Tips Investasi Bagi Pemula, Mulai Aja Dulu di Investasiku

Investasi sekarang bukan lagi hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Mengutip dari laman OJK, hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan sebesar 38,03% dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19%. Hasilnya cukup menggembirakan karena melampaui target yang ditetapkan pemerintah. Yaitu sebesar 35% untuk literasi keuangan dan 75% untuk inklusi keuangan.

Indeks literasi yang masih rendah menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia belum memahami karakteristik produk dan layanan keuangan yang ada. Namun, tingkat inklusi keuangan menunjukkan sudah cukup banyak masyarakat Indonesia yang bisa mengakses produk dan jasa keuangan. Buktinya, sekarang hampir semua orang sudah memiliki rekening bank untuk menyimpang uang.
investasi-bagi-pemula
Pilihan investasi bagi pemula
Seiring pesatnya perkembangan digital, sekarang sudah banyak sekali produk investasi digital yang praktis hanya melalui smartphone. Namun, banyak yang masih salah kaprah mengenai konsep investasi. Prinsipnya, investasi itu tujuannya adalah untuk menggandakan aset/keuangan kita, tapi yang perlu diingat ada yang namanya faktor risiko. Jadi, investasi itu gak sama loh ya dengan menabung.

Tips Investasi Bagi Pemula

Sebagai ibu rumah tangga, saya sudah mulai berinvestasi sejak 3 tahun lalu. Saya termasuk investor yang tipenya antara moderat dan agresif. Untuk tujuan jangka panjang saya akan berinvestasi secara agresif, sementara untuk jangka pendek saya lebih prefer investasi yang aman-aman aja.

Hah? Ibu rumah tangga kok main-main investasi. Emang gak serem? Ya pastinya kita harus mau belajar tentang investasi dong ya sebagai pemula. Jadi, jangan cuma asal ikut-ikutan trend semata.

Buat yang baru mau mulai investasi, ada beberapa hal nih yang harus diperhatikan kalau gak mau kena zonk alias kejebak investasi bodong. Jangan tergoda sama iming-iming murah bangeeeeeet atau hasilnya cuan terus. Duh, itu sih wajib dicurigai!
tips-investasi-bagi-pemula
Apa saja yang harus diperhatikan dan dipelajari investor pemula?
Tentukan tujuan investasi
Untuk menentukan tujuan investasi itu, kita butuh target nominal dan waktunya. Misal, mau menyiapkan dana kuliah anak 10 tahun lagi sebesar 500 juta rupiah. Nah, dari sini kita bisa nih menghitung berapa sih harus menyisihkan untuk investasi setiap bulannya dan harus ditaruh di instrumen investasi apa.

Tentukan alokasi dana investasi
Bagi yang pernah mengikuti workshop/seminar keuangan, umumnya sih kita dianjurkan untuk membuat alokasi dana kita dengan aturan 50-30-20. Jadi, biasanya dari pemasukan kita sekitar 50% dihabiskan untuk kebutuhan bulanan, 30% untuk kesenangan/keinginan pribadi dan 20% bisa dialokasikan untuk investasi. Kalau kamu biasanya menyisihkan berapa persen untuk alokasi investasi nih?
 
Oh ya, satu tips penting buat pemula yang mau mulai investasi, big NO banget ya kalau mau investasi dengan cara mengajukan pinjaman kredit. Bahaya banget ya, bisa double trouble, karena inget lagi bahwa yang namanya investasi itu selain ada potensi keuntungannya juga sangat memungkinkan bisa merugi juga loh!

Cari tahu profil risikomu
Profil risiko biasanya ada 3, yaitu konservatif, moderat dan agresif. Kalau kamu termasuk yang sukanya aman-aman aja, artinya kamu termasuk tipe investor konservatif. Cocok untuk investasi berupa deposito atau logam mulia. 
 
