Jangan Terlewat! Pastikan 8 Hal Ini Wajib Kamu Cek Saat Service Motor

Motor menjadi pilihan hampir sejuta umat, terlebih di kota-kota besar dengan tingkat kemacetan yang cukup padat salah satunya di Jakarta. Bahkan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kendaraan bermotor selama 5 tahun terakhir terus mengalami peningkatan di Jakarta.Total jumlah kendaraan bermotor di Jakarta mencapai 26,37 juta unit pada 2022. Dari total tersebut ada 17,3 juta unit sepeda motor di DKI Jakarta. Hal ini setara dengan 65,6% total kendaraan bermotor di Jakarta! 😱

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, kita tentu ingin memiliki kendaraan yang awet dan selalu dalam keadaan prima agar senantiasa aman dan nyaman saat berkendara di jalan. Saat membeli kendaraan bermotor, ada baiknya kita juga menyisihkan uang untuk alokasi biaya perawatan rutinnya. Dengan menjaga kondisi kendaraan tetap prima, paling tidak kita bisa terhindar dari kecelakaan lalu lintas akibat faktor kondisi kendaraan kita.
servis-motor-di-planet-ban
Anak motor wajib tahu kapan harus servis motor

8 Hal Yang Wajib Dicek Saat Servis Motor

Tak jarang, pengendara motor yang rutin menggunakan kendaraannya setiap hari lupa untuk melakukan perawatan motor secara rutin. Padahal, motor sebaiknya dilakukan penggantian oli setiap mencapai jarak tempuh tertentu. Bahkan, agar motor tetap prima dan nyaman saat dikendarai sangat disarankan untuk melakukan servis motor secara rutin. Setidaknya ada 8 hal yang wajib diperhatikan loh!

1. Oli Mesin
Oli memiliki fungsi penting sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin untuk menjaga performa sekaligus kondisi motor. Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis oli yang sesuai dengan tipe motor yang kita gunakan. Semakin bagus kualitas oli motor matic yang digunakan, semakin bagus pula performa mesinnya.
kasta-tertinggi-ganti-oli
Kalian termasuk tim yang mana nih? (source: planet ban)
Umumnya, jarak tempuh yang disarankan untuk penggantian oli motor berada di kisaran 2500 km, namun sekarang ini banyak produsen motor atau retailer otomotif yang berani merekomendasikan penggantian oli hingga 5000 km. Hal ini ternyata karena mereka menggunakan oli dengan teknologi ester. Gak heran, klaim penggantian olinya bisa 2x lebih lama dibanding oli biasa. Sekedar info aja nih, oli jenis ini merupakan base oil tertinggi di kelasnya.
ganti-oli-di-planet-ban
Pilih oli kualitas terbaik untuk kenyamananmu (source: planet ban)

2. Oli Gardan
No debat ya guys, pengguna motor matic tuh harus rutin ganti oli gardan karena fungsinya penting banget yaitu untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Pastinya sudah pada tahu dong rumus jitu penggantian oli gardan ini biasanya dilakukan setelah 2x ganti oli mesin. Jadi, setiap sudah 2x ganti oli mesin, itu artinya kita kudu sekalian ganti juga tuh si oli gardan.

3. Busi
Pernah mengalami kondisi motor sulit dinyalakan? Nah itu artinya kita kurang memperhatikan kondisi busi yang merupakan bagian motor yang berfungsi mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api yang membuat motor menyala. Untuk penggantian busi motor, dianjurkan saat pemakaian sudah melebihi 5000 km.

4. Kampas Rem
Komponen yang satu ini sangat krusial banget untuk keselamatan pengendara motor loh! Pasalnya jika kampas rem menipis, otomatis kekuatan rem pun menurun sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan. So, yang satu ini juga wajib kita cek ya saat melakukan servis motor. Umumnya jarak ideal penggantian kampas rem motor disarankan sekitar 32.000 km.

5. Filter Udara
Hayoo, siapa yang suka lupa ngecek filter udara motor kalian? Duh jangan ditiru ya guys, karena kebiasaan buruk tersebut bisa menyumbat sistem injeksi dan karburator loh! Padahal filter udara tuh berfungsi untuk menyaring kotoran dari udara yang masuk ke ruang pembakaran. Biasanya, mekanik akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, baru merekomendasikan apakah filter udara motormu harus dibersihkan atau harus segera diganti.
servis-karburator-filter-udara-di-planet-ban
Servis karburator/filter udara di Planet Ban (source: planet ban)

6. Aki/Accu
Aki motor berfungsi menghasilkan arus listrik yang mengaktifkan komponen elektrikal mulai dari starter, lampu-lampu, klakson, speedometer dan fitur elektrik lainnya. Tegangan aki dalam kondisi mesin mati idealnya berada pada kisaran 12,3-12,6 volt, sementara dalam kondisi mesin menyala berada di 13,7-14,2 volt.

