JNE Ngajak Online UMKM Kota Cilegon

Siapa yang suka berburu produk-produk UMKM? Sebelum pandemi saya suka sekali mengunjungi pameran produk-produk UMKM seperti Inacraft. Sekarang, di Jakarta juga sedang happening nih salah satu pusat produk UMKM yaitu di Sarinah yang kini sudah memiliki wajah baru pasca renovasi. Entah kenapa, produk UMKM itu kok lebih diminati sama bule-bule dibanding masyarakat kita sendiri ya?
 
Nah, di era serba digital ini ternyata membawa angin segar bagi para pelaku UMKM. Tau gak sih, ternyata ya sekitar lebih dari 17,5 juta UMKM di Indonesia sudah mulai memanfaatkan berbagai lini media sosial sebagai sarana pemasaran. Kita bisa banget loh mendukung UMKM untuk bangkit dari pandemi ini dengan membeli produk-produk UMKM yang kini mudah dicari di berbagai marketplace.
Produk-produk UMKM kini tersedia di marketplace
Selain terkenal sebagai kota penghasil baja terbesar di Asia Tenggara, Kota Cilegon ternyata memiliki banyak produk-produk UMKM yang gak kalah menarik. Kamu yang suka batik, sudah punya belum Batik Krakatoa atau Batik Lereng Lesung khas Kota Cilegon? Atau buat yang style fashionnya edgy, kayanya wajib punya deh nih Tas Akrilik buatan UMKM Kota Cilegon. Belum lagi, kudapan khasnya mulai dari Kerupuk Dapros, Serundeng Manis, Sate Bandeng, Kue Engkak dan Emping. Kalo untuk para kolektor, jangan lupa untuk memboyong Golok Cilegon ya.

Kolaborasi JNE Bersama UMKM Kota Cilegon

Dalam rangka mewujudkan komitmen untuk mendukung UMKM, JNE mengadakan webinar bersama UMKM Kota Cilegon pada 18 Mei lalu yang merupakan kota ke-9 dari rangkaian webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Cilegon, JNE  kembali menggelar webinar bersama UMKM di Kota Pasuruan pada 19 Mei 2022. Mantap, gaskeun terus JNE!
 
JNE menghadirkan dua pelaku UMKM, yaitu Farah Kartika Sari selaku Owner IKM Permata (sandal Hotel Cilegon) dan Linda Yuli Yani selaku Owner ELYECRAFT yang berbagi pengalaman jatuh bangunnya di masa pandemi. Walaupun angka penjualan produk sempat mengalami penurunan drastis, namun kedua pelaku UMKM ini tidak mudah menyerah.
 
Linda menceritakan pengalamannya di masa pandemi, “Waktu itu masyarakat heboh mencari masker dan kita mencoba membuat konektor masker untuk wanita yang memakai hijab. Kita jual di marketplace, Instagram dan Facebook sehingga omzet-pun melejit.” Ini bisa menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM lainnya di Kota Cilegon. Bahwa marketplace dan media sosial harus dijadikan sarana pemasaran utama di jaman now.

Sementara Kartika yang bergerak di bidang perhotelan, bercerita bagaimana bisnisnya bisa survive di masa pandemi, "Melalui sosial media, e-commerce, lalu ekspedisi seperti JNE, kami sebagai UMKM manfaatkan sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, kita juga berkolaborasi di sana, usaha kita yang di masa pandemi krisis menjadi stabil lagi."
 
Ada beberapa tips dan trick yang bisa dirangkum dari kedua narasumber pelaku UMKM pada webinar JNE di Kota Cilegon, yaitu:
1. Jangan malas untuk buat konten.
2. Kita harus memiliki diferensiasi dan tentunya original.
3. Jangan anggap kompetitor jadi lawan, tetapi jadikan motivasi bahkan teman kolaborasi.
 
Selain webinar, JNE Cilegon juga memiliki berbagai program CSR seperti pembangunan rumah, wakaf Al Quran, memberikan bantuan saat ada bencana, bahkan yayasan asrama. Menurut Herry Herbowo selaku Branch Manager JNE Cilegon, “Ada kegiatan yang akan kita lakukan setelah Goll..Aborasi, yaitu trading house, digital marketing, serta lainnya, yang akan berkolaborasi dengan para seller. Tentu kita selalu berinovasi dan melihat potensi yang ada.” 
 
Keren banget ya memang komitmen JNE untuk memajukan UMKM di Indonesia! JNE sebagai perusahaan yang didirikan oleh anak bangsa, komitmen mengusung tagline Connecting Happiness, selain memberikan layanan pengiriman barang, tapi juga memberikan kesempatan bagi UMKM setempat untuk berkolaborasi bersama.

