Jatuh Cinta Sama Skincare Lokal, Jangan Cuma Ikutan Tren Viral

Ada pepatah mengatakan don't judge a book by it's cover, nah kalau dalam dunia perskinkeran pepatahnya mungkin akan berbunyi don't judge a product by it's viral trend only. Mulai dari kandungan bahan aktifnya, jenis kulit wajah sampai ke urusan harga. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih dan memutuskan untuk memakai produk skincare. 

Jika sebelumnya pernah kita dengar adanya demam K-wave, mulai dari drama korea (drakor), musik sampai skincare laku keras laris manis di seluruh penjuru dunia. Bahkan, saya sendiri pun termasuk penganut rutinitas skincare ala Korea.  Menariknya, survei yang diadakan oleh Populix tahun 2022 menunjukkan fakta bahwa sekitar 54% perempuan Indonesia lebih memilih produk skincare lokal. Harga yang terjangkau dan kualitas produk skincare lokal yang setara dengan brand internasional menjadi 2 alasan terbanyak. 
Produk skincare lokal, harga terjangkau kualitas setara brand internasional
Seiring dengan meningkatnya animo masyarakat terhadap produk skincare lokal, industri kecantikan di Indonesia pun berkembang pesat. Kini banyak tersedia pilihan produk lokal yang kualitasnya berani diadu dengan brand internasional. Tapi, muncul masalah baru nih, saking banyaknya produk lokal yang bagus alhasil kita seringkali bingung memilih produk skincare lokal yang tepat.

Tips Memilih Produk Skincare Lokal

Perlu diingat bahwa setiap orang itu memiliki karakter dan permasalahan kulit yang berbeda-beda. Sehingga, ada baiknya kita tidak sekedar ikut-ikutan pakai skincare yang sedang viral. Berikut ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih produk skincare lokal yang tepat.
Hasil survei atas preferensi konsumen atas brand skincare/make up lokal

1. Kenali jenis kulitmu. Ada beberapa jenis kulit pada umumnya yaitu kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif dan kulit kombinasi. Pilihlah produk skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu. Biasanya terdapat keterangan pada kemasan produk skincare mengenai peruntukkan jenis kulitnya. 

2. Ketahui permasalahan kulitmu. Beberapa orang memiliki masalah kulit diantaranya mudah berjerawat, kulit kering dan pecah-pecah dan masih banyak lagi. Sejumlah produk menawarkan solusi untuk masalah-masalah kulit tertentu. 

3. Kenali kandungan skincarenya. Setiap skincare biasanya memiliki bahan aktif dan kandungan bahan utama yang menjadi keunggulannya masing-masing. Penting untuk mencoba dan mengenali kandungan skincare mana saja yang cocok dengan kulit kita.

4. Cari review produknya. Saya termasuk yang percaya dengan testimoni konsumen saat akan memilih produk skincare. Atau rekomendasi dari teman, kerabat dan keluarga tentunya lebih bisa dipercaya ya atas pengalamannya menggunakan skincare tersebut. 

5. Memiliki izin dan terdaftar sesuai regulasi. Andalan saya tuh kalau mau cek terkait keamanan produk skincare khususnya pastinya saya akan cek BPOM untuk memastikan izinnya terdaftar sesuai regulasi. Insya Allah kalau sudah terdaftar BPOM dan logo Halal sih seharusnya aman ya. 
Alasan memilih brand skincare lokal

