Cara Cek Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi

Hai, apa kabar nih, gimana level PPKM di daerahmu? Berdasarkan laporan pandangan mata dari aplikasi PeduliLindungi, di wilayah tempat tinggalku akhirnya berubah dari zona merah ke zona sedang. Ternyata, aplikasi ini tuh menjadi aplikasi yang paling dicari selama pandemi ini, apalagi setelah PPKM dilonggarkan, karena menjadi syarat masuk mall.

Aplikasi PeduliLindungi wajib dimiliki selama pandemi

Apa sih itu Aplikasi PeduliLindungi?

Ini tuh aplikasi yang dikembangkan pemerintah untuk melakukan pelacakan terhadap masyarakat untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Jadi, kita diminta untuk mengaktifkan GPS sehingga bisa mendeteksi zona di wilayah kita berada dalam zona tinggi, sedang atau rendah. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis loh melalui Google Playstore maupun Appstore!

Melalui aplikasi PeduliLindungi, kita juga bisa loh mengakses layanan Teledokter yang memang ditujukan bagi masyarakat yang harus menjalani isoman karena terpapar Covid-19 dengan gejala ringan. Jadi, tetap terpantau oleh tenaga kesehatan dan mendapatkan bantuan obat-obatan gratis dari pemerintah.

Selain itu, data vaksinasi kita juga otomatis ada di dalam aplikasi ini loh. Kalau saya, baru satu kali vaksin nih di bulan Juni, pakai AstraZeneca. Pemerintah memang menyediakan beberapa jenis vaksin karena menyesuaikan dengan ketersediaan stok yang ada. Jadi, ada yang pakai Sinovac dan sekarang Pfizer. Apapun vaksinnya, sama kok fungsinya untuk melindungi kita dari Covid-19.

Cara Membuat Akun PeduliLindungi

Nah, buat kalian yang belum punya aplikasinya, yuk daftar dan buat akunnya, mudah kok. Kunjungi laman pedulilindungi.id, klik login/register, pilih buat akun PeduliLindungi. Lalu daftarkan email atau nomor hapemu, siapkan juga data berupa NIK ya. Isi semua data yang diminta dan klik 'Buat Akun'.

Cara agar Indonesia merdeka dari pandemi

Nomor OTP akan dikirim via sms ke nomor hape yang sudah didaftarkan tadi, lalu login dengan menggunakan nomo hape dan masukkan kode OTP.

Lalu, buka aplikasi PeduliLindungi menggunakan data yang tadi sudah kita daftarkan. Aktifkan penggunaan GPS untuk mendapatkan notifikasi zona di area sekitar dimana kita berada. Nanti, data vaksinasi juga akan ada otomatis di aplikasi ini.

Cara Daftar Vaksin Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Bagi yang belum divaksin, bisa juga loh melakukan pendaftaran vaksin melalui aplikasi ini. Caranya, klik Pendaftaran Vaksin pada halaman Beranda/Home. Masukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP. Lalu, klik Informasi Penerimaan Vaksin dan masukkan kode verifikasinya. Voila, kita tinggal menunggu notifikasi jadwal vaksinnya deh!

aturan ppkm jawa-bali 31 Agustus-6September 2021
Aturan PPKM Jawa-Bali 31 Agustus-6 September 2021

Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi

Sertifikat vaksin kini menjadi syarat perjalanan ataupun memasuki mall/beberapa tempat tertentu. Oleh karena itu, penting kita memiliki aplikasi PeduliLindungi. Karena cukup hanya dengan scan QR melalui aplikasi saja.

Caranya pun relatif mudah untuk melihat sertifikat vaksin kita, buka aplikasi PeduliLindungi, lalu klik Akun. Pilih sertifikat vaksin, dan kita dapat melihat sertifikat vaksin yang sudah kita miliki. Jika ingin mengunduh filenya pun, kita tinggal klik Unduh Sertifikat.

Sekarang ini, banyak sekali yang mencetak sertifikat vaksin dan dijadikan kartu seukuran kartu debit. Namun, hal ini sangat tidak disarankan ya mengingat sertifikat vaksin itu memuat data-data pribadi yang rentan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Nah, ternyata satu aplikasi itu sangat banyak loh fungsinya. Sudah punya belum aplikasi PeduliLindungi? Yuk unduh segera ya!

37 komentar

  1. aku udah vaksin sayangnya ga bisa cetak sertifikatnya mba gegara administrasi pusat yang ga hapus data pertamaku mba jadi bingung mau ke siapa ini ngurusinnya karena ke panitianya aja udah delete tapi data dipedulilindungi ga update huhuhu GA BISA KE MALL wkwkw

    BalasHapus
  2. Oh aplikasi pedulilindungi bisa buat daftar vaksin juga ya. Pengen nyoba deh kebetulan aku belum vaksin juga nih.

