Manfaat Menyelenggarakan Training Karyawan bagi Perusahaan

Persaingan di dunia kerja zaman now semakin sengit, terlebih lagi kita akan memasuki era persaingan global. Belum lagi menghadapi tindak-tanduk rekan kerja yang siap ‘sikut-sikutan’ untuk unjuk gigi di depan atasan. Oleh karena itu, sangat penting kita sebagai karyawan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian tertentu yang dibutuhkan perusahaan.

Terlebih, saat ini kemajuan teknologi dan perkembangan zaman membawa banyak dampak perubahan, termasuk di lingkup lingkungan kerja. Oleh karena itulah, perusahaan biasanya memfasilitasi karyawan untuk mengembangkan keterampilan dan keahliannya melalui berbagai program upskill untuk karyawan. Tak hanya bisa mengembangkan keterampilan, masih ada banyak manfaat training karyawan, diantaranya sebagai berikut;

Manfaat Training Karyawan bagi Perusahaan
Dengan mengikuti program pelatihan karyawan, kinerja dan produktivitas karyawan akan meningkat. Hal ini seiring dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan karyawan atas bidang pekerjaannya. Kinerja karyawan yang membaik akan mempengaruhi siklus kerja yang efektif bahkan bisa berdampak terhadap peningkatan laba perusahaan.
training karyawan
Kegiatan pelatihan dan pengembangan SDM di kantor

Manfaat Pelatihan Kerja bagi Karyawan
Tenaga kerja yang mengikuti program upskill untuk karyawan akan memiliki kepercayaan diri karena pengetahuan dan keterampilan kerjanya meningkat. Sehingga karyawan akan lebih memiliki semangat kerja serta akan menciptakan standar baru di lingkungan kantor.

Manfaat Training Karyawan bagi Hubungan Antar Individu
Pelatihan SDM di perusahaan akan memberikan dampak baik bagi hubungan antar individu suatu perusahaan. Kemampuan inter-personal karyawan meningkat sehingga meningkatkan efektivitas teamwork. Serta meningkatnya kualitas koordinasi antar karyawan.

Di era pesatnya kemajuan teknologi digital, banyak sekali bermunculan lembaga pelatihan karyawan online yang menawarkan berbagai program pelatihan yang dibutuhkan perusahaan untuk memfasilitasi karyawannya. Salah satunya yang akan saya rekomendasikan adalah platform pelatihan karyawan QuBisa yang juga merupakan partner resmi program PraKerja. Pengalaman saya saat dulu mengikuti kelas yang difasilitasi oleh program PraKerja, QuBisa menawarkan banyak pilihan kelas pelatihan sesuai dengan minat dan keterampilan.

Platform Pelatihan Karyawan QuBisa

QuBisa adalah platform pelatihan karyawan yang menyediakan kemudahan akses informasi untuk pelatihan dan pengembangan SDM perusahaan. Hadir sebagai solusi bagi karyawan maupun perusahaan yang membutuhkan berbagai course online, QuBisa menjadi wadah agar pemateri dan peserta bisa saling berbagi informasi dan pengalaman praktisnya.

QuBisa, lembaga pelatihan karyawan dapat diakses secara online kapanpun dan dimanapun, sehingga karyawan bisa fleksibel mengalokasikan waktunya untuk belajar dari para praktisi dan instruktur yang ahli di bidangnya. Kita bisa mencari berbagai topik kursus, beragam artikel pengembangan diri secara gratis, webinar dan program microlearning.

Sebagai lembaga kursus online terbesar di Indonesia, QuBisa memiliki lebih dari 400 pilihan kursus terbaik, didukung dengan lebih dari 700 instruktur terdaftar, lebih dari 750 pilihan webinar berkualitas, dengan lebih dari 4000 pilihan microlearning terbaik dan hingga kini tercatat sudah lebih dari 400.000 murid terdaftar.
Testimoni peserta bootcamp QuBisa

Upgrade Skill Karyawan dengan Bootcamp QuBisa

Sebagai platform pendidikan, pelatihan SDM dan pembelajaran terpercaya, QuBisa memiliki misi mulia untuk menginspirasi dan memampukan generasi muda Indonesia dalam mewujudkan impian hidupnya. Salah satunya melalui program bootcamp.

