Rahasia Sukses Warung Kelontong Untung Terus

Baru-baru ini ramai di media sosial tentang pedagang-pedagang grosir di pusat perbelanjaan Tanah Abang Jakarta Pusat meminta pemerintah untuk menutup berbagai kanal e-commerce. Padahal, di era digital sekarang ini kecenderungan konsumen lebih menyukai kemudahan dan berbagai keuntungan lainnya yang ditawarkan melalui kanal e-commerce. Oleh karena itu, seharusnya pelaku UMKM (usaha menengah, kecil dan mikro) harus bisa beradaptasi terhadap kondisi pasar tersebut untuk bisa bertahan di tengah persaingan yang semakin sengit.

Namun, di Indonesia yang unsur budaya gotong royong dan sifat kekeluargaannya masih kental, warung kelontong masih tetap bertahta di hati para pembeli setianya. Tak heran, masih banyak yang melirik peluang bisnis dari warung kelontong ini. Salah satunya orang tua saya sendiri, yang berniat membuka warung kelontong saat memasuki masa pensiunnya kelak.
Foto warung kelontong (sumber gambar: canva)

7 Jenis Produk Yang Paling Sering Dibeli di Warung Kelontong

Warung Kelontong adalah salah usaha yang termasuk dalam kategori UMKM yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari dengan harga yang relatif murah dan menawarkan kenyamanan bagi pembeli karena adanya interaksi akrab antara penjual dan pembeli.

Salah satu rahasia sukses usaha warung kelontong adalah dengan menjual produk-produk yang paling sering dicari oleh para pembeli diantaranya;

1. Sembilan Bahan Pokok (sembako)
Warung kelontong yang menjual sembako akan menjadi magnet tersendiri karena memang bahan pokok ini sangat dibutuhkan dimana-mana. Diantaranya beras, minyak, telur, gula, daging sapi/ayam, susu, bawang merah dan putih, garam dan gas elpiji.

2. Produk Minuman
Selain sembako, setiap orang pasti butuh minum. Tak heran warung kelontong yang menyediakan air minum kemasan atau galon isi ulang akan selalu menjadi salah satu produk yang paling dicari pembeli. The celup, kopi atau minuman sachet lainnya juga seringkali dicari loh! Apalagi kalau kita menjualnya dengan kemasan siap minum, misal diseduh dan disajikan di gelas/plastik plus es batu atau minuman kemasan yang dingin. Dijamin laris manis terutama di saat cuaca sedang panas-panasnya.

3. Bumbu Masak dan Bahan Pelengkap Masakan
Untuk para ibu, aneka bumbu masak dan bahan pelengkap masakan seperti santan, tepung terigu, bihun, kecap, saos dan sejenisnya pastilah menjadi salah satu kebutuhan wajib yang bakal dibeli di warung kelontong langganan.

4. Makanan Ringan
Ayooo, siapa yang hobi jajan or ngemil? Jangan sedih berbagai aneka cemilan tuh terpampang rapi berjejer di warung kelontong terdekat, sebuat saja wafer, cokelat, roti, biskuit, sosis siap makan, ciki, permen dan masih banyak lagi.

5. Kebutuhan Dapur, Kamar Mandi dan Kebersihan
Segala kebutuhan rumah juga umumnya sih tersedia juga di warung kelontong, mulai dari deterjen, sabun cuci piting, pewangi pakaian, sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, sampo, sampai cairan pembersih kamar mandi.

6. Kebutuhan Ibu dan Anak
Ibu-ibu dan anak menjadi salah satu pelanggan khusus warung kelontong yang menyediakan berbagai kebutuhan seperti popok bayi, pembalut, kapas, cotton buds, tisu basah dan sebagainya.

7. Obat-obatan Umum yang Bisa Dijual Bebas
Untuk pertolongan pertama di rumah, orang-orang biasanya akan membeli obat-obatan umum yang dijual bebas tanpa resep dokter, misalnya koyo, obat untuk luka, obat sakit kepala sampai plester penutup luka.
Produk laris manis di warung kelontong

Selain menjual produk-produk yang laris manis, sangat penting juga pemilik warung kelontong untuk mencari supplier yang bagus agar mendapatkan harga spesial dan jaminan kualitas barangnya. Hal ini menjadi daya saing tersendiri dengan supermarket yang juga menjamur dimana-mana.

Peluang Keuntungan Usaha Warung Kelontong

Bagi yang tertarik untuk memulai usaha warung kelontong, umumnya dibutuhkan modal sekitar 10 jutaan saja. Adapun estimasi alokasi modal warung kelontong antara lain untuk perlengkapan dan peralatan warung sekitar 5 jutaan, untuk modal dagangan berupa bahan kebutuhan pokok (sembako) 3 jutaan dan modal untuk produk barang kebutuhan sehari-hari lainnya seperti deterjen, rokok, frozen frood dan sebagainya sekitar 2 jutaan.