Sementara, bagi kamu yang mau dapat untungnya agak lebih besar tapi belum berani ambil risiko artinya kamu termasuk tipe investor yang moderat. Nah, kamu bisa nih memilih berinvestasi di instrumen reksadana dan obligasi.
 
Buat kamu yang risk taker, mau untung maksimal tapi risikonya juga besar cocok nih melirik investasi di instrumen saham. 

Konsisten berinvestasi rutin
Cara berinvestasi tuh ada 2 macam, jadi bisa lump sum atau pakai metode Dollar Cost Averaging (DCA). Metode lump sum umumnya dipakai para pengusaha yang mengalokasikan profit usahanya untuk diinvestasikan dalam jumlah besar.

Buat pemula, ada baiknya kita memakai metode dollar cost averaging yaitu rutin berinvestasi setiap bulannya, sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan dari naik turunnya nilai investasi.

Pilih aplikasi investasi yang legal dan diawasi OJK
Gak mau dong terjebak investasi bodong, makanya kita sebagai investor wajib jeli memilih platform investasi jaman now. Pastikan aplikasi investasi pilihan kita memiliki izin legal dan diawasi OJK, contohnya platform investasi kesayanganku yaitu InvestasiKu.

Cara Investasi di Aplikasi InvestasiKu

InvestasiKu ini adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas bagi masyarakat yang ingin berinvestasi saham, reksadana dan obligasi. PT Mega Capital Sekuritas merupakan broker saham terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan agen penjual reksadana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, gak perlu worry ya, ini aplikasi investasi yang terpercaya dan legal. 

Cara mengunduh aplikasi InvestasiKu
Untuk bisa mulai berinvestasi di InvestasiKu, kita bisa mengunduh aplikasinya melalui Google Playstore ataupun AppStore. Bisa juga loh kamu klik link https://bit.ly/daftar-aplikasi-investasiku atau banner berikut ya:
Setelah aplikasi terinstall, masukkan nomor handphone dan email untuk registrasi. Lalu, untuk bisa mulai melakukan aktivitas investasi, kita harus membuka rekening RDN terlebih dahulu. Tenang, gak usah ribet print dan kirim form administrasi berlembar-lembar, cukup isi aja via aplikasi. Plus, gak perlu datang ke kantornya PT Mega Capital Sekuritas. Praktis semuanya via handphone. Siapkan KTP, NPWP dan data-data keuanganmu ya! 
 
Lalu, kita bisa mulai topup RDN, dan kerennya bisa mulai dari topup 5 ribu aja kita sudah mulai berinvestasi di  aplikasi InvestasiKu. InvestasiKu juga menawarkan comission fee yang kompetitif yaitu sebesar 0,150% untuk buy dan 0,250% untuk sell. Pas banget buat pemula yang masih belajar-belajar investasi saham nih!
Fitur Eduvest di InvestasiKu
Fitur Eduvest di aplikasi InvestasiKu 
Buat pemula, gak perlu takut InvestasiKu menyediakan berbagai sarana pembelajaran investasinya, baik berupa video, artikel maupun podcast. Jadi, kita bisa belajar sambil praktik investasi langsung nih. Materi-materinya juga mudah dimengerti dan dikemas dengan menarik untuk disimak.
 
Fitur Trading Idea
Nah, ini dia nih yang menurut saya paling oke dari aplikasi InvestasiKu. Jadi, kita bisa menyimak ide-ide dan highlight/bocoran dari komunitas-komunitas trading. Setiap harinya bakalan ada rekomendasi saham yang berpotensi cuan hasil analis para trader handal di setiap komunitasnya. Seru banget kan?
Pilihan saham di aplikasi InvestasiKu
Yuk, mulai aja dulu investasi mulai hari ini di aplikasi InvestasiKu, recommended banget sih buat pemula. Ibu rumah tangga kaya saya jadi bisa punya sahamnya BBRI, MIKA, LINK atau JSMR. Kece badai kan? 👀

51 komentar

  1. MAsa muda memang tidak selamanya. Hanya beberapa masa saja. Saat itu harus dipersiapkan segala sesuatunya untuk hari tua kelak. Di InvestasiKu kita bisa mengatur simpanan kita. Caranya mudah dan banyak untungnya... Buruan yuk... tunggu apalagi, mumpung masih muda...

