6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Tiket Pesawat

Bepergian jarak jauh paling tepat memang menggunakan pesawat untuk mendapatkan durasi perjalanan yang singkat. Namun jika Anda tidak memilih tiket pesawat dengan cermat, keuntungan yang akan Anda peroleh bisa menjadi sebaliknya. Penting untuk memperhatikan detail tiket pesawat agar Anda bisa bepergian dengan aman dan nyaman. 

Kesalahan saat membeli tiket pesawat bisa membuat durasi perjalanan lebih lama, membayar dengan harga mahal, dan lainnya. Belum lagi jika Anda perlu melakukan perjalanan saat high season dimana terdapat banyak penumpang lain yang membutuhkan tiket serupa.

Untuk mengantisipasinya, sebaiknya pesan tiket pesawat jauh-jauh hari dengan teliti agar tidak salah pilih. Jangan khawatir jika terjadi perubahan rencana perjalanan karena jika Anda membeli tiket di Traveloka, terdapat fitur refund dan reschedule. Simak 6 hal penting berikut yang wajib Anda pertimbangkan sebelum membeli tiket pesawat.

Jalan-jalan kemana kita nih liburan akhir tahun ini? (source: freepik)

Teliti dalam Memilih Bandara Tujuan

Ada beberapa kota yang memiliki lebih dari satu bandara sehingga Anda wajib memperhatikan jarak akomodasi dengan bandara. Bahkan bisa jadi akomodasi Anda ternyata lebih dekat dengan bandara di kota lain yang bersebelahan. 

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan adanya transportasi yang akan Anda gunakan dari bandara menuju akomodasi Anda. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga tiket yang lebih murah menuju bandara yang sulit dijangkau.

Pastikan kenyamanan di bandara jika harus transit
Untuk mengantisipasi hal ini, pastikan mencari informasi terlebih dahulu mengenai kemudahan akses dan jarak menuju akomodasi. Anda bisa melihatnya melalui peta virtual bandara sebelum memesan tiket pesawat agar tidak salah pilih. 

Pantau Fluktuasi Harga

Mendapat harga tiket pesawat yang murah adalah harapan bagi hampir semua pelancong agar perjalanan menjadi lebih hemat. Oleh karena itu, Anda perlu memantau fluktuasi harga jauh-jauh hari sebelum rencana keberangkatan.

Jika beruntung Anda akan mendapat harga lebih terjangkau dengan memanfaatkan promo yang ada. Beberapa situs jual beli tiket pesawat seperti Traveloka sering mengadakan promo menarik ini, misalnya potongan harga dan cashback.

Perhatikan Rute Penerbangan

Rute penerbangan sangat penting untuk diperhatikan karena berpengaruh pada durasi penerbangan. Anda harus menyesuaikannya dengan jadwal perjalanan agar Anda bisa sampai ke tujuan tepat waktu. 

Apalagi jika Anda harus hadir dalam sebuah acara atau memiliki janji temu yang harus ditepati. Memilih penerbangan langsung tidak hanya bisa menghemat waktu perjalanan tetapi juga menghemat tenaga.

Selain berpengaruh dengan durasi perjalanan, rute penerbangan juga memberikan pengaruh pada harga tiket yang ditawarkan. Perhatikan dengan seksama dan jangan langsung terbuai dengan harga tiket yang murah padahal rute penerbanganya sangat panjang. 

Cek rute penerbangan, ada transit atau penerbangan langsung

Perhatikan Durasi Transit

Waktu dan durasi transit juga perlu diperhatikan untuk membuat rencana perjalanan agar Anda dengan seksama. Jika Anda memiliki durasi transit yang lama bisa memungkinkan Anda untuk menjelajah kota tersebut.

Sebaliknya, jika durasi transit terbatas maka Anda harus tetap menunggu di bandara agar tidak terlewat penerbangan berikutnya. Mengetahui durasi transit juga bisa membuat Anda mempersiapkan kegiatan yang akan dilakukan selama menunggu di bandara. 

Jika Anda memiliki waktu yang senggang, tidak ada salahnya memilih penerbangan dengan transit untuk mendapatkan harga tiket yang murah. Anda mungkin bisa membawa lebih banyak bekal atau mempersiapkan bahan hiburan seperti buku atau film. 

Pilih Maskapai

Setiap maskapai penerbangan memang memiliki keunggulannya masing-masing baik dalam fasilitas maupun pelayanan. Beberapa diantaranya bahkan memiliki ciri khas tersendiri yang membuat penumpang tidak ingin berpaling.

Termasuk jika Anda termasuk penumpang yang loyal pada sebuah maskapai mungkin cenderung malas mencari pilihan lain. Meski demikian, sebaiknya Anda mencari tahu lagi mengenai reputasi penerbangan yang akan Anda pesan. Karena ini tidak hanya menyangkut kenyamanan saja tetapi juga keamanan jiwa dan barang bawaan Anda.

