Peluang Bisnis Casing Handphone Custom di Masa Pandemi

Sekarang, hampir semua orang memiliki handphone, terlebih sejak pandemi melanda. Karena pandemi memaksa kita semua beraktivitas secara online, work from home hingga school from home. Dan ternyata, selama pandemi demand terhadap handphone pun meningkat dan tidak mengherankan banyak produsen handphone berlomba-lomba mengeluarkan model terbarunya.

Melihat perkembangan tersebut, ada sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan loh dibalik bertaburannya merek dan model handphone selama pandemi ini. Yaitu, bisnis aksesoris handphone, lebih tepatnya casing handphone custom

Jujur, saya pribadi tuh termasuk yang hobi gonta-ganti casing handphone. Apalagi kalo udah gambar casing-nya tuh kesukaan kita, gemes banget pasti kan mau beli. Well, bisa dibilang memang target market casing handphone custom sebagian besar itu adalah kaum hawa.
peluang bisnis online
Aneka Casing Handphone Custom (source: pexels.com)

5 Alasan Bisnis Casing Handphone Custom Menguntungkan

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kita memang dituntut lebih kreatif dan produktif untuk menghasilkan uang. Inilah beberapa alasan kenapa bisnis casing handphone custom ini terbilang menguntungkan:
 
1. Produknya bervariasi dan mudah
Dengan beragamnya tipe dan merek handphone yang beredar di masyarakat, aksesoris casing handphone custom ini termasuk yang paling dicari-cari oleh konsumen. Dan faktanya, konsumen umumnya memiliki lebih dari 1 casing loh!
2. Target marketnya luas
Seiring dengan banyaknya marketplace dan penjualan online yang merebak di masa pandemi, tentu saja ini akan membuat akses kita ke konsumen semakin luas. Triknya, ikuti perkembangan smartphone terkini sehingga kita bisa menyediakan casing custom yang banyak dibutuhkan konsumen.
3. Bisa dijadikan bisnis sampingan
Sekarang banyak sekali tutorial cara membuat casing handphone custom di YouTube dan Google. Oleh karena itu, bisnis ini bisa dilakukan di antara pekerjaan utama kita loh. Atau, jika memang banyak juga opsi yang menawarkan sebagai reseller atau dropshipper. Menarik kan?
4. Tidak perlu banyak karyawan
Bagi yang memiliki modal terbatas dan belum bisa menggaji karyawan, bisnis yang satu ini pilihan tepat. Jadi, kita bisa mengerjakannya sendiri loh atau bisa juga kongsian bareng teman atau saudara.
Printer bagus untuk kantor/bisnismu (source: Hewlett-Packard)
 
5. Modal relatif terjangkau
Untuk memulai bisnis ini, kita memerlukan modal sekitar Rp15-20an juta untuk peralatan seperti printer multifungsi, mesin press sublimasi, tinta dan sebagainya. Dibandingkan dengan bisnis lainnya yang membutuhkan modal puluhan hingga ratusan juta, bisnis casing handphone custom ini jelas menggiurkan.

Peralatan Starter Kit Bisnis Casing Handphone Custom

Nah, untuk memulai bisnis ini, ada beberapa peralatan yang dibutuhkan nih, yaitu:

Printer multifingsi HP Laserjet Pro M454DN
Untuk bisnis kecil, HP Laserjet Pro M454DN ini cukup mumpuni loh. Merek HP memang terkenal sebagai printer bagus untuk kantor. Dengan kecepatan cetak warna hingga 27 ppm untuk ukuran A4, urusan printing memang jadi sangat efisien. 
 
HP menghadirkan teknologi canggih di seri printer Laserjet Pro M454DN dengan harga yang relatif terjangkau. Kemampuan mencetak dokumen maupun foto tidak perlu diragukan lagi, hasil cetakan pun warnanya cerah dan cemerlang. 
Spesifikasi printer multifungsi HP Laserjet Pro M454DN
Menghadirkan teknologi nirkabel, kita tidak perlu repot menyambungkan perangkat melalui kabel. Sebagai wireless printer berteknologi canggih, HP Laserjet Pro M454DN memungkinkan kita untuk mencetak dokumen/foto dari jarak tertentu. Keren kan?

