Memilih Bimbingan Online Terbaik Untuk Mewujudkan Cita-cita Si Kecil

Dulu waktu kecil suka sih bermain peran sama adik or teman-teman jadi guru dan murid. Well, well, siapa sangka sekarang akhirnya jadi kenyataan harus jadi ‘guru infal’ gegara pandemi. Yups, ternyata oh ternyata menjadi seorang guru itu modalnya besar ya, karena harus punya stok sabar segudang hahahaha…

Dan saya yakin seribu persen, kalo saya gak sendirian. Dari sabang sampai merauke pasti semua ibu-ibu menghadapi persoalan yang sama. Harus mengajari anak di rumah karena pemerintah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Say hello to belajar online! 

Terlebih lagi, bagi yang anaknya sekolah di sekolah negeri. Saya gak berani men-generalisir sih, tapi at least ini pengalaman saya pribadi. Bersyukur sih, anak saya masuk di sekolah negeri unggulan di domisili saya. Tapi, ketika pandemi dan harus PJJ disinilah baru terasa nyata dampaknya.

les matematika terbaik
Belajar di bimbel online terbaik biar jadi ahli robotik

Setiap harinya anak hanya diberikan tugas dan diminta belajar mandiri melalui video pembelajaran di YouTube. Sekalinya ada sesi zoom, sangat tidak efektif karena pihak sekolah tidak memoderasi sesi zoom meetingnya. Alhasil banyak sekali noise ketimbang suara penjelasan Bapak/Ibu Gurunya. 

Terlebih lagi, kurikulum dan sistem ujian yang berlaku sekarang menggunakan Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang mengasah logika anak. Ini saya acungi jempol sih dibanding sistem pendidikan di generasi saya yang mengharuskan kita menghafal dibandingkan mengerti dan memahami. 

Jujur, saya ibu-ibu yang menjunjung konsep spesialisasi. Cukuplah di generasi saya yang sistem pendidikannya pakai konsep generalisasi, kita diharuskan menguasai berbagai bidang ilmu dan pelajaran. Saya sih maunya anak saya sedari dini sudah tahu fokus spesialisasinya. 

Sejak balita, anak saya memiliki ketertarikan tinggi terhadap berbagai mainan yang sifatnya mekanikal seperti lego yang bisa dibongkar pasang sesuai keinginan dan imajinasinya. Dan belakangan, dia lagi keranjingan sama Gundam, anime robot dari Jepang. Sejak kecil, tercetuslah cita-citanya mau jadi ahli robotik.

Nah, melihat minat dan bakatnya, belakangan saya mulai mencari bimbingan belajar online terbaik untuk mewujudkan cita-cita anak saya. Kalau mau jadi ahli robotik, artinya anak saya harus kuat di ilmu eksakta nih!

Manfaat Bimbingan Belajar Online

Pandemi mengajarkan kita banyak hal, salah satunya adalah pemanfaatan gadget untuk menunjang kegiatan belajar online anak di rumah. Seperti kasus saya di atas, minimnya sesi pengajaran oleh guru membuat saya mengernyitkan dahi. Gak bisa kaya gini nih!

Saya harus berbuat sesuatu, tapi mau dikata apa kan saya bukan guru ya, jadi ya saya mengajari anak dengan metode ala ibu-ibu 'killer' yang khas suaranya melengking dan mata yang melotot tajam. Dan saya pun memutuskan untuk mencari bimbel online untuk membantu anak saya belajar daring di rumah. Apa saja sih manfaatnya mengikuti bimbingan belajar online?

bimbingan belajar online
Asal sekolah siswa-siswa di Sinotif Indonesia

Bimbingan Online Menawarkan Fleksibilitas
Saya percaya setiap anak memiliki cara belajarnya masing-masing. Ada yang kuat di kinetik, ada yang kuat di audio visual dan sebagainya. Nah, bimbel online ini memberikan fleksibilitas bagi anak untuk memilih kapan dan dimanapun untuk mengakses pembelajaran. Mau sambil rebahan atau sambil ngemil bebas-bebas aja.

Materi Pembelajaran Bisa Diulang-ulang
Ini dia nih menurutku manfaat bimbel online terbaik yang gak bisa diungguli sama bimbingan belajar offline. Anak-anak bisa nge-pause dan nge-play materi pembelajaran kalau misalnya mau mencatat poin-poin pentingnya.

Belajar Online Menjadi Menyenangkan
Bimbingan belajar online biasanya menawarkan fitur interaktif mulai dari video pembelajaran yang menarik dan aplikasi tanya jawab soal untuk menguji tingkat pemahaman anak. Sehingga anak-anak zaman now yang memang sudah terbiasa dengan gadget merasa sesi belajarnya lebih menyenangkan dan praktis.