Dengan modal tersebut dan biaya operasional yang diperkirakan sekitar 5 jutaan, maka omzet bulanan diperkirakan mencapai 9 jutaan. Sehingga keuntungan per bulan diperkirakan bisa menyentuh angka 3-4 jutaan. Artinya, kita bisa balik modal hanya dalam waktu sekitar 3 hingga 4 bulanan saja. Wow, mantap ya!

Aplikasi Kasir Yang Cocok Untuk Warung Kelontong

Seiring dengan kemajuan teknologi, pemilik warung kelontong juga harus melek digital untuk meningkatkan keuntungannya. Diantaranya memanfaatkan aplikasi chat seperti Whatsapp untuk menerima orderan dari pembeli yang meminta barang-barangnya diantar ke rumah. Selain itu, pemilik warung kelontong juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi kasir online.

Dengan aplikasi kasir android, pemilik warung bisa mendapatkan catatan transaksi dan memantau stok barang secara real time. Nah, saya mau kasih rekomendasi nih aplikasi kasir android gratis, yaitu iReap yang bisa diunduh melalui Google Playstore. Aplikasi ini dirancang khusus untuk membantu pebisnis UMKM termasuk warung kelontong dan retail agar operasional bisnis menjadi lebih efisien.
Pemilik warung kelontong pakai aplikasi kasir android (sumber gambar: iReap)

Aplikasi kasir gratis iReap POS ini memiliki sejumlah manfaat bagi pemilik warung kelontong diantaranya:
  1. Tampilan aplikasinya mudah dipahami dan digunakan, jadi gak perlu karyawan dengan keahlian khusus
  2. Bisa memuat database produk lengkap beserta harganya termasuk jika ada perubahan naman, jenis atau harga produk
  3. Mengurangi potensi terjadinya human error, seperti salah hitung atau salah harga.
  4. Pemantauan stok barang lebih akurat sehingga pemilik warung bisa tahu barang mana saja yang laris manis
Aplikasi stok barang untuk warung kelontong ini menawarkan 2 pilihan yaitu iReap POS lite dan iReap POS Pro. Untuk versi lite ini gratis dan diperuntukkan bagi pelaku bisnis UMKM seperti warung kelontong dengan 2 fitur utama yaitu Point of Sales untuk transaksi pembayaran atas barang/produk yang terjual dan Stock Inventory untuk memantau ketersediaan stok barang. Sedangkan iReap POS Pro diperuntukkan bagi pebisnis yang skalanya lebih besar misalnya restoran yang memiliki banyak cabang, atau bisnis yang memiliki franchise. Fitur aplikasi POS yang Pro ini jauh lebih lengkap karena bisa digunakan oleh multiuser, cloud database, laporan stok barang realtim, manajemen invoicing dan absensi karyawan. Untuk menikmati semua fitur tersebut, pemilik usaha cukup menyediakan budget langganan sebesar Rp41.667/bulan.
Fitur aplikasi kasir iReap (sumber gambar: iReap)


Yuk, sekarang eranya pelaku UMKM naik kelas, manfaatkan teknologi digital untuk memaksimalkan keuntungan dan mengembangkan bisnis. Plus, sudah tahu kan rahasia sukses dan potensi cuannya berbisnis warung kelontong? Jangan lupa pakai aplikasi kasir iReap ya buat membantumu mendapat untung terus, terus dan teruuuuuus!

22 komentar

  1. Saya juga ada niatan mau buka warung klontong, Mbak. Pikir saya, jualan juga tidak basi, dan pasti dicari orang terus. terus saya bisa sambil menulis juga.
    Nah, warung klontong juga harus adaktif mengikuti zaman. Termasuk soal alat kasirnya yang tidak hanya memudahkan pembeli, tapi juga untuk yang punya warung ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gutlak ya mas, jgn lupa kudu punya pencatatan transaksi dan keuangan ya, pakai apps ireap pos lite kan gratis tuh

      Hapus
  2. Toko kelontong emang dekat di hati yah sembari mendukung UMKM negeri. Tapi toko kelontong juga ngga boleh ketinggalan teknologi biar upgrade di era digital. Salah satunya pake aplikasi iReap buat mengelola stok lebih mudah dan cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, di komplekku aja skrg warung kelontong terima order antar belanjaan ke rumah walopun masih via whatsapp hihi, layanan prima tuh pasti dicari konsumen jg selain harga

      Hapus
  3. aku berangan-angan pengen punya toko yang jual sembako sama usaha laundry. Pertama yang diliat, usaha ini nggak pernah sepi, apalagi kalau usaha laundry berlokasi di area kampus atau dekat kos-kosan.
    Dan waktu liat aplikasi kasir yang mempermudah jualan kayak gini, pas aku ke warung makan, padahal warungnya kecil, tapi pakai teknologi yang udah kekinian, mantapp juga, jadi lebih terorganisir ya

    BalasHapus
  4. mungkin kebanyakan orang pengen buka toko kelontong ya sebagai investasi pensiun terlebih yang bukan pekerja ASN. Ternyata gak hanya mba, saya juga kepikiran begitu sih, hahahaha. tapi pengennya dari sekarang sih. apalagi bisnis kelontong sekarang dengan style layaknya minimarket mulai banyak.

    btw saya juga sering belanja di warung kelontong yang cukup ramai deket rumah, eh ternyata sistem kasir dia udah pake aplikasi gitu tapi ga tau apa. saya sih udah pakai iReap untuk UMKM saya, pakai yang lite. memudahkan sistem keuangan banget.