Pertimbangkan Adanya Asuransi

Bagi sebagian orang, asuransi perjalanan mungkin tidak begitu diperhatikan apalagi jika pada penerbangan jarak dekat. Padahal sebenarnya, asuransi perjalanan ini sangat penting untuk dimiliki seluruh penumpang. Terutama jika Anda melakukan penerbangan saat musim cuaca kurang baik, melewati negara konflik, maupun kemungkinan bahaya lainnya.

Jangan lupa asuransi perjalanan agar setiap momen terasa aman dan nyaman

Tidak semua tiket pesawat dilengkapi dengan asuransi sehingga Anda bisa membelinya secara terpisah. Beberapa situs pembelian tiket seperti Traveloka juga menawarkan produk tambahan seperti asuransi perjalanan pada halaman pemesanan. Dengan begitu Anda bisa mempertimbangkan perlu atau tidaknya kepemilikan asuransi dalam perjalanan tertentu.

Sekian ulasan mengenai beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli tiket pesawat agar Anda tidak salah pilih. Gunakan panduan ini sebagai bahan pertimbangan terutama bagi Anda yang baru pertama kali membeli tiket pesawat. 

Pastikan untuk membelinya jauh-jauh hari agar bisa mempertimbangkan dengan matang dan tidak salah pilih. Jika kemudian rencana perjalanan berubah, jangan khawatir karena Anda bisa memanfaatkan fitur refund dan reschedule dari Traveloka.

13 komentar

  1. Saya kalau beli tiket, selain mantengin harga dan jadwal adalah mantengin rute. Jadwal ini paljng oenting bagi saya yang jauh dari bandara karena harus nyesuaikan waktu agar tidak tiba di bandara

    BalasHapus
  2. Baru-baru ini dioperasikan lagi Bandara Kertajati Majalengka. Akibat kebijakan tersebut, Bandara di kota Bandung hanya melayani pesawat baling-baling.
    Nah...harus cek-cek OTA nih kalau mau travel pakai pesawat. Orang Bandung, mending ke Jakarta atau ke Majalengka nih? Tipsnya mantul Kak...harus teliti dan banyak persiapan sebelum traveling

    BalasHapus
  3. Sering mantau promo di Traveloka juga. Lumayan hemat jika beli tiket pesawat di Traveloka. Memang harus teliti juga sih, biar dapat tiket murah tapi nggak asal terbang juga.

    BalasHapus
  4. Beli tiket di Traveloka banyak promo dan cukup murah. Gampang kalo mau refund dan reschedule. Tapi yang penting harus teliti pilih jadwalnya juga

    BalasHapus
  5. Harga yang fluktuatif memang harus dipantau dengan saksama.
    Biar pas beli tiket gak pas lagi harga tinggi. Terus merasa nyesel ternyata beberapa hari kemudian eh harganya turun hehe

    BalasHapus
  6. wah... sama nih dengan apa yang aku lakukan, emang beli tiket pesawat kudu banyak pertimbangan, jangan tergoda dengan murahnya saja. Apalagi untuk perjalanan jauh emang kudu dicri pesawat yang nyaman dan kalau bisa beli jauh jauh hari ish ya

    BalasHapus
  7. Pilih maskapai itu saya banget, soalnya kan ngaruh ke harga tiket juga. Haha. Maklum emak sangat perhitungan dengan kedok menerapkan ajaran super hemat nih .. hihi... Kebetulan tuh kalau ada diskon dan waktunya pas ya

    BalasHapus
  8. Betull banget kalau aq sukaa ambil jumat menjelang tengah malam untuk berangkat pulangnya mimggu sore malam...hemat waktu cuti ...kena sabtu minggu 2x (gusti yeni)

    BalasHapus
  9. Noted nih, emang harus teliti ya beli tiket pesawat, jangan mudah tergiur harga murah.

    BalasHapus
  10. Kalau aku dulu sama sih biasanya mantengin harga, jadwal, rute, ada transit atau nggak, sama asuransi

    BalasHapus
  11. Penting bgt sih hal yg sdh disampaikan di atas. Soalnya pemilihan maskapai, transit, rute, jam, tentu akan menentukan harga.

    Tp pntg jg hal2 sblm beli tikey yakni perjalanan ke bandara atau ke ruang tunggu utk naik pesawat. Kdg kita asyik berbrlanja malah lupa jam departure. Aku soalnya pernah ketinggalan pesawat di Bandara Hong Kong. Haha.

    BalasHapus
  12. Jangan sampai salah memilih 'Waktu' penerbangan karena harus memikirkan juga cek in dan jam berapa sampai di tujuan..

    BalasHapus
  13. Pertimbangan adanya asuransi ini penting banget sih ya..
    Karena untuk perjalanan yang jauh dengan beberapa kali transit, pasti bakalan ada resiko dan kejadian tak terduga.
    Tapi buatku, yang terpenting adalah memilih maskapai dan waktu terbang yang tepat. Hehhee, kalau maskapainya nyaman, berasa enjoy the flight banget.

    BalasHapus