Pengalaman Konsultasi Program Diet di SIRKA, Bisa Dipersonalisasi!

Siapa yang kaya aku, suka ngeri-ngeri sedap kalau lihat timbangan makin bergeser ke kanan? Saat merasa berat badan mulai merambat naik, biasanya kita akan mencari pola diet untuk mengembalikan kondisi berat badan menjadi normal sesuai dengan proporsi tubuh masing-masing.

Terkadang, karena teman terlihat sukses memakai sebuah program diet, tak jarang kita latah ingin juga mencoba program tersebut. Padahal, program diet seseorang itu belum tentu cocok dengan orang lainnya. Bahkan, kebiasaan pola diet yang salah tuh bisa berbahaya bagi tubuh, dari mulai kekurangan gizi sampai menjadi pencetus munculnya suatu penyakit.
Program diet apa yang cocok buat saya?

Terdapat sejumlah kebiasaan diet yang salah dan sebaiknya dihindari karena dapat membahayakan kesehatan jika dilakukan tanpa konsultasi dengan tenaga medis. Diantaranya sebagai berikut:
  1. Tidak sarapan/makan pagi. Melewatkan sarapan pagi sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan sebagai pola diet. Hal ini mengakibatkan keseimbangan kadar gula dan insulin dalam tubuh terganggu. Alhasil, mood terganggu dan kita cenderung melakukan ‘balas dendam’ dengan makan lebih banyak pada siangnya.
  2. Meremehkan kalori dari minuman. Tahu gak sih, bahwa minuman cepat saji tuh seringkali mengandung kalori yang cukup tinggi. Contohnya aja nih, minuman jus seringkali lebih banyak mengandung gula dibanding kandungan buah aslinya.
  3. Makan terlalu banyak protein dan lemak. Kebiasaan diet dengan membatasi karbohidrat dan memperbanyak asupan protein dan lemak bisa merusak ginjal dan meningkatkan kadar kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit jantung/stroke.
  4. Menghindari garam. Pola diet garam bisa berbahaya karena bisa mengganggu produksi hormon tiroid, keseimbangan cairan tubuh, aktivitas sel saraf, kontraksi otot dan fungsi otak.
  5. Kekurangan serat. Kebiasaan diet dengan membatasi asupan kalori bisa menyebabkan kurangnya asupan serat dalam tubuh. Padahal ya, kita tuh butuh serat karena membuat kita merasa kenyang lebih lama.
  6. Memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakan. Hal ini jelas tidak baik merupakan bentuk gangguan psikologis juga loh. Akibatnya kulit dan rambut tampak kusam, terjadi kerusakan kelenjar air liur, osteoporosis, gangguan menstruasi, gangguan irama jantung, sembelit dan gangguan emosi.
  7. Minum obat pelangsing tanpa pengawasan dokter. Mengonsumsi obat pelangsing tanpa resep dan pengawasan dokter sangatlah berbahaya. Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan organ hingga kematian.

Mengenal Program Diet SIRKA dan Keunggulannya

Sirka merupakan layanan kesehatan berbasis digital dan menyediakan produk nutrisi yang sudah dikurasi oleh tenaga medis. Seluruh praktisi kesehatan Sirka sudah terakreditasi juga loh oleh Kementerian Kesehatan. Layanan kesehatan yang disediakan mencakup program, bimbingan serta pendampingan dan rekomendasi produk nutrisi untuk solusi permasalahan berat badan, kesehatan wanita, masalah pencernaan dan pencegahan penyakit kronis.
Praktisi kesehatan Sirka terakreditasi Kemenkes

Berdasarkan data, sekitar 99% pengguna program Sirka berhasil turun berat badan. Bahkan sekitar separuhnya diklaim mampu menurunkan lebih dari 5% berat badan semula. Hal ini tentu saja berdampak positif terhadap kesehatan dan kualitas gaya hidup yang membaik.

Sirka paham betul akan pentingnya nutrisi sebagai pilar utama kesehatan, sehingga program-programnya membantu kita mengoptimalkan kesehatan melalui kecukupan nutrisi. Di sini kita tidak akan mendapatkan penawaran program dengan hasil yang bombastis. Setidaknya, ada 5 proses pendekatan yang digunakan dalam berbagai program layanan Sirka.

Saat ini, layanan kesehatan unggulan di Sirka fokus pada 3 program, yaitu (1) manajemen berat badan (menurunkan, menaikkan dan mempertahankan berat badan), (2) kesehatan wanita (prakonsepsi, promil, PCOS, postpartum dan menyusui) serta (3) penyakit kronis (diabetes, hipertensi, GERD/Gastritis).
Prinsip layanan kesehatan Sirka

Sirka juga kini menghadirkan berbagai pilihan produk nutrisi untuk membantu dan mendukung program yang kita jalankan. Mulai dari beras organik, aneka cemilan sehat, mie instan organik, kecap organik, tepung organik, madu, minuman fiber hingga berbagai produk nutrisi lainnya. Selain itu, kita juga bisa membeli produk-produk tersebut melalui offical store Sirka Health di Tokopedia.

