Melabuhkan Impian di Labuan Bajo Bersama Teman Hidup Traveloka

Saat rutinitas harian mulai membuat kita suntuk bin mumet, niscaya itu adalah pertanda bahwa sudah saatnya kita 'healing' kalau kata anak zaman now. Apalagi, sekarang sudah banyak pelonggaran aturan travelling dari pemerintah nih!

Setelah sekian lama 'puasa' travelling selama pandemi, akhirnya kini kita bisa kembali mengeksplor berbagai destinasi wisata impian. Gak usahlah jauh-jauh ke luar negeri dulu karena banyak hidden gems yang menjadi incaran para wisatawan mancanegara. 

Tahu gak sih, ternyata dengan travelling dan mengeksplor keindahan alam di negeri sendiri tuh artinya kita ikut membantu membangkitkan perekonomian pasca pandemi loh. Bahkan, organisasi pariwisata dunia (UNWTO) mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi dan mendorong kebangkitan pariwisata yang dampaknya luar biasa terhadap bangkitnya perekonomian dan terbukanya lapangan kerja melalui sektor pariwisata. Indonesia mendapatkan penghargaan karena berhasil mengembangkan desa wisata. Keren ya?  

Destinasi wisata impianku, say hello to Labuan Bajo
5 Destinasi Wisata Indonesia Yang Mendunia

Kalau dulu Indonesia hanya dikenal dengan destinasi wisata Balinya, sekarang kita punya banyak destinasi wisata yang ternyata menjadi pilihan para wisatawan mancanegara. Bahkan, pemerintah gencar mempromosikan 5 destinasi wisata super prioritas secara global. Yuk, kita simak satu per satu, apakah ada destinasi wisata impianmu?

1. Borobudur
Candi yang berlokasi di Magelang Jawa Tengah ini telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Gak heran, Borobudur menjadi magnet bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Saya sendiri sudah beberapa kali berkunjung ke Borobudur sejak zaman-zamannya study tour semasa sekolah dulu. Menariknya, Borobudur menjadi pusat peringatan Hari Raya Waisak bagi umat Buddha. Momen ini menjadi daya tarik tersendiri untuk disaksikan oleh para wisatawan.

2. Danau Toba
Destinasi wisata di Sumatera Utara ini menawarkan pesona keindahan alam yang luar biasa serta sajian yang khas bagi para pecinta kuliner nusantara. Konon, kalau berkunjung ke Danau Toba tak afdol rasanya kalau belum mencicipi sajian kuliner Arsik Ikan Mas. 

3. Likupang
Berlokasi di Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara, Likupang kini tengah menjadi primadona para wisatawan lokal maupun mancanegara. Beberapa spot yang wajib dikunjungi saat travelling ke sini adalah Pantai Pulisan, Pantai Paal dan Ekowisata Bahoi.

4. Mandalika
Berlokasi di Nusa Tenggara Barat, Mandalika telah menjadi magnet tersendiri karena menjadi tempat perhelatan ajang olahraga kelas dunia seperti Moto GP yang berlangsung pada Maret 2022 lalu. 

5. Labuan Bajo
Nusa Tenggara Timur memiliki salah satu destinasi super prioritas yang tengah naik daun, yaitu Labuan Bajo. Menawarkan keindahan alam yang tak kalah dengan destinasi luar negeri, Labuan Bajo juga telah dilengkapi dengan berbagai pilihan hotel yang mewah dengan fasilitas premium dan pemandangan yang indah.
Aturan perjalanan dalam negeri per September 2022

Travelling Wishlist ke Labuan Bajo 

Sebagai pecinta pantai, saya melabuhkan impian untuk travelling ke Labuan Bajo. Bahkan, untuk mewujudkannya saya kini rutin menyisihkan alokasi khusus dari gaji untuk tabungan jalan-jalan impian saya tersebut.  

Seriously, Labuan Bajo tuh sudah bikin saya jatuh hati bahkan walau baru sebatas melihat foto-fotonya saja loh. Keindahan panorama alamnya, terutama pantainya yang benar-benar membuat saya kepincut. Langsung kepikiran juga dong buat gaya OOTD travelling yang ciamik di sana nanti. Meng-halu aja dulu, travelling kemudian!

