Ayo Tunjuk Tangan, Bersama 2 Juta Bunda Wujudkan Generasi Maju Indonesia

generasi-maju
Kami sudah ikut gerakan #AyoTunjukTangan. Kamu kapan?

Indonesia punya mimpi besar, yaitu terbentuknya Generasi Emas Indonesia pada tahun 2045. Bukan mimpi belaka, semuanya berawal dari tangan kita para Bunda. Kuncinya ada di edukasi dan nutrisi anak. Selama 65 tahun, #SGMEksplor percaya bahwa setiap anak berhak untuk maju dan tidak boleh ada anak yang tertinggal.

Tapi, faktanya 9 dari 10 anak di Indonesia masih mengalami keterbatasan akses terhadap edukasi dan nutrisi. Terlebih lagi, pandemi yang tak kunjung berkesudahan memperparah situasi ini. Mengutip data Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sepanjang 2020 terdapat 119 kasus putus sekolah dan 21 di antaranya karena menunggak SPP. 

Lalu selama periode Januari-Maret 2021, ada 33 anak putus sekolah karena menikah karena alasan ekonomi, 12 anak putus sekolah karena menunggak SPP, 2 anak putus sekolah karena harus bekerja, dan 2 anak putus sekolah karena harus menjalani rehabilitasi akibat kecanduan gawai.

sgm-eksplor
SGM Eksplor mendukung visi pemerintah menuju Generasi Emas 2045

Dan realita yang gak kalah menyedihkannya, berdasarkan data BPS jumlah penduduk miskin di perkotaan meningkat sebanyak 138,1 ribu orang, dari 12,04 juta orang pada September 2020 menjadi 12,18 juta orang pada Maret 2021. Hal ini tentu saja menyebabkan banyak anak-anak Indonesia berstatus gizi buruk yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan Demi Generasi Maju Indonesia

Kondisi ini gak bisa dibiarkan terus-menerus, oleh karena itu SGM Eksplor meluncurkan rangkaian inisiatif kolaboratif melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan di tahun 2021. Aku beruntung bisa menyimak webinar “Kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan, Maksimalkan Akses Nutrisi dan Pendidikan Generasi Maju” yang diadakan pada Kamis, 9 Desember 2021 yang lalu. Jadi, aku tahu infomasi lengkapnya. Gak cuma mengajak masyarakat berpartisipasi, gerakan ini turut menggandeng Kemendikbudristek, Telkomsel serta platform pembelajaran online CAKAP.

ayo-tunjuk-tangan
SGM Eksplor Luncurkan Gerakan  #AyoTunjukTangan di 2021

Dukungan 75.000 paket dukungan nutrisi bagi genera

Bund, tau gak sih kalo Indonesia tuh masih berjuang untuk bisa terbebas dari stunting? Melalui gerakan ini, dukungan kita akan dikonversi menjadi produk nutrisi yang akan dibagikan untuk anak usia diatas 1 tahun. Istilahnya jika perut kenyang, prestasi pun mudah dijelang.

SGM Eksplor bersama mitra kolaborasi akan membagikan produk nutrisi bagi anak-anak di 41 kabupaten kota dan 15 provinsi. Caranya mudah, tinggal klik hashtag #AyoTunjukTangan, masukkan data-data yang diminta dan pilih dukungan yang Bunda ingin berikan untuk mewujudkan anak Indonesia maju.

Dukungan 1.500 beasiswa pendidikan online bagi generasi maju

Salah satu mitra kolaborasi SGM Eksplor, Cakap yang selama ini memberikan program belajar Bahasa Inggris gratis selama 1 tahun kepada ribuan siswa-siswi di Indonesia. Melalui beasiswa belajar bahasa Inggris dari CAKAP, diharapkan bisa meningkatkan daya saing SDM Indonesia nantinya. Apalagi persaingan global sudah semakin dekat di depan mata!

Sementara Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi terdepan di Indonesia berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan SDM dan komunitas digital talent masa depan Indonesia yang berkualitas unggul. Mitra kolaborasi SGM Eksplor yang satu ini akan menyediakan kuota internet bagi siswa di 41 kabupaten kota dan 15 provinsi.

telkomsel
SGM Eksplor berkolaborasi dengan Telkomsel

Dukungan 10 rehabilitasi sekolah bagi generasi maju

Bersyukur sekali anak-anak yang tinggal di kota-kota besar, fasilitas sekolah tentunya sangat memadai ya untuk mendukung tumbuh kembang anak. Namun, fakta berkata lain, banyak sekali anak-anak Indonesia yang harus belajar di bangunan sekolah yang kondisinya mengkhawatirkan. 

