Tips Bikin Anak Makan Lahap Tanpa Drama Dengan Morinaga Morigro

Hai moms, familiar banget gak sih sama komentar-komentar yang mengandung kejulidan hakiki tapi dibalut dengan senyuman manis kaya gini, “Ih, kok anaknya kurus ya, padahal ibunya subur loh hehehe” atau “Mom, anaknya kurus ya? Padahal sama loh sama anakku ya umurnya, tapi anakku gemuk dan sehat gini“. Hati ibu mana yang tak teriris saat ada orang lain yang berkomentar seperti itu tentang anaknya. Bukannya memberikan solusi, malah bikin sakit hati.

Masih teringat sekali dulu saat anakku usia balita, badannya kurus kering. Jangan tanya, kuping ini rasanya sudah kebal mendengar komentar dan ocehan orang tentang anakku yang kurus. Overthinking? Oh sudah pasti! Padahal, anakku bukan termasuk yang picky eater loh, segala lauk pauk dan sayuran dilahap. Ternyata, masalah makan pada anak itu beragam dan banyak penyebabnya.

Gak pakai lama, saya pun segera konsultasi dengan dokter anak mengenai sejumlah kekhawatiran atas tumbuh kembang anak. Ternyata memang saat itu, berdasarkan grafik pertumbuhannya bisa dibilang dibawah garis normal. Selain itu, riwayat anak saya saat bayi pernah mengalami infeksi saluran kemih dan ternyata cukup banyak berpengaruh juga terhadap nafsu makan anak.
Masalah makan pada anak jangan dianggap sepele

Mengenali Masalah Makan Pada Anak (Feeding Difficulties)

Moms, masalah makan pada anak tuh ternyata tak sebatas hanya picky eater loh. Selain dipengaruhi faktor lingkungan, masalah makan juga bisa disebabkan karena gangguan kesehatan misal masalah pada saluran pencernaan anak atau perilaku/psikologis anak. Beberapa waktu lalu, saya mengikuti acara launching susu Morinaga Morigro dan talkshow Penyebab dan Dampak Masalah Makan (Feeding Difficulties) Terhadap Tumbuh Kembang Optimal, yuk simak pembahasan lengkap mengenai masalah makan pada anak. Dimulai dengan mengenali masalah-masalah makan pada anak;

Pernyataan Prof. Hegar mengenai masalah makan pada anak
  1. Masalah kesehatan membuat nafsu makan pada anak menurun, diantaranya karena radang tenggorokan, ruam kulit, demam, sariawan, sembelit, kekurangan zat besi, infeksi saluran kemih, anemia, flu, sakit perut dan cacingan. Menurut pakar Gastrohepatologi, Prof. dr. Badriul Hegar, Sp.A(K) pada acara talkshow persembahan susu Morigro yang diadakan 18 Juli lalu, menyebutkan bahwa orang tua secara berkala harus memantau adanya kelainan organik pada anak minimal setiap 3 bulan sekali.
  2. Stres pada anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Misalnya anak mengalami bully atau diancam/dimarahi saat makan. Contohnya di masa kecil, saya ingat sekali sampai detik ini dulu saya dan adik saya suka ketakutan saat makan karena diancam akan diberikan sambal/cabe jika makannya lambat.
  3. Efek samping obat-obatan tertentu. Anak-anak yang mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu tertentu bisa mengalami kesulitan makan. Sebagai orang tua, kita harus berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusinya, misalnya dengan alternatif obat yang bisa menambah nafsu makan anak.
  4. Alergi makanan dengan gejala mulai dari mulut gatal, kulit kemerahan dan gatal, sulit bernafas, mual, muntah dan diare akan mengganggu nafsu makan anak.
  5. Kebiasaan yang kurang baik, misalnya banyak mengkonsumsi jus/minuman manis, memberikan snack/cemilan yang tidak sehat serta anak kurang gerak.
Masalah makan pada anak tidak boleh dianggap remeh karena bisa berdampak terhadap proses tumbuh kembang anak. Hal ini ditegaskan oleh dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH, Dokter Tumbuh Kembang Anak RSCM. Anak yang mengalami masalah makan dapat mengakibatkan pertumbuhan anak yang lambat dan masalah kognitif seperti kesulitan berkonsentrasi dan daya ingat yang lemah.

