Cara Mengasah Jiwa Entrepreneur Generasi Alpha dengan Belajar Online

Generasi alpha merupakan generasi yang lahir setelah Gen Z, sekitar 2010 hingga 2025. Mereka lahir dan tumbuh di era perkembangan teknologi digital yang sangat pesat. Generasi ini umumnya sudah akrab dan familiar dengan platform digital sejak usia dini. Bisa dikatakan, teknologi digital menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi generasi ini.
cara mendidik generasi alpha

Keahlian memanfaatkan teknologi digital merupakan salah satu keunggulan generasi alpha. Mereka bisa belajar dari manapun dan kapanpun sehingga wawasannya pun cenderung lebih luas. Tak heran, generasi alpha seringkali memiliki karakter pribadi yang cerdas, kritis dan penuh inovasi.

Namun, ada juga loh sejumlah risiko yang mengintai generasi ini diantaranya daya juang yang rendah karena segala hal relatif sudah tersedia, individualis dan malas bersosialisasi serta rentan terpapar konten yang tidak sesuai dengan usianya.

Tips Mendidik Generasi Alpha

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendidik anak-anak generasi alpha, diantaranya adalah:

1. Menanamkan Norma Agama Sejak Dini. Untuk membentengi anak dari konten-konten negatif, maka kita sebagai orang tua perlu memberikan pendidikan agama dan pemahaman norma-norma yang berlaku di masyarakat.
2. Mengajak Anak Bermain dan Beraktivitas Fisik. Untuk mengalihkan fokusnya dari gadget dan platform digital, kita bisa secara rutin mengajak anak beraktivitas fisik bersama misal olahraga, travelling atau bermain board game.
3. Menstimulasi Anak Untuk Bersosialisasi. Generasi alpha harus sering difasilitasi untuk bersosialisasi, misalnya dengan mengikutsertakannya pada kegiatan ektra kurikuler sesuai dengan minat dan bakatnya.
4. Mengasah Semangat Berjuang Anak. Hidup di zaman now yang serba ada memang tak jarang membuat generasi alpha ini cenderung memiliki daya juang yang rendah. Nah, sebagai orang tua kita bisa .
5. Menerapkan Gaya Parenting Yang Tepat. Sebagai orang tua, kita harus terus mengupgrade pengetahuan kita tentang cara mendidik anak sesuai dengan perkembangan zaman. Tak ada salahnya loh kalau kita meluangkan waktu untuk membaca literatur atau mengikuti webinar. Nah, minggu lalu (24/2/24) saya baru saja mengikuti webinar edukasi yang memberikan inspirasi saya untuk mengasah jiwa entrepreneur anak.

Cara belajar terbaik untuk generasi alpha

Webinar Edukasi Sinotif: Menjadi Entrepreneur dan Go Internasional dengan Belajar Online

Menghadirkan narasumber seorang entrepreneur dan model cantik Jessica Eveline, webinar Sinotif ini cukup menarik atensi saya yang memiliki anak yang termasuk dalam generasi alpha. Kebetulan, anak saya ini sudah mulai punya jiwa-jiwa entrepreneur dan memang terbiasa belajar online sejak balita.

Jessica merupakan bukti nyata orang yang berhasil menjalani karir dan pendidikannya secara bersamaan karena memilih kuliah S1 online di Universitas Bina Nusantara. Founder Brew Cha ini menyatakan pentingnya manajemen waktu dan menyusun skala prioritas sebagai kunci sukses menjalani kedua pilihannya.

Belajar online memiliki sejumlah keunggulan sehingga Jessica mampu meraih impiannya mengejar karir modelling hingga ke kancah internasional. Diantaranya waktu yang fleksibel, akses yang tak terbatas dan interaksi virtual yang dinamis.
webinar edukasi Sinotif bersama Jessica Eveline

Menyadari arti pentingnya pendidikan untuk masa depan, Jessica membagikan pengalamannya dalam memilih tempat belajar online yang baik, yaitu;
1. Sesuaikan dengan keinginan/kebutuhan. Bagi Jessica, karena aktivitas modellingnya yang cukup padat, maka pilihan kuliah online adalah keputusan yang tepat agar karir dan pendidikannya dapat berjalan secara bersamaan.
2. Pilih tempat belajar dengan fasilitas yang memadai dan metode yang bagus. Agar belajar online semakin efektif, maka kita memerlukan materi-materi pelajaran yang lengkap.
3. Testimoni siswa/lulusannya. Lembaga pendidikan online yang terpercaya dan berkualitas biasanya juga memiliki siswa/lulusan yang berprestasi.
4. Tenaga pengajar berpengalaman. Umumnya, tempat belajar online yang bagus memiliki tenaga pengajar dengan latar belakang lulusan universitas terbaik dan ternama.