Laporan Berkala Capaian Belajar Anak
Institusi les online yang bagus akan senantiasa memberikan laporan berkala kepada orang tua mengenai capaian belajar anak selama mengikuti sesi belajar online. Bahkan ada yang berani loh memberikan garansi uang kembali jika nilai anak tidak meningkat. 

Cara Memilih Bimbingan Online Terbaik

Sejak pandemi melanda, banyak sekali les online menjamur. Hal ini bisa menjadi solusi bagi orang tua yang ingin memfasilitasi anaknya agar lebih mengerti dan memahami pelajaran. Karena, menurutku interaksi antara pengajar dan murid itu adalah salah satu kunci sukses pembelajaran.

Oleh karena itu, kita gak boleh asal pilih kalau untuk anak. No debat, gak ada kompromi, kalau saya sih pastinya hanya akan memilih bimbingan belajar online terbaik untuk anak. Ada beberapa tipsnya nih dalam memilah dan memilih bimbel yang oke.

Menyediakan Tutor Berkualitas dan Berpengalaman
Masih ingatkah siapa guru favorit semasa sekolah dulu? Ternyata, guru favorit bisa jadi justru guru yang ‘killer’. Saya ingat dulu semasa sekolah, ada satu guru Matematika killer yang selalu ngasih kuis dan siapa cepat dia yang dapat nilai. Berkat dia, saya yang gak suka mata pelajaran satu itu, jadi suka loh!

Les online yang oke akan menyediakan tutor yang berkualitas dan berpengalaman sebagai tenaga pengajarnya. Bahkan biasanya mereka adalah lulusan-lulusan universitas terbaik di negeri ini bahkan luar negeri. Selain itu, personality tutor yang seru dan fun tentunya menjadi daya tarik tersendiri.

sinotif indonesia
Keunggulan Sinotif Indonesia, bimbel spesialis matematika, fisika dan kimia terbaik
Modul Pembelajaran Lengkap dan Dikemas Menarik
Ini hal krusial yang wajib diperhatikan dan ditanyakan secara mendetail ke pihak bimbel online. Seperti curahan hati saya di atas, saya membutuhkan modul pembelajaran eksakta yang lengkap untuk mewujudkan cita-cita anak saya menjadi ahli robotik.

Lihat Testimoni Para Siswanya
Menurutku, kita bisa menilai sebuah bimbel online itu oke atau gak dilihat dari testimoni dan lulusannya. Karena tentunya, kita sebagai orang tua memiliki target sekolah atau perguruan tinggi yang dituju untuk mewujudkan cita-cita anak kita ya kan? 

Memilih Sinotif Indonesia, Bimbel Online Terbaik Untuk Anak

Setelah melihat dan mempertimbangkan bibit, bebet dan bobotnya, saya pun jatuh hati sama Sinotif Indonesia. Ini adalah bimbel online terbaik untuk pelajaran eksakta seperti matematika, fisika dan kimia. 

Sinotif Indonesia menggunakan Sinotif Learning Method sudah terbukti berhasil meningkatkan nilai siswa, melalui pengalaman dan continuous improvement lebih dari 20 tahun. Gak heran, bimbel yang satu ini memang spesialis matematika, fisika dan kimia terbaik!

Kenapa sih Sinotif Indonesia selalu jadi pilihan orang tua? Pastinya karena tempat les matematika online ini mengakomodir kurikulum nasional (saat ini kurikulum 2006 dan 2013 revisi) maupun internasional (Cambridge, IB, HSC dan beberapa lainnya).

Selain itu, yang gak kalah menarik menurutku adalah adanya layanan tanpa batas, dimana di luar sesi kursus tatap muka dengan guru, siswa tetap terhubung dalam hal belajar dengan adanya website e-learning seratusinstitute.com dan aplikasi Tanya Jawab Soal, di mana siswa bisa bertanya kapan saja di mana saja.

Untuk jadwal belajar di Sinotif Indonesia, anak kita akan mengikuti sesi les minimal 2 kali dalam seminggu. Hari Senin-Jumat ada 3 shift belajar, dari jam 14.30-20.30 dengan durasi 1 shift belajar selama 1,5 jam. Khusus Sabtu ada 3 shift, dari jam 09.00-14.00. Bahkan jika sedang ada jadwal Ujian Akhir, Sinotif akan membuka shift pada hari Minggu atau libur agar anak bisa lebih mempersiapkan diri menghadapi Ujian Akhir.