Sebagai produsen printer ternama di dunia, HP juga mengedepankan desain yang sederhana namun elegan pada seri Laserjet Pro M454DN. Dengan dimensi produk 412x469x295 mm dan berat 18,9 kg printer ini dapat ditempatkan di sudut ruang kerja.

Dibanderol dengan harga Rp10.630.000, Laserjet Pro M454DN ini sudah menggunakan teknologi andalan HP Auto-On/Auto-Off. Jadi, no worries printer ini bisa membantu menghemat daya listrik hingga 11% dibandingkan produk serupa loh!
 
Kertas & mesin press sublimasi
Investasi selanjutnya adalah mesin press sublimasi untuk mentransfer gambar yang diinginkan ke casing handphone secara full body atau sublimasi 3D. Dengan investasi sekitar 6 jutaan, casing handphone yang diproduksi relatif murah dan bisa dijual dengan margin yang tinggi.
 
Casing handphone polos
Nah, ini juga jadi salah satu investasi kita untuk memulai bisnis casing handphone custom di masa pandemi. Usahakan memiliki varian berbagai tipe handphone. Atau kita bisa membeli casing handphone polos sesuai dengan orderan untuk mengurangi resiko stok yanng tidak terjual.   
bisnis casing handphone custom
Bisnis casing handphone custom (source: pexels)
Sekarang, yuk kita bayangkan anggaplah sekitar 25% penduduk Indonesia memiliki handphone dengan total 130 juta unit. Dengan asumsi, satu orang bisa memiliki lebih dari 1 handphone, maka target market bisnis casing handphone custom ini sangatlah besar. Let's say, kita bisa mendapatkan 5% saja dari keseluruhan target marketnya, coba deh hitung, angkanya cukup seksi dan menggiurkan bukan?
 
 
 

87 komentar

  1. wow baru tau , cukup bermodalkan printer Laserjet Pro M454DN bisa menghasilkan casing handphone custom secantik itu
    Kirain membutuhkan mesin milyaran rupiah
    keerennnn......

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ambu, bisnis ini memang menarik, dan karena aku juga termasuk pecinta casing custom, jadi seneng banget deh sama peluang bisnis ini

      Hapus
    2. Ide kreatif ditambah sarana yg mumpuni bisa jadi sesuatu yang luar biasa ya...keren memang hasilnya

      Hapus
  2. mantul, reviewnya menarik kak. Aq juga di kantor pake HP laser jet, keren bgt nih printer. Mo beli juga ah, btw hrganya brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tuh di atas aku tulis juga loh kak kisaran harganya, kurleb 10 jutaan dengan speks yang wow kaya gini sih

      Hapus
    2. aku siwer kak,,makasih infonya

      Hapus
  3. Nah..nahcuma bermodalkan mesin printer Hp laser jet bisa langsung berbbisnis custom hp yaa. Makin mneggiurkan memang bisnis ini, terutama target marketnya selalu ada aja dan luaa, soalnya pengguna henpon udah wajib banget ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi bisa bikin casing hape sesuai mau kita ya, bisa bikin gambar kita sendiri, bisa ada foto sendiri malah ya. Keren butuh banget nih, untuk bisnis adanya printer

      Hapus
  4. Ide bisnis yang bagus nih. Betul berapa banyak keuntungan ya kalau dilihat dari pengguna hp di tanah air kita ini. Casing hp emang udah jadi lifestyle

    BalasHapus
  5. Wuih klo anak-anak muda pasti seneng bisa bisa gonta ganti casing HP dengan gambar idolanya. Bisa juga dimanfaatkan untuk usaha casing HP. Kan Kpop lagi booming banget tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget mba, aku aja minimal punya 3 casing kali yang suka aku gonta-ganti juga kalo bosen hehehhee

      Hapus
  6. Mpo pernah beli casing HP dari China hanya karena tertarik gambar casing kucing persia. Ternyata bisnis casing HP sangat mengiurkan dan bisa dijual ke mancanegara

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik ya, bikin casing lucu pakai printer HP

      Malah bisa dijual juga, sambil menyelam minum air ^^

      Hapus
  7. emang sekarang lagi musim casing hp yg lucu lucu ya mbak
    makanya bisa jadi peluang bisnis yg menjanjikan ya mbak
    apalagi dibantu printer hp ini

    BalasHapus
  8. Mantuuulll ini mbaaa ide bisnisnyaaa

    Banyak yg kepincut casing HP dgn karakter dan desain yg unyuu.