Sinotif Bimbel Online Untuk Generasi Alpha

Untuk orang tua yang sedang mencari bimbel online spesialis matematika, fisika dan kimia, Sinotif adalah pilihan terbaik. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Sinotif menawarkan sistem belajar sesuai kebutuhan siswanya. Tenaga pengajarnya juga terpercaya karena merupakan lulusan universitas-universitas terbaik dan ternama.

Masih suka pusing saat diminta bantuan mengerjakan pekerjaan rumah si kecil? Untung ada Sinotif yang memberikan layanan konsultasi PR 24 jam nonstop. Atau saat ada pekan ulangan? No worries ya parents, Sinotif akan membantu anak kita untuk menghadapinya dengan hasil yang memuaskan.

Sinotif menyediakan video-video pembelajaran yang interaktif dan menarik sehingga cocok dijadikan pilihan orang tua yang memiliki anak-anak generasi alpha. Nah, dengan belajar online, anak-anak generasi alpha bisa kita stimulasi jiwa entrepreneurshipnya.

12 komentar

  1. Dengan belajar secara online banyak waktu yang bisa dipergunakan untuk mengasah jiwa entrepreneur pada generasi Alpha. Keren nih webinar bersama Sinotif
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  2. Anakku mulai remaja dan aku lagj di fase bingung gaya parenting macam apa yang harus kupake.. anak gen alfa emang bikin tantangan banget buat emaknya huhu

    BalasHapus
  3. Masayaallaah, terimakasih tips2nya mbak.
    Aku punya dua anak alpha, sebagai single mom, perjuangan banget aku tuh ngurusin keduanya.
    Tapi seringnya prakteknya ga segampang teori, kan, yaa..
    Harus menyesuaikan situasi dan kondisi juga.
    Tapi apapun itu kudu dinikmati, karena tau2 anak2 udah gede aja ya Allah....

    BalasHapus
  4. Tantangan anak-anak generasi Alpha tuh memang luar biasa menurut saya. Mereka dituntut lebih skilful dengan kemampuan kognitif yang lebih dari generasi sebelumnya. Saingan kepintaran dan pekerjaan mereka juga lebih luas. Jadi memang zaman sudah menuntut itu. Dan satu usulan bagus banget supaya mereka belajar di tempat atau institusi yang tepat yang bisa membimbing mereka dengan ilmu-ilmu yang lebih spesifik.

    BalasHapus
  5. setiap ada temennya keponakan yang nyari bimbel pasti saya saranin Sinotif
    Kenapa? Karena selain bisa belajar online, Sinotif fokus ke pelajaran yang sulit buat anak-anak yaitu Matematika Fisika dan Kimia

    BalasHapus
  6. Sinotif kayaknya emang sepenting itu sih. Apalagi dalam menghadapi tantangan masa depan yang kayaknya kompetitif banget, ngembangin ilmu adalah wajib hukumnya.

    BalasHapus
  7. Generasi Alpha yang makin kekinian perlu dukungan teknik belajar yang kekinian juga ya, biar semangat belajarnya makin berbinar apalagi belajarnya bareng Sinotif

    BalasHapus
  8. Bener banget. Nyari bimbel harus sesuai kebutuhan biar nggak salah pilih juga ya. Apalagi kalau anaknya aktif nanya, harus dapet guru yang seneng ngajarnya.

    BalasHapus
  9. bukan hanya generasi alpha yang belajar enterpeneur agar jiwa wirausahanya terasah. Seua generasi yang kini dan nanti menjadi penerus perekonomian bangsa perlu mengasah jiwa wirausahanya. Untung ada si notif ya. Bisa belajar online di sana

    BalasHapus
  10. Kereen ya sinotif bisa bimbel tentang entrepreneur online. Selain gampang diakses di manapun kita juga bisa menyesuaikan waktunya. Boleh deh nnti kapan2 aku mau coba soalnya Bisnisku mau aku kembangin lagi jadi butuh ilmunya

    BalasHapus
  11. Sinotif ini cukup concern dengan dunia pendidikan dan pengasuhan yaa...
    Salut banget untuk Webinar Edukasi Sinotif yang membantu orangtua untuk membimbing ananda gen alpha.

    BalasHapus
  12. Sudah memberikan layanan bimbel selama 20 tahun, dan masih bertahan sampai sekarang. Itu artinya memang Sinotif ini layanannya baik ya, sehingga terus dipercaya oleh masyarakat

    BalasHapus