    BalasHapus
  3. baru tau tentang aplikasi PeduliLindungi,lengkap dan jelas

    semula saya bingung untuk apa sih aplikasi PeduliLindungi?

    Ternyata sangat lengkap, kita gak perlu cari-cari data terkait Covid 19

    BalasHapus
  4. Aku udah vaksin pertama. Udah unduh aplikasi pedulilindungi dan dapat sertifikatnya juga.

    BalasHapus
  5. oohh baru ngeh akuu, coba instal aplikasinya deh kalo gituu. Besok lagi mau otw vaksin ke2 hehe. Sehat2 kak Shynn <3

    BalasHapus
  6. Wah makasih infonya kak Syntako. Kemaren aku sudah nyetak sertifikat vaksin jadi kecil gitu kayak KTP. Isinya bolak-balik vaksin 1 dan vaksin 2. Langsung masukin dompet dan praktis di bawa kemana-mana ya. Jadi memang punya sertifikat vaksin ini penting untuk dibawa kemana2.

    BalasHapus
  7. Aplikasi pedulilindungi lengkap ya. Kebetulan saya ada pengalaman, sertifikat vaksin suami belum keluar padahal harus ke Jakarta. sertifikat saya langsung dapat sejam setelah vaksin. Dia menunggu hampir seminggu.
    Usut punya usut, tahun lahirnya terbalik. Seharusnya 79 di sertifikat 97. Jadi ditahan penyelenggara vaksin untuk dibenerin.

    BalasHapus
  8. SAya sudah download juga nih aplikasi ni, saya blm dapat sertifikatnya , karena baru dosis 1 hehe.

    BalasHapus
  9. Aku belum vaksin nih karena lagi hamil dan belum dianjurkan buat vaksin. Ternyata kartu vaksin tidak perlu di cetak ya.

    BalasHapus
  10. Saya lagi kesulitan mendapatkan sertifikat vaksin ke-1 saya nih Mbak. Sudah install dan masukkan NIK, eehh sertifikat a/n saya gak muncul. Yang ada itu sertifikat a/n orang lain. Padahal pin yang saya masukkan sudah sesuai dengan email yang dikirimkan oleh Peduli Lindungi.

    BalasHapus
  11. Benar juga ya mbak, data pribadi bisa disalahgunakan jika dicetak kayak kartu debit. Untung sy belum jadi cetak sertifikat. TFS mbak....btw aku blm punya app ini. Bisa dicoba nanti

    BalasHapus
  12. mengingatkan akan pentingnya aplikasi tersebut untuk mengunduh surat keterangan telah vaksinasi buat keperluan

    BalasHapus
  13. Langsung aku catat nih, soalnya aku belum bisa vaksin dulu karena baru aja kena COVID19, padahal kalau mau bepergian harus pakai itu kan ya.

    BalasHapus
  14. saya udah 2x vaksin tapi pas cek di peduli lindungi, gak kelihatan sertifikatnya. tiap kali mau lihat sertifikat sellau eror, hiks

    BalasHapus
  15. Wiihh, komplet banget ternyata ya aplikasi ini.
    Bisa kita manfaatkan selama pandemi blm kelar.
    semogaaaa pagebluk ini segera berakhir yakkk

    BalasHapus
  16. Lega banget udah punya sertifikat vaksin ya mba Shyn, aku belum vaksin nih nunggu badan fit total. Semoga pandemi lekas musnah ya, biar kita bisa ke mana-mana nggak takut lagi

    BalasHapus
  17. Saya sudah vaksin kedua dan udah unduh aplikasi PeduliLindungi juga. Soalnya jaga-jaga mau ke luar kota juga, biar lebih tenang.

    BalasHapus
  18. Berarti setelah vaksin gak serta merta langsung ad sertifikat yah. Noted nih sy blum soalnya lg hamil

    BalasHapus
  19. Saya masih bermasalah dlm mengakses sertifikat kedua nih, selalu gagal padahal sudah sesuai arahan langkah2nya...

    BalasHapus
  20. aku belum download nih mba aplikasi peduli lindungi, baru daftar yang via website aja, ternyata bisa cek juga yah untuk daerah mana yang zona merah dan sebagainya, jadi kita bisa prepare juga untuk lebih ketat prokes kalau berada di zona merah, alhamdulilah jakarta sudah tidak zona merah dan kantorku pun mulai lebih banyak yang wfo... kangen ketemu temen kantor dan kerja dikantor juga

    BalasHapus
  21. yes, peduli lindungi ini banyak dicari krn kita bisa cek data seputar covid lewat hp aja. Duh semoga pandemi cepat kelar.