Salah satu hal yang bikin semangat kerja adalah melihat rencana itinerary yang sudah saya rancang sedemikian rupa agar stok foto yang instagramable, stok video kuliner dan stok ide artikel travelling untuk blog saya buanyaaaaaak! 😎 Jadi, pastinya itinerary saya akan fokus seputar spot wisata yang kece, kuliner yang unik dan enak serta pilihan hotel yang nyaman. Yes, it's all about beach, food and chill!

Spot Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Labuan Bajo

Biar imun tubuh tetap terjaga, kita memang butuh asupan vitamin sea deh hehehe. Nah, sekarang mari kita bahas spot wisata yang akan saya kunjungi kalo travelling ke Labuan Bajo. Asli, gak kalah deh sama destinasi wisata di luar negeri!
Spot wisata wajib di Labuan Bajo
Pink Beach
Warna pink dari pantai ini merupakan perpaduan pasir putih dengan serpihan cangkang dan berbagai spesies hewan invertebrata berwarna merah. Saya sih gak akan keberatan jika seharian hanya sekedar duduk manis berjemur di pinggir pantai sambil menyeruput segarnya es kelapa dan menikmati suara deburan ombak. Selain itu, kita juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti snorkeling dan diving.

Pulau Komodo
Penasaran kaya apa sih penampakan dinosaurus? Nah, kalau berkunjung ke pulau komodo kita bisa melihat spesies kadal purba terbesar di dunia yang masih hidup di muka bumi. Taman Nasional Komodo merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1980. Dilansir dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, ada sekitar 2.800 komodo yang hidup di kawasan seluas 173.000 Ha.

Pulau Rinca
Bagi yang menyukai petualangan trekking menyusuri rute yang menantang dengan pemandangan yang bagus, kamu wajib berkunjung ke Pulau Rinca. Lokasinya masih berdekatan dengan Pulau Komodo ya.

Pulau Padar
Untuk menikmati dan mengagumi keindahan pemandangan di pulau ini, kita harus menyusuri jalur trekking yang menantang dan melelahkan. Namun, semuanya akan terbayar lunas saat berada di puncak. Jangan lupa abadikan momennya ya dan berfoto dengan pose andalanmu.
3 alasan utama travelling ke Labuan Bajo

Kuliner Yang Wajib Dicicipi di Labuan Bajo

Travelling gak lengkap rasanya kalau belum berburu kuliner khas atau yang sedang kekinian. Duh, kalau lagi travelling sih saya prinsipnya amnesia sama yang namanya diet. Hah, apa itu diet? 😈

Warung Mama
Berlokasi di Jl. Soekarno Hatta Labuan Bajo, Warung Mama menawarkan kuliner khas Nusantara dan Asia. Buat kamu yang vegan, tersedia juga menu makanan khusus ya. Oh ya, banyak yang merekomendasikan untuk mencicipi rendangnya loh!

Atlantis On The Rock by Plataran
Buat pecinta area outdoor, kamu wajib berkunjung dan mencicipi kuliner di sini dengan kisaran harga Rp40.000 hingga Rp300.000. Untuk pilihan menu, kita bisa memilih berbagai hidangan seafood dengan sajian rasa internasional maupun nusantara. Lokasinya berada di Pantai Waecicu Labuan Bajo.

Carpenter Cafe and Roastery
Pecinta kopi, yuk mari melipir ke sini. Konon, kafe ini digadang-gadang sebagai tempat ngopi paling enak di Labuan Bajo. Kisaran harganya sekitar Rp25.000 hingga Rp50.000. Interior kafenya juga kece untuk foto-foto.