Rekomendasi Skincare Lokal Berkualitas Brand Internasional

Ada yang masih ingat dengan kasus sunscreen yang lagi viral di media sosial dengan klaim SPF 50 tapi ternyata hasil uji klinisnya hanya 2 saja. Berkaca dari kasus tersebut, sekarang saya jadi lebih rajin mencari hasil uji klinis produk-produk skincare favorit saya. Nah, kalo soal urusan uji klinis gini, saya percayakan sama Skinproof deh!
Komitmen Skinproof untuk brand skincare lokal
Skinproof merupakan anak perusahaan Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen sejak 2017. Telah dipercaya oleh berbagai perusahaan kosmetik ternama dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi. Berikut adalah beberapa produk skincare lokal yang telah teruji oleh Skinproof: 
  1. Y.O.U Radiance White Purifying Facial Foam 
  2. Erha Perfect Shield 
  3. Dear me beauty 30 seconds meltaway balm 
  4. Wardah Perfect Bright Moisturizer 
  5. Dear me beauty face serum 1% Bakuchiol + Blueberry Extract 
  6. Somethinc Calm Down Skinpair Barrier Serum
Mengutip hasil survei Populix, Wardah dan Somethinc meraih posisi 5 besar brand skincare local yang menjadi pilihan konsumen. Wardah menduduki posisi ke-1, sementara Somethinc di posisi ke-4. Pas banget nih keduanya merupakan salah satu brand skincare favorit saya juga loh!
Produk skincare lokal, tested by Skinproof

Pengalaman Mencari Brand Skincare Lokal Untuk Kulit Berminyak

Sebagai wanita karir yang seringkali dinas ke luar kota dan harus turun ke lapangan, wajah saya yang memang sudah jenis kulitnya berminyak otomatis menjadi lebih sensitif dan lebih mudah berjerawat. Mengutip laman Halodoc, ternyata ada bahan kandungan skincare yang tepat untuk saya si pemilik kulit berminyak, diantaranya:
  • Dimethicone yaitu kandungan pelembab yang bebas minyak. 
  • Asam glikolat yaitu bahan aktif untuk mengurangi minyak berlebih dan mencegah penyumbatan pori-pori yang merupakan biang kerok penyebab jerawat.
  • Hyaluronic acid yaitu bahan aktif untuk menghidrasi kulit berminyak namun tetap ringan dan tidak menyumbat pori-pori. 
  • Niacinamide yaitu bahan aktif skincare yang mampu menyerap sebum (minyak alami kulit) berlebih dan merangsang kolagen alami. 
  • Retinol merupakan turunan vitamin A yang fokus mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori.
  • Salicylic acid merupakan bahan aktif yang berfungsi sebagai eksfoliator dan mengeluarkan minyak dari pori-pori. 

Dinas luar kota tetap slay thanks to skincare lokal kesayangan
Dulu, sebelum tahu mengenai kandungan skincare yang cocok untuk jenis kulit saya pastinya sudah bisa ditebak dong yang ada saya justru memilih produk-produk yang justru memperparah produksi minyak di kulit wajah. Alhasil, saya pun lelah mengatasi jerawat yang sering muncul tanpa diundang. Tapi sekarang saya selalu melakukan langkah 3T sebelum memutuskan membeli sebuah produk, yaitu Trial (melihat kandungan bahan aktif dan mencoba produk pada kulit wajah untuk melihat reaksinya), Test (mencari hasil uji klinisnya) dan Testimoni (mencari review/testimoni/rekomendasi teman/kerabat). 

Salah satu brand lokal favorit saya adalah Wardah. Walaupun saya termasuk korban iklannya karena penggunaan brand ambassador Dewi Sandra yang menampilkan sosok muslimah cantik, santun nan elegan. Tapi, so far saya cocok nih pakai produk-produk skincare Wardah.

Produk skincare favorit dari brand yang satu ini adalah Wardah Perfect Bright Moisturizer yang saya juluki kecil-kecil cabe rawit karena kemasannya mungil, harganya kurang dari Rp30 ribuan tapi manfaatnya maksimal!

Moisturizer Wardah ini memiliki tiga jenis varian, diantaranya smooth glow moisturizer dan oil control moisturizer yang digunakan untuk pagi hari, serta untuk malam hari yaitu night glow moisturizer. Nah, berhubung jenis kulit saya merupakan kulit berminyak, maka saya pakai varian yang oil control. 