    Didukung printer HP makin mantuul dah

    BalasHapus
  9. Kalo printer sekelas HP Deskjet ternyata bisa nyetak casing gadget, keren banget nih dan tentunya bisa menjadi lahan bisnis bagi orang-orang yang kreatif dalam desain.

    BalasHapus
  10. Wah, itu casing Hape unyu-unyu bener ya. Inspiratif nih idenya, desain casing handphone custom. Aplikasi desain free banyak, ada HP Laserjet pas banget..tinggal eksekusi ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Casing hp custom poto kita makin jelas kalo dicetak pake Hp laserjet yaaa.
      Selalu menggoda kalo pake casinng unyu2 nih.

      Hapus
  11. Masya Allah, kalo punya HP Laserjet Pro M454DN bisa punya bisnis sendiri di rumah. Hiihii. Ada rupa ada harga ini mah.

    BalasHapus
  12. nah aku dan suamiku salah satu dari sekian banyak pelanggan yang suka bangget beli casing hahahah bisa tuh dua bulan sekali beli, karena sesuka itu sama casing handphone apalagi yang bisa custom, oh sekalian sama pop socketnya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. naaah kan, aku aja punya 2-3 casing kalo bosen kan bisa ganti case hihiih jadi peluang bisnisnya wow banget sih

      Hapus
  13. untuk menjalankan bisnis casing handphone ini membutuhkan printer yang performanya mumpuni ya.. dan HP Laserjet adalah pilihan yang tepat. Btw di rumah aku pakai printer HP juga loh hehehhe

    BalasHapus
  14. saya termasuk pengoleksi casing hape yang gemes2 mba, hahahaa satu hape bisa punya 10 casing saking ga tahan liat yang gemes2

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kaaaan, memang casingn itu gak cukup hanya punya satu yaa, bikin peluang bisnisnya semakin terbuka lebar

      Hapus
  15. teman ku bisnis casing hape, omsetnya luar biasa banget deh, dia ambil yang harga murah sampai yang premium juga mba.

    BalasHapus
  16. jadi modal sekitar 15 jutaan lah yaaa tapi bisa menghasilkan puluhan b ahkan ratusan juta!

    BalasHapus
  17. Woaaahh boljug banget nih idenya. Kebetulan saya suka fancy design dan doyan casing. Jadi 2 kombinasi yang cucok dan saling mendukung. Ngobrol sama suami ah. Peluang bisnis yang bagus ditunjang dengan alat yang canggih dan update.

    BalasHapus
  18. Cashing hp dengan beragam motif saat ini tengah diminati. Cermat membaca peluang dan persiapan sederhana bermondal printer multifungsi seperti ini bisa jadi ladang usaha yang cukup bagus ya

    BalasHapus
  19. Ternyata bisa ya bikin dan cetak design case hape sendiri di rumah. Aku kira harus ke printer2 besar yang ada di percetakan itu mbak. Lumayan bangat ini untuk ide usaha :D

    BalasHapus
  20. Mba Syntaaa, ini ide cemerlang banget! So brilliant dan layak banget dicoba ya? Pandemi mendorong kita untuk berpikir kreatif dan berani taking action! Dan ku semakin penasaran deh dengan HP Laserjet Pro M454DN ini! Kece badai banget!

    BalasHapus
  21. kalau dulu aku suka casing HP yang polos tapi sekarang suka yang lucu-lucu hehe. Tapi memang ya sekarang banyak yang buka usaha casing HP custom gitu bisa foto bersama pasangan atau keluarga juga bisa. Pastinya kalau mau dipasang di casing kualitas fotonya juga harus ok makanya dibutuhkan printer yang oke pula.

