Pelajaran Matematika, Fisika dan Kimia Masih Dianggap Horor? Simak, Cara Menyenangkan Belajar Sains

Siapa yang suka mimpi buruk kalau tiba-tiba guru di kelas mengumumkan ada ulangan matematika, fisika atau kimia dadakan? Jujurly, saya pun dulu mengalaminya semasa sekolah. Sayangnya, saya baru menyukai pelajaran matematika di bangku kelas 3 SMA saat mengikuti bimbingan belajar (bimbel) persiapan UMPTN pada masa itu.
tips-belajar-matematika
Belajar Matematika, Kimia dan Fisika itu bukan horor!
Dikutip dari berbagai sumber, ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan 3 mata pelajaran sains tersebut seringkali dianggap menjadi ‘momok’ bagi kebanyakan pelajar sekolah. Pertama, buku teks pelajaran yang kurang menarik, guru yang kurang kompetensi cara mengajarkan sains dengan cara menyenangkan dan asumsi masyarakat umum yang turun temurun menganggap pelajaran sains sebagai pelajaran yang sulit.

Pasca dihantam pandemi beberapa tahun lalu, kita ‘dipaksa’ untuk beradaptasi dengan sistem pembelajaran online. Sekolah pun menerapkan sistem belajar online yang dirasakan lebih menyenangkan. Paling tidak, itulah yang dirasakan sama anak saya. Jika ditanya lebih suka belajar offline atau online, maka dia akan dengan cepat menjawab lebih seru belajar online. Alasannya karena anak-anak diberikan metode pembelajaran yang menyenangkan. Misalnya kuis online yang merangsang jiwa kompetitif anak dengan cara yang seru.
manfaat-belajar-sains-bagi-anak
Belajar sains itu menyenangkan

Manfaat Menyukai Sains Bagi Anak

Mempelajari sains berarti kita bisa lebih jeli melihat sekeliling kita dan mengetahui bagaimana segala sesuatunya bekerja di alam semesta ini. Menumbuhkan minat anak terhadap sains ternyata memiliki segudang manfaat loh, diantaranya;

1. Mengembangkan keterampilan hidup

Dengan belajar sains, anak akan memiliki keterampilan hidup yang baik, mulai dari cara berkomunikasi, pengamatan dalam kehidupan sehari-hari, serta terbiasa untuk hidup teratur dan fokus.

2. Memberikan bekal untuk masa depan anak

Profesi ahli sains ke depannya sangatlah menjanjikan, terlebih dengan kemajuan dunia digital yang sangat pesat. Hal ini tentunya akan menjadi sebuah nilai plus bagi anak saat akan membangun karirnya di masa depan.

3. Mengasah kemampuan analitik dan berpikir logis

Di tengah terpaan hoaks dimana-mana, dengan belajar sains maka anak akan terlatih memiliki pola pikir yang analitik dan logis. Anak akan menjadi lebih kritis karena rasa keingintahuannya yang tinggi. Selain itu, anak juga mampu menganalisis berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari dan mencari solusi yang logis.

Tips Membuat Anak Menyukai Pelajaran Sains

Sudahlah ya, kita cukupkan saja sampai di generasi kita yang merasa bahwa tiga serangkai mata pelajaran sains, matematika, fisika dan kimia itu horor. Saatnya kita membuat anak-anak lebih menyukai sains, terlebih jika memang anak memiliki minat dan bakat dalam hal tersebut. Ternyata, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan kesukaan anak terhadap sains;

1. Responsif terhadap rasa ingin tahu anak yang tinggi

Jangan pernah malas menjawab pertanyaan dan rasa ingin tahu anak yang tinggi. Kalaupun kita belum bisa menjawabnya, berikan penjelasan agar anak bisa mencari jawabannya missal melalui gurunya atau mengajak anak mencari jawabannya melalui internet.

2. Praktik sains dalam kehidupan sehari-hari

Banyak sekali loh channel atau konten yang memberikan kita referensi untuk memperkenalkan serunya belajar sains dalam kehidupan sehari-hari. Misal praktik proses pertumbuhan tanaman dengan menanam kecambah.

3. Jelaskan kepada anak mengenai stigma sains


Kita benar-benar harus berhenti mengatakan bahwa matematika, fisika dan kimia itu sulit. Tunjukkan serunya belajar sains melalui contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Bahwa sains itu terjadi di sekitar kita!