Bootcamp merupakan program persiapan kerja berupa pelatihan intensif untuk meningkatkan keterampilan di berbagai bidang dengan kurikulum yang disusun sesuai dengan kebutuhan industri pada dunia kerjamu. Kamu akan diajarkan oleh para ahli dengan kurikulum siap kerja yang materi/simulasinya dirancang untuk pemula dan bisa mendapat kesempatan kerja/magang.
platform pelatihan karyawan
Program pelatihan karyawan dengan Bootcamp QuBisa

Saya sendiri lagi tertarik banget untuk belajar sama yang namanya data science, terlebih lagi saat ini keahlian ini memang menjadi primadona dan banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Tapi, jujur kadang saya minder sendiri karena memang pengetahuan saya nol sama sekali alias pemula banget. Tapi, program-program bootcamp pelatihan karyawan di QuBisa berhasil mengubah mindset saya, bahwa belajar dari nol/pemula seperti saya pun bisa mempelajari data science.

Ada sejumlah keterampilan dan keahlian yang harus dikuasai jika kita tertarik dengan profesi data scientist, diantaranya analisis data, memahami statistika dan matematika, terbiasa bekerja dengan data, memahami programming dan database serta masih banyak lagi.

Langsung dong saya cek ada pilihan bootcamp apa nih yang berhubungan dengan data science, nah saya nemu nih pelatihan yang menarik, yaitu memanfaatkan excel dan tableau untuk analisis data. Harganya Rp1.475.000 untuk 14 kali sesi belajar dengan durasi 2,5 jam per sesinya. Worth it banget kan! Plus, kita pastinya sudah dapat sertifikat juga.
program upskill untuk karyawan
Kelas Bootcamp QuBisa tentang data science

Nah, selain ikutan bootcamp QuBisa ini, kita juga bisa tuh bergabung di komunitas seperti Komunitas Data Science Indonesia dan bisa berdiskusi dengan para praktisi data science se-Indonesia. Bayangin aja nih ya, sudah ikutan bootcamp QuBisa plus tergabung di komunitas, bisa lah ya flexing tipis-tipis sama si bos, siapa tahu kamu malah naik gaji atau dipromosiin.

Ada 2 cara nih untuk mendaftar di QuBisa, tenang aja pendaftarannya gratis kok! Pertama, kita bisa mendaftar melalui laman website dan klik daftar dan mengisi data yang diminta. Atau kita bisa pakai cara kedua, yaitu melalui aplikasi mobile QuBisa melalui handphone.

QuBisa kini bisa diunduh melalui handphone sehingga akses untuk pelatihan dan pengembangan SDM menjadi lebih mudah. Bagi pengguna android, bisa mengunduh aplikasi QuBisa untuk Android. Sementara untuk pengguna iphone, bisa mengunduh aplikasi QuBisa untuk iOS. So, mau ikutan program bootcamp QuBisa yang mana nih? Siapa tahu nanti kita sekelas bareng loh di salah satu kelas pelatihan karyawan!

20 komentar

  1. Aku juga ingin mempelajari soal data science ini. Menurutku kok profesi yang berhubungan dengan ilmu ini tuh lagi banyak dibutuhkan. Ikut bootcamp di QuBisa asyik kali ya.

    BalasHapus
  2. banyak banget ya manfaat ikut program latihan di QuBisa bisa meningkatkan kemampuan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih kak banyak banget manfaat ikut program di QuBisa, terlebih karyawan yang menurutku harus selalu upgrade skill

      Hapus
  3. aku pernah ikutan webinarnya QuBisa, lupa kapan tepatnya cuman waktu itu belum ada materi desain atau ilustrasi. awal tahunan kemarin aku intip lagi si materi desain ini udah ada. seneng banget dong, auto ikutan. QuBisa makin kesini makin banyak pilihan materinya, jadi perusahaan bisa banget mengadakan pelatihan karyawan di QuBisa

    BalasHapus
  4. aku juga mau ikutan nih webinar di QuBisa, mau cobain yang berbayar, mumpung lagi promo ^^ kalo bootcamp belum pernah cobain sih..

