JNE Ngajak Online UMKM di Sorong, Makin Mudah Berburu Pernak-Pernik Khas Papua

Beberapa waktu lalu, saya sempat menghadiri pameran Karya Kreatif Indonesia yang menghadirkan berbagai produk-produk kreatif karya UMKM di seluruh Indonesia. Saya tertarik mengunjungi booth pameran pernak-pernik khas Papua yang unik.

Tadinya, saya panik mau langsung kalap berburu pernak-pernik khas Papua mumpung lagi ada pameran, kalo gak ya entah kapan ada kesempatannya untuk travelling ke tanah Papua yang konon sangat eksotis. Untungnya, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UMKM lagi menggalakkan digitalisasi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Gak tanggung-tanggung, targetnya pada tahun 2024 ada 30 juta UMKM yang sudah go digital. 
oleh-oleh khas papua
Topi Adat Khas papua

Oleh-oleh Khas Papua Yang Ikonik

Pepatah lama berkata, tak kenal maka tak sayang. Jadi, yuk kita kenalan sama oleh-oleh khas Papua apa saja sih yang ikonik dan wajib diburu?
  1. Tas Noken, yaitu tas rajut khas Papua, ada yang berwarna-warni atau yang bernuansa tradisional lengkap dengan bulu-bulu. Buat kamu yang gayanya eksentrik, tas noken ini bisa jadi fashion item yang kece loh!
  2. Topi Bulu Papua, yaitu topi adat khas Papua yang biasa dikenakan masyarakat saat acara upacara adat. Kalo pake topi bulu ini, saya serasa jadi Ketua Suku deh 😄
  3. Kalung Gading, yaitu asesoris khas masyarakat Papua yang terbuat dari gading hewan dengan hiasan bulu, pas banget nih untuk melengkapi gaya fashion kamu!
  4. Tifa, yaitu alat musik perkusi khas Papua. Selain untuk dimainkan sebagai alat musik, tifa ini juga bisa jadi item interior ruangan yang unik loh.
  5. Mutiara Raja Ampat. Papua memang pantas diacungi jempol untuk keindahan alamnya yang ternyata memiliki produk mutiara yang indah. Buat para perempuan, wajib nih berburu mutiara ini untuk menambah koleksi asesoris perhiasanmu.
Btw, pernak-pernik mana nih yang menjadi inceranmu? Untungnya, berkat digitalisasi saya yang domisilinya di Jakarta jadi memiliki pernak-pernik khas tersebut tanpa harus pergi ke Papua loh! Karena kini produk-produk UMKM sudah banyak tersedia di marketplace. Dan, tahu gak sih kalo ternyata JNE tuh selama ini konsisten mendukung kemajuan UMKM di Indonesia loh. Salah satunya yaitu dukungan bagi pelaku UMKM di Sorong.
Cerita Owner Nami Craft Memanfaatkan Media Sosial Untuk Menggaet Konsumen

JNE Ngajak Online UMKM Kota Sorong

Kota Sorong menjadi kota ke-28 dalam rangkaian webinar JNE Ngajak Online 2022 - Goll...aborasi Bisnis Online. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 UMKM setempat dengan narasumber Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong, Ratna Sari selaku owner Nami Craft dan Teguh Hidayat Iskandar Alam selaku CMO Mooi Papua.

Mooi Papua menjadi inspirasi bagi para pelaku UMKM lainnya, karena omsetnya justru meningkat 280% atau 3 kali lipat justru di masa pandemi. Hal ini tentu saja berkat digitalisasi. Serta adanya perubahan perilaku konsumen di masa pandemi yang lebih memilih untuk belanja online.

Sementara Nami Craft berbagi tips bagaimana konten yang menarik bisa meningkatkan brand awareness yang tentu saja berujung pada meningkatnya penjualan. Bahkan salah satu daya tarik dan keunikan Nami Craft adalah pemilihan Korean Wrapping yang disukai konsumen.
JNE Sorong Membuat Banyak Program Untuk UMKM

Pada kesempatan ini, Branch Manager JNE Sorong Fredi Luhukay menyatakan komitmennya untuk terus memfasilitasi kemajuan UMKM dengan mengadakan berbagai program layanan bagi UMKM. Diantaranya promo cashback, program JLC (JNE Loyalty Card), gratis jemput paket tanpa minimal berat dan masih banyak program lainnya menjadi solusi pengiriman dan kemudahan bertransaksi digital.

