Kisah Petani dan Angsa Bertelur Emas, Bersama Menjadi Lebih Baik

Ayam berkokok membangunkan Jack, seorang petani muda sukses. Ia memulai rutinitasnya dengan seragam kebesarannya, setelan jumper dan sepatu bootnya, lengkap dengan topi cowboy-nya. 

Sambil bersiul, ia berjalan membawa jerami menuju kandang sapi. Moooo, sapi-sapi peliharaannya pun seolah menyambutnya dengan paduan suara yang harmonis. "Selamat pagi, sapi-sapiku, selamat sarapan!"

Ia melanjutkan langkahnya menuju kandang ayam. Terlihat Jenggo si Ayam Jago tengah bertengger di atas singgasananya. Sambil bersiul, Jack pun mengisi pakan untuk ayam-ayam peliharaannya.


Dari semua peliharaannya, ada satu hewan yang menjadi kesayangan Jack. Seekor angsa berbulu putih bersih berkilau. Sally, sapaan Jack untuk angsa kesayangannya. Ia begitu bersemangat menuju kandang Sally karena hari ini ia akan melihat telur yang dierami Sally.

"Hai Sally, yuk kita lihat telurmu pagi ini."

Angsa putih itu pun berdiri, dan betapa terkejutnya Jack melihat ada yang berkilauan diantara telur-telur Sally. Jack pun semakin kaget mendapati benda berkilauan itu ternyata adalah 3 buah telur emas.

Tapi, Jack pun terlihat muram melihat beberapa telurnya Sally ada yang rusak. Ia sudah mencurigai pelakunya dan benar saja saat melihat ada lubang di ujung kandang Sally.

"Ini pasti perbuatan musang liar itu!", ujar Jack dengan geram. Ia pun menyuruh para pekerjanya untuk memperbaiki kandang Sally.

Beberapa waktu berlalu, tidak ada lagi serangan musang. Jack pun terbuai dengan 3 buah telur emasnya. Hingga suatu malam, musang itu kembali beraksi. Serangan kali ini ternyata lebih parah, tidak hanya telur tapi Sally pun menjadi korban kebuasan si Musang.

Betapa kagetnya Jack mendapati angsa kesayangannya telah tak bernyawa. Jack menyesal tidak melindungi angsa kesayangannya dengan baik. Namun, ia masih menaruh harapan tinggi pada 3 buah telur emasnya.

Jack membuat 3 kandang khusus untuk ketiga telur emas tersebut. Dan akhirnya tibalah saatnya ketiga telur emas tersebut menetas. Ternyata, yang muncul hanyalah angsa-angsa biasa, bukan angsa ajaib seperti Sally. Jack pun menyesal setengah mati tidak memberikan perlindungan terbaik untuk Sally.

Kisah Petani dan Angsa Bertelur Emas diatas ternyata memiliki nilai-nilai moril mengenai pentingnya perencanaan keuangan. Apa aja yaa? Yuk kita bahas satu per satu ya!

Pentingnya Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan itu penting dilakukan sejak dini loh. Karena hidup memang selalu penuh kejutan. Salah satunya, pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh penjuru dunia. Ini salah satu kejutan yang tidak pernah kita prediksi.

Kembali belajar dari kisah Petani dan Angsa Bertelur Emas, ternyata memang sangat penting memiliki perencanaan keuangan yang baik. Minimal, kita wajib memiliki 3 kantong keuangan:

Tabungan

Di jaman sekarang, semua orang tentunya punya rekening tabungan ya, apalagi sejak pandemi memang kita harus minimalisir memegang uang tunai secara fisik. Fungsi uang tabungan ini sebenarnya lebih kepada untuk fungsi penyimpanan uang yang sifat cashflownya rutin.

Jadi, tabungan itu digunakan untuk menyimpan dana yang dimanfaatkan sebagai pengeluaran rutin.  

Investasi

Semakin hari, semua orang sudah semakin aware dengan pentingnya investasi. Bahkan sudah banyak juga loh anak muda yang sudah jago berinvestasi saham maupun properti. Secara sederhana, investasi dapat kita artikan sebagai upaya untuk melipatgandakan harta yang kita miliki.