    BalasHapus
  5. Training karyawan ini memang sangat manfaatnya ya, Mbak, dan memang selalu dilakukan secara rutin. dan biasanya di kantor pusat.
    Nah, dengan adanya peltihan karyawan secara online ini, akan memudahkan. hemat waktu dan tenaga, juga biaya juga. Materi bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

    BalasHapus
  6. Saya juga banyak ikut kelas pelatihan dari QuBisa terutama untuk yang urusan dengan pelatihan untuk karyawan, pastinya bermanfaat banget banyak juga yang gratis dan atau pun yang berbayar, sangat memabntu upgrade diri kita sebagai karyawan

    BalasHapus
  7. Pelatihan yang mengasikkan ini, karena bisa dipilih juga materi yang dibutuhkan biar skill makin bertambah dan bermanfaat pastinya ya

    BalasHapus
  8. Meski saya udah jadi karyawan tetap suatu perusahaan. Nampaknya saya juga perlu upgrade skill biar gak tergerus oleh zaman. Bisa menambah ilmu dan wawasan yang bermanfaat bagi perusahaan. Hmm, pengen banget deh ikutan Bootcamp quBisa.

    BalasHapus
  9. Tersisih dari dunia kerja ketika usia masih produktif itu ... rasanya mengerikan sekali. Mau nggak mau memang harus terus upskill.

    BalasHapus
  10. Para perusahaan wajib nih mengajak karyawannya melakukan pelatihan di QuBisa ini
    Biar pada upskill dan membantu kinerja perusahaan juga pastinya

    BalasHapus
  11. Bisa banget upgrade skill karyawan dari aplikasi QuBisa. Dengan pilihan bootcamp super lengkap, pun bisa dapet promo juga.

    BalasHapus
  12. Gak zamannya lagi sikut-sikutan ya, Mbak. Kalau pengen pintar ya kudu upgrade skill, dong. Apalagi sekarang ada platform pelatihan online QuBisa yang gampang banget di akses dari mana pun.

    BalasHapus
  13. Perusahaan skrg dituntut inovatif dan kreatif demi meraih cuan. Pesaingnya bkn hny di Indonesia tp jg dunia. Kalo perusahaan bervisi ingin go global, karyawannya jg hrs dipilih yg maksimal.

    Nah dgn pelatihan berkualitas kayak di QuBisa, karyawan akan mendapatkam manfaat luar biasa terkait soft skills yg hrs dimiliki karyawan saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, kekuatan perusahaan sekarang terletak di kualitas SDMnya yaa. pelatihan salah satu cara upgrade kualitas SDM, di QuBisa oke banget nih buat pelatihan karyawan

      Hapus
  14. Aku udah bbrp kali ikut webinar QuBisa. Pengin nyobain Bootcampnya tp masih nunggu uangnya ada orang euy.

    BalasHapus
  15. Persaingan bisa jadi sehat kalau Upgrade Skill Karyawan melalui Bootcamp QuBisa.
    Jadi bolehlah ya.. sama-sama unjuk gigi dengan kelebihan yang dimiliki ketika berada di lingkungan kerja.

    BalasHapus
  16. QuBisa bagus banget buat upgrade pegawai atau diri sendiri karena memang SDM skrg dituntut memiliki.skill yg mumpuni. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  17. Ini sih bermanfaat banget yaa buat kita kita nih yang institusinya atau lembaganya jarang kasih pelatihan, ada yang buat individu gitu lho ini QuBisa, ga hanya untuk bootcamp class aja ya kaaan

    BalasHapus
  18. Semoga dengan pelatihan ini bisa membantu para pegawai lebih mahir lagi yaa kaa

    BalasHapus