekinya, kenapa Lee Gon tidak memiliki versi dirinya. Lalu, kita juga diajak menebak-nebak kembali saat adegan Luna (Kim Go Eun) berpura-pura menjadi Jung Tae Eul.

Ternyata, semakin sering Lee Gon dan Lee Lim bolak-balik di antara dua dunia paralel tersebut, hal itu akan mempengaruhi perputaran waktu. Keduanya, sama-sama mempelajari dan mengamati pertanda ketika salah satu dari mereka berada di dunia yang sama.

Oh ya, khas ala drama buatan Kim Eun Seok, kita akan disuguhi dengan bromance antara Lee Gon (Lee Min Hoo) dan Joo Yeung (Woo Do Hwan). Seperti momen heroik saat Jo Yeung terluka karena melindungi Lee Gon.


review drakor the king eternal monarch
Adegan Lee Gon menolong Tae Eul
(source: instagram @sbsdrama.official)


Momen romantis antara Lee Gon dan Tae Eul pun gak kalah syahdu. Seperti saat Tae Eul terluka parah karena dikejar oleh Lee Lim dan pasukannya. Romantis ala korea banget deh, Lee Gon dengan gagah datang menolong Tae Eul.

Dan, puncaknya adalah saat Lee Lim datang kembali ke momen saat kudetanya gagal. Ia bahkan membunuh versi dirinya sendiri di masa tersebut karena membuatnya gagal. Jahat maksimal memang si om Lee Lim ini!

Lee Gon dan Lee Lim pun akhirnya bertemu di portal diantara 2 dunia paralel. Dan pastinya dong Lee Gon berhasil mengalahkan si paman jahatnya itu.

Happy ending banget kan ya? Eits, belum dong Ferguso! Karena si Lee Gon terjebak di portal tersebut. Dan dia harus mencoba kembali ke masa yang tepat dimana Tae Eul berada.

Apakah akhirnya Lee Gon bisa kembali bertemu dan bersama dengan Tae Eul? Mending kalian nonton sendiri deh biar gak penasaran πŸ˜„

Kontroversinya The King: Eternal Monarch

Ternyata di Korea Selatan, drakor ini justru ratingnya jelek dan banyak mendapatkan kritikan dari para pengamat maupun netizen. Mulai dari kostum, kebenaran sejarahnya sampai para pemainnya. Apa aja sih kontroversinya?

Kostum Kekaisaran Lee Gon

Para kritikus menilai drakor ini tidak tepat menampilkan sejarah Korea walaupun film ini fiksi. Kostum kekaisaran bermotif Naga dengan Mahkota yang dikenakan Lee Gon ternyata berasal dari 2 masa kekaisaran yang berbeda.

Kalo menurutku, namanya juga fiksi kan, dan nama kerajaannya pun diplesetkan menjadi Kerajaan Corea.

Pemilihan Kim Go Eun sebagai Pemeran Utama Wanita

Netizen banyak mengkritik mengenai pemilihan Kim Go Eun sebagai Jung Tae Eul yang dinilai tidak pas disandingkan dengan Lee Min Ho. Dan, alur ceritanya diceritakan bahwa Lee Gon, terlalu cepat jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Tae Eul.

Untuk masalah alur cerita, setuju sih, jujur banyak bagian yang aku skip atau forward karena alurnya terlalu lamban dan bertele-tele.Selain itu, banyak juga yang mengkritik adegan ciuman yang kaku antara Min Ho dan Go Eun.

Well, menurutku memang adegan ciuman Korea ya begitu kan hihi πŸ™ˆ

Skandal Perselingkuhan Salah Seorang Pemain Wanitanya

Saat ditayangkannya drakor ini, beredar juga skandal perselingkuhan Jung Eun Cha dengan seorang musisi. Padahal kejadiannya sudah terjadi 10 tahun yang lalu.

Well, menurutku sih ini bagian dari publikasi sih untuk mendongkrak rating drakor ini.

Alur Cerita Yang Rumit

Mungkin kebanyakan netizen atau penonton drakor ini berharap alur ceritanya gak serumit ini. Tapi, justru ini yang menurutku bikin penasaran. Di setiap akhir episode, kita akan disuguhi spoiler atau adegan petunjuk. Yang pastinya, sukses bikin pengen lanjut nonton episode selanjutnya.

Kita memang diajak untuk menyimak episode demi episode dan merangkainya untuk menemukan jawaban dari alur cerita yang rumit dan njelimet ini. And it was fun for me though! Kembali ke selera masing-masing sih ya.

Overall, aku sih suka ya, di drakor ini sukses bikin aku jadi jatuh cinta sama pesonanya Lee Min Ho lagi. Tapi, drakor ini juga banyak adegan kekerasan dan berdarah-darah ya. Jadi, pas nonton nanti jangan kaget ya!