Konsultasi dengan Nutrisionis SIRKA

Nah, berhubung aku lagi concern untuk menurunkan berat badan, kali ini akan spill pengalaman mengikuti konsultasi dengan nutrisionis Sirka ya. Pertama-tama, kita akan diminta untuk mengisi formulir asesmen kondisi kesehatan terkini. Lalu, setelahnya kita akan diberikan jadwal konsultasi dengan nutrisionis Sirka.

Agak deg-degan juga sih pas sesi konsultasi daring dengan ahli gizi tersertifikasi dari Sirka, ngeri dimarahin atau di-judge duluan. Ternyata, mba Lia nutrisionisnya Sirka tuh ramah dan informatif banget loh. Pertama-tama, ahli gizi menjelaskan tentang hasil asesmen atas kondisi tubuhku yang ternyata indek massa tubuhnya (IMT) tergolong obesitas dengan nilai 29,4 (IMT diatas 25 meningkatkan risiko diabetes dan penyakit kronis lainnya.

Mengenai kebiasaan olahraga, aku juga ngaku dosa nih, karena paling ak hanya sempat olahraga 1 minggu sekali saja. Padahal, menurut nutrisionis Sirka, waktu untuk olahraga sebaiknya dialokasikan minimal 150 menit per minggu.
Perilaku olahraga disarankan oleh nutrisionis Sirka

Soal urusan tidur, aku tergolong yang cukup disiplin sih dengan mengalokasikan durasi sekitar 7-8 jam per hari yang merupakan batas cukup untuk orang dewasa. Ternyata ya, kurang tidur tuh bisa bikin kita moody dan ujung-ujungnya mengkambinghitamkan cemilan/makanan minuman yang kurang sehat untuk mengembalikan mood semula.

Rekomendasi Program Diet Khusus Untukku dari Nutrisionis SIRKA

Berdasarkan hasil konsultasi dan asesmen kesehatanku, nutrisionis merekomendasikan Program Penurunan Berat Badan (Weight Management Program) senilai Rp849.000 berupa program 3 bulan pendampingan ahli gizi dan sport coach untuk membangun pola hidup sehat sesuai dengan kondisi dan kebiasaanku sehari-hari. Dimulai dengan penerapan pola makan, pola tidur, aktivitas fisik dan manajemen stres. Adapun target penurunan berat badan pada program ini adalah sekitar 6-12 kg berdasarkan pedoman WHO, walaupun hasilnya bisa saja bervariasi pada setiap orang.

Jadi, selama 3 bulan tuh kita akan mendapatkan sejumlah fasilitas berikut:
  • Pendampingan ahli gizi dengan unlimited chat konsultasi pada jam kantor selama 13 minggu
  • Materi edukasi tentang weight management melalui Sirkapedia 12 minggu
  • Konsultasi via telepon atau video call dengan ahli gizi 4 kali
  • Follow up mingguan dengan ahli gizi melalui chat
  • Rekomendasi dan panduan makanan serta panduan olahraga
  • Jurnal berat badan dan jurnal pola makan
  • Daily task sesuai kondisi kesehatan
  • Sirka Journey Report pada akhir program
Fasilitas Sirkapedia

Selain itu, terdapat juga pilihan program 6 bulanan senilai Rp1.249.000 dan program 12 bulan senilai Rp1.999.000. Nutrisionis Sirka juga menegaskan bahwa program yang ditawarkan tidak menjual dan menggunakan obat. Jadi, fokusnya memang lebih kepada perubahan pola perilaku dan kebiasaan kita sehari-hari.

So, buat kamu yang tertarik untuk ikutan program penurunan berat badan, yuk bergabung dan jadi bagian dari 10.000+ pengguna layanan Sirka lainnya. Kamu juga bisa menngunduh aplikasi Sirka untuk pengguna android di Playstore maupun aplikasi Sirka untuk pengguna iOS di Appstore. Yuk segera jadwalkan sesi konsultasimu dengan nutrisionis dan ikuti rangkaian programnya sesuai dengan kondisi kita masing-masing.

18 komentar

  1. Iya sih. Aku setuju bahwa pola diet yang berhasil pada satu orang belum cocok untuk diterapkan pada orang lain. Ikut program diet Sirka berarti bagus banget. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing.

    BalasHapus
  2. Biaya program diet di Sirka terjangkau banget ini...sudah komplit ada konsultasi pula. Yang kusuka Sirka tidak menjual dan menggunakan obat dan lebih fokus kepada perubahan pola perilaku dan kebiasaan kita, jadi aman iniiiii

    BalasHapus
  3. Bersama Sirka diet bukan sekedar nyari langsing tapi juga sehat, ya.
    Kebanyakan orang yang asal diet selain dapat kurus juga dibersamai penyakit.
    Jangan sampe mau cantik malah masuk rumah sakit.