Jadi, kalau tegangan aki tidak berada di kisaran tersebut kita harus cek apakah ada kebocoran atau kondisi terminal berkarat. Jika kondisi aki sudah tidak layak, maka harus dilakukan penggantian aki/accu segera ya agar motor tetap aman dan nyaman dikendarai.

7. Ban
Untuk kamu yang rutin menggunakan motor sehari-hari, jangan lupa lakukan pemeriksaan kondisi ban secara berkala ya. Pastikan tekanan udara di dalam ban mencukupi dan ban masih dalam kondisi prima. Segerakan mengganti ban ya jika kondisi ban sudah gundul karena itu bisa membahayakan keselamatanmu dan pengendara lainnya.

Dikutip dari laman Planet Ban, sebagai acuan umum berikut adalah rentang tekanan angin yang umum digunakan untuk beberapa jenis sepeda motor:
  • Sepeda motor sport: 32-36 psi (2.2-2.5 bar) untuk ban depan dan 36-42 psi (2.5-2.9 bar) untuk ban belakang.
  • Sepeda motor matic: 26-29 psi (1.8-2.0 bar) untuk ban depan dan belakang.
  • Sepeda motor bebek: 26-29 psi (1.8-2.0 bar) untuk ban depan dan belakang.
  • Sepeda motor trail: 22-25 psi (1.5-1.7 bar) untuk ban depan dan belakang.
ganti-ban-motor-di-planet-ban
Ganti ban motor di Planet Ban (source: planet ban)
8. Tune Up motor rutin
Servis motor tune up merupakan servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen motor secara keseluruhan. Biasanya fokusnya pada tekanan ban, kondisi lampu, kondisi karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem dan klakson.

Terkadang, servis tune up disertai dengan penggantian oli mesin, oli gardan atau penggantian sparepart lainnya. Ada baiknya sih, kamu juga punya catatan atas kondisi motormu sehingga kamu hanya cukup menyetujui perbaikan yang diperlukan kepada mekanik.

Rekomendasi Bengkel Servis Motor Terbaik

Menemukan bengkel servis motor yang bagus tuh memang ibarat mencari jodoh ya guys, susah-susah gampang. Nah, berdasarkan pengalaman pribadi, saya mau kasih rekomendasi nih salah satu bengkel langganan kesayangan, yaitu Planet Ban yang mengklaim bahwa kita bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru. Wah, cem mana pula ya kan?

Jadi, Planet Ban menawarkan sistem servis terpadu untuk meng-upgrade performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan servis motor rasa baru ini terletak pada bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis.

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban

  1. Kamu bisa meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin menjadi lebih awet dengan menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi.
  2. Kamu bisa menikmati pemakaian motor yang lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin dan tarikan lebih enteng karena menggunakan sparepart asli.
  3. Kamu bisa menghemat biaya perawatan motor karena penggantian oli cukup dilakukan setiap jarak tempuh 5000 km (sekitar 4-6 bulan sekali).
  4. Kamu bisa ikut menjaga lingkungan karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Keunggulan Servis Motor di Planet Ban Dibanding Bengkel Lain

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, servis motor di Planet Ban membuat kita serasa punya motor dengan mesin yang baru. Karena gak ada tuh yang namanya masih tersisa kotoran, debu dan sisa pembakaran di sekitar CVT yang biasa jadi biang keladi motor terasa berat.

No worries, seluruh bagian dan part mesin motormu akan dibersihkan layaknya motor baru! Mulai dari kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body. Pokoknya sudah kaya lagunya Aerosmith yang liriknya I don’t wanna miss a thing. Bayangin aja, gimana gak serasa motor baru coba, tarikan motor menjadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM dan mesin pastinya jadi bersih total.
harga-servis-motor-di-planet-ban
Servis motor di planet ban harga terjangkau (source: planet ban)
Satu lagi nih yang paling penting, servis motor di Planet Ban tuh ramah di kantong. Nih, saya spill ya harganya untuk servis motor injeksi cuma Rp20.000,-, sementara untuk servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- dan servis throttle body juga cuma Rp20.000,-. Approved dong yaa ini mah!

So, gak ada alasan lagi kan untuk gak rutin servis motor! Ayo coba, cek ricek lagi kapan terakhir kali kamu servis motor? Sekarang sudah tahu kan apa saja yang wajib dicek saat servis rutin dan buruan deh segera melipir ke Planet Ban untuk mendapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru. Salam satu aspal bro and sis!