Salut banget deh buat komitmen dan inisiatif berbagai program yang diadakan JNE untuk memajukan UMKM di Sorong. Nah, sekarang giliran kita nih mendukung kemajuan UMKM, yuk Bund check out belanjaan produk-produk UMKM Sorong di berbagai marketplace dan platform media sosial 😍

16 komentar

  1. Semoga UMKM di Sorong Papuan semakin maju karena JNE membantu memperluas pasar dan menjangkau pelanggan diseluruh Indonesia bahkan seluruh dunia ya. Mantap banget

    BalasHapus
  2. Baru tahu ini kalau Raja Ampat produk khasnya mutiara. Pasti unik nih. Mungkin berbeda dengan mutiara pulau Lombok. Kepo-in ah...

    BalasHapus
  3. Keren ya JNE yang memudahkan UMKM di Sorong Papua memenuhi kebutuhan konsumen dari luar pulau. Oleh-oleh Sorong bisa dipesan secara online dan menunggu kiriman di rumah dengan jasa pengiriman yg terpercaya.

    BalasHapus
  4. Seneng dengan dukungan JNE untuk UMKM Sorong Go Digital..
    Dengan begitu makin semangat lagi untuk para pelaku usaha agar bangkit dan berkembang

    BalasHapus
  5. Aku suka banget pernak-pernik etnik gini. Rasanya bisa tampil beda aja dari kebanyakan orang itu menyenangkan. Sekarang dapetin produk etnik UMKM dari berbagai daerah gak repot lagi harus ke pameran. Bisa beli online aja di marketplace.

    BalasHapus
  6. Nggak perlu jauh-jauh ke Sorong, jika butuh oleh-oleh khas Papua lagi ya. Cukup pesan online dan paket bisa tiba di rumah.

    BalasHapus
  7. Aku penasaran pengin punya tas noken sama mutiara raja ampat. Pernak pernik khas Papua emang bagus2. Senang sekarang sudah bisa go digital jadi jangkauannya pasarnya jadi lebih luas

    BalasHapus
  8. JNE selalu konsisten ya untuk mendukung semua, termasuk para UMKM di Sorong.
    dengan begini UMKM makin teredukasi dan bisa maju, go digital bukan sekadar mimpi lagi tapi udah bisa segera terwujud nih, salut doong buat JNE :)

    BalasHapus
  9. Keren ya JNE ini selalu memotivasi para UMKM agar upgrade skillnya dalam berjualan. Kali ini di Sorong. Semoga tambah terus daerah yang dibina.

    BalasHapus
  10. JNE Goll Aborasi bisnis tak terasa sudah sampai di Sorong ya. JNE bener2 mewujudkan komitmennya untuk mendukung pengusaha kecil dan mikro untuk terus berkembang dan membwa bisnisnya selangkah lebih maju melalui ranah digital.

    BalasHapus
  11. Udah sampai Sorong lagi ya... Pertama tahu ada acara ini digelar masih di seputar Jawa Barat.
    Alhamdulillah JNE ini beneran sangat peduli sesama. Seluruh Indonesia disambanginya. Semua diajak JNE untuk berdaya

    BalasHapus
  12. Sekarang makin mudah mendapatkan produk luar daerah karena adanya kolaborasi dari ekspedisi
    Apalagi jika memberikan potongan onkos kirim atau biaya tambahan lainnya
    Pembeli akan semakin bahagia

    BalasHapus
  13. Wishlist aku bisa beli tas noken. Pengen banget. Pengennya memang beli langsung saat ke Papua. Tapi nunggu waktu ke Papua juga belum tau kapan
    Untungnya sekarang UMKM juga mendukung penjualan secara digital dibantu juga dengan adanya JNE, jadi ga perlu nunggu waktu ke Papua dulu

    BalasHapus
  14. Ada banyak yang indah dari Sorong dan Papua yaa..
    Semoga dengan acara yang diselenggarakan rutin oleh JNE, maka semakin maju UMKM dan semakin berkembang dengan berkolaborasi.

    BalasHapus
  15. Umkm gini memang bagusnya disupport dengan ekpsedisi yang oke juga biar produk lokal makin terkenal dan tersebar ke seluruh indo..

    BalasHapus
  16. unik ya! mutiara raja ampat kira-kira lebih canggih dari biola orang luar.

    BalasHapus