Kenali Bahaya Ruam Popok dan Kapan Harus Konsultasi ke Dokter

Beberapa hari lalu, baru saja adik saya mengeluhkan tentang anaknya yang mengalami ruam popok. Duh, jadi teringat dulu juga saat anakku bayi dan mengalami hal yang sama. Gak tega rasanya, anak jadi rewel karena gatal dan pastinya gak nyaman 😭

Ngomong-ngomong soal ruam popok, siapa ayo yang pernah termakan hoax dengan memberikan bedak saat anak mengalaminya? Ini ternyata hoax loh ya, dan faktanya ternyata sekitar 27% dari total 1000 hoax itu seputar berita kesehatan. Saya salah satu korbannya huhu!

Sedih rasanya saat anak yang biasanya aktif dan ceria, tiba-tiba menjadi rewel karena mengalami ruam popok. Saya biasanya langsung ceki-ceki ulang deh tuh kualitas popok yang dipakai saat itu. Perjalanan menemukan popok yang tepat itu ibarat kaya cari jodoh, perlu kesabaran dan cocok-cocokan.

ruam popok
Sedih ya kalau keceriaan si kecil lenyap karena ruam popok 😢
Ruam popok merupakan kondisi iritasi atau peradangan pada kulit bayi akibat penggunaan popok yang ditandai dengan kemerahan kulit di daerah lipatan paha, pantat dan kelamin. Biasanya area yang mengalami ruam popok akan terasa hangat dan membengkak.

Alami Ruam Popok, Kapan Sih Kita Harus Konsultasi ke Dokter?

Walaupun ruam popok umumnya gak berbahaya, namun pada kasus tertentu ada yang memerlukan penanganan dokter. Untuk itu, sebagai orang tua kita wajib mengetahui beberapa penyebab ruam popok, diantaranya yaitu;

  • Kontak yang terlalu lama dengan urin ataupun tinja saat menggunakan popok

  • Menggunakan popok yang terlalu ketat sehingga menimbulkan gesekan pada kulit

  • Tipe  kulit yang sensitif terhadap bahan popok

  • Infeksi bakteri atau jamur akibat penggunaan popok yang terlalu lama

Ruam popok sebenarnya bisa ditangani sendiri di rumah yaitu dengan menggunakan salep khusus untuk mengatasi ruam popok dan rutin mengganti popok setiap 3-4 jam sekali untuk menghindari kondisi lembab. 

Pengalaman saat anak mengalami ruam popok saya beberapa kali membiarkannya untuk tidak menggunakan popok sementara waktu, agar kulitnya bisa ‘bernafas’ dan mempercepat proses penyembuhannya.

Untuk mengatasi ruam popok, kita bisa memilih produk yang mengandung zinc oxide, zinc gluconate dan petroleum jelly. Hindari penggunaan bedak bayi dan tisu basah yang mengandung alkohol atau pewangi saat anak mengalami ruam popok karena bisa semakin memperparah kondisi iritasi pada kulit. 

Namun, yang harus menjadi perhatian para orang tua adalah jika ruam popok terjadi selama lebih dari 2 hari, bertambah parah, disertai demam, ruam berdarah dan mengeluarkan cairan. Itulah tandanya kita harus segera membawa anak untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tips Memilih Popok Agar Terhindar Dari Ruam Popok

Sebagai orang tua, kita tentunya akan memberikan yang terbaik untuk si kecil tercinta. Salah satunya dengan memilih popok yang tepat agar terhindar dari kondisi ruam popok yang membuat anak rewel, gak nyaman dan menyebabkan gangguan tidur.

Hadiah terbaik untuk ponakan tercinta, MAKUKU SAP Diapers Slim
Dalam memilih popok, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut;

  1. Memilih jenis popok untuk anak. Ada 2 pilihan yaitu popok kain atau popok sekali pakai. Popok kain memang lebih ramah lingkungan dan ekonomis, namun daya serapnya sangat rendah sehingga berpotensi menyebabkan ruam.

  2. Memilih ukuran yang tepat dengan mempertimbangkan lingkar pinggang. Popok yang terlalu sempit berpotensi menyebabkan iritasi dan ruam popok pada anak. Tapi, jangan terlalu longgar juga sehingga bisa menyebabkan kebocoran karena posisi popok yang bergeser-geser.

