Dari Novel Ke Layar Lebar: Balada Si Roy Menjadi Film Perdana IDN Pictures

Balada Si Roy merupakan novel legendaris karya Gol A Gong buat generasi yang hidup di era 80-90an. Pertama kali terbit sebagai cerita bersambung di Majalah Hai yang terbit 1 Maret 1988. Gol A Gong, memperkenalkan sosok remaja bandel yang dalam benaknya merupakan perpaduan wajah tampannya Matt Dillon, seliar Mark Gredory dan seenerjik John Travolta di Saturday Night Fever.
 
Tak disangka, ternyata banyak merasa terwakili oleh figur Roy. Uniknya karena memang Roy digambarkan sebagai remaja pria yang biasa saja, tidak ideal layaknya tokoh utama di novel lainnya kala itu. Roy adalah sosok anak yatim, prestasinya biasa saja, suka berantem, merokok dan sering membolos.
 
Figur Roy yang dinilai relevan dengan remaja pada masa itu jelas menarik simpati dan hati para pembaca. Sehingga, tidak perlu waktu lama terbentuklah komunitas penggemar yang menamakan dirinya Sahabat Balada Si Roy di Facebook. 
Novel Balada Si Roy karya Gol A Gong

IDN Pictures Mengangkat Balada Si Roy Ke Layar Lebar

Melalui konferensi pers virtual Desember 2020 lalu, IDN Pictures mengangkat cerita Balada Si Roy sebagai film perdananya yang akan rilis pada tahun 2021 ini. Sejumlah nama-nama hebat pun terlibat dalam proyek film perdana ini.

Abidzar AlGifary, Anak Alm. Uje Sebagai Roy

Anak dari Umi Pipik dan alm. Ust. Jefri Al Buchori ini dipercaya untuk memerankan tokoh Roy Boy Harris. Sosok Roy digambarkan sebagai anak muda yang suka jalan-jalan dan naik gunung. Film ini akan berkisah tentang pencarian jati diri seorang anak muda, ada romansanya, ada kisah persahabatan, pertentangan dan arti sebuah pengorbanan.

Abidzar sudah melakukan riset juga untuk memerankan tokoh Roy yang legendaris dan memiliki banyak penggemar ini. Selain Abidzar, ada juga sederet nama pemain film ini seperti Feby Rastanty, Bio One, hingga aktris senior seperti Maudy Koesnady.

Duet Head of IDN Pictures, Fajar Nugros & Susanti Dewi Selaku Sutradara dan Produser

Dengan setting di sekitar Serang dan Rangkasbitung, film yang disutradarai oleh Fajar Nugros yang juga merupakan Head Of IDN Pictures memulai proses shootingnya di bulan Januari ini. Fajar Nugros pun menyatakan bahwa merupakan sebuah kehormatan bisa mengangkat novel legendaris ini ke layar lebar.
 
Konferensi Pers Virtual Film Balada Si Roy
Mengapa film ini yang dipilih menjadi film perdana IDN Pictures? Menurut Susanti Dewi, Produser FIlm Balada Si Roy dan Head of IDN Pictures, "IDN Pictures pun telah menambahkan relevansi nilai pada proses penggarapan filmnya. Hal ini diharapkan dapat membuat film Balada Si Roy menjadi semakin relatable dengan kehidupan anak muda zaman sekarang. Misal, adanya ajakan untuk menghirup udara segar di luar, kumpul bersama teman-teman , kesampingkan gadget ketika sedang bersua dengan kawan. Nilai-nilai seperti ini terkesan picisan, sederhana, tapi esensinya tak jarang hilang."

Tanggapan Penggemar Dalam Komunitas Sahabat Balada Si Roy

Daniel Mahendra, salah satu inisiator Komunitas Sahabat Balada Si Roy, menyampaikan antusiasme para penggemar novel legendaris ini. Kami menyambut baik novel Balada Si Roy ini diangkat ke layar lebar. Mengenai pemilihan pemain, Daniel mengungkapkan bahwa dia mempercayakan pemilihannya kepada IDN Pictures.