4. Ajak anak mengeksplorasi lingkungan sekitar

Dengan mengajak anak berjalan-jalan di luar ruangan, banyak hal yang bisa kita diskusikan dan pelajari bersama anak. Misalnya tentang konsep gravitasi dan proses perputaran poros bumi melalui konsep siang dan malam.

5. Gunakan media pembelajaran yang menyenangkan

Jangan anti dengan gadget ya, justru di zaman now yang serba digital ini, gadget bisa menjadi media pembelajaran dan alat untuk menumbuhkan minat anak terhadap sains loh!
pilihan-program-bimbel-sinotif
Pilihan program bimbel di Sinotif

Pengalaman Seru Belajar Online

Saat pandemi, tak hanya anak-anak yang harus beradaptasi dengan sistem pembelajaran online. Orang tua dan guru pun mau tak mau ikut beradaptasi, terbiasa dengan Zoom Meeting, Google Meet, Google Classroom dan sebagainya. Anak-anak pun sering mendapat tugas dan menyimak materi pelajaran melalui YouTube.

Sisi baiknya, kita semua jadi melek digital dan menghemat penggunaan kertas. Tak hanya itu, karena semua orang beraktivitas dari rumah, otomatis kita pun lumayan memangkas biaya transportasi. Plus, bonusnya adalah udara di sekitar kita pun menjadi lebih bebas polusi.

Anak saya pun perlahan menyukai metode belajar online terutama yang sifatnya interaktif. Misalnya, saat guru berinteraksi dengan siswa melalui Zoom Meeting. Selain itu, momen yang paling dia sukai adalah saat ada kuis online interaktif di kelasnya. Dimana anak-anak harus berlomba-lomba menjawab pertanyaan dengan cepat melalui aplikasi online untuk mendapatkan nilai tertinggi.

Selain sekolah, anak saya pun terbiasa mengikuti kegiatan mengaji dan les Bahasa Inggris secara online. Walaupun memang tidak bertatap muka, tapi gurunya pun terlatih untuk mempersiapkan metode belajar yang kreatif dan interaktif agar anak-anak tidak bosan.

Sinotif, Bimbingan Belajar Online Spesialis Matematika, Fisika dan Kimia

Berhubung saat ini anak saya sudah kelas 5 SD dan pelajaran matematikanya pun semakin kompleks, maka saya berusaha mencari bimbel online interaktif yang menawarkan sistem belajar yang interaktif dan menyenangkan. Beruntung, teman saya merekomendasikan Sinotif!

Berdiri sejak 25 Maret 2000, Sinotif memiliki pengalaman selama lebih dari 20 tahun yang menawarkan bimbingan belajar dengan spesialisasi di mata pelajaran matematika, fisika dan kimia. Sejalan dengan masa pandemi, pada tahun 2020 Sinotif membuka kelas online dan kini sudah melayani ribuan siswa dari berbagai kota di Indonesia dan 13 negara.
keunggulan-bimbel-sinotif
Keunggulan Bimbel Online Sinotif

Keunggulan Bimbel Online Sinotif

Jadi, apa saja sih sebenarnya keunggulan Sinotif ini, yuk kita kupas satu per satu;

1. Spesialis pelajaran eksakta (matematika, fisika dan kimia)

Di Sinotif, anak kita tidak hanya mendapat 1 pengajar melainkan 3 pengajar untuk masing-masing mata pelajaran matematika, fisika dan kimia. Soal kualitas tenaga pengajarnya juga tak perlu diragukan karena sudah melalui uji kompetensi, pelatihan dan memiliki sertifikasi di bidangnya.

2. Pendekatan personal

Sinotif akan memakai pendekatan cara belajar sesuai dengan karakter anak. Tentu, kita ketahui ada anak yang gaya belajarnya visual, audio visual mauppun kinetik. Harapannya anak akan merasa nyaman untuk belajar.

3. Modul pembelajaran lengkap dan tersistematis

Dengan modul “Paket 7 Lapis”, Sinotif menawarkan rangkuman materi dan soal-soal latihan yang sistematis. Uniknya, anak-anak bisa mulai dari materi pelajaran yang sedang dipelajari di sekolah agar sejalan.

