Cara Optimal Mempromosikan Bisnis di Era Digital

Apapun bisnisnya, di era serba digital sekarang ini kita harus mengadopsi strategi promosi yang tepat untuk tetap bertahan di tengah sengitnya persaingan. Mulai dari bisnis baju, makanan, sewa kendaraan, elektronik sampai ke bisnis cafe/resto harus mulai memperluas strategi promosi digital dengan memanfaatkan berbagai platform. Pemasaran digital menjadi strategi promosi bisnis yang kini mulai banyak dilakukan oleh para pengusaha.

digital marketing agency jakarta
Membahas strategi promosi dengan digital marketing agency (source: freepik)

Persaingan bisnis di zaman sekarang sudah jauh berbeda dengan 15 atau 20 tahun lalu. Kalau dulu teknik penjualan door-to-door digadang-gadang sebagai salah satu strategi pemasaran terampuh, maka saat ini teknik tersebut sudah tidak efektif lagi alias basi. Digital marketing kini menjadi strategi promosi yang populer di kalangan pengusaha. 

Sebelum kita kupas tuntas, kita bahas dulu apa sih sebenarnya digital marketing itu? Menurut Marketo, pengertian digital marketing adalah strategi tingkat tinggi berbentuk promosi/periklanan yang disebarkan melalui mesin pencarian (Google, Bing, Yahoo, dll), website, media sosial, email, dan aplikasi. Sementara berdasarkan Smart Insights, digital marketing diartikan sebagai kesempatan menjangkau konsumen melalui perangkat, platform, media, data, dan teknologi digital. Sedangkan, Hubspot mendefinisikan digital marketing sebagai semua upaya pemasaran dengan memanfaatkan perangkat elektronik dan internet.

strategi promosi
Keunggulan promosi digital marketing dibanding strategi promosi konvensional

Pilihan Strategi Promosi Digital Untuk Bisnis Anda

Setiap perusahaan atau brand memiliki strategi promosi digital yang berbeda satu sama lain. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh tipe brand/perusahaannya sendiri, tujuan serta dana yang dialokasikan untuk kebutuhan tersebut. Terdapat sejumlah strategi promosi digital yang bisa dipilih oleh para pelaku usaha.
  1. Social Media Marketing. Strategi promosi ini menggunakan sejumlah platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, TikTok dan sebagainya. Melalui media sosial, kita bisa membangun kehadiran merek, berinteraksi dengan audiens, dan mempromosikan produk atau layanan. 
  2. Search Engine Optimization (SEO). Yaitu strategi untuk meningkatkan peringkat suatu situs web dalam hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Sehingga konsumen menjadi lebih mudah menemukannya. Caranya melalui pengoptimalan konten, struktur situs web, link building, dan lain sebagainya. 
  3. Key Opinion Leader (KOL)/Influencer Marketing. Strategi promosi ini melibatkan kerjasama dengan KOL/Influencer pada platform media sosial tertentu. Calon konsumen akan dengan mudah dipengaruhi karena melihat popularitas dan kepercayaan pada KOL/Influencer. Kita bisa menciptakan kepercayaan konsumen, meningkatkan exposure brand, dan memperluas jangkauan audiens.
  4. Digital Advertising. Strategi promosi berupa iklan online untuk meningkatkan visibilitas serta mendatangkan lalu lintas ke situs web. Contohnya iklan di mesin pencari (Google Ads), iklan display, iklan video, dan iklan sosial media. Disini kita bisa menargetkan audiens yang spesifik dan mengukur kinerja kampanye secara akurat.
  5. Mobile Marketing berupa pembuatan kampanye pemasaran yang dioptimalkan untuk pengguna mobile, pengembangan aplikasi mobile, dan penggunaan teknologi lokasi. Contoh penerapannya adalah strategi iklan berbasis lokasi dan pengoptimalan situs web agar lebih mobile friendly. 
  6. Email marketing adalah strategi pemasaran melalui surat elektronik (surel). Strategi ini paling cocok diterapkan oleh usaha dengan model business-to-business (B2B).

