Nodeflux Pelopor StartUp AI Indonesia


NODEFLUX PELOPOR STARTUP AI INDONESIA


Telah banyak sektor pekerjaan yang memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI semakin marak berkembang secara global, termasuk di Indonesia. Meskipun belum secara masif seperti di negara lain, namun kita perlu mengapresiasi perkembangan tersebut.

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah kemampuan komputer/robot yang dikendalikan oleh komputer, untuk melakukan instruksi yang biasanya dilakukan oleh manusia dengan kecerdasannya. Perkembangan AI pertama kali pada pertengahan abad ke-20 oleh Alan Mathison Turing, ia adalah seorang ahli logika dan perintis komputer yang berasal dari Inggris. Beliau mengembangkan teknologi mesin komputer untuk memodifikasi atau meningkatkan programnya sendiri.

CARA KERJA ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DI DUNIA NYATA

Ada beberapa contoh, bagaimana teknologi AI bekerja di dunia nyata seperti dalam kehidupan sehari-hari, antara lain;

Pengenalan ucapan, seperti automatic speech recognition (ASR), pengenalan ucapan komputer, atau speech-to-text (ucapan ke teks) merupakan sebuah sistem dengan kemampuan yang menggunakan natural language processing (NLP) atau pemrosesan bahasa alami, dimana teknologi dalam memproses ucapan manusia ke dalam format tertulis. Sebagai contoh, smartphone yang telah menggunakan pengenalan suara untuk melakukan pencarian suara atau memberikan lebih banyak aksesibilitas seputar layanan pesan singkat, kalau di Iphone kita mengenal SIRI.

Layanan pelanggan, sebuah layanan virtual yang menggunakan bot pesan untuk menjawab pertanyaan dari pada konsumen. Layanan ini telah banyak digunakan di situs e-commerce, hingga perusahaan-perusahaan financial. Sejumlah tugas yang biasanya dilakukan oleh asisten virtual ini, dengan menjawab seputar pertanyaan umum atau FAQ.

Visi komputer, saat ini komputer telah bisa memberikan rekomendasi hingga mengambil tindakan. Visi komputer memiliki aplikasi dalam penandaan foto di media sosial, pencitraan radiologi dalam perawatan kesehatan, dan self-driving car dalam industri otomotif.

KELEBIHAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

Efisiensi dan produktivitas, AI dapat mengoptimalkan pekerjaan di segala bidang. AI dapat mengefisiensi waktu, yang mana jika dilakukan oleh manusia tidak begitu cepat. Mesin AI akan menyederhanakan proses kerja, sehingga pada sebuah proses produksi barang, produktivitas akan meningkat jika AI berperan dalam hal tersebut.

Analisa tepat dan cepat, AI memiliki algoritma yang tepat dan cepat. Membantu pekerjaan manusia dalam mengelola data, serta membuat sebuah keputusan kerja. Analisa AI pun dapat menganalisa data dalam jumlah yang besar, dengan waktu yang singkat. Di dalam dunia kesehatan, AI dapat membantu mendiagnosa penyakit pasien, hasil pemeriksaan kesehatan, mengidentifikasi pola data medis yang dapat digunakan sebagai hasil untuk perawatan pasien dan cara kerja obat-obatan.

Otomatisasi, dengan menggunakan AI segala proses yang dilakukan manusia menjadi lebih cepat dan optimal. Selain itu, teknologi AI dapat menghemat biaya. Contohnya AI digunakan untuk entri data, analis data, hingga layanan pelanggan. Proses-proses tersebut yang biasa dilakukan manusia, bisa digantikan hanya dengan AI.

Mendapatkan personalisasi ideal, AI digunakan untuk menganalisis perilaku hingga riwayat data yang digunakan oleh user. Dalam bisnis, itu sangat penting dan membantu dalam merekomendasi penawaran kerja. Dalam pendidikan pun nantinya dapat mengadaptasi konten untuk digunakan dalam pembelajaran sesuai kebutuhan siswa.

Mengkontribusi pada penciptaan inovasi baru, AI mendorong penciptaan inovasi baru dan melahirkan penemuan/teknologi di dalam berbagai bidang. Contohnya dalam bidang kesehatan, teknologi AI membantu mendeteksi kanker payudara pada tahap awal.