62 komentar

  1. gak mau baca, maunya nonton langsung...hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk, aku temenin
      Dan sepanjang nonton saya bakalan bocorin ceritanya, hihihi

      Hapus
    2. Waduw ini mah bahaya banget atuh pas lagi nonton langsung dibocorin ceritanya. Hihihi. Btw aku jujur belum nonton, bwlum tertarik tepatnya. Habis kayaknya ceritanya ribet.

      Hapus
  2. Aku gemes waktu nontin on going drakor The King Eternal Monarch ini mbak. Meskipun gak bisa sama-sama terus di akhir tapi setidaknya mereka masih bisa ketemu ya, cukup buat aku hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komen Lidya jadi bikin saya makin penasaran ma jalan cerita. Gak bisa terus bersama, tetapi masih bisa ketemu. Ini yang bikin penasaran :)

      Hapus
  3. Adegan berdarah ini yang bikin takut nonton...gak tega banget lihat darah, bahkan saya sampe terbayang-bayang kalau nonton drakor dengan adegan kekerasan. Tapi sepertinya nih drakor seru juga kalau ditonton, kisah yang ditampilkan begitu rumit membuat penontonnya penasaran ingin nonton sampai endingnya.

    BalasHapus
  4. Kalo pas nonton, adegan berdarah-darahnya di skip, tetep nyambung gak sih mba? Hihi..

    BalasHapus
  5. waaah waaah... ini seru pisan ya mba. Aku baca reviewnya udah terbayang seperti apa. Selamat menikmati drama seri favoritnya

    BalasHapus
  6. wah seru banget kayaknya ya dunia paralel. Aku jadi pengen nonton deh baca sinopsinya. makasih rekomendasinya yaa

    BalasHapus
  7. aku nonton ini puyeng sendiri mbak hahaa tapi karena dah kadung nonton ya wes di selesaikan saja

    BalasHapus
  8. Aq nonton ini jujur aja puyeng sama jalam ceritanya. Jadi aku stop aja di episode dua dan masih belum lanjut lagi

    BalasHapus
  9. king sudah aku masukin plylist di netflix. jadi makin pengen cepet2 nontonnyaa.

    BalasHapus
  10. di tiap akhir episode ada petunjuknya ya Mbak? macam drakor War of the Marriage itu ya.
    jadi orang penasaran sambil menerka-nerka ya.
    nonton gak ya ini? tapi kayaknya lagi banyak yg nonton ini juga ya.

    BalasHapus
  11. duh kan jadi penasaran ya pengen nonton the king eternal monarch
    soalnya ini viral kan
    ditunggu-tunggu banget waktu itu

    BalasHapus
  12. Saya hampir tidak pernah nonton dramanya Lee Min Hoo mbak, tapi begitu rame Eternal Monarch yang masih on going, saya iseng lihat drama2 Lee Min Hoo yang sudah tayang sebelumnya. Dan ternyata actingnya nggak banget, malah terkesan jual tampang doang wkwk.. (maaf ya fansnya LMHπŸ˜‚). Jadi sampai sekarang ya belum ingin nonton drama ini😁

    Daan, si Om jahat itu mainnya kok konsisten sih jahatnya. Di drama The K2 juga perannya si Om jadi penjahatπŸ˜†

    BalasHapus
  13. Meski blm pernah nonton, serasa udah dapat gambaran banyak nih terkait jalan ceritanya. Malah seolah saya ada di sana hehehe...
    Semoga kesampaian nonton nya ya

    BalasHapus
  14. Korea emang pinter banget klo soal ide cerita
    Waktu drama ini masih on going, banyak temen saya yang share di IGS, jadi makin penasaran setelah baca review ini, hehehe

    BalasHapus
  15. setuju, justru karena ide cerita yang berbeda, saya mau nontong the king eternal monarch
    dan saya menikmati banget
    Terlebih Kim Go Eun cantik banget disini, beda dengan sewaktu main Goblin
    Secantik waktu berperan di cheese in the trap
    keren dia, sepanjang karirnya baru main 3 drama dan semuanya meraih rating tinggi

    BalasHapus
  16. Aku ngeri kalau ngebayangin dunia paralel nih Mba... Tapi kayaknya seru juga ya..jadi penasaran nih... tapi takut kebayang bayang juga hahaha....