    BalasHapus
  2. Investasi itu penting banhet ya kak untuk hari tua kita. Untingnya skg semakin banyak aplikasi2 investasi yg sudah diawasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benerrr, saya sendiri udah mulai berinvestasi karena umur sudah kepala empat. Biar nanti ada uang masa tuakann

      Hapus
  3. Thanks nih kak untuk tipsnya.Aku selama ini pas ada rejeki investasi bentuk deposito. Boleh nih bergabung fitur-fitur yang ditawarkan Investasiku menarik ya.Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  4. Aku dah intip-intip nih...memang simpel dan mudah buat investor pemula aplikasi InvestasiKU ini..apalagi aman kan. top up 5 ribu di RDN pun bisa, wah semua bisa nih investasi ya

    BalasHapus
  5. Informasi bermanfaat banget mba investasi memang sangat penting ya apa lagi dimasa Pandemik seperti ini buat jaga-jaga

    BalasHapus
  6. Saya pun belajar investasi di InvestasiKu lho. Ambil yang terjangkau pula itu
    Yah namanya juga belajar semoga saja kedepannya bisa nambah besar

    BalasHapus
  7. aku sampai sekarang belum berani invest reksadana dan lain-lain karena memang masih kurang paham.akhirnya cari yg aman2 aja deh, deposito, tabungan dan logam mulia.. 😁

    BalasHapus
  8. Wah, makasih insight-nya, Mbak. Saya jadi tahu bahwa profil risiko saya termasuk yang konservatif, pengen investasi yang aman-aman saja, seperti deposito dan logam mulia. Namun, setelah baca artikel ini, saya jadi penasaran ingin mencoba investasi saham di aplikasi InvestasiKu.
    Makasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  9. Betul mbak, sekarang banyak investasi bodong, kalau menawarkan harga murah patut dicurigai. Banyak juga yg kejebak ikut trading malah amsyong. Yang terpenting pastikan aplikasi investasi pilihan kita memiliki izin legal dan diawasi OJK.

    BalasHapus
  10. Pilihan saham yang bisa dimiliki sangat menggoda, ya. Jadi pengen kenal lebih dekat dengan Investasiku lalu mencobanya.

    BalasHapus
  11. Makin banyak cara buat lebih melek finansial, menarik ulasannya pun lengkap. Investasi itu penting dan sering diabaikan, jadi investasiku ini membantu sekali

    BalasHapus
  12. bagus ini mbaa investasiku. aku ga sabar nyobain reksadana di investasiku, tapi masih coming soon sih. sementara bisa cobain investasi sahamnya

    BalasHapus
  13. Fiturnya lengkap banget ya, Kak unduk Edu Vest nya. Artikelnya memberikan insight dengan penjelasan yang runut dan detail tentang InvestasiKu

    BalasHapus
  14. Ibu rumah tangga pun harus cerdas berinvestasi ya mbak, pahami dulu faktor resiko dan juga keuntungannya. Nggak boleh tergiur iming-iming keuntungan besar dalam waktu singkat

    BalasHapus
  15. Sepertinya menarik ini ya, berinvestasi di investasiku. Aku blm mulai berinvestasi nih... Boleh juga dimulai dari sini

    BalasHapus
  16. Aku udah punya akun InvestasiKu dong! Enak banget aplikasinya, semua produk saham dalam satu aplikasi! Siap-siap mau investasi Reksa Dana nihh

    BalasHapus
  17. Investasiku pilihan tepat berinvestasi guna kebutuhan di masa sekarang dan akan datang

    BalasHapus
  18. thanks mba, selama ini aku kalau ada rejeki lebih larinya ke tabungan biasa, kalau udah agak banyak baru dipindahkan ke deposito

    BalasHapus
  19. Belajar literasi keuangan yg mujarab ya mencoba di investasiku. Aplikasinya nanti coba kucek ya kak sapa tau cocok dg minatku.

