Review Lugua Cafe di Jakarta Selatan, Ngabuburit Seru Main Board Game!

Hello, gimana puasanya nih? Lancar ya insya Allah 😉 bulan puasa gini pastinya kita putar otak nih buat cari ide bermain seru ngabuburit alias mengisi waktu sembari menanti waktu berbuka puasa. Ada baiknya sih kita tetap beraktivitas walaupun sedang berpuasa, mulai dari olahraga ringan, hunting konten buat para content creator atau berbagi paket buka puasa di jalan maybe?

Sedikit nostalgia ke masa kecil nih, kalo saya dulu tuh suka banget ngabuburit  bersama adik main board game kalo istilah anak zaman now, seperti main monopoli, halma, ular tangga dan sejenisnya. Jadi, board game itu merupakan sebuah permainan yang menggunakan papan dari bahan kertas, kayu maupun plastik serta memiliki banyak komponen permainan seperti pion, kartu, dadu dan sebagainya serta melibatkan interaksi di antara para pemainnya. 

Suasana LUGUA Cafe, bisa main board game sepuasnya

Ternyata ya, sejarahnya board game ini tuh sudah ada sejak 5000 tahun lalu di Mesir. Sementara, di Indonesia mulai digemari sejak adanya ajang pameran board game internasional, Essen Spiel di Jerman tahun 2018 lalu. Hingga kini terdapat banyak sekali pilihan board game seru loh!

Suasana LUGUA Cafe di lantai bawah


Manfaat Bermain Board Game
Nah, di bulan puasa gini bermain board game bisa jadi aktivitas seru pas ngabuburit bareng teman atau keluarga kita loh. Dan ternyata, bermain board game ini banyak manfaatnya. Hitung-hitung detoks tipis-tipis dari gadget juga sih. Gak cuma baik untuk orang dewasa, bahkan untuk anak-anak juga ada manfaatnya loh main board game sekaligus  bisa jadi pilihan seru untuk membangun bonding bersama anak.

Pilihan board game di LUGUA Cafe

  1. Melatih Fokus. Setiap permainan board game memiliki peraturan main yang berbeda-beda, sehingga setiap pemain harus benar-benar fokus dan memikirkan strateginya masing-masing untuk memenangkan permainan.
  2. Melatih Kemampuan Intrapersonal. Ini dia nih kelebihannya board game dibanding gadget, jadi kita harus berinteraksi antar pemain sehingga kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi kita juga bisa meningkat. Buat kamu yang jomblo, contoh aja deh tuh Song Hye Kyo yang berhasil merebut perhatian ahjussi Sung Jung-Il di series The Glory pas pamer kelihaian bermain Go.
  3. Mengasah Kemampuan Kognitif dan Logika. Bermain board game itu membutuhkan strategi loh, kita juga perlu mengantisipasi langkah lawan untuk bisa menjadi pemenang. Hal ini tentunya akan mengasah kemampuan otak untuk berpikir logis dan analitik.
  4. Meningkatkan Kreativitas. Dengan bermain board game, kita akan dituntut untuk memecahkan masalah dan mencari solusi saat situasi tidak menguntungkan. Nah, dengan begini kita akan terlatih untuk berpikir kreatif dan melatih kita dalam menghadapi masalah. 
  5. Melatih Emosional. Dalam setiap permainan pasti ada saatnya menang dan ada saatnya kita harus berlapang dada menerima kekalahan. Bermain board game akan melatih kita secara emosional dan sportivitas mengakui kekalahan. Tapi juga akan memacu kita untuk belajar dari kesalahan sebelumnya. 

Tempat main board game di lantai atas

Ngabuburit Main Board Game di LUGUA Cafe
Suka main board game? Pas banget nih, saya mau kasih rekomendasi kafe di Jakarta Selatan yang seru buat ngabuburit bareng teman, keluarga dan orang-orang tersayang. Namanya Lugua Cafe yang berlokasi di Segitiga Social Hub, Jl. Gedung Hijau Raya No. 294 Pondok Pinang Kebayoran Lama Jakarta Selatan. 

