6 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Padang Terfavorit Untuk Dibawa Pulang

Padang dikenal secara luas akan kekayaan kulinernya yang penuh cita rasa khas. Banyak orang yang diketahui rela datang jauh-jauh ke Padang hanya untuk berwisata kuliner. Apalagi, pergi ke Padang menjadi semakin mudah dengan banyaknya rute penerbangan ke sana sekarang ini. 

Kamu hanya perlu mengatur jadwal penerbangan yang sesuai dengan waktu liburanmu ke Minangkabau International Airport, bandara yang ada di Padang. Supaya lebih praktis, kamu bisa pesan tiket pesawat untuk liburan ke Padang lewat Traveloka. 

Jam Gadang, ikon khas Sumatera Barat

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memesan tiket pesawat di Traveloka. Salah satunya adalah fleksibilitas tiket yang tinggi. Kamu bisa melakukan reschedule jadwal penerbangan tanpa dikenakan pinalti dan bisa melakukan refund untuk membatalkan penerbangan dengan denda rendah.

Setelah puas berwisata kuliner di Padang, tentu tidak lengkap rasanya jika pulang tanpa membawa oleh-oleh. Pada dasarnya, ada banyak sekali oleh-oleh khas Padang yang menarik dan wajib kamu bawa pulang. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya buat kamu!

1. Kerupuk Jangek  

Bagi orang Indonesia, tidak lengkap rasanya menyantap makanan tanpa ditemani kerupuk. Bahkan, kerupuk juga kerap dijadikan camilan di kala senggang. Jika kamu termasuk sebagai pecinta kerupuk, maka kerupuk jangek bisa menjadi oleh-oleh khas Padang yang wajib dibeli. 

Perlu diketahui, kerupuk jangek ini dibuat dari kulit sapi ataupun kerbau yang diolah sedemikian rupa sehingga punya cita rasa renyah. Kerupuk ini biasanya dibuat dengan menjemur kulit sapi ataupun kulit kerbau pada sinar matahari hingga bersih.

Lalu kulit tersebut direbus hingga empuk. Proses perebusan ini juga untuk menghilangkan bulu-bulu yang masih menempel di kulit sapi ataupun kulit kerbau. Seusai proses perebusan, kulit ini dipotong sesuai selera, ada yang dipotong menjadi kotak panjang ataupun kecil-kecil. 

Sesudah dipotong, kulit ini ditaburkan dengan garam dan kembali dijemur pada sinar matahari selama 3 hingga 7 hari. Setelah itu, barulah kulit ini digoreng hingga menjadi kerupuk jangek. 

2. Rendang Telur   

Selain dibuat dari daging sapi, hidangan populer asal Padang ini ternyata juga dapat diolah dengan bahan lain seperti telur. Yang membedakan rendang telur ini dari rendang daging adalah menggunakan bentuknya yang kering. Sebab, rendang sapi biasanya dibuat dengan bumbu basah. 

Meski disebut sebagai rendang telur, bentuknya sendiri sudah tidak menyerupai telur biasa. Bahkan, banyak orang lebih mengenal kuliner ini sebagai keripik rendang jika melihat dari bentuknya. 

Adapun, bahan untuk membuatnya adalah tepung, daun salam, daun jeruk, serai, air yang dicampur dengan telur dan dimasak dalam bentuk yang menyerupai keripik. Setelah itu, adona yang sudah dimasak ini kemudian ditambahkan bumbu halus rendang. 

Karena itu, rasa hidangan ini menyerupai rendang namun teksturnya jauh lebih renyah mirip keripik. Rendang telur ini sangat cocok dijadikan camilan ataupun sebagai lauk untuk menyantap nasi. Pada umumnya , rendang telur ini dijual dalam bentuk plastik bungkusan maupun stoples.

Kuliner Khas Padang
3. Karak Kaliang     

Karak kaliang adalah keripik dari ubi kayu yang dibuat dalam bentuk angka 8 dan punya warna kuning. Karak kaliang ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Padang yang wajib dibeli. Untuk membuat karak kaliang, ubi kayu harus dikupas dulu kulitnya lalu dicuci sampai bersih.

Setelah bersih, ubi ini kemudian diparut hingga menjadi tepung. Agar punya cita rasa asin dan gurih, tepung ini kemudian dicampurkan dengan garam dan bawang putih. Lalu tepung ini diaduk dan dibentuk menjadi angka 8. Sesudah dibentuk, adonan berbentuk angka 8 ini digoreng dengan minyak panas. 

4. Keripik Sanjai      

Ini merupakan oleh-oleh khas Padang terpopuler dan dikenal banyak orang. Keripik sanjai yang dibuat dari bahan singkong ini biasanya dijual dalam 3 rasa yaitu asin, tawar, serta balado. Yang unik dari keripik ini adalah bumbunya lengket pada setiap potongan singkong. 

5. Roti Randang       

Saking populernya, rendang diolah dalam berbagai bentuk oleh masyarakat di Padang, salah satunya yaitu roti. Yap, rendang yang menjadi isian roti ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Padang yang unik. 

Roti yang lembut dan agak manis dipadukan dengan rasa rendang yang cenderung pedas. Meski berasal dari kombinasi cita rasa yang berbeda, nyatanya roti randang justru sangat nikmat buat disantap. 

Untuk membuat roti randang, pembuatan rendang harus dibuat sampai bahan dagingnya tidak berair dan lemaknya bisa dikurangi secara signifikan. Terdapat beberapa varian roti randang seperti roti rendang daging ayam, roti rendang daging sapi, hingga roti rendang kacang merah. 

6. Kipang Kacang        

Oleh-oleh khas Padang ini cukup mirip dengan ampyang yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Sesuai namanya, penganan ini menggunakan bahan dasar kacang tanah yang ditambahkan gula merah. Rasa dari kipang kacang ini manis dan punya rasa renyah yang berasal dari bahan kacangnya. 

Nah, itulah 6 rekomendasi oleh-oleh khas Padang yang wajib dibawa pulang jika kamu berkunjung ke sana. Semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya!

1 komentar

  1. Terakhir kali ke Padang 10 tahun lalu saat dinas. Waktu itu mampir ke sebuah toko oleh-oleh yang terkenal banget itu. Hwaaa kalap beli sampe jadi berkardus-kardus haha.

    Yang paling aku suka tentu saja keripik sanjainya. Ah, andai sate padang bisa lebih tahan lama, pengen juga dibawa buat oleh-oleh sebab di Palembang susah sekali nemu sate padang yang seenak di kota aslinya :)

    BalasHapus