Kolaborasi Saratoga - SMK Ora et Labora Cetak Lulusan Siap Kerja

Hari ini tiba-tiba saya bernostalgia ke masa-masa seragam putih abu-abu, dulu inget banget deh jaman sekolah tuh gak kebayang mau kerja jadi apa. Profesi yang digaung-gaungkan sejak kecil juga cuma itu-itu saja, ya dokterlah, ya insinyurlah atau akuntan. Eh kuliah akhirnya masuk jurusan komunikasi, dan sekarang jadi freelancer.

Jaman dulu, SMK itu entah kenapa hanya menjadi pilihan kedua, karena mungkin tidak banyak informasi mengenai gambaran karir dan peluang kerjanya. Tapi, sejak 2019 pemerintah mulai memberikan perhatian penuh terhadap pendidikan vokasi.

Era persaingan global turut mendorong kemajuan pendidikan vokasi di Indonesia. Karena diprediksi bahwa profesi-profesi yang sangat menjanjikan di masa depan adalah yang mengutamakan keahlian. Jadi, berbanggalah anak-anak SMK, kalian punya aset berharga yang gak dimiliki anak SMU, yaitu keahlian dan keterampilan.

Keunggulan anak SMK dibandingkan anak SMU

Prediksi 10 Profesi Paling Menjanjikan di Masa Depan

Dalam laporan berjudul The Future Jobs yang dilansir dari World Economic Forum, ada 10 profesi yang digadang-gadang sebagai profesi yang menjanjikan di masa depan;

Tenaga Kesehatan. Kebutuhan akan tenaga kesehatan akan selalu tinggi sampai kapanpun, oleh karena ini, profesi tenaga kesehatan dinilai masih menjadi primadona profesi yang menjadi incaran banyak orang.

Digital Marketer. Semenjak pandemi, dunia digital marketing berkembang pesat karena meningkatnya jalur penjualan secara digital. Sehingga ke depannya akan dibutuhkan banyak SDM yang menguasai dan lihai menggunakan strategi digital marketing.

SEO specialist/Content Writer. Seiring berkembangnya digital marketing, banyak perusahaan akan membutuhkan penulis yang lihai mengoptimalkan penggunaan search engine Google agar produk/brand perusahaan bisa tampil di halaman pertama mesin pencarian Google.

Ahli data. Di masa depan, banyak perusahaan akan membutuhkan SDM yang handal mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data untuk merumuskan kebijakan/strategi perusahaan. 

SMK Ora et Labora menawarkan kompetensi keahlian Teknik Pembangkit Listrik

Ahli teknik dan kosntruksi. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, keahlian teknik dan konstruksi akan sangat dibutuhkan untuk berbagai proyek pembangunan di masa depan.

Designer. Di masa depan, perusahaan membutuhkan designer untuk mengkonsep produk di berbagai industri mulai dari pakaian, teknologi, otomotif dan banyak lagi.

Akuntan. Kebutuhan untuk profesi akuntan akan selalu ada, tidak hanya akuntan untuk perusahaan, tapi semua sektor usaha membutuhkan sdm handal untuk keperluan pekerjaan akuntansi.

Web/Mobile Application Developer. Masih ingat dengan drama korea Start Up kan? Yupp, drakor tersebut menceritakan tentang kehidupan para web/mobile apps developer. Menarik sekali ya!

Teknisi IT. Perkembangan teknologi yang pesat akan berdampak terhadap semakin tingginya permintaan SDM yang handal dan menguasai seluk beluk komputer dan pemrogramannya. 

Ahli lingkungan. Seiring dengan semakin tingginya kesadaran dan menguatnya isu permasalahan lingkungan. Maka akan banyak dibutuhkan para environmental engineering untuk mengatasi berbagai permasalahan lingkungan.