4. Program belajar disesuaikan dengan kebutuhan

Sinotif memperhatikan 4 aspek kebutuhan siswanya, yaitu karakter siswa, materi yang sedang berjalan, di mana siswa bersekolah, dan event apa yang akan berlangsung (uts/uas, olimpiade dan sebagainya).

5. Laporan belajar secara berkala

Sebagai orang tua, tentunya kita akan selalu penasaran dengan perkembangan kegiatan pembelajaran anak. Setiap selesai sesi belajar, orang tua akan mendapatkan laporan pembelajaran anaknya, selain itu Sinotif juga memberikan laporan belajar secara berkala dan mengevaluasinya bersama.

6. Fasilitas konsultasi PR 24 jam nonstop

No worries, Sinotif memberikan layanan aplikasi Tanya Jawab Soal (tersedia di Play Store) dengan dukungan 130 guru yang akan membantu untuk mengerjakan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan guru sekolahnya.

7. Garansi uang kembali

Jika anak dirasa tidak cocok dengan layanan bimbel online yang ditawarkan, Sinotif memberikan garansi uang kembali. Fitur ini bisa dinikmati jika kita mengambil Program Diamond.

Sinotif memang layak jadi andalan para orang tua untuk membantu anaknya belajar sains dan menjadi juara di 3 mata pelajaran eksakta, yaitu matematika, fisika dan kimia. Tak ada lagi mimpi buruk saat guru mengumumkan ulangan dadakan. Thank you Sinotif, anak-anak kini bisa lebih percaya diri dan senang belajar sains. So, buat yang lagi cari bimbel matematika, Sinotif ini recommended deh pokoknya!

20 komentar

  1. Metode belajar selama saya sekolah ini memang kurang menyenangkan maklum jaman jadul. Wajar kalau seangkatan saya, sama pelajaran exact ini seolah menakutkan hehehe...
    Ternyata kalau metodenya diubah, justru anak akan tertarik dan belajar jadi menyenangkan ya. Keren nih metode belajar di Sinotif

    BalasHapus
  2. Fisika dan Kimia saya masih suka deh. Tapi kalau matematika, saya langsung nyerah hahahaha. Mumet dewe (lebay). Tapi saya sempat dileskan ketiga mapel ini waktu SMA (kelas 2 dan 3) karena mengejar nilai saya yang sungguh pas-pasan hahaha.

    Tapi bimbel sekarang tuh jauh lebih canggih ya Mbak. Cara penyampaian materi dan isi latihannya juga lebih memudahkan pelajar untuk menerima ilmunya.

    BalasHapus
  3. Menarik ya, apalagi memahami sains lewat belajar online dengan cara yg lebih nyaman. Metode belajarnya pun cukup interaktif dan sehingga lebih mudah memahami materi sains selain itu bisa juga konsultasi utk PR selama 24 jam

    BalasHapus
  4. Keren banget Sinotif karena fokus pada matpel Fisika, Matematika dan Kimia
    3 matpel yang sangat bermanfaat dalam hidup sehari-hari
    Emang terkesan susah
    Karena itu Sinotif hadir untuk memberi solusi

    BalasHapus
  5. Bikin anak percaya diri dan senang belajar matematika dan sains itu enggak mudah, karena sudah keburu keder duluan. Maka sistem belajar yang nyaman dan menyenangkan dibutuhkan untuk menarik minat mereka. Karenanya bimbel online interaktif yang menawarkan sistem belajar yang interaktif dan menyenangkan seperti Sinotif akan membantu mereka.

    BalasHapus
  6. Sayaaaaa termasuk dalam barisan yang selalu mimpi buruk kalau mau ujian Matematika, Biologi, Fisika :-D Rasanya udah belajar tapi kok gak paham-paham gitu. Apalagi jaman dulu dan di desa untuk les gitu masih terbatas. Beda dengan sekarang termasuk sudah ada sinotif ya Mba ^^
    Cocok untuk anak-anak nanti..

    BalasHapus
  7. Mantap ya bimbel Sinotif udah punya pengalaman selama lebih dari 20 tahun. Anakku masih kelas 5 jadi belum kenal fisika dll tapi nanti kalau sudah diajari di SMP mau diikutin bimbel Sinotif juga ah, praktis soalnya bisa belajar online dan ada layanan tanya PR juga.

    BalasHapus
  8. Tiga mapel ini memang udah dari dulu dianggap horor yah, Mbak, haha.. Dan untungnya, sekarang ada Bimbel Online Sinotif ya, anak jadi bisa lebih fun belajar Matematika, Kimia, dan Fisika.

