Cara Memulai Gaya Hidup Sehat Untuk Wanita Karir

Terkadang, kita baru menyadari betapa nikmatnya sehat setelah diberi sakit. Begitulah yang saya rasakan ketika mendapat diagnosis fibrokistik payudara dan harus dihadapkan dengan tindakan operasi. Terlebih lagi, kondisi benjolan tersebut sudah cukup mengganggu aktivitas karena menimbulkan nyeri.
gaya hidup sehat
Tak ada kata terlambat untuk gaya hidup sehat

Saya pun akhirnya bertekad untuk memulai gaya hidup sehat di sela-sela kesibukan saya bekerja sebagai seorang wanita karir. Dimulai dengan menghindari aneka makanan junk food, mengkonsumsi multivitamin, tidur yang cukup dan ‘memaksa’ diri untuk lebih aktif bergerak dengan berolahraga. Berhubung saya bekerja hingga sore, seringkali saya memilih untuk berolahraga sepulang kantor atau di akhir pekan.

Tips Hidup Sehat Untuk Wanita Karir

Tidak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat agar kita bisa tetap bugar dan produktif. Berikut beberapa tips yang dapat dicoba secara bertahap.

Melakukan stretching di kantor. Dulu, saya termasuk yang ‘hobi’ duduk berjam-jam menatap layar komputer. Ternyata, hal ini bisa berdampak buruk terhadap kesehatan kita loh. Selain berpotensi terkena sakit punggung, pinggang dan leher, kita juga bisa mengalami obesitas karena minimnya gerak saat di kantor. Oleh karena itu, yuk mulai melakukan peregangan pada otot dan sendi. Cobalah untuk lebih sering berjalan saat di kantor, misalnya saat mengambil air minum atau jalan kaki menjelang makan siang. Luangkan juga waktu untuk berolahraga ya.

Beralih ke makanan sehat. Masih doyan gorengan dan aneka jajanan bermicin? Duh, sudah saatnya deh untuk beralih ke pilihan makanan sehat. Misalnya membawa bekal dari rumah berupa aneka rebusan sayur atau masak makanan yang minim minyak. Selain lebih sehat, kita juga hitung-hitung bisa berhemat deh!

Minum air putih yang cukup. Tanpa kita sadari, duduk seharian di kantor dalam ruangan ber-AC ternyata bisa menyebabkan dehidrasi. Pastikan kita rajin minum air putih ya. Atau bisa juga loh kita membuat infused water dengan menambahkan potongan lemon, daun mint atau apel agar ada manfaat tambahan dari buah-buahan tersebut.

Cukupi kebutuhan tidur kita setiap harinya. Semakin bertambahnya usia, keseringan begadang bisa mempengaruhi kesehatan. Alhasil, kita jadi sulit berkonsentrasi dan menjadi kurang produktif. Terapkan manajemen waktu yang baik untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga kita bisa menghindari lembur.

Minum suplemen dan vitamin jika diperlukan. Untuk wanita karir seperti saya, kebutuhan asupan suplemen/vitamin sepertinya sudah menjadi kebutuhan tersendiri. Hal ini saya lakukan untuk menjaga stamina dan imun tubuh sehingga terhindar dari berbagai risiko penyakit.
vitamin d3 1000
Rekomendasi vitamin andalanku


Rekomendasi Suplemen dan Vitamin Untuk Wanita Karir

Wanita masa kini umumnya memiliki segudang aktivitas dan jadwal yang padat. Selain makan makanan sehat dan menerapkan gaya hidup sehat, kita juga perlu mempertimbangkan asupan multivitamin. Penting sekali untuk menjaga kecukupan nutrisi, metabolisme dan stamina agar tetap produktif sebagai wanita karir.

Vitamin C
Terkenal dengan khasiatnya untuk mencegah infeksi, vitamin C juga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kulit wajah kita loh. Selain imun tubuh yang terjaga, setiap wanita pastinya mendambakan kulit wajah yang shining, shimmering, splendid bukan?

Vitamin A
Konon, bagi kita yang sering berlama-lama menatap laptop dan gadget sangat disarankan untuk menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi vitamin A. Oh ya, kebutuhan vitamin ini juga ternyata berbeda-beda loh. Untuk pria kebutuhannya sekitar 900 mikrogram per hari, sedangkan wanita butuh 700 mikrogram per hari. Sementara itu, anak-anak membutuhkan 300-600 mikrogram vitamin A per hari.

Vitamin E
Berfungsi sebagai antioksidan, vitamin ini juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Kebutuhan vitamin E ini juga berbeda-beda loh. Untuk anak-anak, diperlukan sekitar 50-100 miligram per hari. Sementara untuk orang dewasa butuh sekitar 134–268 miligram per hari.

Zinc
Berguna dalam membantu proses penyembuhan luka terbuka, menurunkan demam, menurunkan gejala diare, hingga mencegah penyakit degenerasi makula. Kebutuhan zinc dapat tercukupi dengan mengkonsumsi daging, makanan laut dan kacang-kacangan.

