Pentingnya Micro Break, Cara Mengatasi Burnout Saat Bekerja

Hello, siapa coba disini yang suka workaholic? Apalagi di masa pandemi, realitanya work from home itu tidak seindah yang aku bayangin selama ini. Kupikir bisa kerja sambil rebahan, nyatanya berjam-jam loh aku tatap-tatapan sama layar laptop. Oh, it's not so sweet at all... 

Kalo istilahnya anak jaman now, kerja non stop seharian or lagi diterjang banyak deadline itu bisa bikin burnout. Jadi, burnout syndrome adalah salah satu kondisi stres yang berhubungan dengan pekerjaan. Biasanya ditandai dengan kelelahan secara fisik dan emosional. Hal ini bisa terjadi karena ekspektasi dan kenyataan di pekerjaan tidak berjalan sesuai yang dibayangkan. Atau bisa jadi juga ketika kita kewalahan karena pekerjaan yang datang silih berganti.

pengertian micro break
Mengatasi burnout dengan micro break

Tanda-tanda Kita Mengalami Burnout

Kondisi burnout ini tidak boleh disepelekan loh, karena bisa berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental kita. Biasanya, burnout ini dialami oleh mereka yang suka memaksakan diri untuk terus bekerja, kurang diapresiasi oleh atasan atau memiliki pekerjaan yang monoton. Seseorang yang mengalami burnout syndrome biasanya sih memiliki ciri-ciri sebagai berikut;

  1. Merasa kelelahan dan kehilangan semangat kerja. Bayangin aja, ibarat robot seseorang yang mengalami burnout akan tetap bekerja tapi tanpa semangat dan minat terhadap pekerjaannya. Akibatnya ya energi terkuras karena bekerja dengan setengah hati.
  2. Performa kerja menurun. Karena bekerja tanpa passion, biasanya orang yang mengalami burnout akan menunda bahkan mangkir dari pekerjaannya. Banyak menunda pekerjaan bisa berujung stress saat deadline loh!
  3. I hate my job! Orang yang burnout seringkali sulit berkonsentrasi, oleh karena itu biasanya mereka merasa terbebani dan merasa terjebak dengan pekerjaannya. 
  4. Mudah marah. Yes, istilah jaman nownya tuh senggol bacok. Pekerjaan yang menumpuk, realita yang gak seindah ekspektasi membuat seseorang menjadi lebih sensitif.
  5. Anti sosial. No to mention, sinis adalah jalan ninjanya untuk melampiaskan segala gundah gula seseorang yang mengalami burnout. Jadi, gak heran kalo orang tersebut dijauhi oleh kolega dan teman-temannya.

Mengatasi Burnout Dengan Micro Break

So, jika kita memiliki ciri-ciri seperti yang tadi disebutkan itu artinya fix kita mengalami burnout. Chill, jangan panik ya karena ada loh cara mengatasinya yaitu dengan micro break di sela-sela waktu bekerja. Istilah micro break sendiri muncul di tahun 80-an dari penelitian yang dilakukan oleh National Institute for Occupational Safety and Health Amerika Serikat.  

Micro break sendiri prinsipnya adalah mengalihkan aktivitas pekerjaan ke berbagai aktivitas yang bisa menenangkan, menyegarkan pikiran dan membangkitkan semangat. Gak ada pakem khusus sih untuk melakukan micro break, semua tergantung diri kita, apa yang kita suka.

game online solitaire
Salah satu pilihan micro break, bermain game

Teknik 20-20-20

Teknik ini sangat tepat bagi kita yang kerjanya berhadapan dengan komputer/gadget selama berjam-jam. Aturannya adalah setiap 20 menit sekali, kita harus melangkah sebanyak 20 kaki selama 20 detik. Hal ini berguna untuk menghindari mata lelah dan postur tubuh yang salah selama bekerja. 

Stretching Mania

Berhentilah sejenak dari pekerjaan kita dan lakukan stretching-stretching sederhana yang bisa dilakukan di tempat. Atau berdirilah sejenak ke area outdoor, taman atau teras, lalu lakukan peregangan agar badan menjadi lebih segar.

Cari Udara Segar 

Ketika merasa burnout, mintalah ijin sejenak kepada atasan atau partner kerjamu. Melipir sebentar ke coffeeshop sambil cuci mata bisa jadi solusi meredakan kemumetan kita saat bekerja. Ambil dan tariklah nafas panjang, lalu hembuskan lepaskan bersama segala bad vibes yang menempel di diri kita. Nikmati momen singkat tersebut!