Gerakan #AyoTunjukTangan akan merehabilitasi 10 sekolah yang tersebar di 41 kabupaten kota dan 15 provinsi. Hal ini penting sebagai reward bagi anak-anak yang masih memiliki semangat sekolah tinggi ditengah segala keterbatasan yang ada.

Hingga Selasa (14/12/2021), total sudah 481.585 Bunda yang memberikan dukungannya dalam gerakan ini. Masih banyak kesempatan untuk menjadi bagian 2 juta bunda yang turut andil bagi #GenerasiMaju Indonesia.

6 Langkah Mudah Ikut Gerakan Ayo Tunjuk Tangan

Ini saatnya Bunda membantu anak Indonesia untuk terus maju dan mewujudkan mimpinya. Pilih bentuk dukungan Bunda dengan mengikuti langkah-langkah berikut;

  1. Klik hashtag yang aku sebutkan diatas, lalu pilih dukungan yang ingin Bunda berikan bagi generasi maju Indonesia.
  2. Isi data diri Bunda sesuai form yang tertera.
  3. Bunda akan mendapatkan pesan notifikasi Whatsapp dalam 1x24 jam.
  4. Ajak teman Bunda untuk ikut Ayo Tunjuk Tangan dan dapatkan voucher belanja.
  5. Balas pesan dari Official Whatsapp Klub Generasi Maju dengan format SGM <spasi> TEMAN#NO HP TEMAN#TUNJUKTANGAN
  6. Share dukunganmu dengan menggunakan filter instagram #AyoTunjukTangan dan menangkan hadiah lainnya.

Gimana? Mudah banget kan Bun menjadi bagian dari 2 juta Bunda yang bisa mewujudkan impian kita bersama, Anak Indonesia Maju. Oh ya, selain berpartisipasi dalam gerakan sosial ini, kita juga bisa mendapatkan berbagai update mengenai parenting juga loh. Plus banyak sekali keuntungan lainnya. Ayo, Tunjuk Tangan dan segera berikan dukunganmu ya Bunda!

ayo-tunjuk-tangan
Yuk, ikutan gerakan sosial #AyoTunjukTangan demi #GenerasiMaju bersama #SGMEksplor

66 komentar

  1. wah menarik ya bun, generasi kita hrs bisa maju drpd kita!

    BalasHapus
  2. Gimana mau pinter yaa klo keadaan bikin mereka ngga bs sekolah. sedih denger yang nunggak SPP 😢
    Smoga smakin banyak kegiatan seperti ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling sedih pas tau ada 33 anak terpaksa putus sekolah buat nikah demi perbaiki kondisi ekonomi .. huhu padahal setelah nikah kan kehidupan yg baru dimulai dan muncul generasi selanjutnya. Apalagi masalah stunting masih jd momok dan perlu ditangani... Sungguh ini gerakan yg bagus karena concern pada kedua hal ini

      Hapus
  3. edukasi dan nutrisi memang menjadi kunci agar anak-anak bisa menjalani kehidupan. Makanya sedih kalau ada anak-anak yang tidak bisa sekolah, semoga dengan gerakan unjuk tangan ini, bisa semakin membantu anak-anak yang memang ingin sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak, edukasi gizi, bahaya stunting, dan penyakit yang mengganggu tumbuh kembang anak memang harus dipahami semua ortu supaya generasi ke depan lebih baik. SGM Eksplore cukup giat mengadakan event semacam ini pastinya saya dukung karena sangat positif mengedukasi masyarakat Indonesia.

      Hapus
  4. edukasi buat bundanya dan nutrisi buat anaknya, niscaya Indonesia jadi negara maju ya mba :)

    BalasHapus
  5. Ada berbagi nutrisi, beasiswa, dan rehabilitasi sekolah yang membutuhkan bantuan gerakan tunjuk tangan ini bisa menjadi inspirasi banget buat banyak orang untuk mewujudkan generasi maju di masa mendatang.