Vitamin D
Asupan vitamin D sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Namun, sayangnya hanya sedikit sekali sumber makanan yang mengandung vitamin satu ini. Nah, untuk mencukupi kebutuhan ini, saya mau merekomendasikan nih suplemen tambahan yang mengandung vitamin D3 1000 yaitu Fortiboost dari Combiphar.

Vitamin ini tersedia di berbagai e-commerce dan apotek terdekat di rumahmu. Berbentuk tablet kunyah isi 6, Fortiboost D3 1000 menjadi andalanku untuk membantu mencukupi kebutuhan vitamin D, hanya dengan harga 20 ribu rupiah. Saya biasanya rutin mengkonsumsi vitamin ini setelah sarapan pagi. Setiap tabletnya mengandung 25 mikrogram, cukup untuk kebutuhan vitamin D harianku.

Jadi, sudah siap kan untuk memulai gaya hidup sehat? Karena dengan tubuh yang sehat, kita bisa menekuni karir dan mewujudkan berbagai impian hidup kita.

14 komentar

  1. Aku termasuk yang mulai beralih ke pola hidup sehat juga mbak. Makin umur bertambah makin giat olahraga dan minum vitamin

    BalasHapus
  2. Setuju bangeeet, harus banyak bergerak minimal jangan males jalan kaki.
    Kurangin miciiiin (nasehat untuk diri sendiri).
    Bener sih, aku juga dikantor banyak duduk dan hasilnya pinggang dan punggung kompak, kaku dan sakit

    BalasHapus
  3. Kandungan vitaminnya banyak juga ini Teh.
    Memamg bener ya pola hidup sehat harus diterapkan apalagi buat pekerja biar tetap bugar

    BalasHapus
  4. Makanan sehat jg penting sih. Kaya sayur dan buah. Kadang kalo di kantor bawaannya pesen gofood atau makanan cepat saji

    BalasHapus
  5. Dilema banget untuk perempuan karir ya?
    Berkat kedekatan dengan pengetahuan terbaru, mereka paham harus memperbaiki gaya hidup
    tapi apa daya, waktu dan tenaga sering gak bersahabat
    karena itu butuh suplemen tambahan agar tetap sehat dan berkarir cemerlang

    BalasHapus
  6. Aku dan anakku juga pake fortiboost. Membantu banget buat ningkatin daya tahan tubuh biar ga gampang sakit

    BalasHapus
  7. Bener banget Mbak. Menjaga dan mempertahankan kesehatan dengan semua materi organik tuh harus dimulai di saat kita masih muda. Membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu caranya. Sekali-sekali boleh sih "nyolong menu" hanya untuk entertaining lidah kita. Karena menurut dokter gizi yang pernah merawat saya, jangan pernah melakukan "pantang total" sebab bagaimana pun tubuh tidak boleh "terlalu steril" biar tetap kuat menahan dan melawan bakteri dari luar (baik udara, minuman atau makanan).

    Kalo saya setiap hari rutin mengkonsumsi vitamin-vitamin natural aja seperti bawang putih tunggal, campuran jejamuan, dll. Bukan berupa obat. Supaya badan tidak terkontaminasi oleh kimia terlalu banyak.

    BalasHapus
  8. Melakukan gaya hidup sehat itu penting, tak terkecuali untuk wanita karir
    Gaya hidup sehat bikin tubuh selalu bugar

    BalasHapus
  9. Sepertinya saya butuh vitamin Fortiboost ini deh, Mba
    Ngerasa memasuki usia 30 jadi lebih aware lagi sama kesehatan
    Kalau dulu masih loss aja
    Tapi sekarang ga lagi deh,
    Kesehatan sangat penting untuk diperhatikan
    Dibagian banyak minum tadi, aku auto minum deh hehe

    BalasHapus
  10. Reminder buatku, mengingat wanita masa kini umumnya memiliki segudang aktivitas dan jadwal yang padat. Karenanya mesti tidak menunda lagi gaya hidup sehat

    BalasHapus
  11. Aku mulai hidup sehat sudah lama. Alhamdulilah badan jadi enak dan gak gampang sakit. Lalu mulai rutin olahraga udah 2 tahun ini

    BalasHapus
  12. Iya banget..
    Akutu kalo uda duduk juga kuat banget berlama-lamaaa... depan laptop.
    Tapi ya gitu.. kalau uda terlanjur sakit kepala, aku uda tau siih.. ini sign bahwa aku jangan lama-lama kena sinar radiasi dan ada di satu tempat yang sama dalam waktu yang lamaa..

    Kudu konsumsi suplemen dengan kandungan vitamin yang lengkap.

    BalasHapus
  13. Bener juga sih ya, kalau dicek lagi berbagai produk suplemen tuh jarang banget ada kandungan vitamin D nya, padahal ini tuh penting. Bagus nih kalau selalu sedia Fortiboost D3 1000 di rumah, untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D

    BalasHapus
  14. Asupan vitamin penting banget ketika tubuh sudah memberikan signal kelelahan. Saya pun juga selalu sedia vitamin andalan di rumah jika mulai bermasalah dengan tubuh.

    BalasHapus