Oleh karena itu, pemerintah cepat tanggap terhadap perlunya meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang memiliki keahlian dan keterampilan. Maka pemerintah menggandeng dunia usaha dan industri untuk bersinergi dengan SMK untuk melahirkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi dan siap kerja. Salah satunya PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (Saratoga) yang berkolaborasi dengan SMK Ora et Labora dengan kompetensi keahlian Teknik Pembangkit Listrik.

Lulusan Pertama SMK Ora et Labora Siap Kerja

Sekolah vokasi yang didirikan tahun 2017 ini baru saja menyelenggarakan pelepasan kelulusan Angkatan Pertama SMK Ora et Labora pada 16 Juli lalu. Para siswa-siswi mendapatkan materi pembelajaran selama 3 tahun yang dilanjutkan dengan pelatihan profesional selama 3 bulan. Lalu, selama 9 bulan siswa-siswi SMK Ora et Labora ini menjalani program magang di industri pembangkit listrik untuk mendapatkan pengalaman langsung di dunia kerja.

Program pembelajaran ditambah praktik kerja mampu membekali siswa-siswi dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri. Terbukti lulusan sekolah ini telah diterima di perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi baik di sektor energi maupun non energi.

Lulusan SMK Ora et Labora Angkatan Pertama

Lulusan SMK Ora et Labora akan bekerja di perusahaan PT Shandong Licun Power Plant Technology dan memiliki potensi besar bekerja di PT GPOS Daya Energi (O&M sebuah Pembangkit Listrik di Gorontalo), Primaya Hospital, PT Tanjung Power Indonesia, dan PT Astra Daihatsu Motor.

SMK Ora et Labora juga bekerja sama dengan Swiss German University (SGU) menghadirkan pengajar-pengajar yang kompeten dan kredibel di bidangnya loh. Sementara untuk pelatihan teknis kelistrikan, sekolah ini menggandeng Central Industrial Technology Enterprise (CITE), sebuah lembaga berbasis industri dan berorientasi sosial yang teruji di dunia.

Menekankan sistem pembelajaran yang terstruktur dengan keahlian yang terarah, SMK Ora et Labora memilih kompetensi keahlian teknik kelistrikan karena sektor kelistrikan merupakan sektor vital. Sektor ini tahan krisis dan akan selalu dibutuhkan dalam situasi apapun. Kebutuhan listrik nasional kian hari kian meningkat, sehingga membutuhkan SDM yang kompeten dan terampil.

Dukungan Saratoga Untuk SMK Ora et Labora

Bagi Saratoga, investasi di bidang pendidikan akan menciptakan masyarakat berkualitas dan dapat berkontribusi secara aktif dalam pembangunan nasional. Hal inilah yang mendasari dukungan kerja samanya dengan SMK Ora et Labora.

SMK Ora et Labora mendatangkan pendidik dari Swiss German University

Berdasarkan data BPS Februari 2021, lulusan SMK mendominasi jumlah pengangguran di Indonesia dengan besaran 11,45% dari total pengangguran terbuka sebanyak 8,75 juta orang. Saratoga bersama SMK Ora et Labora membuktikan kontribusinya dengan menghasilkan lulusan yang terampil dan siap kerja.

Saratoga berfokus pada peluang investasi di tahap awal dan pertumbuhan, serta dalam kondisi khusus dengan fokus pada sektor-sektor yang mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia seperti konsumen, infrastruktur, dan sumber daya alam. 

Kolaborasi antara lembaga pendidikan dan sektor swasta menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa pendidikan vokasi berhasil dengan baik. Semoga kelak, semakin banyak perusahaan yang bisa berkolaborasi dengan seluruh SMK di Indonesia. Dan hal ini terinspirasi dari kolaborasi Saratoga dengan SMK Ora et Labora. Keren banget ya?

So, buat kamu yang mau cepat dapat kerja, saatnya memilih pendidikan vokasi seperti SMK Ora et Labora ya! Teruntuk anak-anak SMK pada umumnya dan khususnya lulusan SMK Ora et Labora diharapkan dapat menjadi bagian dari katalisator yang dapat mempercepat langkah Indonesia untuk merealisasikan visi Indonesia Emas 2045. Yuk bisa yuk!