Salah satu strategi promosi digital, KOL/Influencer Marketing

Perlunya Menggunakan Jasa Digital Agency Untuk Mengembangkan Bisnis

Sebagai pelaku usaha, Anda tentunya sudah disibukkan dengan urusan operasional bisnis, sehingga tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa digital marketing agency Jakarta. Salah satunya adalah Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of The Year 5 tahun berturut-turut. Ini adalah bukti keberhasilan Redcomm sebagai digital agency Indonesia!

jasa digital agency jakarta
Testimoni sejumlah klien Redcomm Indonesia

Redcomm merupakan agensi terpercaya untuk digital marketing di Indonesia yang fokus dalam komunikasi pemasaran berbasis data, strategis dan kreatif dengan memanfaatkan teknologi dan platform digital. Sebagai bagian dari anggota grup perusahaan Red Asia Inc., perusahaan digital agency Indonesia terpercaya ini membantu deretan brand ternama memenangkan pasar di dunia digital, dengan layanan mulai dari konsultasi data dan teknologi, transformasi digital, pemasaran digital hingga hubungan masyarakat.

Menyediakan jasa digital agency Jakarta, Redcomm tidak hanya berhasil membantu berbagai merek ternama pemimpin pasar nasional, namun juga perusahaan-perusahaan Fortune 500 hingga beberapa dari 20 merek global terkemuka.

Redcomm, Digital Agency Jakarta Langganan Menang Award

Memiliki portofolio klien dari berbagai industri mulai dari teknologi, ritel dan kesehatan, tidak mengherankan dengan reputasi Redcomm digital marketing agency Indonesia dengan 5x Gold winner. Beberapa brand yang diasuh oleh agensi digital di Indonesia ini di antaranya MAP, XL, Indomie, Sosro, Samsung dan masih banyak lagi.

Tak perlu pusing-pusing memikirkan strategi atau mengeluarkan biaya pelatihan karyawan untuk mempelajari teknik-teknik promosi digital, para pelaku usaha bisa mendelegasikan urusan ini kepada ahlinya, Redcomm Indonesia sebagai digital marketing agency Jakarta.

Sebagai agensi pemasaran digital di Jakarta, Redcomm menawarkan matangnya strategi pemasaran digital yang kreatif dan efektif di media digital. Berbekal reputasi pengalaman selama kurang lebih 22 tahun dengan sekitar 300 brand ternama, digital marketing agency Indonesia ini telah menjadi andalan para pelaku usaha untuk membantu mengoptimalkan bisnis mereka melalui strategi promosi digital.

Sekurangnya, ada 5 alasan Anda memilih Redcomm sebagai digital agency Jakarta, di antaranya (1) memiliki portfolio yang jelas dan terbukti, (2) memiliki strategi digital yang efektif, (3) didukung tenaga profesional dan berpengalaman, (4) memahami konsep pemasaran yang tepat, dan (5) dapat mendistribusikan konten promosi digital secara optimal.

Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of The Year 5 tahun berturut-turut (sumber: Media Indonesia)


Agar promosi digital lebih optimal, sebaiknya Anda menggunakan layanan profesional dari agensi digital di Jakarta seperti Redcomm. Bersama Redcomm, Anda bisa menggunakan berbagai strategi digital seperti Digital Advertising, Social Media Marketing, KOL Marketing, SEO, dan masih banyak lagi. Berbagai kebutuhan hingga target bisnis yang ingin dicapai akan dikonversikan menjadi serangkaian strategi promosi digital tersendiri.

Redcomm diakui karena pendekatannya yang inovatif dan berorientasi pada hasil dalam membantu klien meningkatkan eksistensi online dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Jadi, tunggu apa lagi? Optimalkan bisnismu bersama Redcomm dan diskusikan strategi promosi digital yang tepat untuk bisnis Anda.

22 komentar

  1. Jam terbang Redcomm ini sudah tinggi ya, jadi sudah terbukti secara kualitas dan profesionalitas. Keberadaan digital agensi saat ini memang sangat membantu meningkatkan penjualan, terutama bagi pemula. Baca artikel ini jadi nambah wawasan banget!! Great job 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas bisa terlihat lah ya dari deretan brand yang menjadi kliennya

      Hapus
  2. Sudah sering dapat penghargaan pertanda bahwa kredibilitasnya udah gak diragukan lagi ya Teh, bisa nih jadi support system' bagi siapa saja yg butuh layanan digital marketing

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya fen, kadang kan maybe bukan passion org ya ngulik2 digital marketing, mending serahkan pada ahlinya aja

      Hapus
  3. Pemilik bisnis memang rasanya sudah banyak sekali urusan yang harus diselesaikan. Sehingga, memang baiknya urusan marketing diserahkan pada pihak yang ahli di bidang ini. Salah satu contohnya adalah Redcomm.