NODEFLUX PELOPOR STARTUP AI INDONESIA

Penggunaan AI di Indonesia dimulai sejak tahun 1980-an, namun hanya terbatas di beberapa bidang. Hingga kini perkembangan AI di Indonesia semakin pesat, dan sudah banyak perusahaan di Indonesia yang memanfaatkan AI untuk menunjang kegiatan bisnisnya.

Melihat peluang tersebut, ada satu perusahaan bernama Nodeflux yang khusus menyediakan layanan AI. Nodeflux didirikan Meidy Fitranto dan Faris Rahman. Nodeflux jadi pelopor startup AI di Indonesia. Nodeflux sebuah startup yang mengembangkan teknologi AI dalam Video Analytics. Nodeflux pun berfokus pada Natural Language Processing (pemrosesan bahasa alami) dan Big Data, Nodeflux memilih memfokuskan diri ke Computer Vision (penglihatan komputer).

Nodeflux juga berfokus dalam berbagai berbagai persoalan sehari-hari, sehingga Nodeflux pun menjadi perusahaan Indonesia pertama yang terlibat dalam program Nvidia Inception untuk pengembangan microchip technology deep learning. Di tahun 2017, Nodeflux makin berinovasi dalam bidang teknologi tepat guna hingga menghantarkan mereka menjalin kerjasama dengan pemerintah DKI Jakarta melalui program Jakarta Smart City. Teknologi yang dibuat Nodeflux kini bisa digunakan untuk pengawasan pelanggaran lalu lintas, menghitung volume kepadatan kendaraan bermotor yang melintas, deteksi parkir liar, deteksi banjir di pintu air, deteksi kepadatan sampah di sungai, dan pengawasan sarana publik. Nodeflux menjadi partner Kepolisian RI dalam penerapan pemanfaatan CCTV dan perangkat digital lainnya.

Tak hanya sampai disitu, prestasi Nodeflux pun diakui hingga menjadi salah satu pemenang pada 9th SATU Indonesia Award by Astra, 28 Oktober 2018 lalu. Nodeflux terpilih karena mewakili generasi muda yang mengolah cipta, rasa, dan karsa menjadi sebuah karya yang berguna bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia di bidang teknologi.

Kita harapkan bersama untuk kedepannya, agar ada banyak anak-anak muda di Indonesia yang dapat berinovasi dengan cara positif hingga dapat diakui di dalam negara sendiri, pun diakui di dunia. Nodeflux menjadi bukti adanya semangat dan kekuatan pemuda Indonesia dalam membangun bangsa, untuk Indonesia maju

21 komentar

  1. ai sekarang lagi marak ya
    apakah kita bakal digantikan dengan ai

    BalasHapus
  2. ternyata udah dari tahun 80-an ya si AI ini menyambangi negeri kita,
    entah mengapa baru belakangan ini nih hebohnya, mungkin karena pesatnya medsos juga ya dalam mengabarkannya

    BalasHapus
  3. Pantas saja Nodeflux terpilih sebagai salah satu pemenang SATU Indonesia Award by Astra 2018 karena mewakili generasi muda yang mengolah cipta, rasa, dan karsa menjadi sebuah karya teknologi yang berguna bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia . Keren ini!

    BalasHapus
  4. Saya selalu dukung UMKM atau startup lokal untuk semakin inovatif dan kreatif seperti Nodeflux ini. Sehingga bisa membawa angin segar bagi masyarakat Indonesia di bidang teknologi informasi. Torehan prestasi dari Astra juga bisa menjadi tolak ukur bagusnya sistem managemen mereka.

    BalasHapus
  5. Ngeri-ngeri sedap juga adanya teknologi AI ini, khawatir tenaga manusia semakin ga dibutuhkan lagi.
    Apapun itu semoga teknologi memberika manfaat dan beragam kemudahan bagi banyak orang. Aamiin...