  3. Mengenali jenis kulit bayi. Orang tua harus lebih teliti dalam memilih popok jika memiliki anak dengan kulit sensitif. Bahan popok yang kurang menyerap cairan bisa menimbulkan ruam popok yang tentunya sangat gak nyaman bagi bayi.

  4. Mengenali daya serap popok. Pengalaman membuktikan daya serap popok yang baik akan membuat anak nyaman beraktivitas dan terhindari dari risiko terkena ruam popok. 

  5. Mengenali fitur unggulan yang ditawarkan produk popok. Setiap orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, dalam hal memilih popok, pastikan kita memilih popok dengan berbagai fitur dan teknologi terkini untuk kenyamanan si kecil.

Hadiah Terbaik Untuk Keponakan Tercinta, MAKUKU SAP Diapers Slim

Oh ya, menyambung curahan hati adikku yang anaknya mengalami ruam popok, dia akhirnya mencoba popok MAKUKU dan betapa bahagianya dia bisa menemukan popok terbaik untuk anaknya tercinta.

Pas banget keponakanku itu baru aja ulang tahun yang ke-1, bingung dong mau kasih kado apa. Berbekal cerita adikku yang menemukan tambatan hatinya dengan MAKUKU dalam urusan per-popok-an, maka saya tiba-tiba punya ide untuk memberikan hadiah untuk keponakan tercinta, yaitu produk terbaru MAKUKU SAP Diapers Slim.

MAKUKU SAP Diaper Slim ini memiliki 2 tipe yang bisa dipilih, yaitu tipe perekat dan tipe celana. Kembali lagi ya sesuaikan dengan pertimbangan para ibu untuk memilih tipe popoknya.

Tipe perekat tersedia dalam pilihan ukuran:

  • NB (new born), bisa digunakan untuk anak dengan berat 0,5 kg dan usia 0-1 bulan

  • S (small), bisa digunakan untuk anak dengan berat 4-8 kg dan usia 1-3 bulan

  • M (medium), bisa digunakan untuk anak dengan berat 6-11 kg dan usia 4-6 bulan

Sementara, untuk tipe celana tersedia dalam pilihan ukuran:

  • M (medium), bisa digunakan untuk anak dengan berat 6-11 kg dan usia 4-6 bulan

  • L (large), bisa digunakan untuk anak dengan berat 9-14 g dan usia 7-12 bulan

  • XL (extra large), bisa digunakan untuk anak dengan berat 12-17 kg dan usia 12-15 bulan

  • XXL (extra extra large), bisa digunakan untuk anak dengan berat 15-25 kg dan usia > 15 bulan

Tekstur MAKUKU SAP Diapers Slim
Ternyata, MAKUKU SAP Diapers Slim menghadirkan teknologi SAP (Super Absorbent Polymer) yang terbukti memiliki daya serap tinggi berkat polymer hydrophilic yang mampu menyerap cairan lebih maksimal. Teknologi SAP ini bisa meningkatkan penyebaran dan berfungsi mengunci cairan. Alhasil, popok tetap ringan, tipis dan gak menggumpal.

Fitur inilah yang menurut saya menjadi salah satu keunggulan MAKUKU SAP Diapers Slim yaitu mampu mencegah terjadinya osmosis balik, yaitu kembalinya air yang telah terserap ke atas permukaan popok. Jadi, popok tetap kering dan anak pun bisa tetap nyaman.

Keunggulan MAKUKU SAP Diapers Slim

MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki 3 lapisan yang terdiri dari lapisan non woven, lapisan inti struktur SAP dan lapisan anti bocor. Apa saja ya keunggulan MAKUKU SAP Diapers Slim ini dibandingkan produk sebelumnya, yuk kita kupas satu persatu.

  1. Super tipis dengan ketebalan 1.6 mm sehingga lebih ringan namun daya serapnya mantap!

  2. Anti-gumpal, meng-sedih aku tuh kalo melihat anak-anak yang popoknya bergelayut menggumpal. Nah, gak ada lagi deh tuh penampakan kaya gitu kalau pakai MAKUKU SAP Diapers Slim.

  3. Mengunci cairan dan mencegah terjadinya osmosis balik, permukaan popok tetap kering, bye-bye ruam popok!

  4. Ada wet indicator, jadi ketika popok sudah penuh warna garis kuning akan berubah menjadi biru. Itulah saatnya untuk mengganti popok si kecil.