    BalasHapus
  20. Bagi pemula sangat penting untuk berhati-hati memilih produk investasi
    Makanya dengan adanya InvestasiKu ini sangat membantu ya kak

    BalasHapus
  21. Wah keren mbak udah mulai invest sejak tiga tahun ygvlalu. Aku baru inves saham sejak tahun lalu. Awalnya aku konservatif tapi makin belajar makin berani invest jd moderat.

    BalasHapus
  22. Penting dong berinvestasi. Memang sebaiknya dimulai dengan instrumen yang ibu familiar supaya lebih tenang. Namanya invest, bisa naik, bisa turun. Senang lho sekarang mudah investasi di Investasiku. Para perempuan makin cerdas literasi keuangan.

    BalasHapus
  23. Aku tuh uda lama banget pengen investasi, tapi masih bingung mau investasi dimana. Akhirnya dr dulu sampe skrg aku masih memilih investasi emas, mbak. Kayaknya investasiku ini aman, ya

    BalasHapus
  24. Makin banyak pilihan buat berinvestasi jaman sekarang, serba dipermudah bahkan melalui aplikasi.
    Dan makin banyak pula ibu2 yang mulai sadar akan pentingya investasi, pilihan tepat ya di Investasiku ini, aman coz terdaftar di OJK.Tinggal dissuaikan saja mau jenis investasi apa sesuai dengan kebituhan.

    BalasHapus
  25. Aku juga sudah punya akun InvestasiKu ini ka... lagi lihat-lihat dulu nih. Asyiknya bisa belajar tentang investasi juga di aplikasi ini....

    BalasHapus
  26. InvestasiKu emang pilihan untuk investasi dengan cara mudah dan tanpa ribet. Aku juga belajar investasi, mba. Karena menurutku ini penting

    BalasHapus
  27. Boleh juga nih Investasiku menjadi pilihan untuk mulai berinvestasi, terutama bagi pemula ya. Fitur-fiturnya sekaligus membekali kita dengan pengetahuan tentang langkah-langkah investasi yang harus dilakukan.

    BalasHapus
  28. Langkah awal dalam menentukan jenis investasi yang sesuai ini bisa dijadikan acuan untuk menaruh berapa dana yang kita alokasikan yaa..
    Suka banget kalau ada aplikasi yang mendorong penggunanya untuk selalu belajar dan praktek mengaplikasikan ilmunya.

    BalasHapus
  29. Baru-baru ini saya juga mengunduh app InvestasiKu, karena cocok buat pemula, apalagi bisa belajar dari awal dan memilih investasi apa yang paling cocok

    BalasHapus
  30. Mulai melek tentang investasi sih setelah baca postingan ini. Jadi mulai tertarik untuk mulai berinvestasi

    BalasHapus
  31. Mengalokasikan dana untuk investasi menurutku juga penting lho, dan memang butuh sedikit "dipaksakan". Kita nggak tahu soalnya di masa mendatang apa yang akan kita hadapi. Makanya perlu sedini mungkin mempersiapkan diri. Nah ini baru tahu ada aplikasi Investasku. Penasaran juga mau coba pelajari. Sepertinya bakal bantu pengguna pemula untuk bisa berinvestasi dengan cara yang benar

    BalasHapus
  32. Bener banget tipsnya. Kita harus tahu dulu memang profil risiko kita sebelum memulai investasi. Dan sepakat banget kalau investasi itu harus rutin.

    BalasHapus
  33. Karena pandemi mindset masyarakat sudah mulai berubah, terutama generasi muda sudah mulai paham pentingnya berinvestasi. Untunglah dibarengi dengan lahirnya platform-platform investasi yang mudah dan aman seperti InvestasiKu.

