Sinopsis Miracle In Cell No. 7, Kisah Haru Seorang Ayah Dengan Kebutuhan Khusus

Sebuah film yang diadaptasi dari film Korea dengan judul yang sama, Miracle In Cell No. 7 tengah menghiasi sinema tanah air sejak September 2022 lalu. Film produksi Falcon Pictures ini menghadirkan film keluarga yang berhasil membuat para penontonnya mengharu biru.

Dibintangi oleh sejumlah bintang ternama, film ini menghadirkan Vino G. Bastian dan aktris cilik Garciella Abigail sebagai pemeran utamanya. Miracle In Cell No. 7 juga turut menghadirkan Mawar De Jongh, Indro Warkop, Tora Sudiro, Marsha Timothy, Bryan Domani, Indra Jegel dan Rigen Rakelna.

Sinopsis Film Miracle In Cell No. 7 (Versi Indonesia)

Dodo Rozak (Vino G. Bastian) adalah seorang pria dengan kebutuhan khusus yang hidup bersama dengan anak semata wayangnya Kartika (Graciella Abigail). Untuk menghidupi putrinya, Dodo sehari-hari berjualan balon. 

Keduanya hidup dalam kesederhanaan, hingga suatu hari Dodo ditangkap dan dituduh melakukan pemerkosaan dan pembunuhan terhadap seorang anak kecil. Singkat cerita, Dodo dijebloskan di sel penjara nomor 7 bersama dengan sejumlah narapidana dengan kejahatan kelas kakap juga.

Dodo yang merupakan seorang pria dengan kebutuhan khusus semakin terguncang jiwanya, setiap hari ia merindukan putri kecilnya. Kartika pun 'diselundupkan' ke dalam sel dan mengubah suasana di penjara. Hangatnya kasih sayang antara Dodo dan Kartika ternyata membuat banyak orang meragukan kapabilitasnya untuk menyakiti bahkan membunuh orang lain. 

Film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini ternyata laris manis dan berhasil menarik perhatian 3,5 juta penonton dalam 11 hari penayangannya di bioskop. Banyak penonton dan netizen yang memberikan review positif terhadap film ini. Konon, Miracle In Cell No. 7 ini mengandung bawang loh, alias akan membuatkan menangis haru.
Poster film Miracle in Cell No. 7 (sumber: pikiran rakyat)
Ternyata, Miracle In Cell No. 7 diangkat dari kisah nyata di korea yang terjadi pada tahun 1972. Ada dua isu yang sarat digaungkan dalam film ini yaitu ketidakadilan hukum dan orang dengan kebutuhan khusus.

Saat ini, masyarakat sudah banyak yang lebih memahami mengenai orang dengan kebutuhan khusus. Sudah banyak juga sumber referensi bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Pada tahun 2017, novelis Fira Basuki meluncurkan buku bertajuk #SentuhanIbu yang menghadirkan kisah-kisah ibu-ibu hebat dengan anak-anak berkebutuhan khusus.

Sudah banyak juga selebgram atau influencer yang menggaungkan edukasi tentang anak berkebutuhan khusus. Mereka berbagi mengenai tips dan perjuangan yang dihadapi orang tua dengan anak berkebutuhan khusus. Sehingga semakin banyak yang lebih memahami bagaimana harus menyikapi dan merawat anak berkebutuhan khusus. Banyak juga loh novel remaja yang membahas isu tentang kebutuhan khusus dan kesehatan mental.

Tidak ada komentar