Rekomendasi Gadget Terbaik Untuk Sekolah Online

Selama pandemi, otomatis berbagai aktivitas baik bekerja maupun sekolah beralih ke online. Teruntuk para orang tua yang masih membersamai anak-anaknya PJJ alias sekolah online hingga detik ini, yuk tetap strong dan stok sabarnya di-refill ya, Bund. Memang sih, sekolah tatap muka sudah diperbolehkan walaupun hanya seminggu sekali, jadi somehow tetap aja sekolah online jalan terus!

Sebagai freelancer yang harus work from home kaya saya, jadilah gadget itu memang koentji di masa pandemi ini. Untuk pekerjaan copywriting dan blogging, si Lenovo IdeaPad C340 setia menemani saya tetap produktif di masa pandemi. Kalau sedang lelah di meja, si Leno suka saya sulap dan lipat menjadi tablet.

Diluar pekerjaan saya sebagai freelance copywriter, saya juga menjadi seorang mom influencer. Jadi, saya pun punya gadget andalan yang menemani saya mengumpulkan pundi-pundi rupiah selama masa pandemi ini. 

gadget untuk mendukung kegiatan sehari-hari
Gadget mendukung kegiatan sehari-hari di masa pandemi

Sesungguhnya, dibalik konten instagram yang estetik ada Realme 7 yang menjadi andalan saya untuk membuat konten. Awalnya, tertarik sama si Realme 7 ini karena dia ada fitur stabilizer kamera. Terus ada NFC yang berguna banget untuk saya yang sering wara-wiri dan harus topup e-money untuk bayar tol. Dan hasil kameranya juga oke banget, bisa sampai 64 mega piksel. Not bad lah ya!

Nah, karena saya aktif menggunakan si Realme 7, gak mungkin kan, harus berebutan gadget or shift-shiftan sama anak yang juga harus sekolah online di rumah. Alhasil, saya pun merelakan tablet saya tercinta, si Samsung Tab S2 yang akhirnya didedikasikan menjadi hak milik anak tercinta. Gapapalah ya agak jadul, yang penting saya bisa kerja, anak saya juga bisa belajar online di rumah. Ini win-win solution versi saya hahaha...

Tips Memilih Gadget Untuk Sekolah Online  

Nah, untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, saya termasuk yang punya beberapa pertimbangan nih dalam memberikan gadget untuk anak. Jangan lupa juga ya parents, kita tetap harus melakukan pengawasan dan memberikan batasan screen time bagi anak.

Ukuran

Karena akan digunakan oleh anak, saya akan memilih ukuran gadget (tablet/handphone) yang ukurannya tidak terlalu besar dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa oleh anak. Selain itu, penting juga untuk memasangkan hard cover untuk melindungi gadget karena anak-anak terkadang belum terlalu cakap menjaga dan merawat barang terlebih gadget yang harganya cukup lumayan ya.

Selain itu, kualitas layar juga harus dipertimbangkan, lebih baik pilih kualitas layar anti gores, tahan air dan tahan banting. Bahkan ada beberapa gadget yang menawarkan kualitas grafis yang baik dan ramah untuk mata anak.

Kapasitas Baterai Besar

Semakin besar kapasitas baterainya akan bisa mendukung aktivitas dan produktivitas kita. Terlebih jika anak-anak harus seharian mengikuti pembelajaran via Zoom atau Google Meet. 

Untuk gambarannya, kapasitas baterai 5000mAh dapat diandalkan untuk standby seharian penuh, tahan hingga 44 jam panggilan telepon, 6 jam rapat/kelas online, 21 jam untuk menonton YouTube, dan 5 jam untuk bermain game. Eits,tapi inget kembali ke tujuan awalnya, yaitu untuk mendukung anak belajar online di rumah.

Fitur Edukasi dan Pengontrolan

Untuk beberapa merek gadget yang diperuntukkan untuk anak, biasanya dilengkapi dengan beberapa aplikasi edukasi yang sudah terinstall. Sementara, fitur pengontrolan berguna untuk mengatur aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak dan membatasi screen time anak.

huawei matepad t10 kids edition
Gadget edukatif untuk si kecil (sumber gambar: https://consumer.huawei.com)

Konektivitas

Pastikan gadget memiliki pilihan konektivitas seperti wifi, sehingga kita bisa mematikan koneksi wifi di gadget anak jika mereka sudah terlalu lama di depan gadget. Kalo saya, biasanya hanya menggunakan koneksi wifi, jadi mudah mengatur dan membatasi screen time anak.