    BalasHapus
  5. Aplikasi Kasir ini membantu banget memang mbak kalau urusan keuangan UMKM termasuk warung kelontong. Kan ada tuh ya, keuangan warung yang kolaps karena gak dipisahin sama urusan pribadi.

    BalasHapus
  6. semua orang kayanya pernah belanja ke warung kelontong dan banyak juga yang berlangganan apa lagi dengan harga dan jarak yang bagus.
    dari itu saja sudah pasti warung kelontong bisa bersaing dan menjadu usaha yang mengguntungkan

    BalasHapus
  7. Sebenarnya lebih murah warung kelontong, cuma mungkin manajemen barang dan uang kembalian kurang oke. Nah, dengan adanya aplikasi kasir iReap ini bisa mbantu ya

    BalasHapus
  8. aplikasi iReap ini memang sangat membantu banget untuk memanajem warung kelontong,, transaksi penjualan pun dapat di pantau dengan mudah dan efisien

    BalasHapus
  9. Warung kelontong memang sebaiknya punya aplikasi yang membantu pencatatan keuangan biar lebih rapi. Apalagi pas lagi pengen review kan, bisa ketahuan untung dan udah balik modal atau belumnya

    BalasHapus
  10. Warung kelontong ini merupakan warung yang simple, dan pembelinya banyak banget. Karena kalau beli di warung kelontong, kan yang beli tetangga-tetangga gitu. Gak perlu jauh-jauh juga, tinggal ngesot aja nyampai.

    Pas banget.nih,.saatnya warung kelontong juga punya rekapan penjuala . Bisa banget oakai aplikasi kasie ireap.

    BalasHapus
  11. Iya lho, keberadaan warung kelontong dekat rumah tuh sering membuatku bersyukur kalau misalnya pas belanja bulanan eh ada yang kelupaan, sering ada di warung kelontong kecil dekat rumah. Lokasi pajang minim tapi hampir lengkap semua kebutuhan harian sampai obat-obatan sesederhana bedak gatal pun bisa dibeli di warung.

    BalasHapus
  12. Bener bgt kak. 7 jenis barang itu emg dibutuhkan masyarakat sehari2. Apalagi kl ada sayuran dan gas elpiji. Plus galon minuman krn skrg tuh panas bgt.

    Ditambah dgn aplikasi kasir, kita bs mengelola barang masuk dan keluar dgb mudah. Uang pun bs kelihatan keluar masuknya. Jd ga bakalan boncos atau kecurian deh krn sudah terfata aman. Apalagi kl ada yg bayar cashless.

    BalasHapus
  13. Yuk yuk yang punya usaha warung kelontong. Selalu update dagangan sama update aplikasi yang mempermudah dalam penjualan ya

    BalasHapus
  14. iReap POS Pro memang cocok untuk jadi pilihan dalam menjalankan usaha. Aplikasi kasir yang satu ini benar-benar lengkap, ada banyak pilihan di dalamnya.

    BalasHapus
  15. Fiturnya lengkap yaa mbak. Cocok untuk pengusaha UMKM nih, apalagi warung kelontong yang biasanya masih serba manual untuk perhitungan. Jadi, lebih memudahkan juga kalau pake aplikasi kasir ini.

    BalasHapus
  16. Wah kalau semua kebutuhan sudah lengkap ditambah sistem keuangannya juga baik, pasti usahanya bakalan meningkat drastis sih ini.

    BalasHapus
  17. Bahkan warung kelontong pun bisa pake iReap POS? Ini sih bukan canggih lagi namanya, tapi ngebantu banget biar satset layani pembeli.

    BalasHapus
  18. sebelum mart-mart berjamur, warung kelontong tempat kita belanja.
    walau gitu sih sampai sekarang warung kelontong juga tetap eksis, apalagi kalau bisa mengikuti perkembangan teknologi dengan menghadirkan pembayaran cashless pakai aplikasi kasir gini, secara sekarang banyak yang udah jarang pegang cash dalam jumlah banyak kan ya.

    BalasHapus
  19. Warung kelontong klo dikelola secara serius, pasti menjanjikan juga ya mbak
    Apalagi klo pakai aplikasi iReap ini

    BalasHapus
  20. Lengkap banget ya.. fitur di iReap POS.
    Jadi memudahkan para seller, terutama bagi pengusaha yang baru memulai usaha dan masih bingung stok barang masuk dan terjual juga perhitungan keuangannya.

    BalasHapus