Dengan adanya film ini, para penggemar sangat antusias sekaligus menjadikan momentum tersebut sebagai waktu untuk bernostalgia dan kopi darat antar sesama penggemar dan member Komunitas Sahabat Balada Si Roy.
Kutipan Fajar Nugros selaku Sutradara Film Balada Si Roy
Semoga proses shootingnya berjalan lancar dan kita sebagai penikmat film bisa kembali menikmati karya anak bangsa. Film yang patut kita tunggu-tunggu ini sih ya!




53 komentar

  1. Dulu banget rasanya Si Roy karya Gola Gong ini jadi cerber di majalah HAI. Trus terbit novelnya. Sayagnya, waktu itu aku malah sukanya baca Lupus. Jadi baca Si Roy nya hanya sambi lalu deh. Tapi gak ada kata terlambat ya kalo mau baca novelnya sekarang hehe.

    BalasHapus
  2. Baru tersadar kalau salah satu pemeran utamanya yaitu Abizar AlGhifary merupakan putra dari almarhum ustad Uje lho.

    Wah ditunggu banget nih kemunculan film Balada Si Roy.

    BalasHapus
  3. Blom pernah baca buku balada si Roy ini tapi saya penasaran sama akting anak almarhum UJ ini mba. Btw kapan tayangnya di bioskop?

    BalasHapus
  4. Pasti bakal menarik nih, novel 80-90an difilmkan sekarang, Di era digital yang pastinya beda banget
    Namun kisahnya tetap asli, latar belakang aja yang beda

    BalasHapus
  5. Salah satu karya Gol A Gong yg cukup legendaris, udah sempet denger kalau Abidzar yg akan memainkan si tokoh utama. Semoga memuaskan,pasti bagi penggemar literasinya cukup dibuat penasaran karena akan di adaptasi ke film

    BalasHapus
  6. Jalan panjaaaang banget sampai akhirnya BSR jadi dilayarlebarkan. Beberapa kali akan difilmkan tapi nggak jadi karena sesuatu hal. Seneng akhirnya JADI difilmkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya? berarti bagus ya?
      Kebetulan saya nggak baca, karena dari dulu lebih suka baca Agatha Christie dan Karl May :D

      Hapus
  7. Wuiiih IDN Times keren parah nih, setelah aplikasi-aplikasi berita yang dipunyanya memang beda dari yang lain, ini merambah ke dunia perfilman, dan sekali lagi memang gebrakan ditahun 2021, temanya masih anak muda banget, tentang pencarian jati diri ya mbak shynt. Salut!

    BalasHapus
  8. Buku ini sangat populer di 1988. Tahun dimana saya sudah tamat SMA. Penciptaan karakter Roy benar-benar mewakili anak-anak muda di masa itu, termasuk bagaimana cara penampilan fisiknya plus cara berpikir. Roy, menurut saya, tidak "se-wah" Boy yang datang kemudian, tapi Roy tetap seseorang yang disukai banyak publik.

    Apresiasi saya sampaikan kepada Abizar. Anak sulung yang sangat bertanggungjawab atas keluarganya di kehidupan nyata. Rela putus sekolah dan bekerja demi ibu dan adik-adiknya. Salut.

    BalasHapus
  9. ceritanya mungkin mirip dengan catatan si boy yah kak, aplg kali ini pemeran utamanya ganteng pisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin penasaran ya?
      Kemarin saya langsung buka instagram cari anaknya alm ustaz Uje yang meranin si Roy
      Ternyata... Ganteng maksimal 😀😀😀

      Hapus
    2. Iya lah Ambu, kan sudah beranjak remaja dia, bisa jadi idola masa kini nih. Dari waktu dianya kecil aja unyu banget wajahnya, eh curcol

      Hapus
  10. engga sabaarr buat liha nih pilem.
    Balada si Roy emang happening bgt ya buat generasi '90-an.
    semoga keceeee nih pilemnya!

    BalasHapus
  11. Wah jadi ketauan umur saya.. saya tau nih novelnya.. dulu sempat curi-curi baca punya si kakak.
    Anak alm. Uje kayaknya emang pas menampilkan karakter Roy yang ganteng dan juga berkepribadian baik. Btw, IDN times keren abis sih.. sekarang udah punya IDN Pictures.
    Semoga garapan pilem selanjutnya semakin keren yakkk

    BalasHapus
  12. Dari Catatan Si Boy muncullah Balada Si Roy. Ini versi kekinian ya. Semoga populernya gak kalah cetar dari pendahulunya. Hehehe.

