Review Drakor The Glory, Balas Dendam Song Hye Kyo Si Korban Bullying Semasa Sekolah

Masa sekolah seharusnya menjadi masa-masa yang menyenangkan. Namun, tidak halnya bagi korban bullying. Datang ke sekolah ternyata lebih menyeramkan daripada film horror! Dan yang menyedihkan, korban bullying seringkali mengubur dalam-dalam dan umumnya diam atas peristiwa yang menimpanya. Terlebih jika lingkungan sekitarnya tidak memberikan perlindungan dan dukungan yang dibutuhkannya 😢

Hal inilah yang ditampilkan dalam seri drama korea terbaru The Glory yang sudah tayang di Netflix. Menghadirkan sejumlah artis ternama seperti Song Hye Kyo, Lee Do Hyun. Drakor ini merupakan karya penulis Kim Eun Sook yang sebelumnya juga sukses menghadirkan sejumlah drakor hits seperti Descendants of The Sun, Guardian: The Lonely and Great God, The King: Eternal Monarch dan The Heirs.
Song Hye Kyo membintangi drakor terbaru The Glory (source: netflix)

Sinopsis The Glory 

Drakor The Glory berkisah tentang seorang siswa SMA Moon Dong Eun yang menjadi korban tindakan bullying. Namun, ia justru menjadi bulan-bulanan teman sekolahnya yang notabene merupakan anak-anak orang kaya dan berpengaruh. 

Tidak hanya kekerasan verbal dan pelecehan seksual, Moon Dong Eun juga mengalami kekerasan fisik yang meninggalkan luka di sekujur tubuhnya. Karena latar belakang keluarga yang berasal dari strata sosial ekonomi bawah, Ibu Moon Dong Eun pun tidak mempedulikannya bahkan menerima suap dari orang tua para pelaku bullying dan meninggalkannya. 
Moon Dong Eun muda yang menjadi korban bullying (source: netflix)
Pihak sekolah yang seharusnya bisa melindungi siswanya pun, tidak bisa berbuat apa-apa. Wali kelas Moon Dong Eun pun bahkan turut menimpali secara verbal dan fisik tanpa sedikitpun berpihak padanya. Singkat kata, tak tahan dengan siksaan bullying berulang, Moon Dong Eun pun memutuskan untuk keluar dari sekolah.

Di hari ia memutuskan untuk berhenti sekolah, Moon Dong Eung mendatangi ruang gymnasium tempat para pelaku bullying menjalankan aksinya. Ia dengan lantang memberikan peringatan bahwa mereka akan menerima balasannya kelak. Moon Dong Eun, tidak akan pernah melupakan para pelaku bullyingnya, mulai dari Park Yeon Jin (Lee Ji Yeon), Lee Sa Ra (Kim Hieora), Son Myeong Oh (Kim Gun Woo), Jeon Jae Joon (Park Sung Hoon) dan Choi Hye Jeong (Cha Joo Young).

Singkat cerita, Moon Dong Eun bekerja keras untuk mewujudkan mimpinya, yaitu membalas dendam terhadap para pembullynya. Dengan berbagai intrik, ia perlahan membalas dendam kepada masing-masing pelakunya. Salah satunya, ketika Moon Dong Eun menjadi wali kelas anaknya Park Yeon Jin. OMG 😱 dan gak berhenti sampai disitu, bahkan Moon Dong Eun menyewa apartemen yang letaknya berseberangan dengan rumah mewah Park Yeon Jin.

Semua pembalasan dendam dilakukan dengan apik dan rapi, berdasarkan riset bak detektif Moon Dong Eun melakukan pencarian informasi terkini dan berbagai latar belakang terhadap setiap targetnya. Dengan cerdiknya ia mengadu domba dan membenturkan kepentingan dari ke-4 target pembalasan dendamnya. 

Jujurly, sudah lama loh saya gak marathon nonton drakor yang bisa langsung dilahap sekaligus. The Glory sukses menarik perhatian saya dari awal hingga akhir. Sayangnya, endingnya kentang parah! Dan, saya harus bersabar menanti season 2 di Maret 2023 nanti. Drakor ini keren menurut saya karena benar-benar memainkan psikologis kita dengan intrik-intrik yang apik tanpa perlu menampilkan pembalasan dendam yang berdarah-darah. 👍👍👍

Makna Dibalik Drakor The Glory

Lewat The Glory, kita jadi tahu seberapa besar dampak atau trauma korban bullying yang mungkin akan dihantui seumur hidupnya. Pada beberapa adegan, terlihat beberapa kali Song Hye Kyo terlihat mengalami serangan panik atau cemas saat melihat bara api, hujan dan beberapa kejadian yang membangkitkan traumanya saat dibully.

Selain itu, drakor ini juga seolah 'menampar' dan menghadirkan realita yang terjadi di kehidupan kita. Bahwa, seringkali lingkungan sekitar justru malah menyalahkan korban bully. Terlebih lagi, jika pelaku bullying merupakan orang-orang dengan kekayaan berlimpah dan pengaruh kekuasaan yang seringkali tak terjamah hukum.