    BalasHapus
  17. Ini yg kmrn heits sebelum Start Up ya hehe, ternyata settingnya dunia paralel ya, kirain masa sekarang.
    Aku jarang nonton drakor krn gak kuat episodenya tapi suka ngikutin pembahasannya di twitter/ WAG pas pecinta drakor lg bahas jd agak paham dikit2 hehe

    BalasHapus
  18. Saya masih blom paham dengan 2 episode terakhir. Twist plotnya lumayan membingungkan. Kudu nonton lagi kayaknya ya hihihi

    BalasHapus
  19. Banyak bgt drakor ini peminatnya yaaa
    Kalo aku, rada bingung pas nontonnya :D
    Mungkin ntar deh, kalo START UP udah abis penayangannya, aku bisa coba nonton The King Eternal Monarch ini lagi

    BalasHapus
  20. Mbaa Shy sampe saat ini drakor dunia paralel tambah banyak. Yang terbaru Kairos. Sebagai penontin kota sungguh diajak mikir jeli ya hehehhe.

    BalasHapus
  21. Aku penasaran pengen nonton, kapan hari ada blogger yang bahas ini juga soalnya

    BalasHapus
  22. Lagi nonton drakor ini juga, baru eps 10 hehe

    BalasHapus
  23. Nah ini herannya, di Korea Selatan, ratingnya jelek ternyata dan banyak dapat kritikan. Tapi balik lagi masalah selera penonton sih ya. Mungkin di sini disukai di sana enggak diminati

    BalasHapus
  24. Namanya juga film ya, kreativitasnya kan bisa saja tidak sesuai dengan cerita sejarah. Kadang netijen emang terlalu gitu deh, ga bisa menikmati aja gitu filmnya. :)

    BalasHapus
  25. Seru yaa...nonton TKEM.
    Aku sebagai Minoz meski gak garis keras juga kagum akan ketamvanan Babang Min Ho di drama ini.
    **kyaaaa~

    BalasHapus
  26. Ah Babang Min Ho, jadi kangen. Ide ceritanya King Monarch ini bagus sih, dan memang ada banyak sekali literatur yang membahas mengenai keberadaan dunia paralel. Secara kebenaran, entahlah, secara hiburan, ini salah satu kdrama menarik sih (secara plot cerita terutama)

    BalasHapus
  27. Dunia paralel selalu menjadi tema film atau drama yang sangat menarik. Ceritanya bisa mengubah-ubah nasib karakter yang diperankan dan jadinya super seru.

    BalasHapus
  28. Aku denger nih cerita singkat dari temenku katanya The King Eternal Monarch ini bagus, aku sih jujur kurang suka juga k sama pemain ceweknya, hahahah setuju juga kurang cocok sama Lee Min Ho aduh pisss ya. Tapi kalau baca jalan ceritanya seru juga ya k syn, next time lah masuk list dulu eheheh

    BalasHapus
  29. Entah kenapa kok nggak suka dengan drakor ya hahaha...atau coba nonton ini kali ya ? πŸ˜„

    BalasHapus
  30. Setelah baca sinopsisnya kok jadi pengin nonton drama nya, padahal aku malas kalo nonton Drakor.

    Langsung nyari the king eternals monarch.πŸ˜ƒ

    BalasHapus
  31. Wah sayang saya ngga suka nonton drakor. Tapi senang dengan filosofi dari film yang ingin ditonjolkan.

    BalasHapus
  32. Aku juga penggemarnya Lee Min Ho nih dan ikutan nonton the king eternals monarch, alur ceitanya memang unik yaa tapi aku sukaa

    BalasHapus
  33. dulu aku lumayan suka nnonton drakor dan pernah menontonnya, tapi sekarang aku udah gak lagi :)

    BalasHapus
  34. Baca sinopsisnya, jadi pengen nonton. Ini ada berapa episode ya mbak?

    BalasHapus
  35. Setelah baca review ini, saya makin yakin untuk masukin pada list daftar drakor yang akan saya tonton The King Eternal Monarch ini, dari kemarin saya tunda tunda terus. Hehehe

    BalasHapus
  36. Keren inih drakor..saya baru nonton separuh etetiba mati listrik wkwkw jadi penasaran mau lanjutin nontonnya

    BalasHapus
  37. Mungkin besok - besok pas buka Netflix, saya mau nonton The King Eternal Monarch. Secara saya suka dengan setting kerajaan, klasik dan biasanya penuh intrik.

    BalasHapus
  38. Keren banget kalau bisa memadukan genre-genre romance, fantasy, mystery, science fiction, dan drama. Tentang kontroversi pakaian, saya setuju sama Mbak Shynta. Namanya fiksi ka, diplesetkan pula jadi kerajaan Corea jadi sesukanya saja pakaiannya gak masalah. Kecuali kalau memang dikatakan nama kerajaannya sama persis, ya.

