Bloggercrony Keluarga Jempolanku di Masa Pandemi

Setelah menaiki gunung dan melewati lembah dunia perkantoran sejak lulus kuliah, saya pun kembali menemukan passion dalam hidup saya dalam 2 tahun belakangan ini. Saya suka menulis, saya suka berbagi dan saya suka berkreasi. And voila, saya memutuskan untuk menjalani dunia blogger.

Ternyata, ngeblog itu tidak semudah yang dibayangkan ya wahai Marimar! Jadi, monmaap saya suka agak emosi jiwa kalo ada orang yang bilang ngeblog kan tinggal nulis doang. Eits, sini malih dikasih tau dulu kalo menulis blog itu perlu riset dan cari sumber berita yang harus bisa dipertanggungjawabkan.

Okelah, dari jaman dahulu kala memang sudah ngeblog sih di blogspot dan dulu semasa hitsnya Multiply pun saya juga punya. Cuma ya memang dulu nulis suka-suka aja, mostly depends on mood. Nah, edisi sekarang nulisnya harus lebih profesional. Karena sudah terbukti, menjadi blogger selama pandemi ini bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus menghasilkan income!

Realita Seorang Blogger

Pandemi Datang, Kehidupan Meradang

Pemerintah pertama kali mengumumkan kasus Covid-19 pada Maret 2020. Yang tadinya kita merasa corona masih jauh, ternyata sekarang sudah masuk di Indonesia. Semua orang pun diserang kegelisahan dan ketakutan. Apalagi banyak berseliweran berita-berita hoaks yang menyesatkan.

Dan dalam waktu singkat, pandemi pun merebak di seluruh Indonesia. Pemerintah pun membuat kebijakan work from home dan dampak Covid-19 pun perlahan tapi pasti mulai terasa. Banyak karyawan yang terpaksa 'dirumahkan'. Banyak pebisnis yang usahanya gulung tikar. Bahkan banyak yang kesulitan untuk sekedar makan sehari-hari.

Hal ini pun juga dirasakan di kalangan blogger. Tidak ada lagi keriuhan dan keseruan event offline yang bisa jadi ajang silaturahmi. Bahkan beberapa blogger pun terkonfirmasi terinfeksi virus. 

Tapi, bukan orang Indonesia namanya kalo gak bisa menemukan hikmah dari segala sesuatunya. Di pandemi ini, kita kembali menemukan arti pentingnya keluarga. Saya jadi teringat sinetron di masa kecil saya, namanya Keluarga Cemara. Hayo, ada yang inget gak sama Abah, Emak, Agil dan Rara? Kalo kalian ngangguk-ngangguk berarti kita satu generasi hehe. 

Keluarga Jempolan Bloggercrony

Kalo kata keluarga Cemara, harta yang paling berharga adalah keluarga. Di pandemi ini, senangnya saya menjadi bagian Bloggercrony yang punya slogan Blogging, Networking dan Empowering. Karena slogan itu dibuktikan dengan berbagai program peduli blogger.

Berawal dari kepedulian terhadap para rekan sesama blogger, Bloggercrony memfasilitasi donasi untuk sesama blogger yang memerlukan bantuan. Jujur, walaupun saya bukan penerima bantuan, rasanya hangat banget loh ada yang peduli terutama di masa pandemi ini.

Bagi saya, pandemi jelas membuat ngeri-ngeri sedap sama si virus biang kerok dan juga ketar-ketir soal rezeki. Tapi, ternyata masa pandemi menjadi berkah tersendiri karena banyak brand mengalihkan dana promosinya ke dunia digital.

Blogger jaman now, menurut saya tidak bisa hanya sekedar menjadi blogger saja. Tuntutan disrupsi digital membuat kita harus bisa menjadi influencer, copywriter dan content creator. Mostly, paid job yang berhubungan dengan blogger umumnya ditawarkan sepaket dengan promosi media sosial. 

Blogger jaman now dituntut memiliki lebih banyak skill untuk bisa bersaing dan tetap eksis di masa pandemi ini.

Bloggercrony: It's All About Blogging, Networking & Empowering

Sampai detik ini, saya bersyukur memutuskan bergabung dengan komunitas Bloggercrony yang ngobrol santuy ngalor ngidul hayu, ngobrol serius bisa, kerja profesional let's go dan buanyaaaak banget program buat para membernya.