Secara psikologis, Vera Itabiliana, S.Psi, psikolog anak di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia menyatakan bahwa “Praktik orang tua dalam memberi makan, orang tua yang juga memiliki feeding difficulties, atau sering menggunakan makanan sebagai hadiah atau hukuman dapat berkontribusi pada kebiasaan pilih-pilih makanan (picky eaters). Lalu pemberian variasi menu makanan yang terbatas juga menyebabkan anak memiliki masalah feeding difficulties.” Duh, langsung mesam-mesem sama diri sendiri deh, ngaku dosa kalau saya juga pernah mempraktikkan tuh teknik menggunakan makanan sebagai hadiah atau hukuman untuk anak.
Acara peluncuran dan media gathering susu Morinaga Morigro

Cara Mengatasi Masalah Makan Pada Anak

Saat anak mengalami masalah makan, orang tua sebaiknya jangan menunjukkan emosi berlebihan. Tetap tenang dan coba terapkan beberapa tips berikut ini yuk;

  1. Batasi gangguan saat makan. Terkadang, orang tua suka membiarkan anak makan sambil bermain gadget atau menonton tv. Ternyata, hal tersebut bisa menghilangkan nafsu makan anak secara perlahan loh. Lebih baik, kita duduk menemani sehingga anak fokus pada makanannya dan bercakap-cakap tentang keseharian.
  2. Sajikan porsi makanan yang sesuai. Tak jarang orang tua memberikan porsi makan yang terlalu banyak sehingga anak kesulitan atau kehilangan minat untuk menghabiskannya. Sebaiknya, berikan porsi kecil yang sesuai usianya dan biarkan dia meminta porsi tambahan jika kurang.
  3. Jangan menjadwalkan waktu makan dekat dengan waktu tidur. Anak yang sudah gelisah dan mengantuk tentunya akan lebih sulit untuk fokus melahap makanannya. Atur waktu sedemikian rupa agar anak memiliki waktu bermain setelah makan untuk menghabiskan energinya sebelum waktunya tidur.
  4. Buat sesi makan menjadi menyenangkan. Jangan pernah membuat sesi makan menjadi momen yang membuat anak stress. Libatkan anak saat mempersiapkan makanan sambil bercakap-cakap mungkin bisa jadi suatu hal yang menyenangkan loh, Moms!
  5. Berikan asupan ekstra untuk penambah nafsu makan anak. Hindari memberikan banyak kudapan diantara waktu makan agar anak bisa merasakan rasa lapar. Berikan kudapan sehat seperti buah. Selain itu, memberikan suplemen atau susu penambah nafsu makan anak juga diperbolehkan kok.
tips-bikin-anak-makan-lahap
Tips mengatasi masalah makan pada anak

Morinaga Morigro, Susu Penambah Nafsu Makan Anak

Dipersembahkan dari hati untuk anak-anak Indonesia, Kalbe Nutritional meluncurkan produk susu terbarunya yaitu Morinaga Morigro untuk membantu para orang tua mengatasi berbagai permasalahan makan pada anak. Jika anak susah makan, maka cara pertama yang harus dilakukan adalah mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal dan memulai pola makan yang sehat.
Morinaga Morigro hadir untuk membantu orang tua mengatasi masalah makan pada anak
Morinaga Morigro, susu formula untuk anak usia 1 tahun ke atas untuk memenuhi kebutuhan utama anak di masa pertumbuhan. Dengan formula GROMAX yang diperkaya minyak ikan, Probiotik BB536 dan serat FOS dan tinggi kalsium, Morinaga Morigro membantu mengoptimalkan manfaat susu bagi pertumbuhan, sehingga anak akan makan lahap dan tumbuh maksimal. 

Kandungan minyak ikan pada formula GROMAX dapat membantu anak mencapai berat dan tinggi badan ideal, serta berfungsi sebagai booster nafsu makan. Probiotik Bifidobacterium longum BB536 dan Prebiotik serat FOS untuk menjaga imunitasnya, serta tinggi vitamin A, C, E dan Zinc. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, Morinaga Morigro juga dilengkapi kandungan tinggi kalsium, Vitamin D, 14 vitamin dan 9 mineral serta lebih rendah gula.
Varian favorit anak saya
Seperti yang kita ketahui bersama, minyak ikan merupakan sumber asam lemak omega-3, terutama asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Manfaatnya sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Asam lemak omega-3 akan membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan penyerapan nutrisi. 