    BalasHapus
  34. Dengan punya tujuan investasi mau diarahkan ke mana, jadi lebih terarah. Sehingga bisa konsisten dan bersemangat menjalankannya

    BalasHapus
  35. Jgn sampe deh ya buat investasi hrs utang dl, apalagi utang dr pinjol. Ntar bunganya malah lbh tggi dr cuan sahamnua kan berabe tuh.

    Lbh baik bikin dl deh dana cadangan. Kl udh aman smua, baru sisain uang dingin yg bs dipake buat investasi. Jd cashflow ga terganggu.

    BalasHapus
  36. Emang udah saatnya kita melek investasi yah kak, tapi dengan aplikasi yang trusted dan bukan bodong dong. Untung sekarang ada aplikasi investasiku yah, jadi pengen cobain deh

    BalasHapus
  37. Mantap emang nih Investasiku ngga hanya ngajakin orang invest tapi juga ngajakin untuk ambil ilmunya dulu sebelum bener2 terjun ke dunia investasi

    BalasHapus
  38. Investasiku ini memang aman ya bagi investior baik investor lama dan investor baru. Karena diawasi dan terlisensi OJK dna BEI

    BalasHapus
  39. kalau mau investasi ya emang harus berani mulai dulu sih, mulai dari yang kecil dan dapet gain secara continue ya mba

    BalasHapus
  40. mantap tipsnya mbak, aku termasuk pemula ya yang main tapi suamiku hehhee dia sering cerita tapi aku gak paham hehe, pesanku satu cari yang aman dan legal. nahinibisa tak sampaikan suamiku nih

    BalasHapus
  41. pemula seperti saya harus lebih banyak belajar tentang investasi, agar bisa menerapkan strategi investasi yang menguntungkan serta terhindar dari tipu tipu. kakak keren nih sudah berani mulai investasi. Semoga semakin banyak cuannya ya kak :)

    BalasHapus
  42. setelah aku coba aplikasi ini, aku suka karena UI nya simpel banget dan buat aku yang pemula jadi tahu harus pilih saham apa. aku udah coba dan investasi sini hehe

    BalasHapus
  43. Wah keren
    Sudah berinvestasi sejak 3 tahun yang lalu
    Dengan InvestasiKu ini, investasi jadi lebih mudah

    BalasHapus
  44. setuju banget kalau investasiku bagus buat pemula. tampilannya clean banget, gak bikin bingung. mudah buat ngelihat kategori saham yang lagi naik, yg baru, yg lagi turun, dll

    BalasHapus
  45. memang untuk mencapai financial freedom harus mulai sisihin uang untuk invest dari sekarang. moga 10 taun lagi cuan hahaha

    BalasHapus
  46. Membutuhkan keberanian banget yaa..untuk memulai investasi.
    Keberanian mengambil keputusan, keberanian belajar dan keberanian mencoba.
    Sungguh investasi masa kini yang bisa banget dimanfaatkan bagi investor pemula sepertiku, dengan aplikasi Investasiku.

    BalasHapus
  47. Investasi itu bisa banget dijadikan passive income, kuncinya konsisten dan ga maruk :)

    BalasHapus
  48. aku juga udah pakai investasiKu ini, dan memang membantu banget apalagi buat pemula ya.. ngatur keuangan dan gimana mau mulai investasi :)

    BalasHapus
  49. Berinvestasi, di masa kayak sekarang, jangan ditunda-tunda. Sebab hidup semakin kerasa kalo gak bisa diprediksi. Tanpa investasi, hidup gak jelas. Dan iya, investasi ini bisa dipelajari. Salah satunya ya dengan invesi di InvestasiKu. Yang penting mulai aja dulu, ya. Nanti bisa improve dengan ikut kelasnya di Akademinya.

    BalasHapus
  50. aku udah bikin RDN di investasiKu nih mba, biar dikit yang penting konsisten. Apalagi aman karena udah terdaftar OJK dan BEI :)

    BalasHapus