18 komentar

  1. Saya pun sangat mengandalkan motor saat beraktivitas, Mbak. Apalagi kalau ke jakarta dan tempatnya tidak di depan langsung halte busway, saya harus bawa motor. Makanya agar motor terus menunjang aktivitas saya, wajib diservis rutin. Dan 8 bagian di atas sangat perlu. Bila ada yang harus diganti, saya sekalian ganti saja.

    BalasHapus
  2. Baca hal-hal wajib yang harus diservis, jadinya terpikirkan itu, jangan cuma bisa bawa motor aja tapi gak mau merawat mesin kendaraan ya Teh, hehe. Semangat rawat motor

    BalasHapus
  3. Aku selalu diingetin sama bapak untuk nggak telat ganti oli motor. Cuma memang, dulunya aku nggak paham bahwa oli mesin dan oli gardan tuh punya masa pakainya masing-masing. Lha aku, tiap ganti oli mesin ya selalu dibarengi sama oli gardan. Hehehe

    BalasHapus
  4. Iyaa kak mending ganti oli secara teratur dan melakukan perawatan lain ke Planet Ban. Daripada motor udh rusak parah baru masuk bengkel dan butuh waktu lama untuk servis, dan biaya juga jadi segunung.

    BalasHapus
  5. mantap kak untuk artikel automotivnya

    untuk oli gardan sebenarnya tidak melumasi koponen dam cvt karna komponen dalam cvt termasuk kopling otomatis kering

    oli gardan untu melumasi gear dan bearing bagian gardan yang berada tepat di titik kanan as roda belakang bukan di bagian blok cvt

    BalasHapus
  6. oooh berarti kalo ke service-an tinggal bilang 'tune up rutin, mas' gtu ya? aku selama ini kalo service bilangnya 'service biasa mas. sama tolong dicekin kalo ada yg nggak beres' eheh

    BalasHapus
  7. Pilih bengkel buat service motor rutin juga jgn sembarang yah. Kudu yg kredibel, terus pelayanan dan harganya juga oke. Fix! Planet Ban, nggak ada lawan, hihihi..

    BalasHapus
  8. Saya baru kemarin sih sama Mbak saya ganti oli di Planet Ban. Sat set pengerjaannya, gak ada 10 menit sudah selesai. Emang Planet Ban itu bengkel andalan kami sih.

    BalasHapus
  9. Suami sering ganti oli di Planet Ban. Terutama oli gardan karena kalau untuk motor matic wajib diganti rutin. Pelayanan juga oke kok di Planet Ban

    BalasHapus
  10. Ngeri emang kalo motor dibiarin aja terus pas pergi tibatibaa mogok, tibatibaa ban kempes, tibatiba mesin gabisa dinyalain, udahlah itu aku sekali aja mengalami hal kayak gitu, huhu

    BalasHapus
  11. Aku sebagai pengguna motor harian emang perlu check rutin buat service motor. Biasanya sih kelupaan memang. Dan bagian penting yg harus diservis rutin itu seperti ganti oli, cek rem, dll.

    BalasHapus
  12. Jangan terlewat, servis motor itu penting
    Tempat servis terbaik ya di Planet Ban ya mbak

    BalasHapus
  13. Servis motor di Planet Ban ini harganya terjangkau banget ya, apalagi Planet ban ini bengkelnya ada di mana-mana. jadi kita bisa dengan mudah datang ke sana untuk servis motor.

    BalasHapus
  14. Planet Ban ini ada di mana-mana, ya. Di deket rumahku juga ada. Jadi sangat memudahkan kalau mau servis motor supaya tetap prima.

    BalasHapus
  15. Kalau motor nyaman maka perjalanan pun menyenangkan
    Berbeda kalau sebaliknya
    Makanya selalu harus dicek kondisi motornya

    BalasHapus
  16. Gw aja yg cwok kdg males bgt kak ngurusin motor. Aku aja kmrn baru tahu kalo oli di motor tuh ada 2. Oli kendaraan ama oli gardan. Jd ama mas2 Planet Ban kmrn ditanyain mau ganti oli apa. Ya oli apa lagi sih kalo bkn oli mesin. Haha. Eh ternyata msh ada oli gardan haha.

    BalasHapus
  17. Awal bulan depan waktunya ganti oli nih, baca artikel ini jadi terinspirasi untuk ganti oli di Planet Ban.

    BalasHapus
  18. wah penting ini. jangan lupa service motor secara rutin. jangan hanya digunakan, dirawat juga motornya xD

    BalasHapus