Salah satu penyebab anak malas makan adalah saat mengalami peradangan. Morinaga Morigro bisa berfungsi untuk mengurangi peradangan: sifat anti inflamasi yang kuat, terutama karena kandungan asam lemak omega-3, seperti EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Tidak hanya sehat secara jasmani, kesehatan mental anak pun harus senantiasa kita jaga. Agar kesehatan otak dan fungsi mental anak optimal, Morinaga Morigro memiliki kandungan nutrisi penting diantaranya vitamin D dan vitamin A. 
kandungan-susu-morinaga-morigro
Keunggulan susu Morinaga Morigro dengan kandungan nutrisinya yang lengkap

Pilihan Varian Morinaga Morigro

Morinaga Morigro tersedia dalam pilihan varian rasa Vanilla dan Madu, mulai dari kemasan 200gr, 400 gr hingga 800 gr. Setelah anak saya mencicipi susu Morinaga Morigro, favoritnya adalah Morigro vanila karena rasa manisnya pas, gurih dan aromanya enak. Untuk pilihan varian Morigro madu, juga enak dan manisnya juga pas, semua kembali lagi ke selera masing-masing anak. 

Dan, efek nyata yang saya perhatikan setelah rutin mengkonsumsi Morinaga Morigro susu pertumbuhan anak 1 tahun ini, anak saya makannya makin lahap, aneka sayur, ikan, daging, tahu, tempe dan buah-buahan langsung di haaaap! Bahagia banget kan lihatnya ya. Pastinya juga kita buktikan dengan timbangan berat badannya yang secara berkala bergeser ke kanan. Alhamdulillah ya, Mom!

So, buat para Moms yang lagi pusing menghadapi anak yang lagi GTM (gerakan tutup mulut), si picky eater atau anak yang lagi nafsu makannya menurun, yuk kita coba ikhtiar dengan menambahkan asupan susu penambah berat badan anak 1-3 tahun, Morinaga Morigro yang kini sudah tersedia di supermarket terdekat maupun marketplace kesayangan kita loh!

Jangan lupa juga untuk mengikuti akun instagram @morigro.id dan dapatkan berbagai info produk terbaru serta tips seputar tumbuh kembang anak ya Moms. #AnakLahapGROMAXimal

tempat-beli-susu-morinaga-morigro
Marketplace yang menyediakan produk susu Morinaga Morigro

24 komentar

  1. Jadi Mornaga Morigro ini bisa jadi solusi buat membantu nafsu makan anak ya Mbak. Sambil lalu anak dilatih untuk mengatur pola makan yang baik. Keren.

    BalasHapus
  2. Aku tuh menghindari anakku susah makan dengan memberikan variasi makanan. Memang kudu punya senjata sih ya kita jadi seorang ibu, apalagi sekarang sudah ada Morigro tambah lahap deh makannya.

    BalasHapus
  3. Morinaga Morigro bisa bener jadi pilihan ibu untuk memenuhi kebutuhan zat gizi agar tumbuh kembang anak jadi optimal. Kandungannya sangat lengkap dan bisa diandalkan sih menurutku

    BalasHapus
  4. Tantangan banget ngasih anak makan semenjak GTM, tapi aku coba beri sedikit-sedikit. Terus tambahin porsinya dan lama kelamaan mau makan juga. Bahkan sekarang suka minta nambah, padahal makan sama ikan asin doang.

    BalasHapus
  5. Sekarang para bunda semakin terbantu dengan adanya tips bikin anak makan jadi lahap tanpa drama gak mau buka mulut, dengan Morinaga Morigro yang rasa pastinya disukai anak-anak.

    BalasHapus
  6. Asupan makanan yang tepat salah satunya disupport dengan susu ini jadi membuat lahap si anak ya Teh, dengan begitu tumbuh dan kembangnya tidak akan terganggu

    BalasHapus
  7. Wah, baru tahu nih, Morinaga mengeluarkan produk susu tebarunya Morigro. Dulu pas anak saya masih minum susu balita minumnya Morinaga Chil Kid.

    Kini buat moms yang anaknya susah makan, bisa banget deh nyobain Morinaga morigro.

    BalasHapus
  8. Semua ibu pasti galau kalau anak balitanya susah makan. Aku pernah mengalaminya juga dulu, sampai rajin belajar masak biar bisa bikin makanan yang bervariasi :)) Sekarang lebih mudah ya, ada Morigro untuk membantu memenuhi kecukupan nutrisi dan menambah nafsu makan.

    BalasHapus
  9. Aduh andai sejak dulu saya ketemu morigro, mungkin tidak terlalu kelimpungan ketika anak sudah makan dan mulai memilih makanan. Adanya susu mengandung gizi yang dibutuhkan anak sebagai pengganti makan yang sulit, pastinya sangat membantu ya

    BalasHapus
  10. Sejak berkenalan dengan Morinaga Morigro untuk kebutuhan nutrisi jadi less worry ya.. Dan memang ada masa-masanya sih, anak GTM. Yang paling penting adalah menjaga kesehatan cerna sehingga anak gak mudah sakit dan memberikan produk terbaik, Morinaga Morigro.

