Tips Memilih Masker Wajah Yang Tepat Berdasarkan Jenis Kulitmu

Mau lagi pandemi atau gak, kita harus rajin pakai masker ya. Aku biasanya pakai masker justru sebelum tidur. Eits, tunggu dulu, maskernya tuh masker wajah loh ya hihi 😆

Buatku, masker wajah tuh bagian dari ritual perawatan kecantikan rutin. Nah, kita harus kenali dulu jenis kulit wajah kita untuk mengetahui masker apa yang cocok. Tentunya, kita gak mau dong pengennya kulit kinclong malah jadi zonk.

Ritual Maskeran Sebelum Tidur (source: unsplash.com)

Mengenali Jenis Kulit Wajahmu

Sepertinya, memiliki kulit wajah yang bersih sehat berseri tuh dambaan setiap perempuan termasuk aku juga salah satunya. Tahu gak sih, ternyata struktur dan kulit wajah kita itu ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya:

  • Kandungan air pada kulit, hal ini akan mempengaruhi elastisitas kulit kita.
  • Kandungan minyak, hal ini akan sangat mempengaruhi kelembutan kulit.
  • Tingkat kepekaan kulit terhadap zat/bahan tertentu.

Nah, berdasarkan 3 faktor tersebut, maka kita bisa mengkategorikan jenis kulit wajah menjadi beberapa tipe.

1.  Kulit Wajah Normal

Kalo kamu termasuk yang memiliki kulit wajah normal, biasanya sih kamu jarang memiliki masalah kulit. Kandungan air dan minyak di kulit wajahmu seimbang, sehingga tidak terlalu kering atau terlalu berminyak.

2. Kulit Wajah Kering

Ciri-ciri kamu memiliki kulit wajah kering tuh biasanya pori-pori kulitmu hampir gak terlihat, permukaan kulit terlihat kasar dan kusam. Jenis kulit seperti ini mudah memerah, gatal, bersisik dan meradang.

3. Kulit Wajah Berminyak

Kalo kamu tipe yang ini, kulit wajahmu biasanya cenderung licin dan mengkilap karena produksi minyak/sebum berlebih. Pori-pori terlihat besar, biasanya disertai komedo, jerawat dan noda hitam.

 4. Kulit Wajah Sensitif

Tipe kulit sensitif artinya mudah banget mengalami alergi, jadi memang harus ekstra hati-hati memilih kosmetik dan skincare ataupun makanan. Karena kulit sensitif itu mudah terkelupas, biasanya disertai gatal, kering, kemerahan dan terasa perih (breakout).

5. Kulit Wajah Kombinasi

Tipe ini perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Biasanya paling berminyak tuh di zona T, yaitu area dagu, hidung dan dahi. Tapi, justru malah kering di area pipi.

Cara Merawat Wajah Berdasarkan Jenis Kulitmu

Nah, karena kita sudah tahu dan mengenal jenis kulit kita masing-masing, maka pastinya perawatannya pun berbeda dong ya. Produk perawatan wajah dan kosmetik pun dibuat dengan formula yang berbeda sesuai dengan jenis kulit.

Perawatan Kulit Wajah Normal

Kamu yang memiliki jenis kulit wajah normal, perawatannya cenderung mudah. Rutinlah mencuci muka dengan sabun pembersih wajah berbahan lembut, hindari menggosok wajah terlalu kasar.

Perawatan Kulit Wajah Kering

Untuk jenis kulit wajah kering, sebaiknya memilih produk pembersih wajah yang memberikan efek melembabkan atau berbahan dasar emolien. Hindari produk yang mengandung alkohol atau pewangi.

Usahakan jangan mencuci muka dengan air hangat dan gunakan selalu pelembab wajah ya.

Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Untuk perawatan jenis kulit wajah berminya, rutin mencuci muka 2 kali sehari dengan produk yang mengandung gliserin. Lanjutkan dengan toner yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat dan asam glikolat.

Selain itu, pilihlah kosmetik yang memiliki kandungan berbahan dasar air dan berlabel noncomedogenic agar tidak ada penyumbatan pada pori-pori. Selalu bawa kertas minyak untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah.

Perawatan Kulit Wajah Sensitif

Kamu yang memiliki jenis kulit wajah sensitif sebaiknya menghindari produk yang mengandung alkohol, asam dan pewangi karena dapat menyebabkan iritasi. Pilihlah produk yang mengandung lidah buaya, chamomile, teh hijau, polifenol dan gandum.

Perawatan Kulit Wajah Kombinasi

Gunakanlah produk yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit wajah kombinasi untuk mengurangi kadar minyak di area zona T sekaligus melembabkan area pipi. Hindari produk yang mengandung alkohol, asam salisilat dan benzoil peroksida.

Memanjakan diri dengan melakukan facial di salon atau klinik sebulan sekali memang baik. Tapi, di masa pandemi seperti ini, kita bisa loh melakukan perawatan wajah dengan rutin menggunakan facial mask alias maskeran.

Ada berbagai pilihan masker wajah yang tersedia di pasaran. Sebaiknya kita memilih masker wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita.