    BalasHapus
  39. Beberapa minggu lalu saya bikin pertanyaan di IG Story soal drakor di Netflix yang bertema misteri terus banyak teman2 saya yang kasih rekomendasi The King: Eternal Monarch ini. Belum nonton sih, tapi saya jadi makin penasaran setelah baca review dari Mba heheh

    BalasHapus
  40. HIhiii...pesonanya Lee Min Hoo emang ga abis2 deeh, meski aku ga suka drakor tapi sukaa betah lihat wajahnyaa, eaaa

    BalasHapus
  41. wahhh, biasanya drama korea selalu peuh cinta dan adegan unyu unyu. Kali ini disuguhkan cerita berdarah dan misteri... hmmmm menarik

    BalasHapus
  42. duuuh aku belum tertarik nih nonton drakor hehehee.. kalo liat poster dan potongan adegan-adegan drakor tuh kayanya maniiiis bgt hehe bikin pengen nonton tp males ngikutinnya kalo serial gt haha

    BalasHapus
  43. ya ampun aku merasa ketinggalan jauh sejak world of married couple udah gak lanjut drakoran lagi nih huhuhu...

    BalasHapus
  44. Aku nonton drakor ini dari awal sampai akhir. Suka sih sama ceritanya. Tapi emang beberapa hal ada yg missed

    BalasHapus
  45. ada yang bilang bagus juga dan aku penasaran
    kalau ada adegan misterinya kayaknya ciut dulu nyaliku hehehe

    BalasHapus
  46. Mupeng buat segera nonton filmnya, soalnya kujuga suka nonton drakor, sdh beberapa judul sih yg kutonton tapi yg ini blm pernah nonton

    BalasHapus
  47. Kalau cerita dunia paralel gini mah emang ribet, kudu pelan2 simaknya. Pasti bingung di awal, tapi lama2 ngeh asal gak ada yg diskip. Rupanya kalo ada skandal, bikin sebuah film yg diperankan yg kena skandal dapat efek buruk juga ya

    BalasHapus
  48. Ini tuh awalnya aku males nonton tapi pas tau ada Woo Do Hwan langsung pengen nonton, karena lihat dia tuh selalu keren. Nonton The King Eternal Monarch ini memang beda kayak drama Korea yang biasa ku tonton.

    BalasHapus
  49. Jujur aku kurang suka dengan drama korea yang temanya kerajaan karena bikin otak ku mikir dan balik ke sejarah" yang antah brantah wkwkw.

    BalasHapus
  50. Ku jadi tau bbrpa kontroversinya dr post ini haha, di medsos aku pernah baca sih kl Eternal Monarch ini memamg agak lamban namun penasaran sm akting dr kedua pemain utama, meski begitu tetep ada sih penggemarnya

    BalasHapus
  51. Serinh dengar nama drakor ini tapi aku belum nonton hehe nyimak ulasannya aja. Ternyata memuat banyak genre yaa romance, sci fi, sejarah jugaa.

    BalasHapus
  52. Aku pun agak kurang begitu senang sih Kak sama drakor tema kerajaan. Makanya drakor ini belum kumasukin ke dalam list nontonku.

    BalasHapus
  53. dari awal corona udh berseliweran aja film ini, tapi ga nonton jg karena di netflix, hihi

    tapi memang pesona lee min ho nggak pudar-pudar ya meskipun tambah tua gitu. aku kalo ngebayangin kisah dua dunia gitu suka gagal paham sih, apalagi baca alur cerita yang mba sinta review ini, cukup belibet bayanginnya, hihi

    BalasHapus
  54. Drakor itu sering mengangkat cerita roman ya ... Sampai2 penonton ikutan baper

    BalasHapus
  55. Seru banget bahasannya, mbak, jadi berasa ikutan nonton hahaha Ada di Netflix gak drakor ini?

    BalasHapus
  56. Emang ya pesona Bang Lee Min Ho ngga usah diragukan lagi, biikin setiap wanita jatuh hati, tapi aku belum sempet nonton serial ini, dan setelah baca artikel ini jadi makin penasaran buat nonton .

    BalasHapus
  57. Sejujurnya aku hampir gak pernah nonton drakor sekarang ini. Seumur hidup, cuma dua drakor tahun 2000an yang aku tonton, sama film old boy tahun 2003

    BalasHapus
  58. Actually gue nggak begitu suka nonton KDrama sih ka tapi ngeliat konsep film latar dunia paralel gini seru ternyata. Bagian yg penasaran itu pas tokohnya ngancurin diri mereka yg ada di versi paralelnya tapi Lee Gon gak ada versi dirinya di dunia paralel bikin kepo sih.

    Agung Kharisma - Daily Blogger Pro Academy

    BalasHapus
  59. ini ada cerita soal perjalanan waktu juga ya... iya keknya ceritanya rumit hihihi... tapi memang cerita rumit bikin challenge sendiri sik ketika menontonnya

    BalasHapus