Yuk, segera datang ke cabang Sinotif Indonesia terdekat dan konsultasikan kelas bimbel online terbaik untuk anak Anda!

58 komentar

  1. Hai, thanks sudah mampir di blog aku, silakan dibaca-baca artikelnya dan tinggalkan komentar tanpa menyertakan link hidup ya.

    BalasHapus
  2. baru tahu soal Sinotif. nanti aku mampir deh buat liat fitur-fitur dan segala keunggulannya. terima kasih infonya, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cita2 jadi guru tersalurkan tapi sebelumnya enggak sempat terasah, ya. Dibantu Sinotif aja deh, yang udah jelas bagus kualitasnya

      Hapus
  3. Bimbel online Sekarang kayaknya perlu banget, soalnya belajar daring di sekolah aja gak cukup kadang anak masih bingung. Nah sinotif bisa jadi pilihan terlebih kurikulumnya bahkan mengakomodir kurikulum nasional dan internasional seperti Cambridge, IB, HSC dll ya

    BalasHapus
  4. Sekarang mau belajar jadi semakin mudah karena terbantu dengan bimbingan belajar online ya mba. Aku jadi tertarik untuk ikutin anak belajar online disini

    BalasHapus
  5. Aku malah baru tau loh. Aku juga sekarang lagi nyari-nyari tempat bimbel online yang sesuai nih. Jadi ada rekomendasi thanks ya.

    BalasHapus
  6. Saya langsung buka website-nya. Menarik ya, langsung diaplikasikan ke setiap siswa - menerapkan kekhususan tiap anak.

    BalasHapus
  7. Sinotif bimbel online yang tentunya bermanfaat dong ya untuk membantu anak-anak kita dalam memahami pelajaran yg menurut mereka sulit dipahami. Apalagi tantangan belajar secra daring tentu Sinotif pun punya solusinya.

    BalasHapus
  8. Bimbel keren nih yang harus saya coba untuk anak, supaya anak lebih memahami dan mengerti tentang pelajaran, apalagi pelajaran zaman sekarang pada susah yah.

    BalasHapus
  9. keren ya Sinotif Indonesia?

    Paham banget bahwa siswa umumnya lemah di eksakta

    karena berbeda dengan ilmu sosial, ilmu eksakta butuh guru yang tepat dan harus sering latihan

    BalasHapus
  10. Oh ternyata Sinotif ini bisa bimbel online juga ya, lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

    BalasHapus
  11. Jadi ngebayangin anak-anak masuk Sinotif Indonesia, tentulah mata pelajaran Mafiki yang dulu dianggap momok sama emaknya bukan lagi perkara untuk anak ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, ak aja seakrang sudah menstimulasi anakku untuk terbiasa mengerjakan tugas or soal pelajaran eksak biar gak jadi mindset yang mendarah daging kalo itu adalah pelajaran yang sulit

      Hapus
  12. Wah asyik nih Sinotif Indonesia bisa membantu banget para siswa nih belajar pelajaran yang banyak bilang susah nih. Inovasi di bidang pendidikan memang harus terus menerus nih jadinya pelajaran yg diagam menakutkan jadi biasa aja...karena terbantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh inget banget jaman dulu tuh aku ampun banget gak paham sama sekali itu pelajaran fisika, akhirnya menyerah dan pilih jurusan IPS deh hihihi

      Hapus
  13. Sinotif bimbel online bagus ya mba. aku mau nih buat ponakanku, matematikanya kurang bisa. sama sinotif bisa bantu anak utk naik prestasinya.

    BalasHapus
  14. Pake metode HOTS itu emang bagus sih, asalkan pengantar dari pihak gurunya bagus. Terkadang anak harus mikir sendiri ini kudu gimana, akhirnya ibunya deh yang harus memutar otak hehehe...

    Oke juga nih Sinotif tau banget apa yang dibutuhkan untuk belajar bagi anak-anak saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba metode HOTS ini memang biar nalar anak-anak tuh jalan, jadi gak melulu hanya hafalan, karena aku dulu jaman sekolah tuh sistem hafalan banget

      Hapus
  15. Bimbel online semenjak pandemi ini terasa penting banget pasalnya anak2 belajar juga berkurang
    Sinotif jadi salah satu solusi ni

    BalasHapus
  16. Awalnya saya gamau anak belajar online berasa ga serius, tapi sekarang karena situasi yg memaksa akhirnya dibiasakan semangat semuanya mari berikan yang terbaik utk anak anak kita

    BalasHapus
  17. Auto mencatat Sinotif sebagai alternatif bimbel online
    Pastinya buat mendukung anak-anak Indonesia mendapatkan referensi materi pembelajaran terbaik, sesuai kebutuhan mereka.

