Tips Nyaman Mudik Naik Kereta Api Bersama Anak-Anak

Semua orang tentu tahu merasa bahwa mudik adalah momen istimewa yang senantiasa dinantikan menjelang Idul Fitri. Namun, sebenarnya mudik juga terasa menantang bagi siapa pun yang memiliki anak usia balita. Rasanya khawatir sekali jika si kecil terus-menerus rewel selama menempuh perjalanan pulang ke kampung halaman.

Kalau soal persiapan mudik, kamu tentu tak resah lagi karena sekarang beli tiket KA lebaran makin mudah melalui Traveloka. Kamu bisa memesan tiket sejak jauh hari melalui aplikasi Traveloka agar tidak kehabisan. Traveloka akan membantumu mendapatkan tiket dengan harga terbaik dan jadwal sesuai dengan kebutuhanmu. Jika urusan tiket tak lagi jadi masalah sejak ada Traveloka, bagaimana dengan anak-anak yang akan diajak mudik?

Mudik lebaran naik kereta api (source: pexels)
Tak perlu khawatir berlebihan bila hendak mudik bersama anak-anak dalam waktu dekat. Lakukan beberapa tips berikut ini agar perjalanan mudik berlangsung lancar:

Memberi Tahu Anak tentang Rencana Perjalanan Mudik

Anak usia 2 tahun ke atas sudah bisa diajak berkomunikasi tentang hal-hal sederhana, termasuk soal urusan rencana mudik. Jadi, jangan ragu membicarakan tentang perjalanan mudik naik kereta api bersama anak. Justru kamu harus lebih sering membicarakannya supaya si kecil tahu bahwa dirinya akan ikut menempuh perjalanan panjang. Upaya ini cukup efektif menyiapkan mental anak agar tidak mudah rewel selama naik kereta api berjam-jam. Jika memungkinkan, kamu juga bisa mengajak anak jalan-jalan naik kereta api Jabodetabek sebagai bentuk pengenalan untuk si kecil. 

Memesan Tiket Kereta Api Sejak Jauh Hari

Proses pemesanan tiket kereta api kini memang mudah karena bisa dilakukan secara online. Namun, bukan berarti kamu boleh mengabaikan hal tersebut hingga menunda pemesanan tiket. Justru kamu harus berusaha memesan tiket kereta sejak jauh hari agar berkesempatan mendapatkan tiket pada jadwal yang kamu inginkan. Jangan lupa menyesuaikan waktu keberangkatan dengan kebiasaan si kecil.

Misalnya, bila anak-anak cenderung rewel saat dibangunkan terlalu pagi, maka pilihlah jadwal keberangkatan pada siang atau sore hari untuk mengantisipasi hal tersebut. Hal sederhana ini akan membuat si kecil merasa nyaman saat menempuh perjalanan mudik karena suasana hatinya dalam keadaan baik.

Memutuskan untuk Tiba di Stasiun Lebih Awal

Selain pemesanan tiket kereta yang dilakukan sejak jauh hari, perjalanan menuju stasiun juga patut menjadi perhatian. Sebaiknya kamu sekeluarga datang ke stasiun lebih awal hingga 2 jam sebelum keberangkatan untuk mengantisipasi berbagai hal. Dengan demikian, kamu tak akan panik jika harus antre panjang demi mencetak boarding pass, saat si kecil ingin ke toilet, atau ketika si kecil harus ganti popok. Alangkah lebih baik jika kamu sekeluarga bisa duduk santai menunggu kereta tiba daripada harus terburu-buru karena kereta hampir berangkat.

Mudik bersama anak (source:pexels)
Menyiapkan Segala Kebutuhan Anak Secara Lengkap

Barang-barang anak sebaiknya tidak dimasukkan semua ke dalam koper karena dapat menyulitkanmu ketika hendak mengambilnya. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu menyiapkan satu tas khusus berisi perlengkapan anak sebagai berikut:

  • Bekal makanan, bisa berupa makanan berat, susu, dan aneka camilan favorit anak.

  • Mainan kesukaan anak.

  • Baju ganti, selimut, dan popok instan.

  • Vitamin dan obat-obatan yang biasa dikonsumsi anak.

  • Tisu basah, tisu kering, hand sanitizer, dan masker anak.

Perlengkapan tersebut sangat penting untuk membuat anak-anak tetap nyaman selama naik kereta api. Anak yang merasa nyaman tentu tidak akan rewel bahkan lebih mudah tertidur nyenyak saat perjalanan berlangsung.

Menjaga agar Jadwal Makan dan Tidur Tetap Teratur

Perasaan senang karena naik kereta api untuk pertama kalinya memang rentan membuat anak-anak sulit tidur selama perjalanan mudik. Namun, kamu tak boleh membiarkan hal tersebut terjadi begitu saja. Usahakan agar jadwal makan dan tidur si kecil tetap teratur sehingga kesehatannya tetap terjaga. Ajaklah anak untuk berusaha tidur sehingga risiko rewel selama perjalanan pun semakin kecil.

Melakukan Banyak Interaksi dengan Si Kecil

Interaksi dengan si kecil juga menjadi salah satu faktor pendukung kenyamanan anak selama menempuh perjalanan panjang. Ajaklah si kecil melihat pemandangan melalui jendela kereta. Kamu juga bisa menceritakan tentang perjalanan mudik yang kamu rasakan sewaktu kecil. Sesekali jangan ragu mengajak si kecil berinteraksi dengan sesama penumpang di kereta api. Meskipun terkesan biasa saja, interaksi dengan si kecil membuatnya tidak gampang bosan dan merasa nyaman.

Mengajak Anak Berjalan ke Gerbong Lainnya

Bukan rahasia lagi bila anak-anak mudah bosan saat harus duduk berjam-jam. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa mengajak anak berjalan-jalan ke gerbong lain, khusususnya saat kereta sedang transit di stasiun. Kamu juga dapat mengajak anak-anak ke gerbong restorasi untuk melihat-lihat dan membeli makanan dan minuman. Aktivitas sederhana ini akan menjadi pengalaman baru yang mengasyikkan bagi si kecil. 

Pengalaman pertama mudik bersama si kecil akan menjadi pembelajaran berharga yang membuatmu lebih sigap. Niscaya persiapan matang akan membuat perjalanan mudik ke kampung halaman berlangsung lancar. 

1 komentar

  1. bener banget mbak, momen pulang kampung atau mudik adalah hal-hal yang menyenangkan, bisa kumpul sama keluarga besar
    Dan meskipun di perjalanan desak-desakan, kayaknya udah biasa buat warga Indonesia
    Dan orang tua pastinya pengen anak-anaknya merasa nyaman ketika melakukan perjalanan jauh, dan kereta api sepertinya memang yang lebih nyaman juga dibanding moda transportasi yang lain, anak-anak bisa jalan-jalan antar gerbong buat ngilangin kebosanannya

    BalasHapus