    BalasHapus
  4. Banyak para perempuan yang langsung panik saat angka timbangan bergerak ke kanan ya, Mbak. dan memang hal yang jangan dilakukan adalah melakukan diet yang dilakukan orang lain. Karena tidak selama cocok untuk kita. Jadi mengikuti saja program diet yang benar dan sesuai untuk diri masing-masing.

    BalasHapus
  5. Benar banget, kita tidak boleh latah dengan program atau metode diet orang lain karena belum tentu cocok untuk diterapkan pada kita ya. Dan bagus juga ya dengan adanya Program Diet SIRKA ini jadi kita bisa mengetahui jenis diet yang sesuai dengan tubuh kita sesuai dengan saran ahlinya.

    BalasHapus
  6. Tidak sarapan pagi ini banyak yang lagi jalanin sih :D
    Gegara intermittent.
    Sebenarnya, awal-awal doang menderita banget :D
    Secaraaaa, mau beraktifitas, tapi perut kosong.
    Tapi, setelah lewat seminggu, jadi terbiasa sih. Energi juga tetap terjaga sampai datang waktu makan siang, which is udah kek sarapannya, hehehe

    BalasHapus
  7. belakangan ini aku jg ada keluhan GERD.
    Gak nyaman bgt rasanya
    pengin coba juga euyyy, pola hidup sehat ala SIRKA ini.
    makasiii mba

    BalasHapus
  8. Bener banget mba, metode diet itu cocok-cocokan tiap orang
    Suamiku ga cocok cara diet yang OCD tapi cocoknya yang minim karbo dan rajin olahraga
    Sirka ini keren ya, jadi disesuaikan dengan kondisi tubuh kita
    Jadi tiap orang belum tentu sama treatment-nya

    BalasHapus
  9. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari sebuah keinginan/program diet, memang ada baiknya kita menggunakan jasa professional ya Mbak. Jadi kita diajak untuk mengenali kondisi diri kita sendiri baru setelah itu memutuskan program diet seperti apa yang pas untuk kita. Jangan sampai diet justru merusak tubuh kita sendiri. Tanpa hasil dan akibatnya yoyo. SIRKA ini benar-benar bisa jadi alternatif untuk mereka yang serius ingin jadi lebih sehat. Tujuan utama dari diet yang sebenarnya.

    BalasHapus
  10. Mantap banget ada SIRKA, jadi kita sebagai konsumen yang punya tujuan bisa lebih sehat jadi tidak was-was, karena produk yang ditawarkan sudah dikurasi.

    BalasHapus
  11. Beberapa hari yang lalu saya pun baru saja mencoba sesi konsultasi dengan ahli gizi di Sirka. Senyaman dan seasyik itu penjelasannya. Jadi pengen cobain program kesehatan lainnya di sana

    BalasHapus
  12. Auto nyari Sirka dan langsung ketemu dong platformnya
    Jadi inget Tika Panggabean yang harus ke dokter untuk diet
    (pastinya harus meluangkan waktu untuk pergi ke dokter)
    Padahal bisa banget dapet pendampingan Sirka yang dampingi diet dengan mindful eating

    BalasHapus
  13. Setahun ini aku mati matian diet
    Mencoba beragam diet, mulai dari diet karbo hingga diet puasa
    Nampaknya aku harus coba program diet dari Sirka ini deh

    BalasHapus
  14. Semoga bertambah lagi ya program Sirka ini.
    Mengingat banyak juga kan yang ingin diet dengan cara sehat, dan bis anih programnya jadi masukan untuk diterapkan

    BalasHapus
  15. Nah kalau program diet dipersonalisasi gini saya setuju, karena program diet yang sukses diterapkan orang lain, belum tentu cocok dengan dengan kita. Karena kebutuhan tubuh dan aktivitasnya berbeda.

    Eh saya dulu pernah lho, pengen diet dengan melewatkan sarapan. Yang ada malah jam 9 an tuh ngantuk dan lemes

    BalasHapus
  16. Nah iya, aku juga pinginnya diet tuh ada yang ngebimbing, jadi gak asal dan ngikut dari keberhasilan diet orang lain. Karena berkali-kali aku ngikut diet ala artis, yang ada akunya lemes dan pusing banget. Takutnya malah malnutrisi kan yaa.. Gajadi sehat, malah investasi sakit. Huhuhu.. Kudu banget ikutan Program Diet SIRKA.

    BalasHapus
  17. Bagus nih kalau fokusnya pada perubahan lifestyle ya mbak. Gak main kasi obat. Soalnya emang gaya hidup sehat itu yang perlu ditekankan krn sampai kapanpun pasti berguna. Kan ada tu kadang orang udah diet pas udah turun eh gaya hidupnya balik ke yang lama, jd sia2 kemarin dietnya.
    Untuk harga juga masih masuk akal ya, segitu buat 12 bulanan. Thanks infonya.

    BalasHapus
  18. Kalau fokusnya pada perubahan perilaku, memang bagus dan cocok untuk saya. Karena komitmen dietnya masih angin-anginan. SIRKA bisa membantu menguatkan.

    BalasHapus