SME Connect, Persembahan FWD Insurance Untuk Pelaku UMKM

Pandemi akhirnya berlalu walau pelan tapi pasti, namun tahukah kamu bahwa yang menopang perekonomian Indonesia selama ini adalah UMKM? Hal ini bisa terjadi karena perkembangan digital yang berkembang pesat di masa pandemi. Dimana para UMKM sudah mulai merambah dunia pemasaran digital dan berhasil bertahan saat dimana banyak pemilik usaha dan brand-brand besar bahkan harus menyerah terhadap tekanan ekonomi yang sangat berat. 

Faktanya, UMKM di Indonesia mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar dengan pertumbuhan dan jumlah yang terus bertambah tiap tahun. Hal tersebut sangat berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dari bersumber dari website Kementerian Keuangan RI, perkembangan UMKM tahun 2021 mencapai 64,2 juta unit usaha yang tersebar di berbagai sektor dengan potensi target pasar sebanyak 80.500 bisnis UMKM dengan jumlah 950.000 karyawan. 
Ada asuransi baru loh dari FWD Insurance buat pemilik UMKM
Saya sendiri tengah merintis bisnis event organizer yang melibatkan sahabat dan adik tercinta. Dengan memanfaatkan channel pemasaran secara digital, saya bahkan bisa memasarkan jasa retail berbagai pernak-pernik kebutuhan pesta ulang tahun melalui e-commerce. Kadang, memang terpikir sih untuk memberikan fasilitas asuransi bagi kedua partner bisnis saya, tapi apa daya ya saya merasa belum saatnya.

Hal itu pulalah yang seringkali menjadi mindset di kalangan pelaku UMKM yang kurang memperhatikan perencanaan keuangan terutama dari segi manajemen risikonya. Pemilik UMKM yang tengah mengembangkan ‘sayap’ seharusnya melindungi aset paling berharga yang dimiliki, yaitu karyawannya.

Sayangnya, tingkat literasi para pelaku UMKM tentang pentingnya asuransi memang masih minim. Tidak jarang yang beranggapan bahwa usahanya masih kecil sehingga belum membutuhkan asuransi. Atau seringkali juga yang beranggapan bahwa asuransi untuk karyawan itu mahal dan menambah beban finansial perusahaan.
Peluncuran SME Connect asuransi untuk pemilik UMKM dari FWD Insurance

FWD SME Connect Launch

Bertempat di Lucy In The Sky SCBD Jakarta Selatan, Direktur Utama FWD Insurance Anantharaman Sridharan meluncurkan platform digital SME Connect untuk para pelaku UMKM yang ingin memberikan perlindungan asuransi untuk karyawannya.

“Semua kegiatan berasuransi tersebut dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui fitur e-Friend lewat platform digital FWD MAX. SME Connect merupakan inisiatif kami untuk meningkatkan inklusi keuangan sebagai solusi dari pesatnya pertumbuhan UMKM di Indonesia. Kami paham betul bahwa karyawan adalah aset terbesar bagi sebuah bisnis dan platform SME Connect hadir untuk mempermudah proses berasuransi.” jelas Anantharaman Sridharan.

FWD Insurance berkomitmen untuk memperluas akses asuransi terhadap masyarakat, dengan mendukung mereka dalam mendapatkan perlindungan jiwa dan kesehatan sehingga mereka dapat terus bebaskan langkah. Hal ini sejalan dengan tema #FWDUnstoppable30 tahun ini, yang menunjukan kekuatan FWD Insurance yang unstoppable dalam mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi melalui produk dan pengalaman asuransi yang berbeda yang mudah dipahami, mudah dibeli, mudah proses klaimnya, mudah diakses, dan yang terpenting menyenangkan.

Terdapat 3 pilihan asuransi kumpulan untuk karyawan UMKM yang bisa dipilih oleh para pelaku UMKM melalui SME Connect yaitu;
  1. Bebas Hidup: asuransi yang memberikan perlindungan jiwa untuk karyawan.
  2. Bebas Karya: asuransi yang memberikan perlindungan jiwa karena kecelakaan untuk karyawan.
  3. Bebas Sehat: asuransi yang memberikan perlindungan kesehatan untuk karyawan dan keluarga.
Yang paling bikin bahagia adalah besaran premi minimalnya tuh hanya Rp 5.000.000/tahun dengan jumlah peserta minimal 3 hingga 10 orang. Wow! So, tunggu apalagi yuk segera unduh aplikasi FWD Max di smartphone-mu dan temukan pilihan asuransi SME Connect yang bisa bantu bebaskan langkah kita sebagai pelaku UMKM.

Tentang PT FWD Insurance Indonesia:

PT FWD Insurance Indonesia adalah perusahaan asuransi jiwa yang merupakan bagian dari FWD Group, memiliki visi mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. Berfokus pada kebutuhan nasabah, FWD Insurance menawarkan asuransi yang berbeda didukung oleh teknologi maju dan memiliki berbagai rangkaian produk, mencakup produk asuransi yang berkaitan dengan investasi, asuransi berjangka individu & kumpulan, asuransi kecelakaan diri individu & kumpulan, dan asuransi kesehatan kumpulan melalui jalur distribusi yang didukung teknologi terintegrasi termasuk keagenan, bancassurance, e-commerce dan korporasi.

No worries ya, FWD Insurance sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan serta merupakan anggota dari Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan. Untuk lebih lengkapnya bisa cek di Website FWD Insurance ya.
 