  5. Roll tape yang tersedia hanya di tipe celana, memudahkan kita untuk mengemas popok yang sudah dipakai sebelum dibuang ke tempat sampah.

  6. Fitur heat-press side pada tipe celana yang bisa mengurangi gesekan di pinggang akibat popok yang terlalu ketat.    

MAKUKU Berikan Fasilitas Konsultasi Dokter Gratis Seputar Ruam Popok Di 10 Rumah Sakit

MAKUKU yang telah hadir di Indonesia sejak 2020 sudah membersamai dan aktif mengedukasi para orang tua tentang bahaya ruam popok. Berhubung masih banyak orang tua yang menganggap remeh tentang ruam popok dan pentingnya memilih popok yang terbaik untuk anak, MAKUKU memfasilitasi para orang tua untuk konsultasi gratis ibu dan anak dengan dokter di 10 rumah sakit yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung dan Makassar. 

Diselenggarakan mulai 16 Desember hingga 18 Desember 2022, kegiatan ini memberikan edukasi seputar ruam popok dengan dokter spesialis anak dan spesialis kulit. MAKUKU juga membagikan popok gratis kepada para ibu yang hadir loh!

Kolaborasi MAKUKU dengan 10 rumah sakit 
Menurut seorang dokter spesialis anak, dr. S.T Andreas Cristan Leyrolf, M. Ked (Ped), Sp. A, bayi perlu diganti popoknya setiap 3-4 jam sekali untuk menghindari kontak yang lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan ph basa kulit. 

Faktanya, lebih dari 50% bayi akan mengalami setidaknya satu kali masa dermatitis popok iritan selama fase pemakaian popok. Oleh karena itu, penting sekali kita sebagai orang tua lebih telaten mengganti popok secara rutin dan tentunya memilih popok dengan kualitas terbaik untuk si kecil. 

Duh, mau ngaku dosa dikit lah ya, dulu jujurly kadang suka kepikiran kayanya 3-4 jam tuh kayanya baru sebentar dan belum bocor popoknya. Ternyata, gak boleh ya buibu, kasian anaknya karena jadi gak nyaman dan lembab apalagi kalo popoknya gak punya fitur mencegah osmosis balik. 

Nah, berbekal dari pengalaman para orang tua, MAKUKU pun berkomitmen mengembangkan produk terbarunya yaitu MAKUKU SAP Diapers Slim dengan teknologi daya tamping lebih besar dari 400 ml menjadi 500 ml cairan. Selain itu, area penyerapan pada inti struktur MAKUKU SAP Diapers Slim juga ditingkatkan sebanyak 9% untuk menghindari terjadinya kebocoran saat pemakaian popok. 

Dengan teknologi tersebut, MAKUKU paham betul pentingnya kualitas tidur bayi usia 1 hingga 3 tahun yang ideal berada di kisaran 12 jam. Pemakaian MAKUKU SAP Diapers Slim dapat membantu orang tua untuk menjaga kualitas tidur bayi yang dibutuhkan untuk masa-masa keemasan dalam tumbuh kembangnya.  

So, kalau buibu #TakutRuamDiapersUseMAKUKU dong. Kemarin saya order MAKUKU SAP Diapers Slim ukuran L di e-commerce kesayangan dari Official MAKUKU Indonesia yang tersedia di Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Tiktok Shop buat kado ponakan tercinta. Oh ya, harganya berkisar antara Rp36.000 sampai dengan Rp237.900, pastinya setimpal dengan kualitasnya dong ya!

Buat yang mau tahu lebih jelas, yuk bisa follow akun instagramnya @makuku.indonesia.official dan langsung cek juga website MAKUKU untuk info toko online dan offlinenya. Untuk ibu-ibu di Indonesia gak perlu ragu lagi untuk memberikan MAKUKU #RUAMPOPOKEXPERT yang terbaik untuk si buah hati tercinta.