Cari Rekomendasi Gadget 

Kalau zaman dulu, saya sering sekali beli tabloid andalan pada masa itu untuk melihat review, rekomendasi dan  daftar harga gadget inceran saya. Terus mulai nabung deh buat beli hape inceran yang hits pada masanya. Yang tahu nama tabloidnya, fix kita satu generasi!

Nah, kalo sekarang sih semua bisa kita cari secara online ya. Kalau mau cari review, rekomendasi dan daftar harga gadget, saya sih langsung tuh meluncur ke Carisinyal. Lengkap banget deh mulai dari spesifikasinya, ada juga perbandingan dengan gadget lainnya. Pokoknya andalan saya deh sebelum memutuskan membeli gadget!

Fitur yang paling saya suka di webnya Carisinyal tuh di bagian menu Spesifikasi, jadi kita dapat spesifikasi detail untuk gadget yang kita inginkan. Lalu, ada pilihan artikel perbandingan tipe gadget pilihan kita dengan gadget yang sejenis di kelasnya. 

Rekomendasi Gadget Untuk Sekolah Online

Untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara online, sebagai orang tua kita harus memfasilitasi anak dengan gadget. Ada beberapa orang tua yang memberikan smartphone untuk anaknya, dan sebagian lainnya lebih memilih memberikan tablet. 

Nah, hasil pencarian saya di Carisinyal, maka saya akan membeberkan nih beberapa rekomendasi gadget, baik smartphone maupun tablet yang bisa menjadi pilihan parents untuk mendukung anak PJJ di rumah.

Rekomendasi Tablet Di Bawah 3 Jutaan Untuk Sekolah Online

Bagi parents yang lebih memilih tablet sebagai gadget pilihan untuk mendukung anak belajar daring di rumah, berikut rekomendasi tablet dengan harga di bawah 3 jutaan yang bisa menjadi pilihan terbaik:

1. Huawei MatePad T10 Kids Edition

Diluncurkan pada Maret 2021, Huawei memang mendedikasikan tablet ini sebagai sarana bermain dan belajar untuk anak. Produk ini memang didesain sebagai gadget yang ramah untuk anak dengan case anti-shock dari bahan foodgrade. Jadi, no worries ya parents kalo tablet ini gak sengaja kebanting or digigit-gigit sama si kecil.

Yang menarik dari tablet Huawei ini adalah fitur blue filter dan postur alert. Mata anak tetap terlindungi selama menggunakan tablet dengan fitur blue filter. Sementara, fitur postur alert akan memberikan warning jika posisi tubuh anak tidak tepat saat menggunakan tablet yang bisa berdampak pada pertumbuhan postur tubuhnya. Keren ya!

Spesifikasi dan Harga Huawei MatePad T10 Kids Edition (sumber gambar: https://consumer.huawei.com)

2. Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Diluncurkan pada Juni 2021, tablet ini tentunya gak perlu diragukan lagi soal kualitasnya. Samsung menghadirkan tablet untuk kebutuhan belajar daring anak di rumah dengan harga terjangkau dengan fitur-fiturnya yang premium. 

Tablet ini sudah dilengkapi dengan WiFi 5 GHz, memiliki speaker stereo, punya jack audio 3,5 mm, dan diperkuat fitur keamanan Samsung Knox. Oh ya, jangan lupa manfaatkan fitur Samsung Kids untuk membatasi screen time anak.

Spesifikasi dan Harga Samsung Tab A7 Lite (sumber gambar: www.samsung.com)

3. Advan Tablet Belajar Elite 8

Diluncurkan pada Februari 2021, produk tablet produksi lokal ini gak kalah loh ya parents dibandingkan merek luar negeri. Tablet ini memang didesain untuk mendukung kegiatan belajar daring anak di rumah. Dengan ketebalan 8,7 mm dan berat 364 gram, tablet ini sangat pas digunakan oleh anak-anak.

Layarnya yang luas juga sangat pas untuk mendukung aktivitas Zoom/Google Meet maupun untuk menyetel video pembelajaran saat anak-anak belajar daring di rumah.

