Tempat Ngopi Jokowi dan Obama


Kebun Raya Bogor, ada yang belum pernah kesana? Biasanya kita ramai-ramai kesana untuk melihat sebuah keajaiban dunia yang sangat menusuk baunya. Ya, si bunga bangkai, primadonanya Kebun Raya Bogor. Tapi, kali ini saya tidak ingin mengunjungi sang primadona. Perjalanan kali ini layaknya perjalanan lintas waktu nostalgia masa kecil saya. Kami sekeluarga dulu pernah piknik di antara menjulangnya pepohonan tinggi berusia ratusan tahun. Ada yang punya memori masa kecil seperti saya?





Oke, let's start the journey! Perjalanan dimulai dengan menaiki kereta commuter line dari arah Bekasi menuju Manggarai dan berganti jalur ke arah Bogor. Sesampainya di Bogor saya menyusuri jalur pedestrian menuju Kebun Raya Bogor, lumayan jugalah untuk kamu yang punya ambisi untuk bakar lemak. Lalu, saya pun membeli tiket masuk seharga 15 ribu rupiah dan langsung disambut oleh sebuah pohon tua di area pintu masuk. Saya memutuskan untuk mencoba menaiki mobil tur safari keliling Kebun Raya Bogor, biayanya 30 ribu saja daripada kaki pegel kan ya jalan mengelilingi area Kebun Raya Bogor yang luas. Kita akan melewati beberapa area diantaranya area tanaman palem, area tanaman buah, dan yang paling menarik untuk saya adalah area Taman Meksiko.









Banyak spot bagus untuk ber-swafoto. Sangat instagramable. Saran saya, kalo kamu lagi berantem sama pasangan jangan coba-coba deh ke Taman Meksiko. Karena sakitnya tuh disana-sini kalo ketusuk duri kaktus! Selain itu, kita juga akan melewati area kolam Teratai Raksasa. Menurut informasi dari tour guidenya, Teratai Raksasa ini mampu menahan beban hingga 25 kg loh!









Oya, ada yang pernah denger gak tentang mitos kalo bawa pasangan ke Kebun Raya Bogor biasanya putus ditengah jalan. Jadi, disini ada 2 pohon kembar menjulang tinggi yang bolong di tengahnya dan konon katanya kalo kita ajak pasangan kita melewati pohon kembar tersebut biasanya akan kandas hubungannya. Berani coba?









Dari Kebun Raya Bogor, kita juga bisa melihat langsung Istana Kepresidenan yang hanya berjarakkan sebuah danau. Tidak jauh dari situ, saya melihat ada sebuah cafe yang ternyata itu adalah tempat Jokowi menyambut Obama dalam kunjungannya yang lalu ke Indonesia. Namanya Grand Garden Cafe.






https://videopress.com/v/b7s8HBdq?preloadContent=metadata




Pemandangan yang ditawarkan memang sangat indah. Kita disuguhi hamparan rerumputan hijau yang luas di sekeliling area cafe. Dan terdapat beberapa patung bernuansa Romawi kuno yang eksentrik. Untuk kisaran harga pun masih cukup masuk akal, ya standar kafe lah menurut saya. Range harga minuman mulai dari 10 ribu sampai 50 ribuan. Sementara menu makanan bervariasi mulai dari menu Indonesian food, Western, Asian, hingga Dessert dengan kisaran harga 30 - 150 ribuan. Segelas ice cappucino ditemani bola-bola gemes poffertjes buat saya sih perfecto banget kalo kalian mau datang dan berteduh di tengah-tengah teriknya matahari. Buat saya yang pemandangan sehari-harinya adalah kemacetan dan gedung-gedung pencakar langit khas Jakarta, ini sih layaknya surga dunia melihat hamparan rerumputan hijau dan pohon-pohon di tengah area Kebun Raya Bogor. So, it's highly recommended banget untuk yang mau refreshing singkat di sekitaran Jakarta.