Hotel Yang Wajib Dicoba di Labuan Bajo

Nah, yang bikin bahagia selain pantai dan kuliner tuh ada #TemanHidupTraveloka yang bikin #StaycationJadi sehingga bisa mewujudkan travelling wishlist saya ke Labuan Bajo dengan berbagai pilihan booking hotel murah dan gak bikin kantong bolong. Check it out!
Hotel Loccal Collection
Hotel instagramable dengan gaya arsitektur ala Santorini di Yunani yang berlokasi di Jl. Raya Binongko ini menjadi wishlist hotel saya nomor 1 di Labuan Bajo. Setiap sudutnya sangat instagramable. Jangan lewatkan juga momen berenang di infinity pool dengan pemandangan pantai yang menakjubkan. Untuk kisaran harga berada di sekitar 1,4 jutaan hingga 9 jutaan.
Hotel Loccal Collection bernuansa Santorini (source: traveloka)
Ayana Komodo Waecicu Beach
Sudah tidak perlu diragukan lagi bukan resor grupnya Ayana? Pastinya nyaman dan mewah sesuai dengan harganya yang berkisar mulai dari 4,3 jutaan hingga 8 jutaan. Cocok untuk honeymoon dengan pemandangan lautan yang eksotis.
Sunset view di Ayana Komodo Resort (source: Traveloka)
Sudamala Resort Komodo
Langsung jatuh cinta dong sama tipe kamar Garden Suite di resor mewah ini. Bangun tidur langsung bisa menatap taman mini cantik di hadapan kita. So romantic! Dengan kisaran harga mulai dari Rp1,8 jutaan hingga Rp 6 jutaan, resor ini menjadi salah satu wishlist hotel favorit saya.
Sunbathing di Sudamala Resort (source: Traveloka)
Selain beach, food and chill, ada satu lagi nih wishlist itinerary travelling saya ke Labuan Bajo, yaitu mencoba berlayar  dan menikmati paket tur naik kapal Phinisi yang sedang kekinian. Nah, kalo kamu kemana sih wishlist travellingnya?

Yuk, #LihatDuniaLagi dan bikin #StaycationJadi dengan Traveloka! Langsung aja meluncur ke Traveloka lewat link ini: https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan

12 komentar

  1. Labuan Bajo memang destinasi wisata yang membahagiakan.
    Daku jadi ingin ke sana lagi, walau sih pas di Pulau Rinca ketemu Om komodo deg-degan luar biasa haha

    BalasHapus
  2. semoga wishlist travelling nya terwujud ya kak, emang Traveloka ga diragukan lagi deh buat teman travelling cari informasi semua hal tentang travelling

    BalasHapus
  3. Huhuhu.. dari 5 wisata Indonesia yang sudah mendunia, saya baru mengunjungi Borobudur, Mbak. Padahal kepengin juga 4 lainnya, termasuk Labuan Bajo.
    Dan dari foto-foto di sini, semakin mupeng ke sana. Apalagi wisata kulinernya juga enak-enak. Semoga saya bisa segera ke Labuan Bajo. Siapa tahu kita ketemuan di sana ya, Mbak hehehe. Aamin.

    BalasHapus
  4. akhirnya setelah sekian lama gak bisa traveling, sekarang saatnya angkat koper lagi. mau jauh dekat ayo aja yang penting beli tiket sama boking penginapan di Traveloka aja

    BalasHapus
  5. Labuan Bajo juga jadi salah satu impianku sihh <3 beneran indah dan ngga bohong kalau Indonesia dikatakan sebagai surga dunia yaa mbaa

    BalasHapus
  6. Labuan Bajo sih memang selalu menyimpan pesona dan keunikan tersendiri. Pengen lagi deh kesana, menikmati LoB dan di daratnya cobain hotel Loccal Collection yang lagi hitz ala Santorini

    BalasHapus
  7. Huaaaa destinasi impian banget ini Labuan Bajo
    Belum kesampaian pengen main ke sana. Dengar-dengar harga tiketnya bakalan dinaikin tinggi ya. Duh... semoga bisa ke sana sebelum menjadi wisata VIP

    BalasHapus
  8. Traveling ke Labuan Bajo ini impian banget nih, apalagi kalau perginya sama teman hidup. Sekarang mah jadi gampang ya kalau mau traveling, karena ada Traveloka

    BalasHapus
  9. lihat foto pemandangannya jadi ingin ke labuan bajo juga mas, Indonesia memang cantik ya dan saya masih sedikit saja yang baru terjelajah

    BalasHapus
  10. labuan bajo emang cantiikk pol deh mba.. aku juga kepengin ke sana karena belum pernah. tapi sekarang tiketnya jadi mahal buanget yak :(

    BalasHapus
  11. impian aku banget ke Labuan Bajo, selain ke Bali, sejauh ini baru liat-liat foto-foto di Instagram aja yang bikin mupeng hihi.

    BalasHapus
  12. Waah nginep di Hotel Loccal Collection serasa di Santorini ya. Jadi nggak usah jauh jauh ke Santorini yaa

    BalasHapus