Kalo Jadi Seo Dal Mi, Kamu Mau Pilih Nam Do San Atau Han Ji Pyeong?

Kalo kamu jadi Seo Dal-Mi, kamu mau pilih yang mana ya? Yang satu jenius IT di perusahaan start up yang akan booming. Sementara, yang satunya manajer senior dan investor handal di perusahaan funding besar.

Sebelumnya, yuk kenalan dulu yaa sama drakor on going yang lagi hits ini. Sejak menjatuhkan pilihan di Netflix untuk menonton drakor Start Up, saya sudah jatuh cinta. Dimulai dengan menghadirkan prolog yang unik, cerita tentang seorang remaja yang memenangkan kompetisi investasi.

review drama korea on going start up
Drakor Start-Up (source: instagram @tvndrama.official)
Karena luntang-lantung di jalan, Neneknya Seo Dal-Mi memberikannya izin untuk tinggal di toko. Sampai suatu ketika, si Nenek meminta bantuan si Anak Baik, panggilan khusus untuk remaja tersebut.

Si Nenek memintanya untuk menjadi teman pena Seo Dal-Mi yang saat itu baru saja kehilangan ayahnya dan ditinggal pergi Ibu dan kakaknya karena perceraian kedua orang tuanya.

Singkat cerita, Dal-Mi pun menjadi perempuan muda yang cantik dan enerjik. Ia bertekad untuk menemukan cinta pertamanya, si Anak Baik yang menemani masa remajanya. Takdir juga mempertemukan Dal-Mi dengan In-Jae, kakak sekaligus rivalnya dalam sebuah kompetisi bergengsi Sand Box untuk membangun perusahaan Start-Up.

Sand Box merupakan sebuah ajang bergengsi dimana para enterpreneur muda bersaing membangun perusahaan start up. Ternyata, Sand Box terinspirasi dari Ayah Dal-Mi dan In-Jae tentang anaknya yang pernah jatuh saat bermain ayunan. Siapa ya kira-kira sosok anak perempuan yang dijadikan logo Sand Box ini?

Seo Dal-Mi akhirnya berhasil menemukan sosok cinta pertamanya, ia adalah Nam Do-San. Dan mereka pun berkolaborasi membangun perusahaan start up bersama 3 orang tim lainnya.

Dan, seorang manajer senior di sebuah perusahaan besar pun menjadi mentor mereka. Please meet, Han Ji-Pyeong. Han Ji-Pyeong ini ternyata sangat dekat dengan neneknya Dal-Mi karena pernah memiliki hutang budi. 

review drama korea on going start up
Tim Samsan Tech (source: instagram @tvndrama.official)
Samsan Tech, perusahaan start up buatan Dal-Mi dan Do-San pun mengembangkan teknologi Artificial Intellegence yang dikolaborasikan dengan teknologi voice-processing technology yang dapat membantu para tuna netra. 

Seiring waktu, muncullah benih-benih cinta segitiga diantara Dal-Mi, Do-San dan Ji-Pyeong. Bahkan di episode 8, Dal-Mi pun merasa tulisan tangan Ji-Pyeong sama dengan tulisan tangan cinta pertamanya dulu. Jadi, siapa sih sebenarnya penulis surat itu?

Harap bersabar ya, kita sama-sama masih menanti episode selanjutnya. Akankah Nam Do-San mengungkapkan fakta yang sebenarnya? Lalu, siapa ya yang akan dipilih Dal-Mi, sosok Do-San cinta pertamanya di masa lalu atau sosok Do-San yang sekarang?

5 Alasan Drakor Start-Up Menjadi Viral

  • Tema Cerita Yang Unik, seputar industri high-tech di Korea dan tentang semangat anak-anak muda yang mewujudkan impiannya membangun perusahaan start up impiannya.
  • Inspiring, jenius sekali mengangkat tema start up dan industri high-tech yang memang sedang banyak berkembang di masa pandemi. Bisa menjadi inspirasi anak-anak muda yang sedang berjuang membangun start-upnya sendiri.
  • Pesona Nam Joo Hyuk dan Bae Suzy, menghadirkan aktor dan aktris muda yang sedang naik daun.
review drama korea on going start up
Nam Do San (source: instagram @tvndrama.official)
  • Sutradara dan Penulis Naskah Legendaris, kamu yang pernah nonton While You Were Sleeping, Pinocchio, Hotel Del Luna pastinya sudah familiar sama sutradara Oh Chong Wan dan penulis naskah Park Hye Run.
  • Second Lead Yang Menarik Penonton, penonton pun terbagi menjadi dua kubu, yaitu tim Nam Do-San (Nam Joo Hyuk) dengan tim Han Ji Pyeong (Kim Seun Ho). 

So far, setelah mengikuti drakor viral satu ini, saya pun jadi punya beberapa poin yang bisa kita ambil nilainya loh! Pertama, jangan bohong. Satu kebohongan pasti akan selalu diikuti oleh kebohongan lainnya. 

Kedua, jangan gengsi mengakui dan menyatakan perasaan. Kalo gak, keburu ditikung orang lain loh! Ketiga, wujudkan mimpi-mimpimu dan jangan biarkan siapapun menjatuhkannya! 

review drama korea on going start up
Han Ji Pyeong (source: instagram @tvndrama.official)
Jadi, coba deh kamu termasuk pendukung Do-San atau Ji-Pyeong nih? Saya termasuk pendukungnya oppa Ji-Pyeong, udah mapan, keren, pinter, baik lagi 💓 saranghaeyo Oppa.