    BalasHapus
  6. Gerakan sosial dari SGM selalu inovatif dan bermanfaat. Sering memberikan edukasi mengenai nutrisi anak dan parenting juga.

    BalasHapus
  7. wow, rasanya semangat lagi sesudah baca fakta 9 dari 10 anak di Indonesia masih mengalami keterbatasan akses terhadap edukasi dan nutrisi.

    karena pemerintah gak bisa bergerak sendiri, perlu bantuan perusahaan sebesar telkom dan danone

    BalasHapus
    Balasan
    1. betuuul sekali memang hari gini jamannya kolaborasi yaa ambu, untuk kemajuan generasi penerus bangsa nih

      Hapus
  8. rehabilitas sekolah paling penting itu mbak, karena untuk mendapatkan ilmu yang banyak kita butuh tempat layak

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul karena realitanya banyak sekali sekolah-sekolah di pelosok Indonesia yang kondisinya memprihatinkan bahkan gak layak pakai, jadi yuk tunjukkan dukungan kita

      Hapus
  9. Anak saya anak generasi tunjuk tangan juga lho, hehehe ...
    Memang ya komunitas dan komunikasi antara kita dengan mereka yang terjalin sangat memberikan pelajaran wawasan dan ilmu yang bermanfaat

    BalasHapus
  10. Waah..program dari SGM selalu terdepan ya, semoga kesempatan mendapatkan pendidikan yang layak dan nutrisi yang memadai semakin terbuka untuk generasi penerus bangsa ini. Ikutan tunjuk tangan juga!!

    BalasHapus
  11. Tunjuk tangan dan gantung impian setinggi mungkin ya mbak. Jangan pernah berhenti berkarya sebab bunda SGM akan selalu ada

    BalasHapus
  12. SGM memiliki program bagus untuk pelanggan setianya, terus berinovasi dan berkarya buat anak negeri dalam pemenuhan nutrisi

    BalasHapus
  13. Kolaborasi yang bagus SGM demi memajukan pendidikan anak-anak bangsa, karena nantinya anak-anak yang akan memimpin bangsa

    BalasHapus
  14. dunia pendidikan di indonesia memang bukan hanya tanggung jawab guru dan mentri aja, harus ada sistem yang menduukung, orang tua harus paham juga bagaimana kondisi anak dan apa langkah yang perlu dilakukan. tenaga pendidik juga harus selalu komunikasi dengan orang tua dan mencari solusi terbaik untuk generasi bangsa lebih maju, terimakasih untuk sharing nya kak semoga pendidikan di indonesia semakin maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul banget ini, dunia pendidikan butuh kita juga sebagai masyarakat untuk sama-sama peduli membangun generasi maju Indonesia

      Hapus
  15. Senang banget kalau semua pihak mau bersinergi untuk kemajuan bangsa..
    Seperti SGM ini yang ikut ambil bagian dalam memajukan dunia pendidikan.

    BalasHapus
  16. SGM semoga makin maju, terima kasih sudah hadir dlm pertumbuhan anak-anak Indonesia sejak dulu

    BalasHapus
  17. Keren programnya apalagi menyediakan beasiswa dengan begitu harapan untuk menjadi generasi yang cerdas dan tangguh bisa terlaksana ya

    BalasHapus
  18. Agar anak tumbuh menjadi generasi maju, maka ada dua hal penting yang harus dipenuhi
    Yaitu edukasi dan nutrsi ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua hal yang jadi kuncinya ya kak, agar tumbuh kembang anak tetap optimal

      Hapus
  19. Bagus nih programnya ya semoga generasi kita di masa depan semakin baik semakin banyak yang teredukasi

    BalasHapus
  20. Dari dulu SGM concern banget dengan nutrisi anak Indonesia, selalu memberi kesadaran untuk para Moms agar selalu belajar untuk kebutuhan nutrisi anak yang tercukupi. Gerakan Ayo Tunjuk Tangan ini mesti diapresiasi dan salut untuk SGM! Jaya selalu yaa

    BalasHapus
  21. Ya Allah, sampai putus sekolah karena menunggak SPP, nikah (OMG!), juga ada yg kecanduan gawai. Pandemi ini penuh tantangan di bidang pendidikan ya. Aku mau ikut tunjuk tangan supaya pendidikan bermutu makin menyeluruh di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya fakta yang sangat miris yaaa ini, yuk berbuat sesuatu demi generasi anak-anak kita