Program magang SMK Ora et Labora di perusahaan pembangkit tenaga listrik



31 komentar

  1. Di kampung saya rata-rata orang tua menginginkan anaknya sekolah ke SMK karena setelah lulus diharapkan bisa langsung bekerja.
    Apalagi ini jurusannya masih jarang ya, pembangkit tenaga listrik. SMK Ota et Labora pasti jadi SMK favorit nih

    BalasHapus
  2. Wah keren SMK Ora et Labora , lulusannya langsung bisa kerja karena menggandeng lembaga yang kompeten dan kredibel

    Karena mayoritas masyarakat baru bisa menyekolahkan anaknya ke jenjang SMA. tanpa skill cuma akan nambah jumlah pengangguran ya?

    BalasHapus
  3. Sebagai pebisnis, aku juga ngerasain banget kalau lulusan smk itu lebih siap kerja daripada s1. Sekolahnya layak dapat jempol, deh.

    BalasHapus
  4. Sip siipp kalo masuk SMK ini bakal lebih skillfull dan siap langsung menceburkan diri di dunia kerja ya.

    Mantuull banget!

    BalasHapus
  5. Sekolah dengan ketrampilan siap kerja pilih smk, menyiapkan sumber daya manusia dengan kompetensi mumpuni sesuai passion

    BalasHapus
  6. Sekolah SMK ini cukup menjanjikan ya mbak
    punya peluang kerja yang banyak juga
    siap kerja dan punya keahlian

    BalasHapus
  7. Wahini...bikin aku pengen banget masukin anakku ke SMK hehehe Secara jaman sekarang ya harus punya life skill sedini mungkin

    BalasHapus
  8. keren ya SMK Ora et labora ini, walau masih terbilang baru, baru sekali meluluskan, tapi sudah punya kerjasama dengan industri-industri besar

    BalasHapus
  9. Keren banget lulusan SMK Ora et Labora langsung tersalurkan untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya.

    BalasHapus
  10. Pendidikan SMK biasanya ada keterampilan khusus dan dipersiapkan untuk dunia kerja. Pendidikan SMK juga lebih bisa bersaing dengan lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, SMK kini banyak jadi favorit orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Beda dengan jaman dulu, SMK itu anak-anak yang nggak keterima di SMA. Apalagi pemerintah juga terus memberikan dukungan pada SMK untuk terus maju

      Hapus
  11. Saya kalo baca atau dengar Saratoga, langsung ingat Pak Sandiaga Uno. Dia kan founder dan owner Saratoga Group.

    Eh Mba Shinta lulusan SMK kah?

    Saya kira profesi akuntan sudah gak prospektif lagi di masa depan karna sekarang semua sudah serba AI, robotik dan komputerisasi. Ternyata masih prospektif banget ya. Ahli lingkungan jelas, sebab makin ke sini kita semakin butuh solusi untuk semua permasalahan lingkungan yg kian masif.

    BalasHapus
  12. Keren nih memang SMK Ora et Labora, terlihat dari program magang siswanya saja sudah terjun langsung ke bidang karir berbasis pembangkit listrik dll. Layak dicoba bagi ortu yang menginginkan anaknya lanjut sekolah di SMK. Keren, semoga guru2nya juga bisa berbagi ilmu kepada siswanya dengan layak. Makasih kak reviewnya, mantul :D

    BalasHapus
  13. Pantesan lulusan sekolah ini telah diterima di perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi baik di sektor energi maupun non energi. Keren program pembelajarannya ditambah praktik kerja mampu membekali siswa-siswi dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri.

    BalasHapus
  14. Wah ternyata keren keren ya SMK Ora et Labora ini, dulu Aku sih ga SMK Kak Shin..