20 komentar

  1. hai moms, ada yang pernah punya pengalaman dengan ruam popok pada si kecil? yuk share yaaa

    BalasHapus
  2. Dulu saking kagetnya dengan ruam-ruam waktu anak masih bayi, langsung pergi ke dokter untuk berobat. Ternyata memang jangan sembarangan ya dalam memilih popok buat bayi

    BalasHapus
  3. Ruam popok sangat mengganggu untuk anak-anak. Bisa membuatnya rewel pada malam dan siang hari. Kalau pakai diapers yang nyaman, pasti aman dari ruam.

    BalasHapus
  4. Ikutan sedih dengernya kalo ada anak kecil jadi rewel dan gak nyaman karena ruam popok. Makanya penting ya mbak untuk mencari diapers yg sesuai, bikin nyaman, dan banyak keunggulannya juga.

    BalasHapus
  5. Aduh ruam popok itu emang nyiksa banget deh. Bayiku dulu juga susah tidur gara-gara ruam popok. Emang harus pilih popok yang nyaman untuk cegah ruam.

    BalasHapus
  6. lucu amat si adlan foto kecilnya, gemesin euy pasti udah pake MAKUKU ya!

    BalasHapus
  7. keunggulan produk makuku ini banyak juga ya memang worth it kayaknya sebagai pilihan para mom untuk diaper babynya, pastinya secara kualitas juga sangat terjaga dan bagus

    BalasHapus
  8. Ada konsultasi gratisnya juga, wah ini jadi manfaat bagus bersama Makuku, diapers yang mengerti kebutuhan si kecil

    BalasHapus
  9. Saya beli di online shop alhamdulillah dapat potongan harga yang lumayan.
    Memang harganya lebih tinggi dibanding popok lain tapi kan sesuai dengan kualitas dan kenyamanannya ya

    BalasHapus
  10. Keren nih MAKUKU ikut memberikan perhatian besar pada kesehatan khususnya ibu dan anak terbukti dari adanya kolaborasi dengan beberapa RS dan tentunya dokter specialis yang siap memberikan layanan konsultasi gratis bagi kita

    BalasHapus
  11. Masalah klasik baby adalah timbulnya ruam popok. Nah pemilihan popok yang tepat akan membuat kulit bayi minim iritasi. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  12. Makuku is the best kalau soal mengatasi ruam popok. Ukuranny jug lengkap. Teknologi terbaik dan nyaman buat anak.

    BalasHapus
  13. Harga Makuku ternyata terjangkau banget dengan kualitas dan nggak bikin ruam pula. Trus daya tampung untuk urin kan ya itu, besar juga ya sampai 500ml

    BalasHapus
  14. Sebelumnya kan aku pake merk lain yaa kak, terus beberapa waktu lalu pakai Makuku yang SAP ini, udahlah harganya terjangkau (ngga semahal yang aku beli sebelumnya untuk jenis dan ukuran yang sama), daaaan ternyata kualitasnya sama ajaa. jadi mending pakai Makuku sihh hihi.. alhamdulillah bisa ngirit buat uang belanja

    BalasHapus
  15. Bahaya juga ruam popok itu ya mbak
    Harus segera diatasi ya mbak
    Sebab ruam popok bikin anak nggak nyaman

    BalasHapus
  16. Jadi inget dulu salah satu anak tetanggaku hampir tiap malam kami dengar dia nagis dan rewel banget. Usut punya usut ernyata dia terkena ruam popok hingga merasa kurang nyaman. Sayangnya saya waktu itu saya belum kenal makuku, kalau saja sudah pasti akan saya rekomendasikan deh

    BalasHapus
  17. Pas masih awal-awal jadi Ibu, aku beneran panik banget..
    Anak rewel seharian dan aku capek..
    Ternyata kena ruam dan kudu banget mengganti kebiasaan dengan rutin segera membersihkan dan mengganti popok anak.

    Tapi menggunakan MAKUKU, rasanya lebih nyaman dengan daya serap yang bagus sehingga anak gak mudah terkena ruam popok.

    BalasHapus
  18. Ruam popok salah satu yang harus diwaspadai jika memiliki bayi yang masih menggunakan popok. Kalau sudah terjadi ruam popok, anak bisa jadi rewel dan sulit tidur.

    BalasHapus
  19. Wah sayang banget belum ada RS di Malang yang berkolaborasi dengan Makuku huhuhu.

    BalasHapus
  20. Ruam popok memang bikin anak jadi gelisah. Harus ditangani dengan segera agar anak dapat tidur dengan nyaman

    BalasHapus