      Hapus
  22. Kalau untuk beasiswa, ada kriteria tertentu kah? Atau cari infonya di mana, menarik nih program beasiswa, salah satu bentuk dukungan prestasi anak

    BalasHapus
  23. Bagus sekali program dari SGM ini memberikan pendidikan bahasa inggris gratis, pasti ini sangat membantu para siswa di Indonesia

    BalasHapus
  24. Sedih sekali melihat fenomena yang terjadi di Indonesia.
    Tapi ini bukan saatnya bersedih, mari kita sama-sama dukung dan sukseskan program gerakan sosial #AyoTunjukTangan.

    Semangat~

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, yuk nyatakan dukungan cuma dengan klik linknya dan akan dikonversiin sama SGM Eksplor jadi 3 bentuk bantuan seperti yang aku jelasin di artikel

      Hapus
  25. Aku seneng bangett ada program2 yang care seperti ini, Mbak. Suka dengan program2nya SGM. Aku udah ikut klik, yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeaaaay thanks yaaa mba, thanks sudah jadi bagian 2 juta Bunda yang peduli Generasi Maju Indonesia

      Hapus
  26. Saya juga udah ikut gerakan #ayotunjuktangan ini, senang deh hasilnya udah disalurkan kepada anak-anak yang membutuhkan...

    BalasHapus
  27. Mantap banget gerakan #ayotunjuktangan ini ya mbak, banyak banget ibu-ibu yang sudah ikutan.

    BalasHapus
  28. Apalagi di masa pandemi kayak gini. Angka anak putus sekolah pasti tinggi. Untungya swasta, kayak SGM Eksplor peduli terhadap nasib anak bangsa, spt ngasih beasiswa ini. Semoga diikuti oleh instansi/perusahaan lainnya ya.

    BalasHapus
  29. Keren nih programnya, kalau waktu sekolah, ayo tunjuk tangan kalau mau bertanya, hehe sekarang ayo tunjuk tangan untuk berpartisipasi ya

    BalasHapus
  30. Keren banget nih gerakan Ayo Tunjuk Tangan, SGM Eksplor bersama mitra kolaborasi akan membagikan produk nutrisi bagi anak-anak ya. Semoga bisa mencegah stunting anak Indonesia.

    BalasHapus
  31. Mari bersama-sama kita dukung gerakan tunjuk tangan ini agar makin baik lagi kualitas pendidikan dan nutrisi yang akan diterima oleh anak-anak generasi muda bangsa kita.

    BalasHapus
  32. Salut banget sama program SGM, semoga semakin banyak yang tertolong. Sebagai bunda, wajib berpartisipasi nih

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah yaa, programnya SGM ini keren banget emangg. Sukaa <3 karena sebnernya permasalahan gizi ini ngga hanya permasalahan negara dan satu keluarga, tapi kita juga harus ikut ambil peran ya kak

    BalasHapus
  34. Aksinya gampang banget, ya. Tapi efeknya bisa mempengaruhi generasi masa depan Indonesia.

    BalasHapus
  35. Setujuuu, aku ikut tunjuk tangan, nih. Semoga aksi bermanfaat seperti ini bisa membuat generasi Indonesia menjadi lebih baik, ya

    BalasHapus
  36. semoga 2045 beneeran terwujud dan ga cuma mimpi belaka ya mba dengan edukasi dan nutrisi yang digalakkan

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah di masa pandemi yg sulit ini tetap ada lembaga seperti SGM yg peduli dg masyarakat terdampak pandemi y

    BalasHapus
  38. keren program-programnya jadi saling support gini menunjukkan bahwa indonesia memang memiliki prinsip gotong royong saling bahu. membahu. SGM ini iklannya aja udah kerenlho di tonton dibuktikan dg program ini mantap

    BalasHapus
  39. Jika perut kenyang, prestasi pun mudah dijelang. Suka sekali sama potongan kalimat ini.

    Iya ya. Indonesia sebenarnya masih sangat berjuang untuk mencegah stunting. Keren sekali kampanye dukungan #AyoTunjukTangan yang digerakkan sama SGM Eksplor ini.