Dari kisah Jack, kita masih ingat bagaimana ia menaruh 3 telur emasnya ke 3 kandang yang berbeda. Ini maknanya Jack menerapkan prinsip pentingnya investasi yaitu menaruh dana investasinya ke 3 kantung dana yang berbeda. 

Mengapa penting untuk menaruh investasi dalam 3 kantung dana yang berbeda? Karena investasi mengandung resiko, tidak bisa disamakan seperti tabungan loh ya. Jadi, kita perlu melakukan diversifikasi untuk saling melengkapi dan mengurangi faktor resiko dari setiap pilihan investasi kita.

Asuransi

Realitanya, masih banyak orang Indonesia yang belum paham mengenai cara kerja dan pentingnya asuransi. Dalam kisah Jack di atas, kita bisa menganalogikan musang sebagai kejadian tak terduga dalam hidup. 

Kejadian tak terduga datang tanpa permisi tak kenal situasi. Bayangkan kerugian moril dan materil ketika kita mengalami musibah kemalingan, kebakaran, kecelakaan dan masih banyak lagi.

Disitulah pentingnya kita memiliki asuransi. Kalo saya pribadi, memang sejak pertama mengenal asuransi syariah saya langsung jatuh cinta. Karena asuransi syariah itu prinsipnya gotong royong dan tolong menolong dengan sesama.

Mengenal Asuransi Syariah Dari Tugu Insurance

Menurut Dewan Syariah Nasional, asuransi syariah adalah sebuah usaha untuk saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset (tabarru) yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah.

Dalam asuransi syariah, para peserta akan menghibahkan sebagian/seluruh kontribusinya untuk membayar klaim jika ada peserta lain yang mengalami musibah. Sehingga, peranan perusahaan dalam asuransi syariah hanya sebatas pengelolaan operasional dan investasi.

Berdiri sejak 25 November 1981, Tugu Insurance merupakan perusahaan asuransi umum yang berkantor pusat di Jakarta. Tugu Insurance memiliki lingkup kegiatan di sektor asuransi umum, reasuransi dan bisnis syariah.

Itulah alasannya kenapa saya jatuh cinta sama asuransi syariah. Karena dana yang kita setorkan itu milik bersama antara sesama peserta. Lain halnya dengan asuransi non-syariah, dimana dana yang disetorkan menjadi milik perusahaan dan ketika terjadi klaim perusahaan wajib membayarkan sejumlah uang sesuai kontrak.

Asuransi (Ta'min) Syariah dari Tugu Insurance ada beberapa macam diantaranya:

- Asuransi Gangguan Usaha (Business Interruption) Asuransi Kebongkaran (Burglary)⁣
- Asuransi Pengangkutan (Marine Cargo) yang memberikan jaminan atas pengiriman barang melalui laut, udara dan darat ⁣
- Asuransi Rekayasa antara lain asuransi konstruksi, asuransi pemasangan mesin, asuransi kerusakan mesin, asuransi peralatan elektronik⁣
- Asuransi Alat Berat ⁣
- Asuransi Kecelakaan Diri: Kecelakaan Diri Haji & Travel, Kecelakaan Diri Umroh⁣
- Asuransi Kendaraan Bermotor

⁣Mengenal Produk Tcare Sharia PA+Insurance

Di masa pandemi yang serba sulit ini, rasanya untuk bertahan hidup dan mencari nafkah saja sudah cukup menjadi beban hidup yang berat. Sungguh gak terbayang, apa jadinya kalo mengalami musibah? Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga pula!

Tugu Insurance memiliki satu produk yang menarik menurut saya, yaitu Tcare Sharia PA + Insurance. Asuransi ini memberikan perlindungan kepada peserta apabila mengalami kematian/cacat tetap akibat kecelakaan, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan gagal bayar (bad debt).