    BalasHapus
  22. eh serius bisa? saiyah sebagainya mamak kocheng, perlu banget ini untuk bibisnisan..
    tapi berapa duit yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dong mba, tuh aku review di artikel ku di atas, modal sekitar 15 jutaan bisa cuan puluhan bahkan ratusan juta, cepet banget balik modalnya bisnis casing handphone gini tuh

      Hapus
  23. penting banget ya cassing hape, selain untuk menjaga hape supaya ndak tergores dan gak berat jika jatuh, cassing ternyata bisa buat gegayaan gitu ya, hehehe

    Oh, bisa juga ya produksi sendiri asal ada peralatannya ya, seperti printer ini.

    BalasHapus
  24. Kudu rada serius nih dalam ngumpulin modalnya. Sepuluh juta buat printer nya aja, Hem... Tapi kan sebanding sama kualitas dan nanti output nya juga ya

    BalasHapus
  25. Aku suka gonta ganti casing nih. Lucu², apalagi kalau bisa custom. Kesannya lebih pribadi. Meski lebih banyak di rumah ga menurunkan hasrat gonta ganti casing ya. Ku pun gitu soalnya hihi

    BalasHapus
  26. Aku baru tahu lho Mbak kalau alat buat nyetak custom casing itu sekecil ini. Kebetulan dulu aku pernah jadi reseller, jadi juali ulang gitu. Harganya emang mahal banget kalau udah jadi reseller. Kalau produksi sendiri bisa lebih murah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mba, modalnya printer sama si mesin sublimasi cuss deh bisa jalanin bisnis casing handphone kaya gini

      Hapus
  27. Baru tahu kalau bisnis casing HP semenggiurkan ini. Dan ternyata kalau jadi produsen modalnya nggak terlalu besar Juga yaa.. wuih jadi pengen bikin casing hp sendiri :)

    BalasHapus
  28. Aku dan suami casing handphone nya juga desain sendiri nih. Terus dipesenin ke tukang buatnya. Ternyata bermodal printer kayak gini bisa buka usaha sendiri

    BalasHapus
  29. Insight baru ni buat aku. Ternyata cukup bermodal printer ini ya. Ini bisnis yang cukup menjanjikan menurut aku. Apalagi generasi sekarang yang cepet bosan dan gak puas dengan 1 macam casing hp.

    BalasHapus
  30. Lucu lucu yaa casingnya. Ide kreatif banget nih. Bisa jadi peluang bisnis yang bagus. Asal konsisten, Insya Allah bisa sukses.

    BalasHapus
  31. Zaman skrng kudu pinter cari tambahan pendapatan dan ini bisa jd alternatif yaaa. Modalnya jg gak gede2 imit.
    Kayaknya pasar casing kyk gini anak2 muda gtu ya? hehe
    Kalau emak kek aku (atau aku sendiri wkwkwk) dah makainya yang STD2 kek hitam putih :D

    BalasHapus
  32. haha iya looh ini aku kapan hari agak kesusahan cari casing handphone soalnya aku cari yang nggak cuma lucu2 aja desainnya tapi juga sudut2nya cukup melindungi plus ada wrapnya di belakang buat tangan. lebih enak dibanding pop socket menurutku

    BalasHapus
  33. Wah, jadi kayak diingatkan kalau casing hpku memang hatus ganti nih mba.tapi memang ya masa pandemi harus bisa cari peluang bisnis biar ekonomi berjalan

    BalasHapus
  34. Aku kemarin juga pesen casing dan dia bilang printable.
    Hasilnya memuaskan banget...Aku suka.
    Ternyata ini printer yang bekerja di balik design yang cantik-cantik itu yaa..

    BalasHapus
  35. Peluang usaha yang menjanjikan, terima kasih informasinya mbak ^_^

    BalasHapus
  36. Saya sudah pernah baca nih di beberapa tulisan di blog lain. Udah lama sekali saya gak beli custom case lagi, kalau liat hp yang udah dipasangin case dengan desain yang kece jadi gak mau lepas deh hp dari tangan saya, hehehe.