    BalasHapus
  11. Wohhh ternyata masalah pada saluran pencernaan anak atau perilaku psikologis juga bisa mempengaruhi masalah makan pada anak. Anak yang stress bisa bikin nafsu makan menurun huhu. Aku juga sebisa mungkin jangan sampai anak kedistrak pas makan dan bikin menyenangkan sii. Ditambah susu Morinaga Morigro buat nambah nafsu makan.

    BalasHapus
  12. Masalah makan pada anak ternyata ada banyak juga ya. Perlu mengenali penyebabnya juga supaya tau cara mengatasinya. Senang bacanya kalau orang tua gak perlu khawatir lagi karena ada susu penambahan nafsu makan sebagai solusinya. Makasih udah berbagi mbak.

    BalasHapus
  13. Sebagai orang tua, menghadapi anak yang melakukan gerakan tutup mulut atau GTM memang sesuatu sekali. Kita pengennya mereka bisa makan dengan lahap tanpa ada drama ini inu, tapi ya namanya juga anak-anak.
    Bersyukur ada alternatif solusi dari Morinaga Morigro yang bisa membantu agar anak bisa kembali makan dengan lahap, ya

    BalasHapus
  14. Si kecilku jg sering bgt nih susah mkn. Kalo makan pun hny tempe/telur goreng plus nasi. Jd dia ga mau pake sayur.

    Bsk nih aku mau cari Morinaga ini biar asupan gizinya tercukupi. Smg sdh ada di minimarket dekat rumah. Kalo pun ga ada ya bs beli online sih.

    BalasHapus
  15. Sekarang sudah ada susu Morinaga Morigro ya, enggak khawatir lagi kalau anak enggak nafsu makan. Aku dulu tuh sering bingung sendiri kalau anak sudah makan, bingung nyari susu yang bikin anak bertambah nafsu makannya.

    BalasHapus
  16. Gemes banget kalo anak susah makan. Orangtuanya pasti khawatir karena tumbangnya terganggu. Asyik ya sekarang ada Morigro yang bisa nambah nafsu makan anak.

    BalasHapus
  17. Anak saya sejak makan nasi langsung gtm, sempat takut kurang gizi jadi beli susu morinaga lumayan bantu nafau makan, apalagi morinaga yang ini yang memang buat nambah nafau makan, kayaknya ngefek deh

    BalasHapus
  18. nah kebetulan nih saya lagi nyari susu buat anak-anak saya, terutama is bungsu yang selain picky eater juga sering gak mau makan tanpa nasi terus bilang gak nafsu makan tanpa alasan khusus. auto nyari di supermarket nih morinaga morigro

    BalasHapus
  19. nah kebetulan nih saya lagi nyari susu buat anak-anak saya, terutama is bungsu yang selain picky eater juga sering gak mau makan tanpa nasi terus bilang gak nafsu makan tanpa alasan khusus. auto nyari di supermarket nih morinaga morigro

    BalasHapus
  20. Belum pernah coba nih
    Saya mau coba ah buat anak saya
    Siapa tahu cocok juga untuk tumbuh kembangnya

    BalasHapus
  21. emang kalau masalah anak susah makan itu bikin pusing banget yaa mba, kudu sedia berbagai menu ini itu biar anak mau lahap lagi makannya

    BalasHapus
  22. Oh sekarang Morinaga punya yang untuk penambah nafsu makan anak ya? Morigro ini. Baru denger aku. Coba nanti kuinfo ke adikku deh yang anaknya duh ampun susah banget makannya. Makasi sudah berbagi informasi ini ya, Kak

    BalasHapus
  23. Rupanya anak yang kurang gerak juga bisa mempengaruhi semangat makannya ya. Senangnya kini Morinaga turut menghadirkan susu yang pas diberikan bagi anak-anak yang mengalami masalah "doyan" makan lewat Morigro. Para ibu jadi punya rekomendasi susu penuh nutrisi biar si kecil yang picky eater tetap tumbuh baik karena kebutuhannya akan gizi jadi tercukupi.

    BalasHapus
  24. Memantau tumbuh kembang anak memang nggak bisa sekilas yah, Mbak. Termasuk dari doyan enggaknya dia makan, tapi semua pasti ada solusinya, termasuk kasih susu yang bisa menyeimbangkan nutrisi anak.

    BalasHapus