Ada Kejutan di Acara Syukuran KEB 11 Tahun

Apa sih yang pertama kali terlintas saat mendengar atau melihat kata emak-emak? Sen kiri belok kanan? Duh gusti, saya sendiri seorang emak-emak, tapi alhamdulillah gak gitu-gitu amat 😅 hihihi. Kenapa banyak yang asosiasinya agak negatif ya walaupun 'lucu' tapi memang bikin kita ngangguk-ngangguk setuju mengiyakan potret emak-emak di benak masyarakat. 

Padahal ya, emak-emak tuh paling setrong sedunia, setiap ditanya kenapa, pasti jawabannya gapapa walaupun kenyataannya segala rasa campur aduk jadi satu. Ada yang super duper lelah menjadi ibu rumah tangga sampai terkadang lupa merawat diri dan kesehatannya. Ada yang banting tulang sana sini terpaksa menjadi tulang punggung demi keluarga tercinta. Setiap emak-emak punya perjuangannya masing-masing, jadi sesama emak-emak dilarang saling menghakimi ya.

Menulis blog adalah jalan ninjaku
Jujurly, saya termasuk yang agak risih sama kata emak-emak karena kesannya gak kece gitu. Tapi, pandangan saya seketika runtuh sekitar tahun 2019 saat saya pertama kali mulai nge-blog kembali dan bertemu dengan sosok emak-emak hebat yang tergabung dalam Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang didirikan sejak 2012 oleh Mira Sahid yang dikenal sebagai MakPon (alias Emak Founder) dan Indah Juli yang dikenal dengan sebutan MakPuh (alias Emak Sepuh selaku Co-Founder).

Founder Kumpulan Emak Blogger, Mira Sahid
Time flies! Ternyata, sekarang KEB sudah berusia 11 tahun, bukan usia yang masih ecek-ecek untuk sebuah komunitas. Pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu, saya berkesempatan untuk hadir di acara syukuran KEB 11 tahun bertempat di Bali Notes Terrace, Jl. Prof. Joko Sutono SH No. 15 Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Jajaran Pengurus KEB
Mengusung tema Berjejak dan Berbagi, acara syukuran KEB 11 Tahun diawali dengan makan siang bersama sambil beramah tamah dengan para senior-senior di komunitas kesayangan. Dilanjutkan berturut-turut dengan mini workshop yang menghadirkan narasumber Oktora Irahadi dari INFINA dengan topik Cara Cuan Masa Kini dan narasumber Ali Muakhir dengan topik Menulis Kisah Inspiratif dengan Metode EMAK. Daging semua nih tips dan triknya!

Penyerahan dana KEB Charity Run oleh Ketua KEB Elly Nurul
Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan simbolis hasil pengumpulan dana program #KEBPeduli sebesar Rp2.500.000,- kepada RAMiftahul Jannah, Noborejo, Salatiga melalui kegiatan #KEBCharityRun11KM yang merupakan rangkaian kegiatan perayaan KEB 11 Tahun.

Sambutan Ketua Umum Siberkreasi
Oh ya, hadir juga loh Ketua Umum Siberkreasi Donny Budi Utoyo yang memberikan sambutan dan ucapan selamat kepada KEB. Ternyata ya, KEB tuh merupakan salah satu komunitas yang paling aktif dan terdepan dalam menyuarakan Gerakan Nasional Literasi Digital. Pas banget nih kan, sebagai emak-emak blogger kita diharapkan untuk bisa menyuarakan isu-isu literasi digital dan bisa menyampaikan tulisan-tulisan yang bebas hoax dong.

KEB memberikan dukungan untuk komunitas PPBN
Di era kolaborasi jaman now, KEB juga memberikan dukungannya loh untuk komunitas PPBN (Perempuan Pelestari Budaya Nusantara) yang turut memeriahkan acara syukuran KEB 11 Tahun dengan menampilkan fashion show kebaya-kebaya nusantara. Duh, rasanya saya pengen ikutan berlenggak-lenggok karena pas sedang mengenakan setelan batik yang merupakan kebanggaan bangsa Indonesia juga yang sudah diakui oleh UNESCO.

Happy birthday, KEB!
Kejutan memang selalu hadir belakangan ya, karena kalau di awal mah namanya pendaftaran. Ternyata eh ternyata, ada kejutan sekaligus hadiah manis untuk seluruh member pada acara Syukuran KEB 11 Tahun ini, MakPon Mira Sahid mengumumkan peluncuran e-book yang ditulis para makmin KEB yang berjudul "Warna-warni Dunia Blogging dan Cerita Di Balik Dapur Komunitas". Uhlala, gak sabar deh pengen beli dan baca e-booknya!

Foto Bersama Syukuran KEB 11 Tahun
Konon, kan kalau jaman now tuh gada bukti kan hoax, jadi kita semua foto-foto syantik bersama dulu dong sebelum bubar jalan. Such a lovely weekend it is! I'm happy. Thank you for having me, my dearest Kumpulan Emak Blogger (KEB). FYI, acara Syukuran KEB 11 Tahun ini tuh didukung oleh Siberkreasi, Kominfo RI, INFINA dan Bali Notes Terrrace Jakarta.

Tidak ada komentar