    BalasHapus
  13. Aku sudah khatam semua novel Balada si Roy...aaaaa jadi nggak sabar lihat filmnya. Dan... secara emosional ada ikatan dengan Mas Gol A Gong sebab beliau pegiat literasi yang aku idolakan sejal dulu...

    BalasHapus
  14. Memang ya, tokoh anak muda itu gak harus "superhero" kayak karakter Mas Booooy yang tampan, kaya raya, rajin sholat sekaligus rajin ke diskotik dan rajin pacaran *tepok jidat

    Aku udah bersahabat dengan teh Tias Tatanka, keduanya sosok sangaaat humble dan mengagumkan buatku, semoga Balada Si Roy bisa meledak di pasaran

    BalasHapus
  15. Balada si Roy ini mengingatkan saya jaman jadul. Jaman saya suka ngintip kakak sepupu yg pada begitu tuh kelakuannya. Persis seperti si Roy dalam tokoh yang difilmkan ini. Semoga meledak ya nanti filmnya...

    BalasHapus
  16. Aku udah lihat posternya di IG, dan akhirnya mampir ke akunnya Abidzar, langsung kepo sama ini film bulan apa bakal tayang. Aku pastikan nonton karena udah haus dengan film-film Indonesia yang inspiratif. Moga lancar dan laris manis ditonton. Tapi bingung juga gimana nonton ke bioskopnya nanti kalau masih pandemi gini :D

    BalasHapus
  17. Semoga nanti film nya bisa ditayangkan di aplikasi film yang Kaya viu/Netflix juga ya. Soalnya masih parno kalo kudu ke bioskop nonton nya :D

    BalasHapus
  18. Pemilihan Abidzar sebagai pemeran utama tokoh Roy ini saya rasa sangat sesuai dengan karakter Abidzar, salut buat duet IDN Pictures ini

    BalasHapus
  19. wahh yg main anaknya alm uje ya, abidzar...
    pas banget memerankan tokoh Roy, jadi penasaran pengen lihat filmya aku

    BalasHapus
  20. Sering dengar tentanv gol agong tapi belum berkesempatan membaca buku karyanya. Menarik sih kayaknya ceritanya.

    BalasHapus
  21. Hmmm menarik dan panduan ceritanya membuat ingin menonton habis sampai tuntas

    BalasHapus
  22. Ya ampunnn balada si roy inikan novel zaman SMA yaak. Jadii idola juga tuh si roy diantara kutu buku macam kamii. Penggemar novelnya. Mauu bangett nontonn

    BalasHapus
  23. Yang saya tau, dulu yang populer itu Lupus. Berarti saya yang ketinggalan info soal si Roy ini. Dulu lagi ada Catatan Si Boy.

    Semoga aja filmnya bagus dan sarat pelajaran yang bisa diambil hikmahnya

    BalasHapus
  24. Yups bener, kangen banget dengan film baru dari anak bangsa. Dukung selalu dengan begitu bisa menghidupkan kembali semangat para sineas ya

    BalasHapus
  25. Tadi pagi barusan baca status Maudy Koesnadi sampai minta izin dulu ke Umi Pipik buat jadi ibunya Si Abidzar.

    BalasHapus
  26. Beneran ngga sabar nih buat ngelihat nih pilem.
    pasti seruuu euy!

    BalasHapus
  27. Wow, jadi penasaran nunggu filmnya. Mau lihat bagaimana anak almarhum UJ ini main film. Terima kasih sharing informasinya mba.

    BalasHapus
  28. He..he.. ternyata Balada Boy sebagai anak muda yang sedang mencari identitas diri patut dijadikan film. Nilai-nilai dari kemampuan anak muda untuk bisa menemukan dirinya ini mungkin bisa ditiru jika itu baik oleh penggemar film.

    BalasHapus
  29. Yang pasti kalau film dari novel di Roy ini dari tahun 90an ini ceritanya asli. Pemeran nya pas banget ditunggu dah tayangnya

    BalasHapus
  30. Aku belum pernah baca novelnya. Tapi aku
    juga penasaran banget sama filmnya. Anak-anak muda cocok banget nonton film ini.