Bermain Game

Kalo kamu termasuk yang suka main game, ini bisa jadi pilihan micro break terbaik, asal jangan kebablasan ya.  Tentukan batasan waktu, misalnya 15 hingga 20 menit saja! Pilihlah permainan yang ringan dan memberikan efek relaksasi. 

Tapi, nanti kebuang dong waktunya untuk install dulu gamenya di hape atau laptop?! Eits, jangan risau jangan sedih ada loh game online yang ringan dan gak perlu ribet-ribet di-install dulu. Cukup buka web solitaire.org via browser and voila pilih deh game favoritmu.  

game freecell di solitaire.org
Bermain Freecell di solitaire.org

Classic Solitaire

Yuppp, buatku ini game nostalgia sih semasa masih berkutat dengan skripsi. Permainan kartu yang ringan, rileks dan gak bakalan nambah stress. Tapi, kalo gak suka main kartu, di sini juga banyak permainan lainnya yang bisa kamu pilih loh. Di solitaire.org ada beberapa kategori game, yaitu Solitaire, Card, Mahjong, Hidden Object, Match 3, Logic Puzzle dan Word. Semuanya bisa kita coba tanpa perlu download, install ataupun login.

Jadi, selama bermain tuh ada music backsound yang relaxing juga loh. Kalo aku sih sukanya main yang Classic Solitaire, ada kepuasan tersendiri ketika kita berhasil mengurutkan kartu dan mendapatkan poin yang tinggi. So satisfying!

Hidden Object

Entah kenapa sejak dulu kala, saya suka banget permainan yang tugasnya mencari benda-benda di sebuah latar belakang yang penuh dengan tumpukan benda-benda. Jadi, memang mengetes kejelian mata kita.  

Pilihan saya jatuh di hidden object dengan tema Pirate yang semakin lama tingkat kesulitannya agak lumayan membutuhkan ketelitian untuk mencari benda atau angka yang diminta. Asli ini tipe game yang relaxing banget karena gak dibatasi waktu. Tapi, hati-hati ya jangan asal click kalo gak mau poin kita berkurang!

Selain itu, kamu juga bisa memilih tema Castle, Circus, China, Garden, Hotel, Kitchen dan Princess sebagai pilihan jika ingin bermain Hidden Object. Tema yang mana favoritmu nih?

game hidden objects
Game hidden objects di solitaire.org

Logic Puzzles

Buat yang suka permainan logika, pilihan menu game logic puzzles di solitaire.org ini cukup seru loh. Kita bisa memilih beberapa permainan mulai dari battleships, catur, minesweeper, sudoku dan lainnya. Nah, kalo saya penasaran sama battleships.

Jadi, tugas kita itu bikin strategi agar posisi kapal kita gak tertembak oleh musuh. Dan sebaliknya, kita harus bermain logika dan daya ingat untuk mencari lokasi kapal musuh. Seruuuu, cobain aja sendiri! I liked this game.

game puzzle
Game logic puzzles di solitaire.org

Word

Selain permainan solitaire, saya suka banget main di kategori permainan Word, jadi nyari-nyari kata ala TTS gitu. Seru loh, plus backsoundnya itu loh relaxing banget 😌 Dan pilihan pun jatuh di permainan letter scramble.

Jadi, kita harus menyusun huruf-huruf yang ada menjadi kata-kata dalam bahasa Inggris. Lumayan untuk mengasah dan memperbanyak kosa kata ya. Gamenya sederhana dan gak bikin stress karena gak harus push rank hihihi. Tapi, kayanya seru juga ya kalo kita bisa main bareng temen ya biar makin meriah.

letter scramble
Permainan letter scramble di solitaire.org
Nah, seru banget kan micro breaknya kalo main game simple dan relaxing di solitaire.org. Dijamin habis micro break kita lebih fresh dan semangat, siap untuk kembali produktif lagi. Ayo, kamu sudah coba belum main game di solitaire.org? Gak pake download or login dulu, buka webnya langsung pilih deh game favoritmu. Have fun!

23 komentar

  1. hello, thank you sudah mampir di blog aku. silakan dibaca-baca artikel lainnya loh. atau mau nulis komen juga boleh biar ada jejak digitalnya, yang gak boleh itu nulis link hidup yaaa di kolom komentar.

    BalasHapus
  2. wajib aku mainkan...untuk refreshing juga kan ya!!