    BalasHapus
  9. Emang setiap pelajaran itu bakal seru banget kalau tau cara mengerjakannya, dengan adanya bimbel seperti inilah yang penting banget buat diikutin. Selain bisa menambah pengetahuan dan ilmu lebih cepat, juga bisa melatih kinerja otak untuk tidak takut menghadapi pekerjaan yang sulit seperti mtk, fisika dan kimia gini. Seru!

    BalasHapus
  10. Saa juga kurang suka dengan matematika, Mbak. Dan beruntung saya tidak belajar khusus Kimia, karena di STM tidak ada pelajaran Kimia.
    Tapi memang kalau anak suka dengan fisika, maka akan suka seputar sains juga. Suka melakukan percobaan. Nanti bisa masuk SMAK, dan lebih mudah mencari kerja saat lulus sekolah.

    BalasHapus
  11. Saya dulu sangat tergantung sama guru yang mengajarkan. Kalau gurunya kayaknya menerangkan oke, Matematika, Fisika, dan Kimia rasanya mudah. Tapi kalau gurunya agak gimana-gimana, rasanya mbulet tuh pelajaran.
    Untung sekarang ada bimbel Sinotif secara online, anak-anak bisa leluasa belajar.

    BalasHapus
  12. Bener banget. Guru dan suasana belajar yang nggak menarik bisa bikin males belajar. Guru matematikaku waktu SD - SMP galak-galaaaak. Guru fisika juga. Jadi nggak suka pelajaran itu deh. Mau bimbel juga mahal dan jauh. Beda dengan sekarang yang bisa bimbel online.

    BalasHapus
  13. Bener banget. Guru dan suasana belajar yang nggak menarik bisa bikin males belajar. Guru matematikaku waktu SD - SMP galak-galaaaak. Guru fisika juga. Jadi nggak suka pelajaran itu deh. Mau bimbel juga mahal dan jauh. Beda dengan sekarang yang bisa bimbel online dengan biaya relatif terjangkau.

    BalasHapus
  14. Asik banget jadinya belajar di sini, karena belajarnya itu gak hanya teori aja ya Teh tetapi juga ada praktiknya. Dengan begitu belajarnya jadi lebih mudah dicerna

    BalasHapus
  15. Sebenarnya tergantung gurunya sih ya dan media pembelajaran yg dipake. Pdhl pelajaran matfiskimbio tuh menyenangkan loh. Ilmu pasti. Jd ga akan aneh2 utk belajarnya. Tp kl gurunya killer dan cara mengajarnya ga asyik, ya emang ga salah sih kalo si anak jd malas bljr dan menjadikan mata pelajaran itu sbg momok. Wkwk

    BalasHapus
  16. Wah, ini pas banget nih lagi cari bimbel yang khusus sains, matematika, fisika, buat ponakanku yang SMP, apalagi dia tinggal di daerah yang bimbelnya masih sangat terbatas. Sinotif bisa jadi solusi karena online.

    BalasHapus
  17. Dulu sampai ada singkatannya pelajaran MAFIA nih gegara sering dianggap menyeramkan. Padahal aslinya gak menyeramkan kalai diajarkan secara asyik yak. Apalagi hadirnya bimbel Sinotif ini, makin enak ya

    BalasHapus
  18. Sinotif rekomen banyak teman saya yg anaknya les disini, cabangnya juga banyak kebetulan dekat rumah saya ada....Saya pribadi tar les anak ketika SMA kelas 12 nah sinotif bisa menjadi salah satu solusi tmp bimbel les terbaik (gusti yeni)

    BalasHapus
  19. Belajar anak sekarang memang beda yaa..
    Kalau interaksinya belum bisa langsung, setidaknya ada alat peraga online yang bisa menggambarkan imajinasi mengenai ilmu eksak yang dipelajari. Pasti menyenangkan sekali bisa ikut Bimbel Online Sinotif. Karena mengakomodasi rasa ingin tahu anak-anak generasi alpha.

    BalasHapus
  20. aku jadi inget tau baru banget semalem bantuin keponakan ngerjain soal matematika. aku frustrasi banget soal anak kelas 3 SD tapi wacananya kayak soal tes CPNS. benar-benar beban anak zaman sekarang luar biasa :'D

    BalasHapus