    BalasHapus
  37. Peluang buat bisnis casing hp ini memang besar ya mba, saya suka ngiler lihat custom casing desain anime kesukaan saya

    BalasHapus
  38. Mbak shynta, jadi penasaran lho sama printer HP laser jet ini. Mumpuni lah ya buat support bisnis. Btw, ide bisnis custom casing HP ini memang nenjanjikan mbak. Soalnya penghuna hp yang banyak dan terlebih anak2 muda yang suka gonta-ganti casing itu bisa jadi target market banget. Jadi bisnis ini bakal cepet balik modal ya

    BalasHapus
  39. menarik banget baru ngerti ada printer hp yang bisa cetak begini, bisa jadi masuk ide baru bisnis ya mba, apalagi bisa custom gini

    BalasHapus
  40. Wah keren si dengan memanfaat teknologi yang ada, bisa buka bisnis sendiri nambah pemasukan di tengah pandemi. Keren

    BalasHapus
  41. Ide bagus nih kak. Aku gak kepikiran loh bisnis casing hp bisa dari rumah aja. Tapi ternyata sekarang bisa jadi pilihan bisnis yang menguntungkan juga yaa

    BalasHapus
  42. Yang motif buah kok segarrrrr. Ada yang bisa buat Redmi note 9 nggak itu kak Hehe.
    Bisnis casing ternyata menggiurkan juga ya. Aku baru paham sekarang.

    BalasHapus
  43. Wah, aku kudet banget ternyata bisa buat case dengan mudah sekarang. Terimakasih infonya kak :D

    BalasHapus
  44. Yup betul sekali target market untuk bisnis casing handphone sangat besar sekali. Apalagi gunakan printer HP...bisnis yang sinergis.

    BalasHapus
  45. Wih, mantep banget kak. Bermodal printer sudah bisa bikin usaha yang simpel tapi menguntungkan.

    BalasHapus
  46. Aku banget ini kalau pakai casing hp pasti custom, karena mau yang beda dan biar lebih personal saja. Tentunya harus ada sentuhan warna toska kalau aku kak.

    BalasHapus
  47. Wah bener juga ya bisnis casing hp itu bisa menjanjikan di mas pandemi, soalnya orang makin banyak menghabiskan waktu pakai hp. btw kece banget itu printer HP Laserjetnya ya 😍

    BalasHapus
  48. Bisnis produk kustom sepertinya memang lagi digandrungi Mbak, apalagi kalau kita bisa mencari niche yang potensial. Untungnya juga bisa berlimpah, asalkan pandai dalam branding. Secara model case polos terbilang murah, dan harga jual yang sudah dicetak bisa dikali lipatkan

    BalasHapus
  49. Peluang yang besar nih ya. Modalnya juga nggak butuh banyak.

    BalasHapus
  50. Ternyata banyak produk cetakan bisa dihasilkan oleh printer HP ini. Bisnis percetakan seperti yang dimiliki suami saya kayaknya juga perlu punya printer ini. Secara, selalu nyetak undangan pernikahan, sticker, sertifikat, dll.

    BalasHapus
  51. casing handphone custom jadi bisnis yang bisa terus berlanjut menurutku Teh, paling harus terus berkreasi dengan hasil cetak nya yang menarik

    BalasHapus
  52. Bisnis yang lumayan banyak peminatnya nih. Terlebih bisa pesan custom. Casingnya jadi barang kesukaan si pengguna hp dan melindungi hpnya juga.

    BalasHapus
  53. Wuiii seru banget ini kalau punya printer laserjet pro dari HP bisa dipake buat buka bisnis design casing handphone. Apalagi kalo custom dan personal banget design-nya.

    BalasHapus
  54. Mantap kak. Apalagi kalau custom tuh pelanggan bisa request sesuai keinginan mereka ya, jadi gak ada matinya.

    BalasHapus
  55. Ide bisnis menarik nih, modal terjangkau. Bisa dijual di market place online pasti laku keras. Bisa pre order juga by custom pula ya..

    BalasHapus
  56. Aku termasuk salah satu yg suka gonta ganti casing hp krn casing hp yg lucu2 bikin semangat aja gitu sehari2, hehehe. Tp utk model hpku susah bgt cari barangnya di dlm negeri, kl mau beli hrs dr luar negeri.