23 komentar

  1. Wah keren ya pelaku UKM semakin dijembatani dan pastinya bisa lebih berdaya dan produktif lagi

    BalasHapus
  2. Aku lagi mulai jualan lho, semoga bisa dikurasi masuk UKM.
    Baru nih dapat info tentang asuransi buat UKM, makasih ya Shyn.

    BalasHapus
  3. Ciiinn, sukses ya utk usaha EO nya. Semoga makin besar dan bisa melindungi stafnya dgn produk insurance yg sesuai😍

    BalasHapus
  4. wah keren banget FWD Insurance, tau banget kalo pelaku UMKM sangat membutuhkan asuransi
    Mayoritas pelaku UMKM gak bisa menyisihkan uangnya karena uang yang diterima hari ini digunakan untuk belanja esok hari
    sehingga sewaktu pandemi mereka terpaksa gulung tikar

    BalasHapus
  5. Keren deh FWD Insurance. Dengan melahirkan SME CONNECT, membuktikan bahwa mereka peduli akan UKM dan pengusaha rumahan yang modalnya masih pas-pasan tapi ingin memberikan perlindungan kesehatan bagi semua pegawai.

    Kantor suami juga menggunakan jasa FWD untuk asuransi pegawai. Layanannya cepat. Administrasinya gak usah nunggu lama. Jempolan pokoknya.

    BalasHapus
  6. Kayaknya bagus FWD Insurance bisa menjembatani para pelaku UMKM untuk mengelola keuangannya. Kebetulan saya ada rencana untuk jualan kuliner dari rumah sih, hehehee.

    BalasHapus
  7. Waah, lagi merintis bisnis EO ya kak.
    Keren ih...
    Smoga lancar dan semakin sukses ya kak

    BalasHapus
  8. UMKM adalah penyelamat Indonesia di kala pandemi lalu. Harus didukung oleh semua pihak, baik itu pemerintah, swasta maupun masyarakat selaku konsumen.
    Beruntung FWD insurance memberikan banyak manfaat untuk mendongkrak sektor UMKM secara finansial

    BalasHapus
  9. FWD insurance membantu merancang perlindungan di masa sekarang

    BalasHapus
  10. Keren nih FWD memeperhatikan kebutuhan asuransi untuk pelakun UMKM supaya karyawannya terlindungi. Ada 3 pilihan asuransinya ya mba, asuransi bebas hidup, bebas karya, bebas sehat. Lengkap dan premi per tahunnya cuma 5 juta aja? hemat nih

    BalasHapus
  11. Wah, keren para pelaku UMKM yang kini nggak bisa dipandang sebelah mata terlebih lagi sekarang bisa melakukan pemasaran digital, udah tanpa batas gitu. Apalagi FWD Insurance yang bisa memfasilitasi para pekerja kreatif UMKM dengan asuransi yang mudah didapatkan..

    BalasHapus
  12. Tiga pilihan proteksinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, karena kita butuh juga ya asuransi. Apalagi ini asiknya ada ijin OJK jadi lebih tenang.

    BalasHapus
  13. Sebagai salah satu tiang pokok penunjang kesejahteraan perekonomian negara, pelaku UMKM memang sudah seharusnya mendapatkan prioritas. Salut dengan upaya fwd. Semoga membangkitkan semangat pelaku usaha UMKM ya

    BalasHapus
  14. Baru tau kalau UMKM juga butuh asuransi. Semoga bisnisku semakin besar biar bisa pakai asuransi juga

    BalasHapus
  15. Preminya bersahabat bgt ya mbaaa
    Wah, para pegiat unmkm harus tau nih.
    Supaya makin ciamik jg kan performa nya

    BalasHapus
  16. Wah ak baru tau Mb Shynta punya bisnis EO semiga bisnisnya lancar ya. Btw salut banget sama FWD yang pro aktif mengedukasi UMKM ya mengenai pentingnga proteksi

    BalasHapus
  17. Angin segar nih buat pelaku UMKM. Jadi ga ragu lagi buat pelaku UMKM yang mau mengasuransikan pegawainya.

    BalasHapus
  18. Ternyata fokus dalam memiliki sebuah usaha itu gak hanya produknya yaa.. Tapi juga kenyamanan dan keamanan dari SDM yang merupakan aset terbesar. Bersama FWD SME Connect dari FWD Insurance, semua pengusaha bisa menjamin keuangan untuk dana-dana darurat yang dibutuhkan apalagi terkait resiko pekerjaan.

    BalasHapus
  19. FWD konsen nih terhadap UMKM jugan dengan adanya SME Connect ini apalagi preminya Juga terjangkau ya

    BalasHapus
  20. Emang kalau dipikir-pikir UMKM butuh sih asuransi. Secara UMKM pemasukannya tidak menetap, jadi harus punya asuransi. Beruntungnya FWD peduli yaa.

    BalasHapus
  21. Wah, asyik nih ada asuransi untuk para pelaku UMKM. Kayanya bakal membantu banget nih para pelaku usaha kecil agar bisa mengembangkan bisnisnya. Memang pandemi kemarin banyak pelaku UMKM yang mengalami merugikan bahkan ada yang sampai terhenti usahanya.

    BalasHapus
  22. FWD Insurance emang berani memberikan berbagai pelatihan, talkshow hingga edukasi sehingga masyarakat terbebas dari ga punya tabungan!

    BalasHapus
  23. Wah udara segar nih buat pemilik bisnis UMKM. Dibantu langsung sama FWD insurance

    BalasHapus