Jadi, ada 3 hal yang dicover oleh Tcare Sharia PA+Insurance:

  1. Kematian dan Cacat Tetap; produk ini melindungi peserta atas risiko kematian dan cacat tetap (baik sebagian atau keseluruhan) yang disebabkan oleh suatu kecelakaan.⁣

  2. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK); produk ini memberikan perlindungan apabila peserta  mengalami pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh perusahaan atau pemberi kerja.⁣

  3. Gagal Bayar (bad debt); produk ini melindungi peserta atas risiko gagal bayar (bad debt) atau keadaan dimana peserta (debitur) tidak dapat memenuhi kewajibannya kepada kreditur yang dinyatakan dalam bentuk kolektibilitas 4.⁣

⁣Sepakat kan bahwa produk ini sangat menarik? Bayangkan betapa terbantunya jika memiliki asuransi ini dan mengalami PHK. Tentunya, ada sejumlah uang yang akan didapatkan untuk menghidupi keluarga.

Pengecualian Produk Tcare Sharia PA+Insurance

Dalam asuransi, selain mengcover kondisi tertentu biasanya ada juga hal-hal yang menjadi pengecualian dimana perusahaan asuransi tidak akan membayarkan klaim jika termasuk dalam daftar berikut:

  • ⁣⁣Kecelakaan yang terjadi ketika Peserta :⁣⁣

  1. Turut serta dalam lalu-lintas udara.⁣⁣

  2. Olahraga atau kegiatan atau aktivitas fisik yang terkait dengan hobby.⁣⁣

  3. Dengan sengaja melakukan atau turut serta dalam tindak kejahatan.⁣⁣

  4. Melanggar Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku.⁣⁣

  5. Menderita hernia, ayan (epilepsi), sengatan matahari.

  6. Terserang atau terjangkit gangguan-gangguan atau virus atau kuman.⁣⁣

  7. Mengalami bertambah parahnya akibat-akibat kecelakaan karena mengidap penyakit-penyakit tertentu.⁣⁣

  • Kecelakaan-kecelakaan yang disebabkan oleh  Peserta saat menjalankan tugasnya dalam Dinas Kemiliteran atau Kepolisian.⁣⁣

  • Kecelakaan-kecelakaan yang disebabkan oleh  Perang, Kerusuhan, Pemogokan, Penghalangan Bekerja, Perbuatan Jahat, Huru-hara, Pembangkitan Rakyat,  Revolusi, Pemberontakan, Makar, Terorisme, Sabotase.⁣⁣

  • Kecelakaan-kecelakaan yang disebabkan oleh  ditahannya Peserta di dalam tempat tawanan atau tempat pengasingan.⁣⁣

  • Kecelakaan-kecelakaan yang disebabkan oleh  baik langsung maupun tidak langsung karena atau terjadi pada reaksi-reaksi inti atom dan atau nuklir.⁣⁣

  • Pengobatan yang timbul sebagai akibat langsung atau tidak langsung dari infeksi virus HIV (Human Immuno Deficiency Virus).⁣⁣

  • Asuransi ini tidak memberikan manfaat Asuransi atas PHK yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum/ perundang-undangan serta dampak dari Covid-19.⁣⁣

  • Asuransi ini tidak memberikan manfaat Asuransi atas Debitur yang mengalami gagal bayar (bad debt) akibat kegagalan/pelanggaran nasabah dalam memenuhi kewajibannya kepada kreditur.⁣⁣

Bersama Menjadi Lebih Baik Dengan Tugu Insurance

Gelombang PHK memang banyak terjadi akibat pandemi. Namun, di satu sisi kita bisa melihat banyak bermunculan peluang-peluang baru. Jeli dan kreatif memanfaatkan momen.

Banyak profesi baru bermunculan, kita pun memiliki banyak waktu untuk meng-upgrade diri melalui berbagai workshop online. Semuanya serba digital serba online. Banyak bermunculan UMKM baru yang memanfaatkan teknologi digital.

Badai pasti berlalu, begitu juga dengan pandemi ini. Saatnya kita bangkit dan melangkah lagi karena hidup harus terus berjalan. Yuk, kita bersama melangkah untuk lebih baik dengan Tugu Insurance.

Kalo kamu, apa langkahmu hari ini untuk menjadi lebih baik?




