Wanita Penderita PCOS Bisa Hamil Alami, Begini Caranya

Kesel banget deh kalau pas ada acara keluarga atau ketemu teman lama, yang ditanya malah hal-hal yang bikin insecure dan overthinking. Mulai dari “kapan nikah?”, “belum hamil?” sampai ke pertanyaan “kapan mau nambah anak lagi?”. Bukannya perhatian, tapi jujurly pertanyaan-pertanyaan kaya gitu tuh malah bikin mental health orang terganggu loh.

Kita gak pernah tahu kondisi seseorang sekalipun keluarga dekat, kita gak pernah tahu perjuangan hidup seseorang. Ada yang berjuang untuk menemukan jodoh yang tepat, ada yang berjuang untuk bertahan dalam rumah tangganya, dan ada yang berjuang untuk mendapatkan keturunan yang sudah lama dinanti-nantikan.

Paling bete kalau ditanya “kapan kasih adek nih buat si mas?”


Mengenal Gangguan Kesuburan PCOS

Pada Sabtu, 3 Desember 2022 lalu saya berkesempatan untuk mengikuti talkshow “PCOS Masih Mungkinkah Untuk Hamil Alami?” di Mayapada Hospital Jakarta Selatan dengan narasumber dr. Malvin Emeraldi, Sp.OG(K)FER Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Subspesialis Fertilitas & Hormon Reproduksi Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS). Dokter Malvin menjelaskan mengenai sindrom PCOS yang bisa dibilang menjadi salah satu penyebab sulit hamil.

Saya sendiri baru mengenal yang namanya PCOS (polycystic ovarian syndrome) yaitu gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur dan ditandai dengan gangguan menstruasi dan kadar hormon maskulin (hormon androgen) yang berlebihan. Kondisi inilah yang membuat beberapa wanita harus berjuang keras demi mendapatkan keturunan.
Penjelasan gejala PCOS oleh dr Malvin Emeraldi

Sedihnya, data epidemiologi memperkirakan bahwa sindrom PCOS dialami oleh sekitar 116 juta atau 3,4% wanita di dunia. Di Indonesia sendiri, hasil studi RS Cipto Mangunkusumo telah mengidentifikasi 105 pasien. Adapun gejala klinis dari PCOS ini adalah sebagai berikut;
  1. Amenorrhea/Oligomenorrhea
  2. Gambaran ovarium polikistik
  3. Hiperandrogenisme klinik/laboratorium

Jika mengalami 2 dari 3 gejala tersebut, maka dokter akan memberikan diagnosis PCOS. Pada kesempatan ini, Dokter Malvin memberikan 3 tips bagi penderita PCOS agar lebih mudah dan berpotensi untuk hamil, yaitu;
  1. Melakukan hubungan seks di masa subur
  2. Melakukan inseminasi intrauterine (IIU)
  3. Melakukan IVF (bayi tabung)

Cerita Grace Tahir Pejuang Garis Dua Dengan PCOS 

Grace Tahir, direktur Mayapada Hospital turut membagikan cerita harunya berjuang dengan PCOS untuk mendapatkan keturunan. Wanita yang mengalami PCOS akan menjadi infertil/mandul karena tidak ada sel telur yang matang sehingga tidak terjadi proses pembuahan antara sperma dengan sel telur. 
Direktur Mayapada Hospital, Grace Tahir
Ternyata, bu Grace terdiagnosis menderita PCOS saat merencanakan kehamilan kedua, kala itu beliau mengalami kondisi obesitas. Namun, dukungan hangat datang dari suami tercinta di tengah gempuran komentar-komentar negatif yang membuatnya nyaris tak waras. Akhirnya setelah rutin berkonsultasi ke dokter dan berserah diri, akhirnya Grace Tahir bisa hamil secara alami.

Pada kesempatan ini, beberapa peserta juga berbagi cerita harunya yang tengah berjuang bertahun-tahun untuk hamil. Secara umum, gejala PCOS ini biasanya muncul saat wanita pertama kali mengalami haid/pubertas. Namun, ada juga yang baru mengalaminya saat sudah dewasa dan mengalami obesitas.

