Cara Memindahkan Whatsapp Ke Handphone Baru Tanpa Menghilangkan Histori Chat

Siapa sih yang gak bahagia kalau pakai handphone baru, pasti berjam-jam seketika menjadi antiosial karena asik utak-atik. Tapi, kadang suka pusing kalau mau memindahkan aplikasi Whatsapp, ribet banget harus back up dulu yang pastinya akan menghabiskan waktu yang lumayan lama. Belum lagi, kalau kapasitas cloud untuk backupnya gak cukup. Duh, makin mumet!

Nah, hal ini juga beberapa waktu lalu sempat saya alami saat akan memindahkan Whatsapp ke handphone yang baru. Setelah riset bersama mbah Google, saya pun menemukan solusi untuk transfer data Whatsapp tanpa susah-susah backup ke cloud. Saya menemukan aplikasi dr. Fone yang sangat memudahkan untuk transfer Whatsapp antar smartphone.
Cara mudah transfer whatsapp

Cara download dan install aplikasi dr. Fone di Microsoft Store

Gak usah pakai lama, langsung aja yuk mulai download dan install aplikasi Wondershare dr. Fone melalui Microsoft Store. Lalu, lanjut kita buka aplikasi dr.Fone Toolkit dan pilih menu Transfer Whatsapp Messages. Hubungkan dua handphone lama dan baru ke laptop atau PC, setelah terkoneksi akan ada pilihan jenis kedua handphone tersebut, baik Android maupun iPhone. Pastikan posisi handphone lama sebagai sumber data Whatsapp, sementara handphone baru sebagai tujuan transfer data tersebut.

Lama proses transfer ini akan bergantung dari jumlah pesan, image dan video yang ada dalam Whatsapp kita. Jika prosesnya sudah berhasil, maka akan terlihat notifikasi bar yang menunjukkan angka 100%. Dan voila, whatsapp kita pun kembali seperti semua namun sudah berada di handhpone yang baru.

Jujur, saya bahagia banget pas tahu ada aplikasi ini, karena saya akui malas sekali rasanya kalau harus memback-up data Whatsapp melalui email atau cloud karena akan menghabiskan waktu yang sangat lama. Pengalaman kemarin memindahkan data dari iPhone 13 Pro Max ke iPhone 14 Pro diprediksi bisa mencapai 5 jam. Oh no!

FITUR-FITUR UNGGULAN APLIKASI WONDERSHARE DR. FONE

Oh, ya gak rugi deh memang kenal sama aplikasi yang satu ini karena banyak banget faedahnya. Apa aja sih, yuk kita bahas satu per satu:

1. Screen Unlock. Fitur ini kayanya berguna untuk menghapus segala password dan passcode untuk membuka gadget kita bagi yang sering lupa.
2. Whatsapp Transfer. Fitur ini tadi sudah kita bahas ya, selain untuk Whatsapp, fungsi ini juga bisa dilakukan untuk WeChat, Viber, LINE dan Kik.
3. Data Recovery. Nah ini bisa jadi solusi buat yang butuh back up data dari handphonenya, jadi ketika mau pindah gadget datanya masih ada.
4. System Repair. Fitur yang ini sih konon katanya bisa mengatasi berbagai error misalnya logo Apple putih, boot loop dan berbagai permasalahan sistem lainnya.
5. Phone Transfer. Buat yang gak mau ribet, fitur ini bisa memindahkan data handphone lama kita ke handphone baru. Praktis ya?
6. Data Eraser. Buat yang mau menghapus jejak, oops… menghapus data maksudnya, bisa dicoba nih fitur yang satu ini. Duh, jangan sampai ada data-data pribadi yang bisa membahayakan dan mengganggu keamanan dan kenyamanan keluarga kita ya. 
7. Password Manager. Fitur untuk mencari dan menyimpan semua password yang tersimpan di iOS device kita.

Tuh, setuju dong kalau aplikasi dr. Fone ini sangat ciamik dan berguna banget? Kalau kalian sudah pernah coba fitur yang mana nih? Sekarang gak pusing or stress lagi kan kalau mau pindahin data dan ganti handphone baru. Hihi, inget loh bahwa stress itu gak baik untuk kesehatan kita. 


12 komentar

  1. Wah asyik kalo pake aplikasi dr. Fone. Lebih praktis dan efisien. Kalo manual pasti bakalan lama banget. Fitur-fiturnya banyak juga ya berguna banget untuk produktivitas kitam mantap very nice sharing 👍

    BalasHapus
  2. Keren nih aplikasi dr. Fone. Aku baru tahu malah kak kalau ada aplikasi ini. Biar kalau ganti hape gak perlu kuatir kehilangan datanya. Thanks infonya kak

    BalasHapus
  3. Wah iya bisa lebih mudah dan lengkap ya data kita. Kalau suatu saat harus pindah akan cari lagi artikel ini. Hehehe
    Terimakasih informasinya ya

    BalasHapus
  4. Memang happy punya hape baru, Mbak. nah, yang bikin ribet itu kalau pindah WA ke hape baru, tidak semua data terbackup. Padahal ada beberapa info job masih tertinggal di sana. Alhamdulillah sekarang sudah lebih dimudahkan dengan aplikasi dr.Fone ya, Mbak. Fitur-fitur lainnya juga sangat membantu.

    BalasHapus
  5. Nah gak bakal galau lagi nih kalau pengen memindahkan data WhatsApp dari gawai lama ke baru. Dapat dilakukan mudah tanpa perlu kehilangan grup yang ada ya Teh.

    BalasHapus
  6. Nah ini yang nyebelin kalau pindah hape. Tapi dengan Dr. Fone, sekarang data chat bisa diselamatkan deh.

    BalasHapus
  7. Ya Allah ini aplikasi yang saya cari selama iniiii, akhirnya ketemu di sini. Soalnya kadang sering banget harus transfer chat yang ujungnya ya kehapus kalo pindah hp baru atau gadget baru

    BalasHapus
  8. Ini jalan ga ya kalo pake tablet Android/pake iOS? Soalnya ini aplikasi dr Microsoft Store. Tp biasanya sih selalu ada kalo aplikasi serupa kayak gini. Ntar cobain di laptop windows ah. Siapa tahu bs backup history chat WA yg udh menggunung ini.

    BalasHapus
  9. Wah bisa terbantu ya tanpa semua harus kembali suci hahaha
    Soalnya banyak histori chat penting akhirnya hilang karena pindah hape.

    BalasHapus
  10. Iya juga ya..
    Aku kadang masi butuh tuh data lama di HP lama. Keseringan pake cara manual dengan copas di nomer sendiri. Rasanya HP baru memang so Happy, karena berasa HP kembai fitri. Hhihi.. Dengan memanfaatkan aplikasi dr. Fone, jadi lebih aman transfer data HP baru dari HP lama.

    BalasHapus
  11. Hwah coba kenal aplikasi dr. fone dari kemarin-kemarin, bak bakalan bikin semua data hilang ketika harus ganti HP baru.Tapi nasi sudah menjadi bubur, jadi yo wis lah, yang penting kedepannya jangan sampai kejadian lagi

    BalasHapus
  12. ini bakalan berguna banget sih. karena sekarang chat whatsapp isinya juga banyak kerjaan. kalo ilang bakalan berabeee. thanks infonya kak

    BalasHapus