    BalasHapus
  22. Saya juga sudah ada aplikasi Peduli Lindungi ini sejak awal ada sampai sekarang udah banyak perbaikannya, sekalian bisa melihat sertifikat vaksin yg ada dan juga sekaligus bisa untuk masuk mall gitu ya. Tapi saya blm ke mall nih, di sini sama menggunakan aplikasi ini juga

    BalasHapus
  23. Baru tahu ada aplikasi Peduli Lindungi. Sepertinya praktis dipakai ya

    BalasHapus
  24. Ternyata aplikasi ini penting ya ketika harus ke mall. Semula aku nggak tertarik install aplikasinya, namun mendadak kudu ke mall untuk nemenin suami yang janjian dengan calon klien. Cuma sebentar tapi harus install aplikasi pedulilindungi dulu. Bersyukur lah kami berdua udah vaksin lengkap jadi nggak ada masalah waktu akses aplikasinya

    BalasHapus
  25. Syukurlah saya sudah vaksin, tidak hanya lewat webb saja.. Tapi lewat aplikasi pedulilindungi di smartphone juga bisa hhi

    BalasHapus
  26. aku sudah vaksin tapi belum cetak sih sertifikatnya. mungkin nanti kalau diperlukan banget bakal aku cetak. tapi seharusnya lewat aplikasi ini sudah bisa dong ya ditunjukkan ke petugas kalau dicari bukti vaksinnya?

    BalasHapus
  27. Informasinya sangat bermanfaat mbak. Saya sendiri tadinya maju mundur install enggak, install engga karena kuatir aja. Namun karena skrng seperti sudah jadi syarat mau ga mau install, hehehe

    BalasHapus
  28. Iya kak
    Kebwtulan karena anggota keluargaku banyak, jadi pakai aplikasi atau langaung menuju situs pedulilindungi setiap selesai vaksin.

    Tujuannya untuk cek jadwal vaksin berikutnya, download sertifikat juga

    BalasHapus
  29. Saya belum vaksin. Tidak tahu kapan. Saya belum vaksin bukan anti lho ya, hehehe tapi dari pemberi desa belum ada jadwal aja. Kebanyakan mereka yg prioritas dulu. Maklum di kampung, ga seperti di kota. Di sini nunggu dari puskesmas saja

    BalasHapus
  30. Mudah bangettt cuma scan QR ya ka..
    Perlu banget nihh aplikasinya buat di download. Kebetulan akuu juga udah vaksinn..
    Ntar aku download deh

    BalasHapus
  31. Dan sampai hari ini sertifikat vaksinku masih belum ada di aplikasi pedulilindungi. Padahal sekarang apa2 disuruh nunjukin sertifikat itu, huhuhu sedih. Udah kirim email sesuai petunjuk yang diberikan, yang pertama bukannya dikasih sertifikat malah dikasih panduan membuka aplikasinya yang sudah kuhafal di luar kepala.

    Email yang kedua malah mental dan nggak bisa terkirim, wkwk. Moga2 aja segera ada kejelasan. Jadi suatu saat butuh nunjukin sertifikat nggak was2 lagi. Kan nggak asyik udah vaksin tapi tetep nggak bisa ke mana2 hanya karena sertifikatnya nggak keluar, padahal kesalahan bukan pada pihak penerima vaksin.

    weleh malah curhat di sini, wkwkw.

    BalasHapus
  32. Sudah punya dong..
    Kan uda suntik vaksin, jadi kudu punya dan wajib aplikasi satu ini..

    BalasHapus
  33. Daku udah unduh sertifikatnya juga dari aplikasi PeduliLindungi, dan udah kelayapan juga, walau baru sekali hehe

    BalasHapus
  34. Sekarang kalau mau ke mall akhirnya harus vaksin dan unduh aplikasi PeduliLindungi ya. Jadi nggak perlu nunjukin sertifikat vaksin yang sidah dicetak (karena memang nggak disarankan juga sih ya Mba), tinggal scan di depan lobby mall dan sudah tinggal masuk saja.

    BalasHapus
  35. Kmrn di tempatku juga gitu. Masuk mall kudu nunjukin app ini. Untungnya udah punya

    BalasHapus
  36. Keren, ada ya aplikasi yang akhirnya mempermudah masyarakat untuk daftar vaksin, dan mantau berbagai hal mengenai vaksin ini. Semoga banyak yang tahu nih. Dan banyak yang memanfaatkannya. Biar pandemi lekas berlalu.

    BalasHapus
  37. Nice info ini Mba... mau juga ah download aplikasi PeduliLindungi ini biar terdeteksi ya sebenarnya wilayah tempat tinggal kita atau tempat bekerja kita tuh tingkat terpapar Covid-19 nya sedang tinggi, sedang atau rendah ya

    BalasHapus