Melalui komunitas blogger, seorang blogger seharusnya bisa semakin meningkatkan skill bloggingnya dengan belajar dari para mastah blogger terdahulu. Dan kita bisa mengasah skill blogging dengan ikutan BWTuesday di bloggercrony setiap minggunya.

Bergabung jadi member Bloggercrony yang biasanya dipanggil BCC Squad, pastinya bagus untuk networking. Kita jadi mengenal blogger-blogger dengan berbagai personal branding yang menarik. Dan di eranya kolaborasi, sangat mungkin kita saling berkolaborasi loh.

Menurut saya, menjadi blogger yes it is a hobby, tapi ketika kita menjalani dengan passion dan punya visi. Kita akan dengan mudah menemukan personal branding kita sebagai blogger. Kalo saya, karena memang hobinya ngunyah, main gadget, jalan-jalan, nongkrong cantik jadilah saya memutuskan menjadi lifestyle blogger. Ayo, kalo kamu apa nih personal brandingnya?

Ternyata oh ternyata BCC Squad itu banyak yang juga merupakan entrepreneur. Maka dari itu, Bloggercrony memfasilitasi para blogger yang sekaligus juga entrepreneur dalam wadah bernama BloggerPreneur. Sejalan nih sama kampanye Bangga Buatan Indonesia karena mostly BloggerPreneur adalah pelaku UMKM.

BloggerDay 2021, Selebrasi Virtual Hari Jadi Bloggercrony ke-6 Tahun

Happy birthday, komunitas kesayanganku Bloggercrony yang ke-6 tahun, semoga selalu menjadi komunitas tempat blogger-blogger baik hati, rajin menabung dan tidak sombong ya. Yes, Bloggercrony ulang tahun tanggal 24 Februari dan seperti biasa perayaannya dinamain dengan istilah BloggerDay.

Well, this is my 2nd BloggerDay anyway, karena silakan dibaca lagi alasannya di awal tulisan ini ya. Karena masih pandemi, BloggerDay tahun 2021 pun masih diselenggarakan secara virtual pada 6 Maret 2021. Tapi, jangan sedih, jangan sebut Bloggercrony namanya kalo gak bikin acara yang seru.

Beberapa hari sebelumnya Pak Lur Satto Raji sudah menyiapkan bis BloggerDay 2021 karena untuk mengobati kerinduan para blogger untuk travelling, kita diajak dong jalan-jalan ke Amerika. Wohooo! Yes, kita flightnya pagi, jam 11 an kita sudah meluncur tur virtual ke Amerika bareng Kang Idfi.

Terus, sebagai anak senja pemuja sunset, seneng banget akutuh ada sesi ngobrol dengan tema Senjakala Content Creator bareng Kang Maman Suherman dan Mas Shafiq Pontoh. Disini kita bener-bener diskusi dan diingatkan kembali tentang batasan-batasan konten dan gimana seharusnya kita sebagai blogger bikin konten yang baik dan berkualitas.

Lanjooooot, eh istirahat dulu lah sebentar kita seseruan main Kahoot, duh maafkan aku kadang capcipcup sih jawabnya tapi seru aja. Ternyata jarimu memang harimaumy, siapa cepat dia yang dapat jadi juara game Kahoot.

Next, ngobrolin tentang Tantangan PJJ, semua blogger yanng buibu pasti rasanya langsung pengen mencurahkan lelah jiwanya selama PJJ di masa pandemi ini. Dan memang banyak banget suka dukanya PJJ, plus banyak tips parenting dari mba Ifa H. Misbach sebagai psikolog klinis.

Di acara bloggerday kali ini, kita juga menggelar BloggerCare untuk membantu rekan-rekan blogger yang membutuhkan loh. Asli acara BloggerDay 2021 ini memang daging dan sangat berfaedah banget. Proud to be part of Keluarga Jempolan Bloggercrony!

Rangkaian Acara Bloggerday 2021

And jangan iri dengki hati ya, Bloggerday 2021 ini bertabur hadiah dari para sponsor kita yang baik hati. Sebagai rasa terima kasih yuk boleh loh mampir dan cek ke akun instagram para sponsor BloggerDay 2021, yaitu @duorajistore @katalensaku.photoworks @ebigsoo_fashion_ @anesacooking @geraiaksesoris2 @aykoprojects @makarame @resepdapurayah @dapursesukahati @hennahijab_collection @asiboostertea @kitatama.id @sreehandmate @photo_coffee_

Last but not least, saya bersyukur banget menjadi bagian dari kemeriahan selebrasi virtual BloggerDay 2021. Kita adalah keluarga jempolan Bloggercrony, kita akan selalu saling support dalam hal blogging, networking dan empowering.