    BalasHapus
  57. Menggiurkan banget kalau dihitung-hitung. Apalagi seorang bisa punya koleksi beberapa. Aku ada teman yang bisa sampai 5 koleksi custom casing handphone, tiap hari ganti. Sabtu minggunya polosan. Hehe

    BalasHapus
  58. Bagus nih ide bisnis casing HP yang custome. Jadi pelanggan bisa memilih jenis gambar sesuai keinginan. Ditambah lagi dukungan laserjet HP yang mumpuni. Mantap.

    BalasHapus
  59. Ohhh casing hp yang keren motifnya itu bisa dicetak lewat printer Hp toh yaa.. Hmmm, aku jadi pengen nyoba nih bikin casing hp sendiri

    BalasHapus
  60. Wuiih keren bgt ya printer HP bisa hasilkan cetakan seciamik itu. Aku ga nyangka kalo casing hp bisa dicetak pake printer biasa haha aku mikirnya pake printer besar kyk mesin fotokopi hihi

    BalasHapus
  61. Lhooo baru tahu kalau HP DeskJet ini bisa dipakai buat printing case gitu. Mayan banget loh ini asli deh. Apalagi sekitarku banyak anak2 abege suka ganti2 casing. hahaha

    BalasHapus
  62. Hi kak salam kenal, wah menarik juga ya bisnis casing handphone dan menjanjikan juga ya. Tidak hanya itu bisnis ini menjanjikan karena target pasar anak mud ayang hybest yang suka gonta ganti casing berdasarkan warna bajunya, ya kan?

    BalasHapus
  63. dicetaknya kaya stiker gitu ya mbak shynta? jadi bisa custom gambar apa aja tinggal orint dari HP ini, keren bgt dong

    BalasHapus
  64. aku juga salah satu orang yang suka banget sama tampilan casing hp yang bagus2 nih.. ternyata kalau dibisniskan cuannya lumayan juga ya mbak, cepet balik juga modalnya nih... ladang bisnis yang menarik

    BalasHapus
  65. HP tuh aku sukanya dia ngga berisik pas kerja hehe. Lainnya sampe jedat jedettt aja gituu. Malesin bangunin orang kwkww

    BalasHapus
  66. Wah perlu dicoba juga ya buka usaha kala pandemik

    BalasHapus
  67. Wah perlu dicoba juga ya buka usaha kala pandemik hanya sebatas menggunakan printer dan membuat design yang berbeda, pasti laris manis

    BalasHapus
  68. Bisnis casing itu sekarang jadi pilihan, temenku banyak yg jualan ini juga

    BalasHapus
  69. Saya pengguna casing garis keras,, gak bisa banget kalo gapake casing hpnya, serasa hampa pegangan tangan.. Ahhaha

    Kerena bgt printer ini, bisa custom casing cantik2 kayak gitu..

    BalasHapus
  70. Wah keren mbak bisa buat casing hp secara custom gitu lcu dan bagus warnanya..dan pastinya didukung printer multifungsi ya mbak semoga sukses terus usahanya

    BalasHapus
  71. Adik-adik sekitar rumah saya juga pada bisnis casing HP ini. Sayangnya mereka belum punya printer

    BalasHapus
  72. Menarik juga ya buat coba bisnis casing HP, apalagi modelnya lucu2 gitu, pastinya banyak yg minat buat beli ya. Saya jadi tertarik tapi mesti kumpulin modal dulu nih

    BalasHapus
  73. IYayah sekarang sih casing HP tuh lucu ya mba makanya bisa jadi peluang bisnis zaman now

    BalasHapus
  74. Saya juga pakai printer milik HP di rumah, bukan tipe Laserjet Pro M454DN memang tapi awet dan memang hemat listrik juga. Kira-kira bisa nggak ya disambungin ke mesin press sublimasi.

    Duh ngacay banget model bisnisnya nih. Makasih mbak.

    BalasHapus
  75. Produk tradisional yang bergaya etnik itu unik, Mbak. Semoga makin banyak pihak tergerak membangkitkan industri kerajinan daerah hingga fashion khas Indonesia.

    BalasHapus