44 komentar

  1. Yup, setiap orang harus memiliki semangat mengatur finansial dengan baik.
    Kalo tidak dilaksanakan secara seksama/disiplin/konsisten, bisa ambyaaarr nih kehidupan.
    Ber-asuransi dgn TUGU adalah pilihan terbaiiik ya mba

    BalasHapus
  2. Asuransi ibaratnya seperti payung di musim. Tetap dibawa untuk jaga-jaga. Supaya kita selalu terlindungi dari kejadian tak terduga. Memang masih banyak yang belum menyadari tentang pentingnya asuransi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyesalan selalu datang terlambat, ya. Semoga kita tidak seperti Jack. Baru menyadari kesalahannya, tetapi sudah terlambat

      Hapus
  3. Pandemi ini menjadi salah satu contoh, bahwa setiap manusia merasakan down terutama dalam hal kesehatan dan keuangan, balik lagi pinter2 kita berinvestasi dan berasuransi.
    SAlah satunya asuransi TUGU ini rekomen banget buat yang mau menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  4. perencanaan keuangan penting banget ya mbaa.. gak cuma tabungan dan investasi aja.. ternyata asuransi juga sangat penting untuk jaga-jaga bila terjadi hal yang tak diduga yaa..

    BalasHapus
  5. Di musim yang masih serba ga pasti karena pandemi kayak gini, emang sebaiknya kita lebih bijak dalam mengatur finansial ya mbak.. Gak rugi orang- orang yang udah melek asuransi dan investasi sejak dulu. Btw, saya suka lihat gambar-gambarnya.

    BalasHapus
  6. perencanaan keuangan itu sangat penting ya mbak, tapi di saat krisis seperti ini sulit rasanya menerapkannya, yang ada malah kita menguras tabungan untuk bewrtahan hidup, makanya penting banget punya asuransi biar amit2 kalau ada apa2 keluarga yang di tinggalkan masih bisa melanjutkan hidup :)

    BalasHapus
  7. Lagi-lagi diingetin buat punya asuransi nih :) harus cerdas milih asruansi ya. Beberapa poin soal kecelekaan bikin aku mikir lagi tapi amit-amit ya jangan sampai ngalamin kecelakaan. By the way, aku suka ilustrasi cerita di awalnya

    BalasHapus
  8. Tugu Insurance ini udah lama banget ya, udah hampir 40 tahun malah ya, tapi saya baru belakangan ini mengetahui asuransi ini mungkin karena disini jarang sosialisasinya sih.
    Perencanaan keuangan memang penting banget, karena kita gak pernah tahu apa yang bakalan terjadi kemudian hari, seperti saat ini pandemi yang menyerang seluruh dunia, membuat orang mau tak mau menerimanya dan tetap harus bisa survive di tengah keadaan ini :(

    BalasHapus
  9. Tugu Insurance ini udah lama banget ya, udah hampir 40 tahun malah ya, tapi saya baru belakangan ini mengetahui asuransi ini mungkin karena disini jarang sosialisasinya sih.
    Perencanaan keuangan memang penting banget, karena kita gak pernah tahu apa yang bakalan terjadi kemudian hari, seperti saat ini pandemi yang menyerang seluruh dunia, membuat orang mau tak mau menerimanya dan tetap harus bisa survive di tengah keadaan ini :(

    BalasHapus
  10. Aku baru tahu nih soal Tugu Insurance. DUh kemana aja ya aku. Hheheh. Dan suka deh kalau mereka masih tetap berikan perlindungan maksimal ya

    BalasHapus
  11. Pembukaan tulisannya cakep banget mbak shynt, kukira mau cerita tentang dongeng anak, kulanjutkan membaca tulisan berikutnya dan memang benar proteksi keuangan itu penting banget

    BalasHapus
  12. oh ntr lagi ud beralih profesi jadi pendongeng nih, membuat kemasan cerita ttg asuransi yg berbeda. Ok

    BalasHapus
  13. Financial planning super duper penting banget ya mbaa, karena kita gak pernah tahu ataupun memprediksi apa yang bakalan terjadi kemudian hari.
    Pandemi ini aja contohnya. siapa yg punya firasat kita bakal ngalami hal kkayak gini ya kan

    BalasHapus
  14. Termasuk aku yang belum paham tentang asuransi ini. 3 poin ini akan jadi sesuatu yang penting banget aku ingat. Dikit2 belajar untuk mengalokasikan dana ke tiga kantong itu. Bismillah 😊

    BalasHapus
  15. Wah sebuah tulian yang mencerahkan..soalnya masih belum begitu paham dengan masalah asuransi..jadi belajar sedikit-sedikit....thanks for sharing ya...