Clay/Mud Mask (source: unsplash.com)

Memilih Masker Wajah Sesuai Jenis Kulitmu

1. Sheet Mask

Masker ini berbentuk lembaran tisu yang berlubang di area mata, hidung dan bibir. Sheet mask ini baik digunakan bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering. Cara menggunakannya pun mudah dan praktis. 

Pada dasarnya sih, sheet mask ini bisa dipakai oleh semua jenis kulit kecuali yang mudah berjerawat. Biasanya sih kandungannya terdiri dari hyaluronic acid, ceramides, dan antioksidan.

2. Peel-Off Mask

Ini salah satu jenis masker favoritku nih! Karena kalo kamu mau efek glowing yang terlihat segera setelah pemakaian, kamu harus coba jenis masker ini. Rahasianya, peel-off mask ini efektif mengangkat komedo dan kotoran yang menempel. Voila, jadilah glowing paripurna seketika.

Tapi, buat kamu yang memiliki jenis kulit wajah sensitif, jangan coba pake masker jenis ini ya karena saat proses pengelupasan masker bisa menimbulkan perih dan iritasi.

3. Clay Mask

Tipe clay mask ini biasanya cocok untuk mereka yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat. Cuci muka terlebih dahulu, lalu keringkan wajah sebelum mengoleskan masker ini ke seluruh area wajah kecuali area mata dan bibir. 

Setelah kering, kamu bisa membasuhnya dengan handuk hangat. Masker clay ini menyerap minyak sehingga membantu mengurasi jerawat dan komedo. Buat kamu yang jenis kulit wajahnya kering, sebaiknya menggunakan masker jenis ini hanya 1 kali seminggu agar tidak semakin kering.

4. Sleeping Mask

Nah, tipe masker yang satu ini paling cocok kalo kita lagi mager nih! Umumnya sih teksturnya berbentuk krim atau gel. Sleeping mask ini ternyata mampu melembabkan kulit lebih baik dibanding krim malam yang lebih mudah menguap.

Brand Masker Favoritku

Kalo biasanya pemakaian masker itu disarankan tidak boleh lebih dari 20 menit, ini poin plusnya sleeping mask karena bisa kita bawa tidur. Baru deh pas bangun pagi kita bersihkan.

5. Exfoliating Mask

Jenis masker yang satu ini dinilai paling ampun untuk mengatasi masalah kulit wajah kusam. Gunakan rutin 1 kali seminggu selama kurang lebih 10 menit untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk kamu yang kulit wajahnya sensitif, sebaiknya hanya sesekali saja jika ingin menggunakan exfoliating mask ini karena dapat menyebabkan iritasi.

Sekarang, sudah kenal jenis kulitmu dong, kalo kamu lebih suka pake masker yang kaya gimana nih? Selain perawatan wajah dengan menggunakan masker, seimbangkan juga dengan pola hidup sehat ya. 💗

 




34 komentar

  1. Sheet mask aku sukaaaa mbaa, tapi harganya mahal yhaaa *emak irit*
    kapan2 kayaknya daku mau coba sleeping mask ahhh
    bisa sambil bablas tidur ye kaann

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal saya justru batu pakai masker jenis sheet ini lho. Hehehe... Tapi itu dulu. Iya jadi pengen coba jenis masker lain ya

      Hapus
  2. duh serasa diingatkan, wajah saya butuh gizi dari masker

    semenjak pandemi makin malas aja ngurusin wajah

    efeknya muka kering dan nyeremin, hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal seharusnya meski di rumah saja, perawatan harus tetap dilakukan ya Mbu...

      Hapus
  3. Dari sekian banyak tipe masker itu, yang baru saya coba hanya sheet mask. Itu pun duluuu... Dan sekarang tidak pernah lagi. Hehehe...
    Semoga ada kesempatan bisa lakukan maskeran gitu ya.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Sepertinya setelah merawat kulit tubuh, lanjut ke perawatan wajah oke juga. Walaupun di rumah saja tetap harus cantik dan sehat, dong. Terima kasih atas reviewnya kakak.

    BalasHapus
  6. Dari penjelasan di atas berarti daku kurang cocok pakai sheet mask karena mudah berjerawat. Bagusnya clay mask atau peel of mask

    BalasHapus
  7. Jdi tau jenis2 masker mba, pling seneng dan aman emang pake sheet mask dan ga ribet juga ya

    BalasHapus
  8. Ngerawat wajah jangan asal tergiur instan ya, harus teliti jenis kulit kita apa. Bukan bersih malah takut jadi kendala ya kak. Pake masker bagi wanita buat aku kaya "me time"

    BalasHapus
  9. Aku biasanya pakai sheet mask sih, sudah nyaman banget memakai ini kalau mau tidur kadang baru dilepas pagi harinya...hehehe

    BalasHapus
  10. Sama nih, aku juga kalau pilih masker disesuaikan sama kondisi kulit terkini, biar cocok dan gak iritasi hehe

    BalasHapus
  11. Aku jarang pakai masker. Kalau pakai masker biasanya pakai yang peel of mask. pernah sekali beli sheet mask, menurutku kok malah ribet makainya.