    BalasHapus
  18. Sering dengar keluhan ponakan di rumah selama belajar secara daring, susah mengerti materi yang disampaikan oleh guru. Sepertinya bimbel Sinotif ini bisa saya rekomendasikan untuk mereka, metode belajar yang bagus dapat meningkatkan kemampuan belajar dan prestasi anak.

    BalasHapus
  19. Makin banyak bimbingan belajar online, tentu konsep pembelajaran berdiferensiasi akan smakin hari semakin terlihat. Siswa juga semakin merdeka belajar karena bisa belajar dimana saja, tanpa harus dikasih oleh guru. Untungnya ada Sinotif ini siswa jadi semakin mudah belajar ilmu eksak.

    BalasHapus
  20. Lengkap ya kurikulum bimbelnya, baik kurikulum nasional maupun internasional. jadi bisa menjadi alternatif bimbel buat anak belajar di rumah bersama guru yang kompeten sesuai dengan kebutuhan anak ya.

    BalasHapus
  21. Bener banget, materi bisa diulang2 jadi kalau ada yang belum paham, bisa play-pause. Enak yaa ikut bimbel online. Apalagi waktunya bisa fleksibel gitu.

    BalasHapus
  22. Semi private dan lebih berkonsentrasi pada proses belajar. Ini 2 poin penting yang menurut saya harus menjadi prioritas. Karena kemampuan setiap anak dalam menyerap ilmu itu berbeda-beda. Jadi memang tidak bisa digeneralisasi.

    Konsep yang ditawarkan Sinotif Indonesia sangat menarik. Setidaknya rangkaian program dan visi misinya gampang untuk diadaptasi bagi orang awam.

    BalasHapus
  23. wah noted nih. jadi dapet referensi baru untuk bimbel anakku. sepertinya memang butuh support sih dari lembaga bimbel, biasanya belajar di bimbel tuh suka diajarin metode2 cepat gitu, trik untuk menyelesaikan soal, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku dulu suka banget tuh dikasih trik cara ngerjain soal dengan metode cepat gitu, seru jadinya tuh

      Hapus
  24. Seneng deh klo ada tempat bimbingan belajar online yang bagus dan fleksibel kayak gini. Semoga cita-cita anaknya jadi ahli robot tercapai ya mba..

    BalasHapus
  25. Bimbingan belajar atau bimbel Sinotif memiliki segmen berkualitas terhadap prestasi anak negeri dalam meraih dan membimbing masa depan belajar.

    BalasHapus
  26. Barakallahu fiik~
    Semoga cita-cita ananda bisa terpenuhi dan menjadi ahli robotik yang sukses.
    Senang sekali yaa..belajar online itu bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Ini fleksibel yang bikin nyaman banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiin ya Allah, nuhun doanya mba Lendy. YUpp enaknya bimbel online tuh bisa diakses kapan aja dan dimana aja sih

      Hapus
  27. Abang, tante suka merakit Gundam lho. Seru yaa main bongkar pasang njelimet itu. Hahaha

    Btw, Sinotif lengkap ya akomodir kurikulum Nasional juga international. PJJ bikin bimbel begitu penting daripada emaknya ga nyambung kalau ngajarin.

    BalasHapus
  28. Iya tuh masalah ibu-ibu seEndonesia raya soal nemenin anak belajar. Aku sih udah nggak ngalamin karena anak bungsu aja udah kuliah. Tapi dengaer curhatan ponakan yang bilang mamanya suka marah kalo nemenin belajar. Memang harus ditambah ikut bimbel online sekarang ini. Kalo sebelum pandemi bisa tuh ikut bimbel yang biasa datang ke lokasi. Tapi sekarang mending ikutan kayak Sinotif gini yang pengajarnya fun saat memberikan materi

    BalasHapus
  29. Baru tahu soal sinotif. Sekarang bener-bener ya kalau mau belajar jadi mudah banget. Apalagi buat anak-anak, bimbel online gini cukup membantu.

    BalasHapus
  30. Sistem belajar blended kayak sekarang, yang bikin anak-anak belajar daring dan luring, memang butuh banget deh belajar tambahan. Salah satunya ya dengan bimbel. Soalnya iya, dari guru secara online, dan saat tatap muka secara terbatas, penyampaian pelajaran gak bisa maksimal. Huhu, aku nih ngelihat banget gimana kesusahannya anak-anak belajar. Sinotif ini nih bisa jadi pilihan tepat ya.

    BalasHapus
  31. Enakan bimbel dari rumah ya, gak usah anter-anter anak ke tempat bimbel. Emang anak-anak harus disiapkan bekalnya sebanyak mungkin. Kalo masih ada rezeki, kasih bimbel juga deh.