Wardah Perfect Bright + Oil Control Moisturizer mengandung zinc gluconate yang bisa mengontrol minyak berlebih. Selain itu, dari segi teksturnya creamy, mudah diblend, dan hasil finishingnya matte, jadi cocok banget buat jenis kulit berminyak atau kombinasi. Selain itu, produk ini juga memiliki efek tone up yang dapat membuat kulit tampak lebih cerah.

Kerennya, brand Wardah ini juga sering melakukan kolaborasi dengan industri kosmetik/skincare global loh! Contohnya campaign Wardah #BeautyMovesYou Global Movement di Dubai yang melibatkan Global Beauty Brave yaitu Zainab Al-Eqabi dan Qasrina Kasim dari Wardah Malaysia.

Gak hanya itu, yang membuat saya semakin jatuh cinta dan bangga dengan Wardah adalah sosok foundernya yaitu Nurhayati Subakat yang masuk dalam daftar Forbes dalam kategori Pebisnis Wanita Berpengaruh di Asia tahun 2018. Sebagai brand kosmetik halal pertama di Indonesia, Wardah juga ternyata punya trik pemasaran jitu dengan meluncurkan sub brand pendukung seperti Emina dan Make Over.

So, setuju dong kalo sekarang tuh ada klaim kalau skincare lokal itu boleh diadu kualitasnya sama brand internasional? Buat yang mau dapat tips, update dan informasi terkini seputar produk skincare lokal, bisa follow akun instagram @skinproof.id ya! Oh ya, last but not least jangan lupa ya pilih produk skincare lokal itu harus mempertimbangkan banyak hal, jangan cuma sekedar ikutan tren viral ya.

25 komentar

  1. Wah wardah foundernya urang awak ni. Karena saya cowok, yang pernah saya coba cuma sampoo nya aja :D mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangga ya produk yang sudah dikenal luas, seperti Wardah itu ternyata produk dalam negeri yang kualitasnya tak kalah bagus dengan produk luar itu

      Hapus
  2. Saya bersyukur karena sering review skincare, jadinya sekarang udah nggak latah ikutan skincare viral aja :D
    Dan emang, makin ke sini saya lebih suka skincare lokal, which is harganya lebih terjangkau dan kualitasnya juga nggak kalah saing dari skincare luar, apalagi kalau udah approve sama skinproof kan ye

    BalasHapus
  3. skincare lokal banyak yang gereget memang Teh, soalnya daku juga pake, hehe.
    Apalagi gak hanya harganya yang bersahabat tetapi juga kandungannya juga menyesuaikan dengan kondisi kulit kelokalan ini

    BalasHapus
  4. Saya gak begitu ngotot soal skincare apa harus produk luar negeri biar keren, atau lokal aja biar terlihat sebagai WNI yang baik. Saya hanya suka mikir ini skincare cocok dan nyaman gak di saya... Nah jika kebetulan skincare lokal banyak yg saya pakai, itu karena keberuntungan dan jodohnya aja juga cocok. Hehehe

    BalasHapus
  5. Jadi pingin coba Skinproof
    Saya juga selalu pakai skincare lokal, karena diproduksi untuk kulit kita , harganya terjangkau setelah terdaftar BPOM dan MUI

    BalasHapus
  6. Skin care lokal setahu saya sudah banyak yang pake kandungan bahan aktif Niacinamide, Retinol dan Salicylic acid dan memang terbukti mencerahkan kulit, bikin kulit wajah nampak segar dan kenyal. Dan beruntung sekali ya, kandungan aktif dari skin care skin proof juga demikian, dan semoga aman di kulit ya...

    BalasHapus
  7. Setuju, jangan cuma ikutan tren viral, kuatir abal-abal...Aku tuh lebih cocok pakai skincare lokal, yang telah teruji pasti biar aman!