Yuk, tetap produktif di masa pandemi ini, karena kamu tidak sendirian. Ada kita disini, kita bersama-sama melewati pandemi ini. Yuk bisa yuk!

Visi adalah bahan bakar kita untuk tetap produktif.




35 komentar

  1. Hai gaes, thanks for stopping by, silakan baca-baca di blog saya, dan please jangan taruh link hidup di kolom komentar ya kata nenek itu berbahaya hihi

    BalasHapus
  2. Wah, seru. Ternyata bloggercrony banyak event dan udah 6 tahun aja. 😍 Coba ntar aku cek ah, udah lama gak ngecek twitter dan IG aku tuh. 🙈

    BalasHapus
  3. Salut sama Bloggercrony. Juara deh bikin event daring. Juga salut sama program peduli bloggernya.

    BalasHapus
  4. Sejak serius dalam dunia blogging, saya udah kenal kalau bloggercrony ini juara banget kalau bikin acara.

    Dari sebelum pandemi, yang keren banget di Bandung ya dulu, lalu akhirnya pandemi, tapi masih semangat mengadakan even daring.

    Sukses selalu buat bloggercrony❤️

    BalasHapus
  5. Aku langsung ngakak mbak pas baca pandemi bikin ngeri2 sedap sama si virus biang kerok dan juga ketar-ketir soal rezeki. Langsung keinget film Benyamin Biang Kerok 😅

    BalasHapus
  6. Yup.. Benar banget meskipun pademi kaya begini kita tak boleh putus silaturahmi dgn ada bloggerday rasa kagen terobati dan juga byk ilmu yg di dapat serta seruan lain nya

    BalasHapus
  7. Lupa saya mau jalan jalan ke Amerika ga mandi dulu. Jadinya kurang beruntung ga dapat memang kuiznya hehehe...
    Acaranya memang seru ya. Semoga pandemi segera berakhir

    BalasHapus
  8. Kolaborasi adalah KOENTJI ya Mbaaa
    Super hepi bisa join BCC jugaa
    setuju banget, karena Melalui komunitas blogger, seorang blogger bisa semakin meningkatkan skill bloggingnya dengan belajar dari para blogger yang lainnya.

    skill blogging makin terasah ya....apalagi Bergabung jadi member Bloggercrony pastinya bagus untuk networking.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mba, jadi kenal lebih banyak blogger ya sejak gabung di bloggercrony.

      Bukan hanya itu, ilmu juga makin berkembang, karena komunitas kayak blogger Crony ini sering banget bikin acara sarat ilmu dan manfaat :)

      Hapus
  9. Bloggercrony salah satu komunitas blogger yang sangat saya suka. Komunitas ini pula yang pertama mengajak kawan-kawan lain menghubungkan pertemanan dengan Twitter saya. Rasanya tuh diterima banget. Alhamdulillah.

    BalasHapus
  10. Salah satu tema yang paling menarik dari acara BloggerDay tuh tentang PJJ. Sayangnya saya gak bisa ikutan karena bertepatan dengan anak saya ulang tahun. Trus, ada rapat keluarga juga. Jadi ngobrol dari pagi sampai malam. Tetapi, BCC memang keren acaranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah masih tetap ada rezeki dari dunia blog. Memang iya meskipun rasanya lelah menghadapi pandemi. Tetapi, tetap ada hikmah yang patut disyukuri

      Hapus
  11. huhuhuuuu ngiriiiii....sayang laptopku sedang bermasalah

    jadi maju mundur untuk daftar, padahal kan ya, rame banget

    Bahkan ada kang Maman dan Mas Shafiq Pontoh

    BalasHapus
  12. Beruntung memang bisa menjalani aktivitas sesuai passion. Apa lagi jika berkolaborasi dengan rekan sehobi

    BalasHapus
  13. Seru bangeeett, ya, gabung komunitas Bloggercrony. Nggak melulu ngomongin soal blog aja. Tapi juga ada aksi peduli sesama. Ditambah bisa jalan-jalan virtual ke Amerika. Sukses selalu buat rekan-rekan Bloggercrony.