    BalasHapus
  6. paling suka baca tentang prestasi anak muda
    Terlebih Nodeflux penting banget keberadaannya?
    Banyak masalah publik bisa teratasi

    BalasHapus
  7. Wah, keren nih NODEFLUX, Starup zaman now... bisa jadi pemenang di antara para kompetitor di dunia nyata saja sudah luar biasa. Ini Nodeflux malah jadi pemenang pada 9th SATU Indonesia Award by Astra... Keren banget...

    BalasHapus
  8. Saya juga merasakan manfaat kehadiran Artificial Intelligence (AI) ini, Mbak. Salah satunya saya lagi senang-senangnya pakai speech-to-text untuk video tiktok. Jadi karena da tulisannya, video saya bisa juga dinikmati oleh teman-teman yang berkebutuhan khusus yaitu tuna rungu. Dan ekren nih, Nodeflux sebagai pelopor kehadiran AI di Indonesia.

    BalasHapus
  9. AI sudah dari 1980-an. Wah kemana aja ya saya selama itu? Baru kenal AI sekarang. Itupun lewat teknologi customer service di telepon dan penyedia jasa telekomunikasi. Ternyata sekarang AI tuh sudah jauh lebih canggih ya Mbak. Ada beberapa pekerjaan yang sudah bisa terwakili oleh AI, termasuk NODEFLUX ini.

    BalasHapus
  10. Untuk pertanyaan general, dibantu AI udah cukup banget. Tetapi, saya berharap pelayanan dari CS yang ditangani oleh manusia tetap ada. Beberapa perusahaan kayak udah menghilangkan. Diganti sama AI semua. Terkadang malah jadinya agak ngeselin di saat saya butuh jawaban lebih detail.

    Tapi, tetap apresiasi dengan adanya NODEFLUX. Karena biar bagaimanapun sekarang udah era digital.

    BalasHapus
  11. Startup memang menjadi salah satu usaha rintisan yang bisa diandalkan karena dibangun oleh mimpi pemuda jenius dan penuh ide-ide brilliant.
    Gak salah jika Nodeflux menjadi pemenang 9th SATU Indonesia Award by Astra.

    BalasHapus
  12. AI sebenarnya menakutkan tapi kita harus lebih unggul dong denga. Upgrade ilmu tiap hari.

    BalasHapus
  13. Start up yg super ciamiiikk
    bisa jadi role model nih.
    apalagi prestasi Nodeflux pun diakui hingga menjadi salah satu pemenang pada 9th SATU Indonesia Award

    BalasHapus
  14. Wah keren NODEFLUX ini ya
    Tak heran bisa jadi salah satu perih SATU Indonesia Awards

    BalasHapus
  15. Wow sudah ada di tahun 80an ya, maraknya sekarang. Meski begitu aku yang gaptek tetep belum bisa membayangkan fungsionalnya dan bingung mau mulai darimana. Mungkin inilah Nodeflux jadi solusinya

    BalasHapus
  16. Wah keren ada pelopor startup AI jadi ini bahasanya bisa bahasa daerah atau khusus bahasa Indonesia ya mbak?

    BalasHapus
  17. Keren-keren. Kini ada startup AI asli Indonesia.
    beberapa minggu ini saya pun mulai memanfaatkan teknologi AI untuk menangani salah satu proyek di kantor mbak, dan emang masih pakai penyedia dari luar negeri, sehingga pengucapan ejaan Indonesianya belum terlalu tepat.
    Membaca ini, jadi pengen kepoin lebih jauh tentang Nodeflux, siapa tahu bisa kerjasama

    BalasHapus
  18. Terbaik deh Nodeflux ini, benar-benar menginspirasi para generasi muda.
    Tapi jujur, saya baru dengar dong tentang Nodeflux ini, padahal kiprahnya keren banget ya, sampai jadi pemenang SATU Indonesia Awards

    BalasHapus
  19. wah keren nih nodeflux ... bangga banget dengan anak muda zaman now ya kak, bener-bener menginspirasi nih

    BalasHapus
  20. Bisa ya ke dunia nyata. Kecerdasan AI memang dibutuhkan saat ini. Inovasi anak muda nih ternyata. Keren

    BalasHapus
  21. kemana aja saya sellama ini gak tahu nodeflux? padahal prestasinya luar biasa. keren banget deh nodeflux

    BalasHapus