Spesifikasi dan Harga Advan Tab 8 Belajar Elite (sumber gambar: www.advandigital.com)

Rekomendasi Smartphone Di Bawah 3 Jutaan Untuk Sekolah Online 

Nah, bagi parents yang lebih memilih memberikan smartphone untuk fasilitas belajar daring anak dirumah, simak rekomendasi berikut ya.

1. Redmi Note 10S 6/64

Desain smartphone yang apik dan anti air ini cocok memang digunakan untuk anak yang harus belajar daring di rumah. Dimensinya juga tipis 160,5 x 74,5 x 8,3 mm dan bobotnya relatif ringan: 178,8 gram. 

Dalam hal kecerahan layar, layar Redmi Note 10s masih jadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Fitur kameranya juga oke, karena terkadang anak-anak mendapat tugas membuat video/vlog. Didukung dengan kapasitas RAM 6 GB dengan memori penyimpanan 64 GB.

spesifikasi dan harga redmi note 10 s
Spesifikasi dan Harga Redmi Note 10S (sumber gambar: www.mi.co.id)

2. Vivo V20 SE

Smartphone yang mumpuni dengan fitur berkualitas tapi dibandrol dengan harga yang terjangkau. Menggunakan sistem pengoperasian Android 11, pilihan tepat untuk digunakan mengambil tugas membuat foto/video serta menyetel video pembelajaran dari guru.

Kapasitas baterainya juga pas digunakan untuk anak-anak yang harus seharian Zoom Meeting atau Google Meet dengan gurunya. Bandel awetnya!

spesifikasi dan harga vivo v20 se
Spesifikasi dan Harga Vivo V20 SE (sumber gambar: www.vivo.com)
3. Poco X3 

Pastinya sudah paham dong trademarknya Poco yang terkenal ambisius sebagai midrange killer. Singkat cerita, Poco X3 menawarkan fitur-fitur berkualitas dengan harga yang ramah di kantong.

Salah satu kriteria penting smartphone untuk anak adalah ketangguhan layarnya, dan hal ini yang ditawarkan Poco X3 dengan Corning Gorilla Glass 5 yang bandel. Plus, hape yang satu ini menawarkan sertifikasi IP53 yang artinya tahan air dan debu.

Ketahanan baterainya juga memukau, jadi pas banget untuk digunakan Zoom Meeting atau Google Meet anak dari pagi sampai siang. 

spesifikasi dan harga poco x3
Spesifikasi dan Harga Poco X3 NFC (sumber gambar: www.po.co)

Sekilas Tentang Carisinyal

Diluncurkan di Bandung pada September 2013, Carisinyal menjadi media online terpercaya yang menyuguhkan berbagai macam informasi mengenai dunia teknologi. Mulai dari smartphone, laptop, aplikasi, game, dan berbagai informasi dari dunia teknologi lainnya. FYI, Carisinyal saat ini berada dalam jaringan Bacaterus Digital Media.

Kehadiran Carisinyal sangat membantu sih untuk saya pribadi yang membutuhkan rekomendasi sebelum memutuskan membeli gadget. Jadi, kita bisa tahu kelebihan dan kekurangan dari gadget yang kita inginkan sebagai bahan pertimbangan. 

So, anytime kita butuh informasi seputar gadget dan teknologi, langsung aja ketik di browser dan langsung meluncur ke Carisinyal

Jangan beli gadget sebelum baca di Carisinyal

84 komentar

  1. Hai, terima kasih sudah mampir di blog saya, silakan berkomentar, tapi please jangan menyertakan link hidup ya. Silakan baca juga artikel lainnya. Selamat membaca!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses yaaa Sis...Barakallaah...makasih ilmu2 nya neeh...👍👍👍

      Hapus
  2. Waah..terimakasih niih sis...jd ada masukan buat pilih gadget yang pas buat mendukung sekolah onlen si kexil..sukses rerus sis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat hunting gadget yaa, jgn lupa cek di Carisinyal buat dpt info gadget terkini

      Hapus
  3. Jadi hilang kegalauan mamak, skr udah tau deh mo beliin yg mana gadgetnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uhuuk bisa juga loh sis cek di Carisinyal untuk beliin hape bokap 😂

      Hapus
  4. Langsung OTW ke carisinyal, mau lihat info2 terbaru seputar gadget. Makasih infonya, Mbak Shynta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, aku pasti ceki-ceki dulu tuh ke Carisinyal kalo pas lagi mau beli gadget jadi biar makin yakiiiiiiin karena udah baca plus minus sama spek detailnya