    BalasHapus
  14. Asik memang ikutan acara Bloggerday, pengennya sih lebih dari sehari ya, soalnya materinya bervitamin semua dan menghibur yang pas jalan-jalan virtual ke amerika serikat 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah ingat 2 tahun lalu waktu belum pandemi, blogger crony malah ngadain touring ke bandung hahaa sayang saya nggak bisa ikutan :(

      Hapus
  15. Udah lumayan lama tahu BCC dan pernah juga ikut join dalam kegiatan berbayar mereka di medsos. Keliatan kompak dan memiliki kekuatan, pastinya senang bisa menjadi bagian dari keluarga BCC. Ikut merasakan kebahagiaan yang Shyn rasakan.

    BalasHapus
  16. Alhadmulillah ya mbak.. dari blogger kita mulai mendapatkan income. Aku juga mulai emndapatkan incom nih dari bloggger.
    Btw.. selamat dan sukses atas event nya ya bloggercony

    BalasHapus
  17. Betul banget! Buat aku yang baru jadi seorang blogger itu menyadari bahwa menjadi seorang blogger itu nggak mudah. Harus tetap menulis ditengah kesibukan. Dan tau ada komunitas Bloggercony ini jadi tambah semangat, karena tau bahwa blogger bukan hanya tentang cuan dan tulisan.

    BalasHapus
  18. wah saya kemarin nggak ikut eventnya, mau daftar maju mundur karena waktunya seharian, pas weekend pula.

    Eh kita segenerasi dong ya, tontonannya dulu keluarga cemara

    BalasHapus
  19. Empowerment melalui ngeblog memang menjadi pilihan bagi yang ingin produktif dan membuat pikiran selalu ingin membaca dan menularkan kepada lainnya kemanfaatan.

    BalasHapus
  20. Berbagi meski saat pandemi, ini yang patut kita teladani. Padahal kita pun Sam tahu bagaimana susahnya mencari rezeki. Alhamdulillah, kecipratan juga rezeki dari Blogger Day ini

    BalasHapus
  21. Komunitas memang salah satu tempat memperluas relasi dengan minat yang sama, bukan hanya menemukan yg mempunyai hobi yg sama tapi jg meningkatkan kualitas dr hobi menjadi profesi yg disenangi . BCC salah satu komunitas bloger yang keren dan digawangi oleh2 squad yang kece-kece punya juga.

    BalasHapus
  22. ahhh BCC emang selalu kece ya mbak
    acara ulang tahun BCC kali ini sangat inspiratif ya mbak
    sayangnya kemarin aku belum beruntung buat ikutan

    BalasHapus
  23. Seru banget perayaan ultahnya ya
    Apalagi yang diobrolin gak cuma seputar blogging tapi juga ngobrolin masalah keluarga dan juga yg lg heits PJJ hehe

    BalasHapus
  24. Ilmunya ini yaa...bikin happy terpilih di acara blogger day.
    Selamat kak...dan senang banyak yang spill ulasan Blogger Day 2021 bersama Blogger Crony Keluarga Jempolan.

    Selamat ulang tahun, Blogger Crony.

    BalasHapus
  25. Di masa pandemi seperti ini, produktifitas menulis bisa jadi sistem imunitas yang buat kita sehat. Slemat ulangtahun Bloggercrony :)

    BalasHapus
  26. Seru banget ya bisa ikutan Blogger Day huhu tahun ini aku ga ikutan nih soale kemarin2 sibuk bolak balik ke RS ngurus anak.

    BalasHapus
  27. Aku setengah bahagia lo bloggerday kali ini virtual soalnya bisa ikutan. Kalau offline keknya bakal skip karena enggak bisa ninggalin bayi. Acaranya Seru banget dan materinya makjleb!

    BalasHapus
  28. Wah seru banget pastinya ikutan acara yang dihadiri 100 Blogger ini. Banyak insight yang didapatkan ya.

    BalasHapus
  29. Wah, ikutan acaranya ya kak, ramai ini dan bertaburan hadiah. Bisa silaturahmi juga ya meski pandemi. Semoga BCC semakin maju dan menginspirasi

    BalasHapus
  30. beruntung banget bisa join ya kak karena dapet banget insightnya dari Kang Maman terutama.

    BalasHapus
  31. Luar biasa meriah ya setiap kali pelaksaan ulang tahun Blogger Crony. Selamat ulang tahun, semoga selalu menjadi rumah yang hangat untuk para anggotanya.

    BalasHapus
  32. Tetap semangat ya keluarga jempolan untuk terus mengasah ilmu, berbagi ilmu dan jaga kesehatan diri dan keluarga

    BalasHapus