    BalasHapus
  4. Bener banget kak sekarang digital marketing jauuh lebih efektif daripada pemasaran secara tradisional. Kalau via digital juga cakupannya lebih luas. Untung ada Redcomm ya jadi bantu banget untuk digital marketing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, lebih mudah memperoleh jangkauan juga dari seluruh Indonesia. Bisnis jadi lebih mudah dikenal

      Hapus
  5. Redcomm recommended banget untuk dapat membantu digital marketing bisnis yang kita miliki agar usaha kita dapat maju dan berkembang di zaman yang serba digital seperti saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mas, gak cuma brand-brand besar, pengusaha umkm jg nih hrs mulai melirik promosi digital gini biar usahanya makin gacor

      Hapus
  6. Menggunakan jasa digital agensi memang bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan sekaligus meningkatkan brand awareness. Menggunakan jasa digital agensi juga memberikan banyak keuntungan seperti kita ga perlu bingung menentukan target pasar.

    BalasHapus
  7. Di era digital seperti, adanya digital agency akan sangat membantu perkembangan bisnis ya kak

    BalasHapus
  8. Bener banget, saat ini sudah tak perlu pusing-pusing memikirkan strategi atau mengeluarkan biaya pelatihan karyawan untuk mempelajari teknik-teknik promosi digital. Tinggal serahkan saja kepada digital agency Redcomm, beres kan.

    BalasHapus
  9. Kalo memang bisnisnya jalan di tempat harusnya memang pake bantuan digital agency yah, salah satu yg terpercaya sih Redcomm.

    BalasHapus
  10. Untuk mingkatkan penjualan atau bisnis di tahun gini makin mudah, ya. Kolaborasi dg Redcomm menjadi pilihan tepat buat para pebisnis nih.

    BalasHapus
  11. Redcomm ini emg keren2 sih eksekusi promosi marketingnya di setiap klien yg meminta bantuan jasanya. Selalu inovatif merancang digital marketing sebuah produk/jasa sehingga konsumen terpikat dan akhirnya membelinya.

    Tugas sebuah marketing agency yg diemban Redcomm sgt pas. Sehingga layak mereka diganjar penghargaan Gold Winner 5x berturut2.

    BalasHapus
  12. Digital agency ini membantu banget ya untuk perusahaan dalam mempromosikan bisnisnya. apalagi saat ini yang namanya strategi marketing semakin berkembang seiring berjalannya waktu, perlu banget nih memilih digital agency yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan agar bisnis bisa berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  13. Zaman sekarang semua serba digital, jadi lebih mudah untuk promosi yang bisa menjangkau pasar yang luas. yang penting konsisten dan gak putus asa sih ya, karena kan tetep banyak tantangannya juga :')

    BalasHapus
  14. penting ini, promosi bisnis kita melalui digital marketing. sekarang memang saatnya online juga ya, termasuk promosi. kita juga bisa bekerja sama dengan agency jika memang diperlukan.

    BalasHapus
  15. Kalo untuk orang awam belajar SEO untuk bisnis pasti nggak begitu paham ya.. jadi memang mending aerahkan ke digital agency yg berpengalaman

    BalasHapus
  16. perlu banget sih pakai jasa dihital agency apalagi untuk pelaku UMKM untuk mempermudah pemasaran mereka. karena digital agency emang udah ahli dalam hal digital marketing yang notabene kalo umkm gak go digital bisa gak berkembang

    BalasHapus
  17. Keren yaa.. karena kita semua sudah adaptif dan beralih ke dunia digital, maka gak hanya di dunia entertainment, dunia bisnis dan dunia apapun membutuhkan riset pasar yang mantap dan menggunakan Jasa Digital Agency terpercaya seperti Redcomm. Agar lebih melesat dan sesuai dengan target klien yang membutuhkan dan mencari jasa atau produk tertentu.

    BalasHapus
  18. Nah, kayaknya kalau soal SEO, terus digital marketing mobile friendly itu kayaknya banyak yang belum paham deh. Dan kalau belajar sendiri juga prosesnya gak sebentar. Paling benar memamg diserahkan ke ahlinya kayak RedComm. 22 tahun pengalaman megang digital marketing perusahaan2 besar. Dah gitu 5 tahun berturut-turut menang penghargaan Campaign Asia Agency of The Year.

    BalasHapus