40 komentar

  1. Harganya masih aajar lah ya mbak 10-50rb anm harga cafe pada umumnya.. Penasaran akunya

    BalasHapus
  2. Pernaaaahh kesituuu... Makanan enak, kopi juga, Tetapi harga memang premium, bagi kami kantong desa. Etapi puas foto2 sih disitu :)

    BalasHapus
  3. Menyenangkan sekali kalo liburan ke tempat wisata semacam Kebun Raya Bogor ini. Selain mengingatkan pada sejarah, pemandangannya juga bikin betah...
    Btw berarti butuh 4 teratai raksasa biar saya gak nyemplung ke kolamnya ya hikss...

    BalasHapus
  4. Hihi saya aja nggak berani bang duduk bertapa di teratai raksasanya takut jadi pai su chen alias ular putih 😂

    BalasHapus
  5. Iya karena dia jual ambience mas karena makanannya ya so so alias biasa aja. Lumayanlah buat stok foto2 kalo disitu

    BalasHapus
  6. Pernah kesini, tapi lebih enak sih ps mendung trs bersama orang tersyg. Romantis

    BalasHapus
  7. Saya dulu hampir tiap hari Minggu jogging mengelilingi Kebun Raya Bogor. Tapi kalau masuk sih baru sekali, itu juga sudah lama banget. Mungkin cafe itu dulu juga belum ada.

    Next time lah, kesana lagi.

    BalasHapus
  8. Duh belum pernah sekali pun menginjakkan tanah Bogor. Semoga bisa jalan-jalan kesana suatu hari nanti

    BalasHapus
  9. Dulu pernah ke sini waktu kecil sekarang belum pernah cuma lewatin aja wkwkwk, nanti coba dimampirkan kalau ke Bogor kak

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah nih ke sini. Bisa betah nih kalau ngafe di sini. Boleh ga ya cuma kopi & kue aja deh. Trus merenungi hidup...udah ngapain aja. Ehehe...

    BalasHapus
  11. Boleh banget kak, plus banyak spot fotonya seru

    BalasHapus
  12. TEmpatnya bagus banget emang. Kesini sama pacar, ga putus. Tapi setelah 2 tahun akhirnya putus karena dia kebanyakan selingkuh wkwkwwk

    Kan malah curhat heheh

    BalasHapus
  13. Wkwkwkw, yuk sini curhat sambil ngopi kak. Kalo kaya gitu, lepasin aja kak. Memang ga worth it untuk dipertahankan.

    BalasHapus
  14. Spot yang paling bagus selain taman meksiko ada gak kak di kebun raya Bogor?

    BalasHapus
  15. Hwaa,, saya udah kebayangg gimana asyiknya main bareng anak di Kebun Raya Bogor trus abis tu ngopi² syantik di Grand Garden Cafe yaa..mantul

    BalasHapus
  16. Iyaaa mom, seru banget di depan cafe itu taman rerumputan hijau luas buat anak lelarian sana-sini puas banget.

    BalasHapus
  17. Spot favorit biasanya sih pada mau nengokin si Rafflesia Arnoldi atau Bunga Bangkai mas, tapi kudu cek info dulu apakah sudah mekar atau belum sebelum berkunjung.

    BalasHapus
  18. Kebun Raya Bogor, aku pernah ke sini gak ya? Kok aku lupa? Hehe. Aku ingetnya sih dulu pernah melihat Istana Kepresidenan, terus ngasih makan rusa istana, kalau ke Kebun Raya kok aku lupa ya?

    Tapi emang sih tempat ini bisa jadi pelepas penat bagi warga ibukota yang bingung mau liburan kemana. Murah dan sejuk, hehe

    BalasHapus
  19. Cuss mas, murah meriah sejuk banyak pepohonan. Ini memang sebelahan banget loh sama Istana Kepresidenan 🤓

    BalasHapus
  20. Baru sadar ..terakhir ke kebun raya itu waktu sd... dan saat ini sering sich ke bogor... tapi ga mampir ke kebun raya.. sambil ngopi menikmati udara sejuk bogor sembari melihat bocah lari2an ..seprtinya mantab

    BalasHapus
  21. Nah, saya juga loh dulu ke sana pas SD dan kemarin pas terakhir kesana pangling banget kak.