Lokasi LUGUA Cafe di Jakarta Selatan

Kafenya estetik deh dengan nuansa kayu, tanaman hijau dan ornamen besi hitam, mulai dari pintu masuk kita akan langsung menuju kasir dan bisa memesan makanan atau minuman. Terdiri dari 2 lantai, lantai bawah untuk area makan dan nongkrong cantik, sementara lantai atas untuk makan/minum sambil bermain board game.

Area kasir untuk pesan makan, minum dan sewa board game

Pilihan minumannya beragam, mulai dari aneka teh dan kopi dengan kisaran harga 30-55 ribuan. Sementara untuk menu makanan, terdapat berbagai pilihan menu western Italian mulai dari appetizer, main course dan pasta sampai dengan dessert berkisar di harga 30-80 ribuan. 

Dori Baked Rice

Oh ya, untuk bisa bermain board game dikenakan charge seharga Rp50.000 per orang. Tenang, nanti mas-mas dan mba-mbanya akan kasih tau or kasih tutorial cara mainin board game pilihanmu kok. Dijamin seru dan bikin ngabuburitnya jadi gak berasa tau-tau udah waktunya berbuka puasa deh. 

Pesto Di Salsicca

Saya dan beberapa teman mencoba beberapa menu makanan dan minuman. Here's the review, teman-teman saya memesan pasta Pesto Di Silicca yaitu spaghetti dengan aroma daun basil dan potongan sosis ayam, Dori Baked Rice yang menurutku oke nih, creamy dan rasanya enak, saya sendiri pesan Potato Bash cuma jujurly secara looks dan taste agak kurang suka sih.

Potato Bash

Untuk menu minuman, pastinya kami memilih kopi, saya Iced Cappuccino dan teman saya memesan Milky Regal. Kopinya enak sih, buat saya yang biasanya minum kopi masih pakai gula, ini saya cukup oke bertahan gak pakai gula karena kopinya enak.

Milky Regal

 
Untuk area parkir, no worries ya luas, ini sih yang selalu jadi pertimbangan saya juga kalau mau nongkrong or nyobain spot kuliner baru. Dan banyak petugas yang siap bantuin kita parkir juga kok, jadi aman dan nyaman. Di area parkir juga ada kolam air mancur gitu dan terdapat beberapa kafe juga di area ini loh, tenang sebagai blogger lifestyle yang hobi jalan-jalan next ya saya cobain kafe lainnya. So, mau main board game apa nih guys?


21 komentar

  1. Pas baca Halma, Monopoli, ular tangga, termasuk Ludo, itu memang mainan wajib pas puasa ya, Mbak. Dan saya paling suka main Ludo, apalagi kalau mainnya berempat. Suka deg-degan kalau teman yang main, sudah ada yang finish. Paling gemas kalau sampai ditendang dan harus mengulang hahaha. Pastinya seru ya, bermain board game di Lugua Cafe. bermain board game sambil icip-icip makanan enak.

    BalasHapus
  2. unik banget namanya lugua cafe, cafe kamu dan saya. Asyik juga ya, healing sambil mengasah kreativitas dan ketangkasan. Pulang dari sini perut senang hati riang...hihi.

    BalasHapus
  3. Asyik banget ya, nongkrong di cafe bisa sekalian maen board game. Apalagi minuman belinya cuma 50ribu, jadi terjangkau banget. Terus parkir yang luas juga jadi point' plus

    BalasHapus
  4. seru banget bisa main board gameee. anw, ini cozy banget cafenya. di Surabaya juga ada kak dan baru kemarin aku cobain ke sana sama temen. ternyata seru juga ya ngabisin waktu main board game. maklum selama ini tahunya monopoli sama scrabble aja soalnya haha

    BalasHapus
  5. Bermain board game sembari ngabuburit di cafe yang aestetik dengan menu menarik dan tempat yang super nyaman tentunya membuat waktu menunggu berbuka terisi dengan sangat menyasikkan bersama orang-orang tersayang. Dicatet nih tempatnya, Lugua Cafe.