      Hapus
  5. #toss
    Saya juga selalu buka Carisinyal.com kalo butuh data gadget karena lengkap dan akurat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul ambu, ada perbandingan gadget juga, jd kita bisa membuat pertimbangan sebelum beli gadget ya

      Hapus
  6. Aku tertarik dengan tabletnya nih. Kalo ada rejeki pengen beli lagi krn tabletku yg lama udah rusak -matot-, layarnya retak pula. Lumayan enak buat baca e-book kan. Bagi yg sekolah juga pastinya enak buat baca bahan-bahan pelajaran & ngerjain tugas di worksheet melalui tablet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba tablet itu enak buat kerja and sekolah karena layarnya besar. Yuk jgn lupa cek rekomendasi gadget di Carisinyal sebelum memutuskan membeli

      Hapus
  7. Sebelum membeli gadget,memang penting banget cari referensi dan rujukan. Untungnya di carisinyal, semua tersedia. Jadi sangat membantu ya..

    BalasHapus
  8. Kebutuhan gadget selama pandemi ini meningkat tajam karena hampir semua aktivitas dilakukan online, terutama untuk bekerja dan bersekolah. Penting menambah gadget agar anak dan orang tua tetap bisa beraktivitas dengan lancar. Nah kalau membeli gadget, memang harus jelas referensi dan rekomandasi, kayak di CariSinyal itu, ya Sin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba betul aku makanya suka cek rekomendasi gadget di Carisinyal sebelum akhirnya memutuskan untuk beli

      Hapus
  9. waahh keren yaa Huawei ini, fiturnya yang cocok tuk anak belajar online, bisa ngasih tahu posisi tubuh segala ya jadi gak khawatir anak gak salah posisi segala ya karena ada warning kan ya.
    naksir jugaa deh dengan Vivo V20 SE nya itu, emang sesuka itu dengan produk Vivo sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iy mbaaa, si Vivo memang menawan hati nih, aku aja mupeng hihihihi. Kalo untuk tablet si Huawei keren ada fitur alertnya itu yaa

      Hapus
  10. waahh keren yaa Huawei ini, fiturnya yang cocok tuk anak belajar online, bisa ngasih tahu posisi tubuh segala ya jadi gak khawatir anak gak salah posisi segala ya karena ada warning kan ya.
    naksir jugaa deh dengan Vivo V20 SE nya itu, emang sesuka itu dengan produk Vivo sih :D

    BalasHapus
  11. Wahh..
    Menarik sekali ya rupanya tidak sembarang beli gadget.,.perlu cariisinya.good informasinya

    BalasHapus
  12. Dan banyak merek gadget yang jujur baru saya ketahui di carisinyal ini lho. Seperti mendapat ilmu baru pokoknya menjelajahi carisinyal ini. Informasinya akurat dan update juga

    BalasHapus
  13. Kak shynta aku siap-siap meluncur ke situs carisinyal.com ya, mau coba kuulik ah isi webnya, penasaran soalnya...hehe

    BalasHapus
  14. Betul, pemilihan gawai untuk pjj putra putri akan memberikan kemudahan saat pembelajaran online, semangat belajar

    BalasHapus
  15. Entah kenapa keluargaku memilih memilih samsung utk aktivitas anak2nya belajar online. padahal merk yg disebutkan di atas kualitasnya masih bisa diandalkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan aku mau ganti hape. Carisinyal.com rekomendasi banget ya mba....makasi infonya

      Hapus
  16. Daku juga naksir sama Huawei, baik itu ponselnya apalagi laptopnya. Memang rekomendasi oke smya Teh, buat anak PJJ maupun buat yang masih WFH nih

    BalasHapus
  17. Rekomendasinya smartphone yg keren2 banget
    Nemuin yg ada fitur NFC nya masih jarang banget padahal berguna bgt ya..