Nah, seru ya menyimak kisah inspiratif para pelaku UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian negeri kita tercinta. Berhubung saya tipenya memang sukanya belanja online, jadi sangat memudahkan sih dengan tersedianya produk-produk UMKM di marketplace ataupun dijual melalui media sosial. Yuk ah mari check out belanjaan produk UMKM kita di marketplace dan jangan lupa pilih JNE untuk pengiriman paketnya ya 😉

19 komentar

  1. Pas banget nih mba, kakek saya suka koleksi benda-benda unik, kayanya boleh juga nih hunting Golok khas Cilegon buat hadiah beliau. Semoga di marketplace ada ya biar free ongkir or pastinya pake andalan ane dong JNE biar aman sampai dengan selamat paketnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wadaw golok, agak serem ga sih mas hadiahnya wkwkwk tapi kalau beliau suka kayaknya bakal happy ya :)

      Hapus
  2. Salut banget sama JNE yang tak pernah berhenti berkomitmen untuk support UMKM di Indonesia, salah satunya di kota Cilegon ini.
    Btw, keren banget tuh jangan anggap kompetitor adalah lawan, berkolaborasi jauh lebih bermanfaat dan lebih baik

    BalasHapus
  3. Penasaran sama Sarinah. Bagus ya sekarang, lihat di foto teman2. Udah pernah kesana tapi jaman dulu masih sesak. Alhamdulillah JNE memfasilitasi umkm utl belajar agar upgrade pengetahuan.

    BalasHapus
  4. Moga UMKM Kota Cilegon makin maju berkembang bersama JNE, ya. Salut sama usahanya.

    BalasHapus
  5. Nah betul. Sekarang ada bagian sendiri untuk produk UMKM. Jadi kalau mau beli ya lebih gampang apalagi banyak yang kolaborasi. Jadi lebih terasa unik dan baru

    BalasHapus
  6. Wah, ada sepupuku di Cilegon nih, taunya cuman sate bandeng aja...baru tau kalo ternyata Cilegon banyak oleh-oleh khasnya. Banyak juga berati ya UMKM nya. Salut sama JNE yang terus berkolaborasi sama UMKM. Saling support untuk perekonomian Indonesia yang lebih baik.

    BalasHapus
  7. Keren JNE yang merangkul UMKM untuk berkolaborasi, sekarang sudah merambah kota Cilegon. Semoga sinergi keduanya semakin menguatkan ya.

    BalasHapus
  8. Ternyata banyak juga UMKM yang ada di Cilegon yang bisa dijadikan oleh-oleh. Tapi salut dengan pebisnis muda saat ini, pandemi bukan halangan untuk kreatif dan produktif. Berkat kolaborasi dengan JNE usaha kreatif mereka makin maju dan menghasilkan bahkan diminati masyarakat luas.

    BalasHapus
  9. Makin optimis pasca pandemi ekonomi bakal tumbuh pesat ya

    Pegiat umkm juga hepi karena didukung JNE yg keren bgt ini

    BalasHapus
  10. keren nih kolaborasi umkm sama jne. salut sama pelaku bisnis ya g teteup survive ditengah pandemi kemarin. banyak juga yang kreatif dengan mencari peluang usaha baru. kereenn..

    BalasHapus
  11. Dukung UMKM utk terus maju termasuk dengan JNE yg selalu punya program oke_oke termasuk yg menarik adlh kolaborasi dgn UMKM Cilegon

    BalasHapus
  12. semoga UMKM kita yang berada di seluruh nusantara bisa menikmati kolaborasi dan kerja sama seperti ini ya mba

    BalasHapus
  13. Salah satu hal yg dibutuhkan sama UMKM yakni dukungan seperti yg diberikan JNE ini. Semoga kegiatan ini terus berlanjut krn ada banyak manfaat yg terkandung didalamnya.

    BalasHapus
  14. Senang banget dengan adanya JNE Goll.. Aborasi Bisnis online ini, para pelaku UMKM Cilegon bisa menerima banyak input dan pandangan yg banyak untuk bisnis mereka. Semoga perekonomian di Cilegon bisa meningkat lagi pasca pandemi 🙏

    BalasHapus
  15. Jenis batik di Indonesia ini berbeda tempat, berbeda pula ciri khasnya yaa..
    Dan jadi memperkaya budaya Indonesia.
    Jadi penasaran denan motif Batik Krakatau dan Batik Lereng Lesung khas Kota Cilegon.

    Dengan kolaborasi yang kompak antara sesama UMKM dan pihak ekspedisi JNE, semoga geliat perekonomian Indonesia semakin terpacu ke arah yang lebih baik.

    BalasHapus
  16. Dengan diselenggarakannya kegiatan GOLL..Aborasi ini, para pelaku UMKM lainnya, juga mereka yang berencana terus ke dunia usaha, jadi belajar lebih banyak bagaimana sih jatuh bangunnya dunia usaha ini. Sharing kayak gini tuh penting banget. Biar makin nambah ilmu, biar belajar juga agar terhindar dari hal yang sama (yang susah-susahnya)

    BalasHapus
  17. keren atas konsistensinya jne. kami tunggu kolaborasi di kota2 lain yaa.. di jawa timur sini juga banyak banget umkm yang butuh dukungan dari jne karena lumayan deras juga perputaran barangnya

    BalasHapus
  18. Memang harus jeli menangkap peluang ya bagi para pemilik UMKM gini. Salut loh, di saat pandemi bisa terus meningkatkan pendapatan melalui cara penjualan digital. JNE juga keren nih karena mendukung para UMKM.

    BalasHapus