Salah satu gejala PCOS yang paling umum dialami adalah adanya gangguan menstruasi yang tidak teratur atau berkepanjangan. Selain itu, kadar hormon androgen yang meningkat membuat tumbuhnya rambut halus seperti kumis, atau di lengan dan kaki. Gejala lainnya adalah ditemukannya kista ovarium dalam jumlah banyak.
Health Talkshow "PCOS, Masih Mungkinkah Untuk Hamil Alami" di Mayapada Hospital Jakarta Selatan
Bagi yang mengalami gejala-gejala PCOS sebaiknya kita segera berkonsultasi dengan dokter. Mayapada Hospital Jakarta Selatan merupakan salah satu rumah sakit terbaik untuk penanganan PCOS pada wanita. Tetap semangat wahai para pejuang garis dua… 😘

16 komentar

  1. semangat utk para pejuang dua garis, PCOS bisa diatasi kok..tenang aja

    BalasHapus
  2. semangaaat utk para pejuang garis dua.. mba, terima kasih utk sharingnya, kebetulan ada kerabat yg sedang mempunyai masalah yg sama, aku teruskan artikel ini utk dibacanya ya..

    BalasHapus
  3. semangaaaat, temenku adayang PCOS dan dia berhasil hamil secara alami kok setelah berjuang 2 tahun lamanya

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu tentang PCOS ini..tapi yakin saja bahwa anak adalah titipan Allah, bila Allah berkehendak maka kondisi apapun tidak menutup kemungkinan tetap bisa hamil dan melahirkan secara normal. Yang penting saling mendukung dan menguatkan dalam keluarga.

    BalasHapus
  5. Adek sepupuku ada yg PCOS ini.
    Sulit hamil dia.
    Kuarahkan utk baca artikrl ini aja kali ya

    BalasHapus
  6. Perjuangan dan cobaan hidup seseorang berbeda beda ya ada yg diuji dgn sulitnya keturunan... Semoga dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan permasalahan ini bs diatasi dengan doa juga tentunya

    BalasHapus
  7. Baru tau klo Mayapada hospital ternyata punya tim dokter dan tenaga kesehatan berpengalaman untuk menangani PCOS

    BalasHapus
  8. Semangat buat pejuang dua garis, yakin pasti bisa hamil kalau sudah waktu dan rezekinya

    BalasHapus
  9. Sering ya sesama perempuan malah saling menyakiti dengan komentar asal gitu. Terutama pada perempuan yang belum bisa punya anak dengan atau tanpa kelainan hormonal.

    BalasHapus

  10. Aduh kayak adikku nih. Dia juga pejuang garis dua dari PCOS ini. 10 tahun nikah, akhirnya bisa juga punya anak. Dengan pendampingan dari ahli medis pastinya. Semoga para perempuan yg punya PCOS ini di luar sana bisa segera hamil ya. Aamiin.

    BalasHapus
  11. Ketika seseorang sulit hamil, itu ternyata bisa ada banyak faktor penyebabnya ya, salah satunya PCOS ini. Dan ternyata asal ditangani dengan baik, penderitanya bisa tetap hamil ya. Semangaaat untuk para pejuang garis dua. Semoga segera terwujud ya untuk punya momongan segera,

    BalasHapus
  12. Selalu salut dan bangga dengan mereka wahai Ibu2 dan pasutri yang berjuang mendapatkan buah hati, semoga dikabulkan dan terwujud semuanya. Aku teringat sahabatku yaang PCOS juga alhamdulillah sekarang lagi hamil, syenengnyaaa.

    BalasHapus
  13. Semoga para pejuang garis dua tetap semangat yaa.. Sudah ada tempat yang tepat untuk mengkonsultasikan ikhtiar untuk memiliki keturunan bagi yang memiliki tanda2 PCOS seperti dituliskan di artikel ini.

    BalasHapus
  14. Sesama perempuan gak mestilah ya nyinyir dengan pertanyaan kapan. Yang ada beri dukungan, dan semangat buat para pejuang garis dua. Optimis bisa!

    BalasHapus
  15. Iya ada temanku yang ciri2nya juga haid gak teratur gtu mbak, ternyata kalau udh gtu mending cek yaa. Tp untungnya temenku msh bisa promil mbak, bahkan setelah anak 1 lahir nyusul anak 2 dan 3. Yg penting ikhtiar dan doa yaaa.

    BalasHapus
  16. harus selalu positif thinking ya, PCOS tetap bisa kok hamil alami, dukungan dari orang sekitar terutama pasangan pun juga sangat diperlukan agar sang Ibu bisa tidak down dan terus semangat menanti kehamilan.

    BalasHapus