    BalasHapus
  18. Efisien banget ya CARSINYAL ini. Kita jadi punya referensi dan pertimbangan akan gadget yg kita butuhkan dan yg sesuai dengan anggaran

    BalasHapus
  19. Sebelum aku beli tab, aku coba cari review dari berbagai media dan ini yang biasanya bikin lama. Pengennya yang bagus tapi murah hahaha.
    Pertama spek diliat juga disesuaikan dengan kebutuhannya untuk apa.
    Next kudu cobain di carisinyal nih

    BalasHapus
  20. mantap nih, aku juga untuk tab mempertimbangan 2 merk yg disebut duluan, soalnya memang yang menarik sih, hahaha

    BalasHapus
  21. Ada banyak pilihannya ya. Dan gak selalu mahal kok. Ternyata ada gadget dengan spesifikasi yang udah pas dipakai belajar online, yang harganya terjangkau.

    BalasHapus
  22. wah saat pandemi gini memang sangat dibutuhkan anak buat belajar ya

    BalasHapus
  23. Dengan dana di bawah 3 juta udah dapat gadget mumpuni buat belajar online, ya

    BalasHapus
  24. Aku naksir Advan Tab 8, beberapa waktu lalu sudah lihat detail spesifikasi dan juga ulasan dari orang-orang yang sudah membeli dan menggunakannya di marketplace langganan. Biar makin lengkap infonya, mesti bacanya di carisinyal juga nih

    BalasHapus
  25. Naaaah aku juga lebih memilih features Batre yg kuat dan lama kalo sedang cari smartphone utk aku, suami atau anak2 mba. Krn memang lebih penting sih. Kalo space memorykan bisa di extend soalnya. Baru setelah itu RAM nya supaya ga lemot.

    Pastinya aku juga cari referensi dari banyak website utk melihat gadget apa yg kira2 cocok. Ntr kalo waktunya hp diganti, aku bakal cek dari carisinyal ini juga deh :).

    Kalo untuk anak2 aku membatasi penggunaan hp mereka dari Features google di parental control, pakai aplikasi family link. Jadi kalo aku dan suami sedang traveling, anak2 cuma Ama babysitter biasanya ga nurut tuh disuruh stop. Aku tinggal matiin gadget mereka dari jauh dimana pun aku berada :D. Jadi ga ada yg bisa main hp lagi sampe aku idupin :D. So far masih puas pake features ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, aku juga ake trik ak matiin tuh wifinya untuk di tabletnya biar g bisa konek lagi hahhaha

      Hapus
  26. wah kebetulan lgi mau cari gadget juga..mending cari info dulu di carisinyal ya.. terima kasih sharingnya mba..

    BalasHapus
  27. Emang ya kalau mau dapat pembahasan lengkap mengenai gadget harus ke ahlinya.. syukurlah semuanya sekarang ada di carisinyal 😄

    BalasHapus
  28. Biar gak berebutan sama emak-emak yang sibuk kerja di internet. Makanya anak perlu di cariin gadget baru.

    BalasHapus
  29. jadi barang penting ya sekarang buat anak-anak hihi.. padahal dulu pengennya anak gak poegang gadget, tapi apa mau dikata kalau sekarang gjadi kebutuhan :) harus pintar-pintarnya orang tua nyari yang aman buat anak :)

    BalasHapus
  30. wah.. banyak ya gadget yang kids friendly dan ramah di kantong ortu juga. Ngumpul semua di aplikasi cari sinyal jadi lebih mudah menelusuri spek nya satu satu biar bisa lompat-lompat layar buat lihat perbandingan sebelum beli. asyik nih

    BalasHapus
  31. Pengabdi gadget layar lebar hadir! Aku juga suka pakai tablet tapi sayang klo rusak susah benerinnya. Pernah pakai Huawei Mediapad, Samsung Tab, semuanya jadi sampah elektronik. Padahal fisik bagus, cuma gak bisa nyala. Udah dibawa ke tukang servis nyerah semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, itu si Tab S2 ku kemarin kejatuhan barang segede gaban, gak pecah loh layarnya cm cdnya almarhum lah

      Hapus
  32. Waah pas banget lagi mau cari smartphone baru yang youtuber pemula friendly. Hehe cus kepo sama Carisinyal

    BalasHapus
  33. Wah banyak pilihan ya buat nemenin sekolah online anak. Dan bisa cari rekomendasi di carisinyal ya mba. Kemarin sempet mampir ke webnya tempat update teknologi disana

    BalasHapus
  34. Pas banget nih, lagi berpikir mau cariin tablet buat anak-anak, kok ya baca ini jadi tercerahkan, hehehe.