    BalasHapus
  31. Film yang dinantikan initu, Balada si Roy yang nge-hits pada jamannya aku pernah muda, hahhaaa.
    Ga sabar menanti ektingnya si Ganteng Abidzar, pasti buming nih film.

    BalasHapus
  32. Wah, aku baru tahu kalau bakal difilmkan... hahaha novel anak 90an nih...

    BalasHapus
  33. Wah, aku baru tahu kalau bakal difilmkan... hahaha novel anak 90an nih...

    BalasHapus
  34. Belum pernah lihat Abidzar akting, pasti bakalan epik banget nih, apalagi memerankan sosok yang melegenda seperti Roy ini. Semoga film nya sukses ;) aamiin.

    BalasHapus
  35. IDN Media merambah kemana-mana juga ya akhirnya. Pengambilan film perdananya juga bagus, Balada si Roy, sosok fiksi yang pernah fenomenal pada zamannya. Semoga relevan dengan kondisi kekinian sehingga film perdana ini mendapat tempat di penggemar film Indonesia.

    BalasHapus
  36. Mantap nih novelnya, semoga filmnya semakin laris dan di terima baik oleh masyarakat

    BalasHapus
  37. Wah film seperti ini yang ditunggu, sebab anak-anak sekarang terlalu sibuk dengan gadgetnya. Gak seperti kita dulu yang begitu lepas bermain dan berteman, semoga lancar proses syutingnya.

    BalasHapus
  38. Anaknya Alm. Uje udah gede amat yaaa.. Cakep, mukanya kayak brandal-brandal gitu pas ya hehehe...

    BalasHapus
  39. Saya penggemar Balada si Roy duluu etapi sekarang ada remake nya keren ya jadi pengen segera nonton filmnya

    BalasHapus
  40. Roy ini kayaknya sezaman ya sama Lupus cuma kayaknya Lupus lebih dikenal. Lumayan penasaran juga nih saya sama cerita si Roy ini. Semoga aja filmnya berjalan lancar

    BalasHapus
  41. Om saya dulu langganan majalah Hai, jadi buat saya, Gol A gong ini ngga asing di telinga walaupun rasanya sih belum pernah baca, atau mungkin sudah.
    Penasaran sih sama film Balada Si Roy ini, semoga bisa mengadaptasi dengan baik.

    BalasHapus
  42. Ga sabar bgt pengen nonton Balada Si Roy soalnya pernah baca novelnya. Apalagi pemainnya si Abidzar. Pengen tau bgt kualitas aktingnya. Haha

    BalasHapus
  43. Roy ini kehidupan remaja masa lalu nih.... nggak sabar nonton filmnya. semoga bisa sekeren novelnya

    BalasHapus
  44. Kayaknya pas kecilbaku pernah denger nama Gol A Gong deh.. Ternyata ada novel dan akan difilmkan ya. Menariknya ini yg bikin adalah fajar nugros, waah cant wait to see.. Semoga pembuatan filmnya berjalan lancar yaa

    BalasHapus
  45. keren Abidzar sekarang udah merambah ke film, kemaren masih di tv nemenin aku kalo buka puasa hehehee

    BalasHapus
  46. Baru tahu nih balada si roy jadi layar lebar, menarik banget nih. Apalagi ini dari IDN picture ya

    BalasHapus
  47. Pas liat postingan Teh Tias Tatanka, rasanya beryukur banget bukunya di film kan. Buku yang inspiratif buat anak remaja dewasa saat pencarian jati diri.

    BalasHapus
  48. pemilihan aktor utama Roy udah jadi perdebatan di kalangan pecinta film tanah air, kalau saya sih tetep nunggu aja hasilnya gimana. Jadi inget gmn dulu Iqbal Ramadhan sempet dipandang sebelah mata saat mendapatkan peran sebagai Minke

    BalasHapus
  49. Abizar cakep bgt yak.hihi. ga sabar liat actingnyaaaa.. kayaknya baru ini tau karir keartisannya Anizar di film akuh

    BalasHapus