    BalasHapus
  16. Alokasi uangku baru di 1 tahap ni mbak shynt, yaitu tabungan. Wah tulisan ini bikin melek mbak shyn, harus benar2 merencanakan keuangan dengan baik. thankyouuuu

    BalasHapus
  17. Menarik sih perasuransian ini. Apalagi syariah ya kan. Tugu insurance ini banyak benefitnya. Perlu nih saya pelajari lagi...
    Sapa tau bisa join hehe

    BalasHapus
  18. Analogi telur emasnya bagus dan pas pisan
    Kita harus punya tabungan, invest asi dan asuransi
    Asuransi juga harus syariah agar berkah
    Hidup ini pendek, Jangan sampai salah pilih

    BalasHapus
  19. Saya baru ngeh dengan adanya Tugu asuransi ini setelah baca-baca reviewnya di blog teman-teman, padahal ya udah lama ada ya.
    Asuransi memang butuh edukasi lebih buat masyarakat awam. Karena masih banyak yang belum paham tentang pentingnya asuransi, terutama buat jaga-jaga :)

    BalasHapus
  20. Belakangan setelah merasakan langsung manfaat dari berasuransi aku jadi makin ingin punya asuransi lainnya, demi apa? Ya untuk jaga-jaga, untuk payung, jadi jika tiba masanya benderang menghilang lalu mengundang mendung kemudian turunlah hujan, bisa berlindung di bawah payung, kalaupun badan basah tapi nggak semuanya. Aku naksir juga mbak sama Tcare Sharia PA + Insurance ini yang dibutuhkan di masa kini.

    BalasHapus
  21. Tabungan, asuransi, dan investasi.
    Kebanyakan yang belum melek ilmu pengelolaan finansial yg bener itu seperti apa, masih mengabaikan asuransi, padahal dalam perencanaan keuangan, asuransi itu satu kesatuan dengan ketiganya, nggak bisa dipisahkan karena melindungi keuangan kita.

    BalasHapus
  22. Aku kenal teori asuransi Syariah waktu kuliah. Tapi baru tau ada yang berbentuk tanggungan gagal bayar dan PHK. Keren ini produknya. Solutip banget

    BalasHapus
  23. Mba, aku suka banget cara berceritanya. Ilustrasinya jg keren 😍 selaras dengan topik ini tentang asuransi yg mba jelaskan. let me call you my next blogger ya mba :)

    BalasHapus
  24. ALhamdulillah sudah diingatkan lagi, makasih banget mba Shyn. Asuransi perlindungan ini wajib banget kita miliki ya Mba. Aku juga kudu hati-hati dalam memilihnya ya Mba. Tugu isurance ini sudah berdiri lama ya, pastilah memiliki nasabah yang solid.

    BalasHapus
  25. Ceritanya unik banget. Artikelnya sangat mencerahkan dan bermanfaat 👍. Ini buat saya menyadari juga pentingnya asuransi. Next kalo udah ada pendapatan dan pekerjaan tetap, aku kayanya mau riset dan apply utamanya asuransi yang syariah. Terimakasih mba Shyntako sudah sharing tentang Tugu Insurance ini.

    BalasHapus
  26. asuransi memang penting dan banyak membantu ya mba.. aku juga punya beberapa untuk extra perlindunganku dan juga keluarga

    BalasHapus
  27. Memang penting untuk selalu mempersiapkan perlindungan sejak dini karena ga ada yang bisa memprediksi masa depan. Kehidupan pun ga selalu mulus-mulus aja ye kan?