    Kalau saya juga milih gadget itu yang pertama baterainya, nggak enak banget kan kita bawa ke mana-mana eh belum-belum udah habis baterainya, sama RAM kali ya, paling bete kalau lemot :D

    BalasHapus
  35. lumayan nih ya mbak, dengan carisinyal kita cukup terbantu kalau cari2 informasi soal gadget ini

    BalasHapus
  36. Wah banyak banget pilihan gadget untuk aktifitas online ya mbak. Dan harganya masih ramah di kantong. Jadi pengen kepoin situsnya Carisinyal. Sepertinya lengkap banget untuk rekomendasi gadget yang kita inginkan.

    BalasHapus
  37. Harganya cukup ramah di kantong ya, untuk kegiatan anak-anak skul cocok nih, supaya engga rebutan sama emaknya hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh ini mba, biar daman tentram di rumah gak rebutan gadget hahahhaa

      Hapus
  38. masa pandemi ini semua aktivitas dilakuka secara online yaa, jadi butuh banget gadget untuk menunjang aktivitas. btw, aku juga selalu cari rekomendasi gadget di carisinyal mbaa.. artikel reviewnya lengkap banget soalnya..

    BalasHapus
  39. jadi pengen nabung ih buat pinang si Tablet Huawei nya ini, cakep banget ya, apalagi itu udah dilengkapi dengan Stylus/pen nya kan ya? Anakku ini suka sketsa-sketsa gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah cocok memang itu mba, si Huawei memang didesain untuk anak-anak yang punya hobi sketching gitu sih yaa

      Hapus
  40. Wah kebetulan aku lagi nyari gadget buat anak2ku belajar online jg dr rumah nih mbak. Soalnya perlu gadget yg kapasitasnya oke juga buat nyimpen2 tugas yang cukup memakan space. Ternyata banyak info seputar gadget di web carisinyal yaa
    Coba ah nanti intp2 jg TFS

    BalasHapus
  41. Untuk pembelajaran jarak jauh memang butuh gadget yang bagus ya Mbak Shynta. Setidaknya memadailah dipake ZOom atau Google Meeti, gak cepat panas, makanya butuh referensi yang bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa betul sekali mba, minimal bisa untuk zoom or google meet lah yaa

      Hapus
  42. Huwaei ini selalu tahu kebutuhan anak di masa pandemi yang skarang serba online dengan gadget yang buat anak mata nggak capek. JAdi lebih nyaman saat digunakan. Harganya terjangkau karena pas untuk anak gunakan :)

    BalasHapus
  43. Ya ampun ini hpku disebut di bagian terakhir, hahahahaha. Iya bener emang baterainya aweeet pisan. Enak buat ngezoom sama pembelajaran video anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wihhhh cakep yaa mba emang si Poco, makanya ak pengen gantiin hape papaku pake si Poco ini nih

      Hapus
  44. Bener banget tips memilih gadgetnya, pemilihan gadget dengan spesifikasi lengkap dan disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya penting banget sih jaman sekarang ini.

    BalasHapus
  45. Aku pikir kalau untuk anak-anak tuh jangan yang bagus-bagus banget.
    Ternyata kalau kurang update, gadgetnya jadi cepet rusak. huhuu..
    Jadi sebelum membeli ada baiknya mencari refrensi yang terpercaya seperti di carisinyal agar tidak menyesal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, dulu juga aku mikir gitu, tapi dipikir-pikir gadget itu kan dipakenya lama, jadi bisa kepake sama dia juga nantinya sih, minimal untuk kelas 3 SD ke atas lah ya yg udh paham cara pake gadget

      Hapus
  46. Makasih ya rekomendasi gadgetnya... siapa tahu nanti pas butuh, udh gak usah nyari2 rekomendasi lagi. karena emang suka bingung nyari spesifikasi gadget itu...

    BalasHapus
  47. dulu cari gadget rekomendasinya pake koran mba inget banget sukabeli terus liat2 harganya wkwkwk sekarang mah enak yah tnggal buka carisinyal aja beres deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahahha, mba berarti kita seangkatan loh ini yaaaa, sekarang untung ada carisinyal yang praktis yaa

      Hapus
  48. Cakep-cakep gadgetnya yaa. Aku naksir yang Poco. Jadi pengen beli nih. Baca dulu spesifikasi lengkapnya di Carisinyal yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya mba, aku juga insya Allah nih mau beliin si Poco itu buat papaku mba, kesian hapenya udah error melulu, semoga ada rejekinya nih

      Hapus
  49. Aku tertarik bangett sama Samsung Tab-nya, Mbak. Buru2 ke carisinyal buat tahuuu lebihh.