    BalasHapus
  8. Makin banyak ya skincare lokal yang berkibar di pasaran dan disayang para penggunanya, bukti bahwa produk lokal bisa bersaing dengan produk luar dan juga bisa menandingi kualitasnya hingga dapat terasakan kemanfaatannya oleh para penggunanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar kak,
      skincare lokal gak kalah loh kualitasnya.
      apalagi mudah buat dicari dan harganya juga bersahabat di kantong

      Hapus
  9. Mpo suka produk lokal karena sesuai dengan kebutuhan cewek Indonesia dan harganya juga terjangkau.plus BPOM dan halal

    BalasHapus
  10. Aku udah jatuh cinta sama produk lokal. Buat make up pengantin sebagian besar aku pakai brand lokal. Skincare sehari-hari juga sama. Menurutku produk lokal sekrang makin bagus. Nggak kalah dengan impor atau high end

    BalasHapus
  11. Sekarang sebenarnya udah banyak banget ya skincare lokal yang kompeten dan memberi hasil yang bagus sama seperti skincare luar bahkan bisa lebih bagus.

    BalasHapus
  12. Aku juga sekarang cocok di skin care produk lokal, gak berani coba-coba karena kulit wajahku sensitif banget gampang jerawatan, dan aku juga cari skin care yang ada salicyl acid nya

    BalasHapus
  13. Skinproof membuktikan bahwa skincare lokal juga bisa memberikan manfaat yang sama baiknya dengan skincare yang biasa kita pakai, merk tertentu dari luar.

    BalasHapus
  14. oalah Skinproof itu buatan lokal ya xD aku pernah denger tapi belum cobain produknya. makasih info skincarenya ya.. skincare tuh yang penting cocok sama kulit kita ya, brand lokal juga bagus2 produknya <3

    BalasHapus
  15. Bnyk banget yg mengatasnamakan skincare lokal biar dibela masyarakat lokal. Tp kenyataannya mereka buat dan produksi di negara lain. Hanya dengan nama labelnya aja yg lokal.

    Tapi kalo merek Wardah, aku percaya luar dalam nih. Soalnya bahan2nya hingga produksinya semua dilakukan di Indonesia. Pantesan bnyk yg suka bgt merek Wardah. Krn emg bgs dan aman. Plus udh Halal dan aman dr BPOM lagi.

    BalasHapus
  16. Nah, aku juga masih suka bingung nih pilih skin care lokal yg mana. Karena memang banyak banget kan sekarang produk skin care.

    Dulu sih sempet pake Wardah tapi terus brenti entah apa lupa. Sekarang aku harus coba Wardah lagi sih ini

    BalasHapus
  17. Iya lho Kak, nggak baik sih pilih skincare cuma karena viral doang tapi sebenarnya nggak sesuai sama kebutuhan kulit. Senang banget karena produk lokal tanah air kita tuh bisa bersaing dengan produk produk dari negara lain. Aih, ngobrolin soal Wardah, aku juga pakai nih.

    BalasHapus
  18. Sekarang ini skincare lokal banyak yang bagus. Jadi bangga mereka bisa bersaing dengan skincare impor dari luar negeri

    BalasHapus
  19. Setelah diuji oleh Skinproof, jadi membayangkan enaknya abis ini mau coba skincare lokal yang mana yaa.. Karena yang sedang banyak diskonnya akhir-akhir ini tuh Somethinc.
    Tapi aku juga penasaran karena belum pernah menggunakan skincare yang mangandung Bakuchiol.

    BalasHapus
  20. Aku juga pilih skincare lokal tapi yang harga murah berkualitas wkwk. Yang penting kudu BPOM dan kalo bisa halal juga.

    BalasHapus
  21. yeaayy, bangga banget dong brand favoritku nih jadi masuk jadi pilihan nomor 1, dari dulu emang suka banget dengan produk Wardah, udah gak bisa pindah ke lain hati, walau kadang pakai produk lain tetap ada pakai produk Wardah juga karena secocok itu.

    BalasHapus
  22. Makanya saya juga benar-benar tidak asal pakai meski murah
    Harus tahu ingredients
    Cocok apa enggak di kulit

    BalasHapus
  23. aku sejak dokter yang viral richard wawancara dengan yang salah pake skincare jadi rusak, aku makin hati-hati nggak sembarangan. Makasih mba Shyn, udah diingatkan selalu

    BalasHapus