    BalasHapus
  32. Wah keren nih Sinotif Indonesia bimbel online jadi belajar cukup dari rumah, hemat waktu jadi anak2 bisa fokus ya ngikutin bimbelnya

    BalasHapus
  33. Wuih.. kereenn mau jadi ahli robotik. Alhamdulillah sekarang kemajuan teknologi sudah banyak membabntu, walaupun pandemi tapi belajar tetap bisa lah yaa.

    BalasHapus
  34. Jaman now belajar jadi lebih fleksibel ya mba, bisa ditonton berulang kali dan dapat semacam rapot lagi. Keren nih Sinotif!

    BalasHapus
  35. kurikulumnya lengkap banget doong ya, gabungan antara Nasional dan Internasional apalagi dari Univ-univ ternama tuh ya pasti pelajarannya juga lebih baik lagi.
    ini mulai usia berapa ya?
    Semoga cita-cita anaknya tercapai ya Mbak, menjadi ahli robotik :)

    BalasHapus
  36. Karena pandemi ini, banyak banget bimbel yang beralih ke online ya. Bagus sih ini bisa fleksibel waktunya, jadi anak-anak yang pjj makin semangat belajarnya.

    BalasHapus
  37. Jadi jadwal belajarnya model shift ya kak. Keebtulan kalau pagi masih daring. Jadi bisa bagi waktu

    BalasHapus
  38. wah ternyata sinotif sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu ya, dan spesialisnya di mata pelajaran matematika dan fisika

    BalasHapus
  39. Sinotif udah keren dari dulu. Skrg go online jg nih krn zaman dan keadaan memang mengharuskan utk serba online ya.

    BalasHapus
  40. Semakin banyak ya pilihan bimbel online tapi emang gak mudah buat cari yang terbaik dan berkualitas. Keren juga ya Sinotif ini, kurikulumnya mencakup nasional dan internasional juga.

    BalasHapus
  41. ah kereen.. kadang anak memang agak berat ya di matapelajaran matematika, kimia, fisika. tapi kalo ada bimbel seperti sinotif ini, kya nya matapelajaran itu bisa jadi lebih menarik ^^

    BalasHapus
  42. Wah pas nih, aku juga lagi cari bimbel online buat anakku nih kak, soalnya kalau offline aku ga bisa anterin jemput nya, repot kan. Boleh coba nih sinotif, nanti pengen cek fitur2nyanbuar ga penasaran Semoga pas buat anakku

    BalasHapus
  43. Dua kali seminggu dengan tiga kelas pilihan, itu bener-bener membantu waktu bimbel anak supaya efektif berkegiatan rutin sih. Si notif ini pilihan bagus buat yang cari bimbel anak apalagi liat metode yang digunakannya.

    BalasHapus
  44. Wowww kurikulumnya lengkap ya kak. Btw kalau untuk anak usia SD kira-kira berapa biaya programnya ya?

    BalasHapus
  45. Semenjak pandemi jadi banyak bimbel online ya, tapi bagus sih jadi membantu banget kan.. Apalagi Sinotif ini bisa terhubung sepanjang sejarah waktu karena ada e-learningnya, jadi poin plus nih.

    BalasHapus
  46. Zaman sekarang tuh enak banget bisa bimbel online, gak perlu keluar rumah semua materi bisa didapatkan. Kurikulumnya juga lengkap, recomended banget nih sinotif

    BalasHapus
  47. masya Allah semoga tercapai ya dek cita-citanya keren sekali deh mau jadi robotik mantap deh kalau udha ikut bimbel online jadi tambah cerdas

    BalasHapus
  48. Sinotif keren nih bimbelnya, semangat yaa buat jadi ahli robotik. Dukung dari jauhhhhhh :D

    BalasHapus
  49. Ikut bimbel saat ini memang penting banget ya. Materi sekarang susah-susah. Mending serahlan langsung ke ahlinya. Salah satunya ke Sinotif Indonesia ini ya.

    BalasHapus
  50. WAh, cita-citanya harus terwujud ya, dek, jadi orbotik biar makin banyak pekerja hebat yang menciptakan teknologi hebat di indonesia

    BalasHapus
  51. penting banget nih sekarang gngasih si kecil bimbel online ya biar makin maksimal belajarnya dimana aja

    BalasHapus
  52. Terima kasih infonya, mbak. Pas banget lagi cari bimbel online untuk anak2. Soalnya ga cukup hanya belajar dr sekolah aja. Apa lagi kondisi online seperti sekarang, huhuhu

    BalasHapus