    BalasHapus
  40. Aku ikuuut. Sekalian amu kasih tunjuk, setinggi apa mimpiku di langit

    BalasHapus
  41. Koloborasi SGM Explore memajukan pendidikan anak-anak Indonesia patut diacungi jempol nih. Nutrisi anak terpenuhi, pendidikannya juga terealisasi dengan baik.

    BalasHapus
  42. saya dukung gerakan ayo tunjuk tangan ini mbak. Semoga semakin banyak generasi yang terbantu dengan gerakan ini dan bisa menjadikan mereka generasi yang bebas malnutrisi plus bisa mengenyam pendidikan yang tinggi

    BalasHapus
  43. wahhh menarik yaa selain ikut aksi tunjuk tangan buat kebutuhan nutrisi dan beasiswa pendidikan kita bisa juga dapetin voucher belanja, mantul!

    BalasHapus
  44. salah satu susu yang berkontribusi besar terhadap kesehatan dan tumbuh kembang negeri Indonesia, semoga terus berkarya dan bermanfaat SGM membangun generasi anak bangsa

    BalasHapus
  45. semoga dengan adanya program dari SGM ini sumber daya manusia Indonesia tidak dipandang sebelah mata lagi. semangat membangun generasi anak bangsa..

    BalasHapus
  46. Gerakan yang mulia dan rutin dilakukan oleh SGM yaa...
    Keren sekali Gerakan Ayo Tunjuk Tangan ini. Aku uda pernah ikutan, tapi kabarnya harus berbeda nomer saat ingin ikut dan mendukung beberapa kali yaa?

    BalasHapus
  47. Program yang sangat bagus ya
    Memang klo ingin anak Indonesia tumbuh menjadi generasi maju, ya harus didukung oleh akses pendidikan dan nutrisi terbaik ya mbak

    BalasHapus
  48. Miris ya, ternyata masih banyak anak yang belum mendapat akses pendidikan yang layak. Perlu didukung nih, gerakan ayo tunjuk tangan dari SGM ini. Agar pendidikan di Indonesia semakin maju

    BalasHapus
  49. Pantes aja sih SGM itu dipercaya orang Indonesia banget, ternyata udah 65 tahun yak! Nggak cuma menghasilkan produk berkualitas, tapi punya kepedulian sosial yang tinggi banget, terutama dalam hal pendidikan

    BalasHapus
  50. Beberapa hari yang lalau, saya mengikuti seminar tentang Ketahanan Keluarga.
    Dan mendapat fakta bahwa angka dispensasi pernikahan (pernikahan di bawah umur) meningkat drastis selama 10 bulan terakhir ini.
    Duh ngeri.

    BalasHapus
  51. semoga cita cita generasi emas 2045 terwujud, btw keren banget gerakan sosial dari SGM ya, menjadi bagian memajukan Indonesia

    BalasHapus
  52. Aku udah ikutan juga dong gerakan #AyoTunjukTangan ini. Senang sekali hanya dengan 6 langkah sederhana, bisa ikut membantu anak-anak Indonesia yang membutuhkan. Semoga program ini terus berkelanjutan dan bisa membantu lebih banyak anak lainnya.

    BalasHapus
  53. Baca baca soal program ini, amaze karena SGM selalu berusaha memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia terhadap nutrisi dan pendidikan yang layak

    BalasHapus
  54. SGM Eksplor konsisten banget dengan banyak gerakan positifnya bagi generasi anak sehat Indonesia.
    Semoga dampaknya semakin meluas dan semakin banyak juga para mommies yang terlibat.
    Ayi tunjuk tangan bareng ^^

    BalasHapus
  55. Seneng sih kalau ada yg oeduli sama masandepan anak kayak sgm ini yang membantu memajukan kesehatan dna pendidikan anak

    BalasHapus
  56. Ayo tunjuk tangan, tunjukkan kalo kita juga peduli dengan masa depan generasi muda Indonesia. Kesehatan dan pendidikan anak ini emang penting banget ya mba, makanya jangan sampai ketinggalan ikut ambil bagian

    BalasHapus
  57. Ikut gerakan ayo tunjuk tangan, semoga semakin banyak anak2 generasi muda Indonesia yg siap maju bersama.

    BalasHapus