Review Hotel Omah Lumbung di Yogyakarta

Dinas ke luar kota menjadi kesempatan saya untuk travelling tipis-tipis di beberapa kota tujuan wisata, salah satunya Yogyakarta. Saya menyempatkan diri untuk mengunjungi dan bernostalgia kembali ke Candi Borobudur dan berburu kuliner khas Yogyakarta. Menjadi seorang blogger, otak saya pun langsung travelling untuk membuat artikel saat saya jalan-jalan atau menemukan tempat baru yang seru. Rasanya tuh selalu ingin berbagi lewat tulisan, bahkan beberapa blogger menjadi narasumber literasi digital juga loh!

Kali ini, saya mencoba untuk bermalam di Omah Lumbung, sebuah hotel berkonsep resort dengan nuansa Bali. Akses menuju hotelnya memang agak lumayan jauh dari jalan utama, namun masih oke untuk mobil dan masih terjangkau juga oleh layanan aplikasi gojek/grab. Awalnya agak ragu dan pesimis, namun saat melihat area parkir dan lobby entrancenya saya cukup lega karena hotelnya cukup bagus.
Area Lounge dan Ambience Hotel Omah Lumbung

Dari lobby, kita akan disuguhkan pemandangan asri taman di area longue dan resto yang berada berdekatan dengan lobby dan deretan kamar bernuansa kayu serta jalan setapak pedestrian menuju area kolam renang. Dari area lobby saja sudah sangat instagramable loh!
Ambience kafe outdoor di lantai 2 Hotel Omah Lumbung
Memasuki area kamar, kita akan disajikan nuansa rumah kayu dengan atap yang unik. Plus, buat saya yang agak picky, kamar mandinya cukup okelah lumayan bersih, kasurnya juga empuk, beddingnya juga bersih. Overall, nyaman sih.
Suasana kamar yang unik dan nyaman

Untuk menu breakfast, standar lah ya, jangan berekspektasi menu buffet lengkap ala hotel tapi ya 😉 btw, terdapat area outdoor dan nongkrong juga di teras kafe lantai 2, cuma sayangnya kalau sudah sore menjelang malam kurang nyaman karena banyak serangga berseliweran. 
Kafe outdoor di lantai 2 dengan view kolam renang dan sawah
Untuk rate harga, hotel ini memiliki pilihan kamar twin mulai dari 500 ribuan. Saya memilih kamar deluxe double dengan harga sekitar 650 ribu rupiah. Saya memesan kamar melalui Traveloka dan hotel ini menerapkan sistem pembayaran saat Check-In. Namun, saya mendapat pesan Whatsapp dari pihak hotel dan saya pun membayar DP terlebih dahulu sebagai konfirmasi pemesanan kamarnya. 
Area kolam renang di Hotel Omah Lumbung
Mumpung di Yogyakarta, malamnya saya mencoba makan malam di The House of Raminten serta dan nongkrong cantik di Sakapatat Brew House & Resto. Lumayan lah ya, vibes suasana malam dan kuliner malam hari di Yogyakarta. 

Keesokan paginya, saya berburu kuliner otentik di Pasar Beringharjo yaitu Soto Pites Mbah Galak yang murah meriah dan nikmat menghangatkan badan di pagi hari yang dingin pasca hujan di malam hari sebelumnya.
Soto Pites Mbah Galak di Pasar Beringharjo
Yogyakarta adalah salah satu kota di Indonesia yang rasa-rasanya tak pernah habis untuk dieskplorasi mulai dari destinasi wisata, kuliner hingga kearifan lokalnya. Namun, sayangnya hal tersebut sedikit ternodai oleh aksi kriminal 'klitih' yang cukup marak mengganggu keamanan dan kenyamanan bersama. Semoga, segera ada tindakan tegas dari pemerintah daerah setempat! Apalagi untuk saya yang merupakan salah seorang blogger perempuan, rasanya jadi sedikit was-was jika akan jalan-jalan menikmati pesona Yogyakarta di malam hari.