    BalasHapus
  22. Bogor adalah rumah kedua saya. Sepuluh tahun tinggal di sana sejak kuliah, lulus, dan bekerja. Kebun Raya Bogor pun sudah sangat familiar. Baca postingan Mba Shinta bikin saya bernostalgia. Dulu saya suka nongkrong di KRB jam 7 pagi lewat gedung sebelahnya, buat lari pagi. Hehehe.

    BalasHapus
  23. Tempat rekreasi outdooe nuansa alam seperti kebun raya Bogor sepertinya yang perlu diperbanyak ya..selain bisa menjadi sarana rekreasi juga edukasi untuk mengenal aneka varietas hayati...andai setiap provinsi pnya satu saja seperti ini pasti keren ya kak..

    BalasHapus
  24. Oh, emang kakaknya tinggal dimana kak? Iya perlu banget emang destinasi kaya gini yaaa

    BalasHapus
  25. Aku Belum pernah sekalipun ke kebun raya bogor,, hhmmmm anda saja di pringsewu ada tempat wisata seperti kebun raya meskipun mini, ga harus jauh jauh untuk sekedar berwisata.

    BalasHapus
  26. Belum pernah masuk ke kebun raya Bogor. Pas ada tugas ke Bogor cuma lewat aja, belum ada kesempatan untuk mengeksplorasi tempatnya.

    Asyik ya kayaknya, menyeruput kopi sambil menikmati pemandangan sekitar

    BalasHapus
  27. Yuk mari bu kalo dinas ke bogor lagi mampir, enak ngupi2 di kafenya liat pemandangan hijau2 rerumputan

    BalasHapus
  28. Baca ini, saya jadi membayangkan betapa bahagianya jika bisa ke sana, bukan hanya membaca tentang keindahan Kebun Raya Bogor dan kafenya. Saya sudah pernah hampir ke sana tapi batal, dan saya sangat menyesal sekali karenanya.
    Oh ya, kafe ini range harganya menengah, ya, padahal di lokasi yang ekslusif. APalagi jadi tempat yang pernah dikunjungi oleh Jokowi dan Obama.

    BalasHapus
  29. Iya mba, kalo harga ya relatif ya karena kantong tiap orang pasti beda-beda. Tapi memang yang dijual sama kafenya ya suasana dan ambiencenya sih. Jadi, buat yang memang pengen santai dan rileks atau kerja sambil menikmati suasana oke banget nih

    BalasHapus
  30. Hayuk mba muthe, nostalgia lg ke KRB. Aku aja pangling krn terakhir kesana pas masih cilik banget 😂

    BalasHapus
  31. Aaamiin mas, semoga di daerahmu ada destinasi wisata sejuk adem dan murmer kaya gini ya. Bisa buat sambil ngopi dan kerja, sejuk liat pemandangan hijau

    BalasHapus
  32. Keren banget ah bisa nyobain kedai kopi nya pejabat penting,sis. Tempat ngopinya juga asik yah pasti santai deh disitu sambil ngobrol-ngobrol apalagi harga juga masih oke di kantong. Next time, kalo main kesana semoga bisa singgah ah.

    BalasHapus
  33. Iya sis, duduk di tempatnya Obama sm Jokowi 😍 ngupi2 sambil kerja dan menikmati alam

    BalasHapus
  34. Pernah denger doang tentang tempat ini..

    Penasaran sama foto detail tempatnya deh mbak. Ga ada fotonya kah?

    BalasHapus
  35. Aku beberapa kali ke Kebun Raya tapi nggak pernah ngopi eh
    Cuma goleran di dekat danau dan keliling aik mobil itu doang

    BalasHapus
  36. Kebun raya Bogor itu ada di komplek Istana Keppresidenan ya Mbak? Ternyata dibuka untuk umum ya

    BalasHapus
  37. Bersebelahan mas, dari kebun raya kita bisa lihat istana kepresidenan langsung

    BalasHapus
  38. Perasaan saya dulu ke kebun raya Bogor kok gak ngeliat pemandangan sebagus ini ya. Hikz hikz... Kemana aje, Ida? Hahahah

    BalasHapus
  39. Perasaan saya dulu ke kebun raya Bogor kok gak ngeliat pemandangan sebagus ini ya. Hikz hikz… Kemana aje, Ida? Hahahah

    BalasHapus