    BalasHapus
  12. Ternyata banyak jenis masker ya. Belum pernah nyobain sleeping mask dan Exfoliating Mask. Kayaknya mau nyobain sleeping mask

    BalasHapus
  13. Pemakaian masker sesuai jenis kulit perlu ya, biar hasilnya efektif. Lengkap ini infonya. Dan setuju, sleeping mask bagus, mampu melembabkan kulit lebih baik dibanding krim malam yang lebih mudah menguap. Jadi pas bangun tidur jadi lembut dan kenyal kulitnya

    BalasHapus
  14. Sejauh ini, aku palingan cuma pakai sheet mask.
    Soalnya jenis kulit khususnya area wajah cenderung kering dan kadang sensitif
    Memang baiknya harus disesuaikan ya..

    BalasHapus
  15. Kutipe kulit kering, dan ak suka shit mask...eh mksdnya sheet mask hahhaa

    BalasHapus
  16. Tipe kulitku berminyak mbak...tapi kok ya aku ini bandel banget buat ngerawat kulit wajah. Padahal kulit wajah ini kan aset ya...yang buat wanita terlihat cantik heheehe...terimakasih ya mbak sudah diingatkan, jadi ingin merawat wajah dengan masker.

    BalasHapus
  17. Kalau aku suka pake masker organic kak,, tapi kalau lagi kotor banget dan butuh exfoliater lebih baru pake masker peeling

    BalasHapus
  18. Mba sepakat pakai masker yang sesuai kulit wajah. Kayak kulit wajahku kering soalnya

    BalasHapus
  19. Pertama kalinya pakai Peel Off Mask punya Naturgo kaget banget, hasilnya kinclong kayak bokong bayi kata temanku, haha..

    Biasanya pake masker bedak dingin gitu (ini termasuk sleeping mask ya?) trus coba-coba Peel Off kok menyenangkan. Kapan-kapan mai ah maskeran pake yang jenis exfoliating Mask😁

    BalasHapus
  20. untuk pilihan masker wajah, biasanya aku nyaman menggunakan yang jenis sheet gitu, selain praktis, serumnya juga berlimpah hehheh

    BalasHapus
  21. Aku suka pakai sheet mask tapi sekarang harganya bersaing ya. Aku pake freeman juga udah mau abis. Mau repurchase lagi. Haha

    BalasHapus
  22. aku lagi puasa masker nih mba, gara2 muncul bruntusan akhirnya dianjurkan dokter kulit untuk stop dulu, padahal biasanya hampir tiap hari maskeran huhu

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah kulitku masuk jenis normal yang mudah untuk memilih masker apa saja untuk digunakan. Kok paling suka tetap clay masknya walaupun di situ tertulis untuk kulit berjerawat. Enak banget soalnya efek setelah dicuci mukanya.

    BalasHapus
  24. Akhirnya artikel ini aku temukan. Suka bingung kalau berurusan dengan skin care dan masker karena tak terbiasa. Kapan itu beli masker wajah pun bingung, bagus dan cocoknya milih yang mana. Sekarang sudah tahu nih jenis maskernya dan besok mau beli lagi ah yang sesuai dengan jenis kulitku

    BalasHapus
  25. Aku juga suka pake freeman, sering beli kalau ada diskonan di watson hehe

    BalasHapus
  26. dari dulu pengen beli freeman tapi nggak beli-beli, padahal udah di storenya hehe
    sekarang makin banyak brand yang ngeluarin sheet mask dan bungkusannya lucu-lucu, kadang aku bingung pengen beli, dan akhirnya kebeli juga karena kemasan lucu dan penasaran juga sama hasilnya

    BalasHapus
  27. Jenis-jenis masker yang cocok untuk kulit wajah, dari semuanya aku pengen banget coba yang peel mask mbak soalnya belum pernah coba.

    BalasHapus
  28. Jenis kulitku berminyak, sekarang lagi suka pakai clay mask soalnya beneran ngontrol minyak, pernah coba pakai sleeping mask malah jerawatan..kapok huhu

    BalasHapus
  29. Waah aku suka pakai semua masker. Tapi sekarang lagi sering pakai clay mask. Biasa deh kena racun tiktok mbak. Haha.

    BalasHapus
  30. Kulit wajahku termasuk normal to dry nih kak. Untuk penggunaa masker, aku lebih mudah yang sheet mask, tinggal tempel istilahnya hehe.

    Tapi ada teman kasih clay mask nih, katanya lebih ocok but kulit wajahku.

    BalasHapus
  31. Aku juga mengandalkan clay mask nih buat kulitku yang berminyak, rasanya bersihhh aja gitu kalau habis pakai (kalau pakai bahasa beauty blogger mungkin serasa dosa-dosa di kulit terangkat semua hehe), plus ada efek cerahnya juga walaupun nggak terlalu lama.

    BalasHapus
  32. Dari sekian jenis masker, aku belum pernah nyobain sleeping mask deh hehehe. Kapan2 beli ah :D Btw gampang kok bikin rumah2annya kan? Kudu ditemenin sih biar ngelemnya benar2 rekat. Hihihi...

    BalasHapus