    BalasHapus
  50. Keberadaan gadget penting banget nih untuk mendukung PJJ anak sekolah. Mau ga mau kita sebagai orangtua sebisa mungkin memilihkan yang specnya memadai. Pas banget ya ada carisinyal sebagai sumber informasi yang bisa kita gunakan.

    BalasHapus
  51. Pass banget, nih mbak. Pas Hp si bujang lagi bermasalah dan kami harus cari Hp pengganti yang sesuai dengan budget.
    Coba browser di carisinyal.com,sapa tahu ada yang menarik dan pas dikantong, hehe.

    BalasHapus
  52. Gawainyang mumpuni memang dibutuhkan banget nih biar sekolah online bisa berjalan lancar. Btw biasanya saya suka bingung cari rekomendasi gawai syukurnya sekarang udah ada carisinyal ya yang memuat banyk informasi mengenai gadget.

    BalasHapus
  53. Asyik ya nama aplikasinya. Mudah diucapkan dan familiar orang selalu menyebutkan kalau udah bicara internet dan jaringan. Nah kuota yang cukup jadi noted banget juga lho dalaam proses belajar online ini, karena kalau tetiba mati kan anak akan bete tunggu jeda isi pulsa, orang tua juga bakal kemrusung kalau anak ketinggalan info

    BalasHapus
  54. Memang ya yang paling pas itu kalau untuk anak cari gadget di carisinyal
    yang batere tahan lama, tahan banting juga hahahaa

    BalasHapus
  55. Memang betul perlu banget aplikasi pengontrolan anak. Kalau sudah ada yang preinstall di gadgetnya tentu memudahkan orang tua ya tdk perlu install2 lagi. Menarik, produk2 yang khusus untuk anak ini agar tdk kecanduan dan fitur2nya aman.

    BalasHapus
  56. Waahh pas banget ini baca artikel ini emang lagi nyari gadget buat anak keduaku. Selama ini buat PJJ dia kesulitan dgn hape jadulnya, alhasil hape emaknya jadi dipake juga. Baca-baca info ini jd dapat pencerahan deh gadget apa nanti yg mau dibeli buat dia.

    BalasHapus
  57. Wah pas bgt lagi mau beli laptop tapi bingung dmn nyari review dan ulasan terpercaya. Meluncuur ah ke carisinyal

    BalasHapus
  58. Betul banget Kak, saat ini pemilihan gadget yang tepat penting untuk dukung kelancaran anak-anak yang sekolah online, terima kasih rekomendasi gadgetnya Kak.

    BalasHapus
  59. Samsung inovativ, membuat gadget dg kegunaan spesifik. Smoga disambut baik di pasar.

    BalasHapus
  60. Wah wah terima kasih untuk rekomendasinya, Samsung Galaxy Tab dari dulu saya sekolah, sampai generasi sekarang emang mantep si buat belajar, apalagi saat sistem belajar lebih banyak daring kaya sekarang.

    BalasHapus
  61. Wah, oke banget nih rekomendasinya! Btw aku salah fokus sama key visual yang di-attach di blog ini. Asik banget lihatnya soalnya dalam bentuk motion, bukan sekadar gambar biasa aja. Keceee!

    Sintia - www.sintiaastarina.com

    BalasHapus
  62. Anak-anak kayaknya lebih suka tablet ya daripada laptop karena lebih praktis dan bisa dibawa ke mana-mana. Kalau saya meski sudah tua juga suka ikut kursus online, biasanya lebih suka model laptop karena lebih nyaman di mata. Salam hangat kak Shynta.

    BalasHapus
  63. Pas banget sih tulisan ini buat MamaWie yang lagi bingung cari gedget buat haidar daring

    BalasHapus
  64. Kalau rekomendasi kamera handphone yang bagus apa ya Mbak? Aku pake xiaomi note 8. Tapi kayanya ada perubahan kualitas di kameranya.

    BalasHapus
  65. Jadi mudah buat cari hp ya mbaa.. Daripada googling ketemu artikel yang ga akurat malah jadi salah pilih hp ya kan

    BalasHapus