    Btw salfok sama Banner Mobile Legend, kaget kok bisa ada disitu wkwk

    BalasHapus
  15. SMK ini memang menciptakan lulusan yang siap kerja nih. Bagus juga prospeknya di masa mendatang. SMK Ora Et Labora bisa menjadi solusi nih untuk anak anak yang siap kerja

    BalasHapus
  16. Keren sih SMK Ora Et Labora ini bisa mencetak gengerasi yang siap kerja di bidang yang diminati. Aq dulu juga lulusan SMK kak jadi lumayan paham gimana sekolah di SMK

    BalasHapus
  17. Quote-nya nancep banget Mbak. Pas banget dengan keadaan sekarang dan di masa depan akan selalu begitu adanya. Sekarang saja banyak skill yang digabung untuk menghasilkan kreativitas dan hal baru.
    Alasan ini juga kenapa saya mengarahkan anak untuk masuk ke sekolah vokasi, dan kuliahnya juga kalau bisa sama. Skill adalah modalnya kelak.
    Jadi meski sekolah yang saya arahkan (dan sudah diambil anak) mencetak lulusan siap kerja, saya tetap mengharapkannya kelak kuliah.
    Kalau dekat, saya akan memasukkan dia ke SMK Ora Et Labora, nih. Cocok banget dengan harapan saya dan kebutuhan anak.

    BalasHapus
  18. Keren banget sekolahnya yang bisa mencetak generasi siap masuk dunia kerja yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak
      SMK memberikan peluang untuk bisa langsung kerja setelah lulus

      Hapus
  19. Nah, ini jadi alternatif banget buat adik-adik yang kepengen lekas bekerja. Nggak tanggung-tanggung, gandengannya perusahaan-perusahaan besar, loh, SMK Ora et Labora ini. Keterampilan menguasai, koneksi luar untuk jenjang karir juga terbuka lebar di depan mata. Kalau mau kuliah lagi, tetap bisa juga kan, ya?

    BalasHapus
  20. keren nih, Saratoga bener2 memberikan support terbaik
    kalo sekolah di SMK ini jadi makin skillfull

    BalasHapus
  21. Setuju banget dengan prediksi 10 profesi masa depannya
    Karena itu saya paling gemes ama lulusan SMA sekarang yang keukeuh berpikir cara kuno dengan mengambil jurusan jurusan yang beken di zaman baheula

    BalasHapus
  22. SMK memang memiliki diferensiasi ddalam kemampuan, ketrampilan sehingga secara ketercepatan di dunia kerja bisa lebih cepat

    BalasHapus
  23. Sekolah SMK Saratoga makin skillfull sehingga anak - anak lulusannya siap untuk bekerja

    BalasHapus
  24. Keren banget ya metode pendidikan dan kolaborasi sekolah Ora et Labora ini menciptakan kualitas SDM yang bener2 handal

    BalasHapus
  25. Wah keren nih Ora ET labora bekerjasama dengan Saratoga..pastinya akan mencetak siswa yang mempunyai pengalaman berkaitan dengan SDM ya kak

    BalasHapus
  26. Dulu pas kuliah, adik tingkatku ada yang berasal dari lulusan SMK mba. Dan keunggulannya, dia bisa kuliah sekaligus Nyambi kerja. SMK memang dipersiapkan buat mereka yang kerja tapi enggak menutup kemungkinan buat mereka yang ingin lanjut studinya..

    BalasHapus
  27. Perbedaan sekolah menengah kejuruan dengan SMA biasa ya ad ada konsep dan tujuan lulusannya ya kak. Kalau SMK lebih menjurus kepad minat dan bakat. Sedang SMA biasa cenderung pad potensi akademiknya

    BalasHapus
  28. Haaaiiii cancerian garis keras!

    Tak heran lulusan sekolah Ora et Labora bisa diterima di perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi baik di sektor energi maupun non energi.

    Program pembelajaran sudah ditambah praktik kerja sehingga mampu membekali siswa-siswi dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri.

    BalasHapus
  29. Seru banget ya bisa praktek industri langsung di tempatnya. Asti makin nambah deh wawasannya

    BalasHapus