    BalasHapus
  3. Mengatasi burnout dan menceriahkan semangat dengan bermain game Soltaire pilihan tepat menghibur diri

    BalasHapus
  4. burnout ini memang rasanya gak enak banget ya, aku tuh kalo burn out bisa mendem lama trus kesel sendiri gelisah berujung anxiety hahahhaha akhirnya malah menyalurkan ke hal lain ya salah satunya bisa main game online

    BalasHapus
  5. emang paling enak rehat sejenak kalo lagi burn out, aku paling suka denger lagu dan minum teh hangat, skrg pun lg burn out nih, kerjaan rumah banyak bgt

    BalasHapus
  6. Micro break saat dead line kerjaan mengejar sangat membantu sekali mengembalikan semangat ya. Sebentar tapi mantul banget, salah satunya main game yg disukai, di web yg tanpa iklan dan gratis pula. Semangatnya oke banget.

    BalasHapus
  7. setuju banget dengan solusinya

    termasuk buka solitaire.org, karena gak perlu install di HP

    yang bikin tambah mumet karena memori HP penuh

    BalasHapus
  8. wah ini toh namanya Burnout. Rupanya aku juga sering rasakan hal ini,,, tks artikelnya yah

    BalasHapus
  9. Wah, samaan ya sama aku, kalau lagi jenuh puncaknya dari pada bengong,langsung deh main game yang ringan-ringan begini

    BalasHapus
  10. Ngegame jadi asyik banget ya Mba Shyn kalo pake soltaire ini
    aku juga udah coba, berbagai macam game bikin pikiran fresh lagi

    BalasHapus
  11. Biasanya Burn Out kalau lagi banyak deadline nih. Emang harus nyari hiburan deh di tengah pekerjaan wkwkw.

    BalasHapus
  12. Ngga hanya pekerja yg ngalamin burnout. Adek2ku yang mahasiswa baru pada ngalamin hal yang sama. Daring dan wfh itu kondisinya sama. membosankan, hiks...
    Bener banget, jadinya game itu pilihan utama kalo ngalamin burnout. Tapi malah kebanyakan game drpr kerja atau ngerjain jurnalnya, haha

    BalasHapus
  13. Kalau di tempat kerja saya sih Mbak, kami sebut dengan istilah Coffee Break. Atau memang beda yaa Mbak?
    Ngopi sambil bermain game pasti asyiknya luar biasa. Hahaa

    BalasHapus
  14. Bermain game memang menyenangkan. Saat kita tenggelam dalam keasyikan bermain, burnout yang kita alami, perlahan menghilang, bahkan ada yang lenyap seketika, dan kita lupa, tak merasakannya lagi :D

    BalasHapus
  15. kadang kalo lagi burnout suka sibuk sendiri tapi gak menghasilkan apa2, heboh doang pengen produktif tapi hasilnya nihil. kalau sudah seperti itu harusnya tahu sih udah saatnya istirahat biar lebih rileks

    BalasHapus
  16. Solitaire paling sukaaa banget aku mba syn, kadang suka gemes kalau kartu yang keluar ngga sesuai keinginan tapi seringnya sih tamat heheheh.

    BalasHapus
  17. Saya lakukan yg terakhir tuh mbak, main game saat lagi burnout, bisa ngalihkan pikiran sejenak dari kerjaaan

    BalasHapus
  18. Hehe solitare game sepanjang jaman yang selalu saya gunakan saat micro break, meski jadul tapi tetap bisa menyegarkan pikiran

    BalasHapus
  19. Aku pernah baca dengan bermain games digital bisa cukup membantu membentuk rileksasi pasca bekerja atau tengah burnout jadi lebih santai dan sedikit fresh

    BalasHapus
  20. iya, klo burnout ya harus rehat dulu
    klo dipaksa bisa g maksimal juga hasilnya
    melipir main game aja klo burnout

    BalasHapus
  21. Kadang burnout emang seringkali muncul jika pekerjaan kita itu cukup padat dan menyisakan waktu sedikit untuk sekedar bersenang2. Saya biasanya menyiasati dengan lakukan gerakan ringan di dalam atau di luar ruangan. Atau pindah2 posisi kerja juga penting menurut saya untuk mencegah burnout ini. Makasih kak tips di atas sangat berguna sekali.

    BalasHapus
  22. Aku tim gak pinter main game. Jadinya kalo lagi pengen nge gaming nyarinya mentok di tetris wkwkwk..

    Tapi solitare kayanya bisa kucoba karena gak terlalu mengintimidasi kaku gamer kaya aku hihi

    BalasHapus
  23. Beberapa bln ini lagi ngalamin burnout.. butuh utk kenalin diri sendiri dulu jadi tau cara yg tepat utk atasi burn out ini.

    BalasHapus