    Hadirnya Tugu Asuransi dengan beragam produk yang berbeda tentu makin memudahkan untuk memilih sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  28. Perumpamaan perencaan dengan contoh Jack dan angsanya tadi sungguh mengena. Benar sekali, tanpa perencanaan dan usaha melindungi diri, hal-hal di luar dugaan susah untuk diatasi.

    BalasHapus
  29. Asuransi ibarat kisah di atas yaa, kak..
    Menginspirasi sekali bagi seseorang yang belum memiliki asuransi dan merasakan manfaatnya.
    Semakin tercerahkan, haturnuhun.

    BalasHapus
  30. 3 post tabungan, investasi, dan asuransi. Dan kayaknya masih banyak masyarakat kita yang berpikir asuransi itu semacam tabungan.

    Tulisan-tulisan seperti ini jadi perlu agar masyarakat lebih teredukasi soal asuransi dan juga pengelolaan keuangan pribadi.

    BalasHapus
  31. Banyak terjadi kesalah pahaman di masyarakat yang mengira asuransi itu tabungan

    BalasHapus
  32. Wah iya nih kisahnya bikin nyesek yaaa
    Asuransi emang penting ya, belakangan juga kalau ke RS ditanya bayar pakai tunai atau asuransi huhu
    Kalau punya asuransi hilang ya kekhawatiran saat ada kebutuhan tiba2 sakit.

    BalasHapus
  33. Kalau saya sudah mulai mengurangi belanja karena keinginan bukan karena kebutuhan. Duitnya ditabung di tabungan emas.

    BalasHapus
  34. Memang kita harus merencanakan ansurasi sejak dini yaa mbak..Agar tidak resah menjelang hari tua nanti..😊😊

    BalasHapus
  35. Asuransi sekarang sudah jadi barang wajib yang ngga bisa dilupakan. Masa depan masih misteri, persiapkan sebaik mungkin

    BalasHapus
  36. penggambaran kisah yang menarik sekali angsa dan petani ini merupakan dongen yang sering aku baca waktu kecil. asuransi memang sangat diperlukan sekali, apalagi bagi yang memiliki pekerjaan dengan tingkat resiko tinggi. penting untuk merencanakan asuransi sedini mungkin

    BalasHapus
  37. langkahku saat ini ya harus menyiapkan asuransi, investasi, dan tabungan sih. soalnya ketiga-tiga nya penting banget, karena udah belajar dari pengalaman di tahun ini yang terjadi wabah ngga terduga.

    BalasHapus
  38. Waktu bikin polis asuransi dan memulai investasi, pernah dinyinyirin "Jangan mendahului takdir" atau "jangan numpuk harta" nggak? Aku sering :D Apa pun jawaban yang diberikan, tetap aja dinyinyirin. Akhirnya, diemin aja deh.

    BalasHapus
  39. 3 post itu, tabungan, investasi dan asuransi noted bangettt kak. beneran langsung aku tulis agar bisa dipraktikkan. selama ini aku blm pernah pakai asuransi sih, cuma nabung dan investasi ajaa.

    BalasHapus
  40. Wah bagus sekali menghubungkan cerita pendahuluan dengan pentingnya merencanakan keuangan. So far aku masih belum mulai invest apapun nih. Dulu ada asuransi pendidikan tapi akhirnya kututup. Masih ngandelin pas butuh pas ada.. 🙈🙈🙈

    BalasHapus
  41. Iya banget, sejak awal, hal yang berharga memang sudah harus dilindungi. Keluarga misalnya ya. Sebelum terjadi apa pun, proteksi harus bisa dilakukan. Supaya saat ada kejadian tak terduga, kita sudah tahu risikonya. Asuransi ini memang penting. Dan aku makin ngerasa manfaatnya di saat pandemi kayak sekarang. Uang dan pekerjaan bisa hilang, tapi asuransi, akan melindungi kita kapan pun.

    BalasHapus
  42. 3 kantong ini penting ya. Oh ya kalau tabungan kan dijamin LPS. Kalau asuransi apakah ada lembaga penjaminnya seperti LPS?

    BalasHapus
  43. Penting banget merencanakan keuangan salah satunya dengan punya asuransi jadi tahu tentang asuransi syariah dari tugu insurance

    BalasHapus