18 komentar

  1. kalau baca kata-kata lumbung, pasti yang keinget adalah Lombok.
    karena hotel di lombok juga ada yang bernama Lumbung, dan mirip juga bangunannya seperti ini
    kesannya adem ya, unik juga. Noted siapa tau ntar ke Jogya bisa nginep sini juga

    BalasHapus
  2. Jogjkarta emang punya vide beda sendiri ya, sama halnya dengan Bandung (begitu kata teman saya yang dari jawa). btw harga kamarnya affrodable ya dengan fasilitas lumayan bagus loh itu. auto kebayang wkatu mba berburu kuliner otentik di Pasar Beringharjo, kayaknya gak afdol ya kalo ke jogya gak berburu kuliner otentik. sayang nya setiap ke jogja saya cuman hunting gudeg aja, wkwkwkwk. next nyobain soto Pites Mbah Galak juga ah.

    BalasHapus
  3. Whah Yogya memang selalu ngangenin buat dikunjungi, next kalau ke sana harus nyoba nginepnya di Omah Lumbung. Bentuknya unik banget dan kayanya nyaman ya suasana di sana

    BalasHapus
  4. Secara keseluruhan hotel omah lumbung keren ya, Mbak. Apalagi dengan nuansa alam yang keren. Hanya itu, kalau malam ada serangga, jadi mungkin bisa diantisipasi.
    Nah, soto pites mbah galak saya belum pernah. Padahal saya sudah sering ke Yogya hehehe. Next wajib coba nih.

    BalasHapus
  5. Untuk harga masih tergolong standar ya mbak untuk hotel yang nyaman dan Insagramable begini. Mayan nagi bagiku buat refreshing sekalian bikin konten. Hehehe..

    BalasHapus
  6. seru banget yaa, jalan jalan nya ke jogja tapi rasa bali hehe. arsitektur penginapannya juga lucu sihhhh, bisa traveling hemat tapi mevvah nih! iya ya klitih rame banget kemaren huhu

    BalasHapus
  7. Bagiku Yogyakarta adalah kota dengan sejuta kenangan. Saya sudah dua kali berkunjung ke Jogja dan rasanya selalu ingin datang dan datang lagi.

    Hotel omah Lumbung ini keren banget. Unik dan instagramable banget. Jadi pingin nginep di sini.

    BalasHapus
  8. Daku pernah jalan malam² di Yogya pas SMU Teh itu pun karena study tour hehe. Pastinya banyak perubahan yang bikin penasaran nih untuk bisa datang lagi ke Yogyakarta

    BalasHapus
  9. Bisa dicoba nih buat staycation buat keluarga. Apalagi kolo anak-anak ikut pasti bakal betah disini.

    BalasHapus
  10. Tempatnya kece ya. Atapnya melengkung gitu. Bisa banget buat healing atau kerja yang butuh ketenangan.

    BalasHapus
  11. boleh banget nih dimasukin dalam list kalau maen ke jogja. Apalagi bersinggungan dengan alam bakalan ngebuat pengalaman menginap bisa lebih seru. Boleh juga buat staycation bareng keluarga

    BalasHapus
  12. Menjelajahi Yogyakarta adalah salah satu impian saya. Selama ini belum pernah menginap di Hotel Yogyakarta. Next jika ada kesempatan ke Yogyakarta akan mencoba nginep di Hotel Omah Lumbung ini

    BalasHapus
  13. Bangunan hotelnya unik yah, instgramable.
    Btw, soal klitih ini juga bikin was-was. Dulu sih nyaman aja dolan ke Jogja sampai malam, tapi sekarang suka mikir dua kali kalau mau ke Jogja sampai malam.

    BalasHapus
  14. Wah bagus ya mbak hotelnya
    Ambiance nya unik
    Fasilitasnya juga lengkap
    Memang lumayan harganya
    Tapi pas buat segala fasilitasnya

    BalasHapus
  15. suasana hotelnya asyik y mbak..asri adem dan unik ya itu kaamr di design gitu hehehe... wah asyik mbak bisa travelling tipis2 melalui kerjaannya. aku juga pengen ke jogja nih.bisalah masuk referensi nih

    BalasHapus
  16. Di Malang ada juga mirip omah lumbung gini. Konsepnya glamping gitu yaaa. Seru bangettt.

    BalasHapus
  17. Langitnya saat berfoto memang sedang mendung sekali ya.. kak?
    Tampak sangat alami suasana pedesaan dengan menginap di Hotel Omah Lumbung di Yogyakarta.

    BalasHapus
  18. saya belum kesampaian menginap di hotel ini mba, belum ke Jogja lagi juga sih udah lama, wah wajib saya coba kalau ek Jogja

    BalasHapus