    BalasHapus
  6. Kebayang sih mampir ke sana bareng bestie cuma buat curcol sembari main board game aja gitu. Aku tergoda banget sama Milky Regal-nya. Pen bisa dikeluarin dari foto deh rasanya. *monmaap halu

    BalasHapus
  7. Board game tuh bagus untuk kebersamaan dan bersosialisasi sih menurutku. Seru lagi kalau ada yg menang atau kalah. Belajar bersikap sportif juga sih...

    BalasHapus
  8. Main board game bisa jadi ga kerasa nunggu makanan datang selagi disiapkan, pulang dari Lugua Cafe bisa jadi perutnya kenyang, puas main board game nya juga dapat, ya

    BalasHapus
  9. Jadi ingat masa kecil dengan semua permainan itu... Pasti betah apalagi ditemani makanan yang menggugah selera plus suasananya bikin betah. Hayu kapan kita ke sana seseruan aja

    BalasHapus
  10. Duh kayaknya enak banget inii makanannya bikin ngiler semuaa.
    ada gamenyaaa lagi, udahlah makin betah di sono lama2 wkwkwkwk

    BalasHapus
  11. Cafenya unik dan estetik bgt ya. Namanya juga unik Lugua, hehe. Seru bgt bisa main board game sepuasnya di cafe sambil menikmati makanan dan minumannya. Sebagai pecinta kopi yg manis juga, aku penasaran nih sama Milky Regalnya. Kayanya pas di lidah ya.

    BalasHapus
  12. Iya, luas banget Lugua Cafe di Jakarta Selatan ini yaa..
    Seneng banget bisa menghabiskan waktu dengan fokus sama temen, sahabat, relasi atau keluarga sambil main bareng.

    BalasHapus
  13. Nama cafenya lucu sekaaliii. LUGUA. Semoga jangan sampai end, yak :)) Tempatnya juga asyik dan nyaman. Bakal betah banget di situ.

    BalasHapus
  14. Wah ini ngabuburitnya berfaedah banget ya, karena game itu banyak juga manfaatnya bagi otak. Apalagi mainnya barengan banyak temen, seruuu...

    BalasHapus
  15. Interior kafenya enakeun banget. Terus ketambah ada fasilitas board game, pasti bakalan cocok untuk jd tempat nongkrong dan kumpul bareng temen2.

    Kafe tipe gini emang bakalan betah sih berlama-lama di sana. Terus itu fito Dori baked ricenya dan pastanya terlihat sangat menggoda. Enak dan creamy pasti. Yummy

    BalasHapus
  16. Makanan kafe serasa kayak di hotel bintang lima. Penataannya keren sih. Plus interiornya jg ciamik. Cocok bgt buat content creator yg haus foto2 buat feed IG. Hehe.

    Jd pgn jalan2 ke Jkt lagi dan main2 ke kafe lucu kayak gini. Sembari nongki atau nyelesaiin kerjaan. Asyik tuh.

    BalasHapus
  17. Wah ngabuburitnya jadi gak bakalan bosen sih ini.
    Tempatnya asik, menu hidangannya juga nikmat eh ada board game juga yang bisa dimainkan bareng

    BalasHapus
  18. Ngilerr jadi pengen mampir...next ajak.anak2 mampir kesini...Lagua Cafe semoga makin jaya. buat teman2 lain

    BalasHapus
  19. Mbaaa jujur aku baru tahu ada yang namanya board game. Yang dimainin di the Glory itu ternyata ya. Jadi penasaran pengen nyobain main di Lu gua cafe. Udah dapet serunya, kenyang pula sambil pesen makanan. Noted banget suatu hari mau ke situ

    BalasHapus
  20. Lugua Cafe ini konsepnya asik,berbeda dengan cafe pada umumnya. Setiap dekorasi di interiornya bikin betah nih. Btw, asik juga nih main boardgame, bikin menunggu pesanan tidak membosankan

    BalasHapus
  21. Wah asyik dong Lugua cafe ini kalau menyediakan board games. Bisa jadi ajang makan bareng tanpa gadget

    BalasHapus