Salah satu makna penting yang disuguhkan dalam drama korea ini adalah betapa rentannya juga tindak KDRT pada wanita yang digambarkan dialami oleh tokoh Yeom Hye Ran (Kang Hyeon Nam) yang mendapatkan kekerasan fisik dari suaminya. Sekali lagi, realitanya terutama di negara-negara Asia, tindakan KDRT seringkali dianggap masalah domestik rumah tangga sehingga tidak mendapatkan penanganan yang serius. 
Ha Do Young, si ganteng suaminya Park Yeon Jin (source: netflix)
Btw, terlepas dari kerennya alur cerita, akting pemerannya dan sinematografinya, drama korea The Glory ini sungguh memanjakan mata saya yang mendadak salah fokus dengan karisma tokoh Ha Do Young (Jung Sung Il) yang dingin-dingin ganteng gimana gituuu 😉 makin gak sabar deh nungguin season 2 nanti!

19 komentar

  1. Wah, wajib ditonton nih ada Song Hye Kyo pasti keren nih!

    BalasHapus
  2. ku kepengin nonton tapi suka khawatir sama adegan bullyingnyaa haha.. tapi kayaknya bagus ini yaa.. suamiku malah udah nonton duluan mba

    BalasHapus
  3. Duh kalau bikin penasaran kayak gini, kok jadi males buat nontonya. Takut berharap dan menunggu nunggu terus

    BalasHapus
  4. salut nih dengan Moon Doong Eun berani melawan musuhnya, orang yang membullynya di masa sekolah. Dirinya pun juga menyusun strategi yang begitu rapi ya.
    bully emang gak bisa didiamkan, harus dilawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Kalau diam aja bakal makin dibully ya, jadi penasaran dengan perjuangan Moon Doong Eun melawan orang2 yang membully-nya, cuss nonton ah

      Hapus
  5. Miris sekali soal pembullyan ini ya, Mbak. Dan dendam itu harusnya tidak ada, bila para pelakunya segera mendapat ganjaran agar jera. Namun kenyatannya, justru korban yang disalahkan dan semakin tersudutkan. Semakin perih, saat orang terdekat malah ikut tutup mulut karena uang sogokan.
    menarik ini ceritanya, Mbak. Saya jadi penasaran ingin nonton. Bisa saya pelajari saat menulis cerita nanti.

    BalasHapus
  6. Hmm, Song Hye Gyo dibilang tua di drama inikah? Kasian malah dibody shaming 😅

    BalasHapus
  7. Permainan psikologis banget..
    Kerasa dendamnya tuh sampe ubun-ubun, secara kalo nge-bully juga makjang banget!
    Kalo korban diem aja kayak di drama School 2015 tuh, aku can't relate siih.. Tapi kalo di The Glory ini bener-bener posisinya uda payah banget lah..

    Bingung mo ngadu ke siapa ya..
    KOndisi uda rusak lahir batin.

    BalasHapus
  8. sinopsisnya keren banget
    alur cerita yang menarik
    wah kalau sampai kekerasan fisik, pastinya akan menimbulkan dendam yang membara

    BalasHapus
  9. Sepertinya ini drama gereget yang bakal memacu adrenalin dan mengaduk-aduk emosi. Cuss diagendakan buat disimak

    BalasHapus
  10. aku juga sudah nonton drama ini. senang deh akhirnya Song Hye Kyo bisa membuktikan kemampuan aktingnya dan keluar dari zona nyamannya selama ini

    BalasHapus
  11. Akuu juga ngalamin bully jaman SD temen2 cowok suka jambak rambut, suka nendang seenaknya di saat berdiri mana tendangannya parah bikin sakit pantat, kaki kotor krn kena sepatu....

    Bener2 kek mimpi buruk kalau sekolah sdh berulangkali lapor tp tetep ngulangi lagi.

    Alhamdulillah bisa lulis SD lanjut ke SMP.yg ga begitu parah bullynya jadi baca sinopsis drama ini bikin teraduk2 emosiku(gustu yeni)

    BalasHapus
  12. Aku dah pengen banget ntn tapii ga tega banget lihat korban bullying hikss. bisa bisa kucepetin terus tuh sepanjang episode. OMG ternyata ada 2 season toh

    BalasHapus
  13. Wah asyik nih ada rekomendasi film baru lagi. Udah lama gak nonton drakor gegara kebanyakan aktifitas yang lain. Eh, tapi takut juga nih liat adegan pembullyan

    BalasHapus
  14. Song He Kyo keliatan tuanya di sini ya tapi mungkin disengaja supaya pas dengan karakternya yang gelap dan lelah memendam dendam. Aktingnya bagus dan ceritanya beda dari biasanya.

    BalasHapus
  15. aku udh selesai nonton season 1 nyaa, nungguin maret yaa penasaran sama lanjutannya nih

    BalasHapus
  16. Wah makin penasaran dengan drama The Glory ini, cuss mau nonton juga, apalagi yang main Song Hye Kyo

    BalasHapus
  17. langsung aku tonton trailernya dan sepertinya bakalan jadi drakor yang seru bangett
    penasaran sama acting Hye Kyo yang dingin dan misterius begitu. Biasanya dia perannya yang lembut dan bersahaja

    keren dan menarik banget ide ceritanya tentang bullying

    BalasHapus
  18. Kayaknya ini series SHK paling keren ya aktingnya, suka banget apalagi di adegan (SPOILER) yang dia di bawah sinar bulan ngelihatin bekas lukanya, berasa banget ikut sakit hati, sakit fisik dan sakit mental. Gasabar nunggu season 2!

    BalasHapus