38 komentar

  1. Semua orang sedang ngomongin drama ini, dan saya jadi pingin nonton jugaaa, tapi sayang masih menyelesaikan serial Turki Abad Kejayaan, haha..

    Samar-samar ide cerita ini memang unik, tentang start up loh, siapa yang gak kepo bagaimana anak muda ini menyelesaikan usaha yang dikembangkannya sekaligus menghadapi persaingan.

    BalasHapus
  2. Aku tim "yang penting HAN JI PYEONG nongol dalam durasi lamaaaa" biar emak2 puas lihat lesung pipinya qkqkqkqk

    Gapapa dah ntar siapa aja boleh berjodoh ama seodal mi. Yang penting Ji Pyeong nongol lamaaaaaa dan scene nya plis dibanyakin qkqkqk

    BalasHapus
  3. Baru nonton episode pertama dan langsung kecewa pas tahu kalau yg jadi aktor utamanya itu bukan Han Ji Pyeong tapi Nam Do Sang. Padahal baru awal episode aj saya udah langsung ngedikung Seo Dal Min dan Han Ji Pyeong eh tapi ini kan baru awal ya... belum tahu endingnya bakal sama siapa...

    BalasHapus
  4. Suka banget sama tema dan tone drama korea ini.... Cuma masih nunggu kelar aja deh buat nonton, hihihi.... Ga sanggup gelisah nonton on going hihihi

    BalasHapus
  5. Waaaah bagus ya temanya kekinian. Kebetulan anakku udah direkrut start-up yang baru berkembang. Bagus nih buat nyemangatin. Dia kadang nonton drakor juga, tapi nggak suka yg terlalu dramatis. Mungkin ini cocok ya karena ada hi-technya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sukses selalu untuk anak nya 😊
      Anaknya perempuan atau laki-laki ? Gak suka yang dramatis gitu ?

      Hapus
  6. emang lagi rame banget nih dimana-nama drakor start-up. mana baru episode 7 lagi gemes banget gak sabar buat episode selanjutnya. aku dengan jujur mengatakan aku timnya Han Ji Pyeong. pengennya tuh di 1 episode nyertiain dia aja lah hahaha.

    BalasHapus
  7. adudu dari drakor ini banyak value yang bisa kita ambil ya.. point dua aku banget deh hehe untuk ngga gengsi mengakui dan menyatakan perasaan.. paling sulit ngga ngungkapin karena terlalu ekspresif hehe.. menanti ulasan drakor berikutnya

    BalasHapus
  8. Cerita tentang remaja yang memenangkan kompetisi investasi ini kekinian banget sekaligus terpelajar dan menginspirasi. Kelima alasan yang Mbak Shynta tulis di atas itu menarik banget buat anak muda. Semoga banyak menggaet penggemar dari kalangan muda.

    BalasHapus
  9. Pilih Han Ji-Pyeong ah.. biasanya kalo dekat dengen nenek atau keluarga jadi orang yang bertanggung jawab, dan laki laki yang bertanggung jawab itu adalah lelaki sejati hehe dan biasanya pria seperti itu yang banyak dipilih oleh para wanita ahey

    BalasHapus
  10. ini yang lagi banyak dibahas di facebook kah mba? meskipun ngga ngikutin drakor tapi aku suka banget sama jalan cerita drama mereka, ngga ngebosenin dan sekali nonton kaya terbawa suasana gitu rasanya

    BalasHapus
  11. Kayaknya aku harus nonton filmny dulu buat bisa milih, hehe. Btw emang unik ya tema ceritanya, tentang hi-tech goitu. Kelihatan juga dari judulnya.

    BalasHapus
  12. Karena belum nonton Drakor Korea ini, aku gak bisa menentukan pilihan. Baru nonton dua Drakor, dan aku suka thriller gitu, Mba. Coba deh nanti lihat trailer nya Start up dulu. Temanya kayaknya unik juga ya, mengangkat pekerjaan kaum milenial

    BalasHapus
  13. Ini temanya unik banget kaka... saya belum nonton nih jadi engga bisa menentukan tim mana, aku tim hore aja deh hahaha...

    BalasHapus
  14. Aku pilih Han Ji Pyeong aja deh kak. Hahahaha.
    Sukaa banget sama dia, karakternya itu aku banget.
    Btw aku belum sampai selesai nonton ini, huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang belum selesai mba, ini baru sampe ep. 12 duh kentang deh nungguin minggu depan gak sabar hahahah

      Hapus
  15. Selama pandemi ini malah belum nonton drakor satu pun. Ternyata tahan juga saya haha. Btw jadi penasaran nonton drakor yang kalau dari awal saja sudah menarik kayak gini.

    BalasHapus
  16. Aku udah nonton Start Up juga. Lumayan menghibur sih. Tapi entah kenapa untuk kewirausahawan aku milih Itaewon mba :)

    BalasHapus
  17. Saat banyak orang pada antusias dengan tayangan ini saya malah baru tahu disini hehehe...
    Ampun, baca nama nya aja saya harus ngulang lagi ngulang lagi... Ga hafal sekali baca ini hehehe

    BalasHapus
  18. Aaaaak ini series lucuk bgt suka dan warna warni gituuuh :D ku belum sempet nonton sih tp sering kena spoiler di timeline hahaha. Kl aku sendiri suka sama temanya, penasaran kl versi korea dunia startupan kaya gmn

    BalasHapus
  19. Jadi pengen nonton drakor ini mbak soalnya bahasanya ringan apalagi ceritanya tentang cinta segitiga pasti lucu banget

    BalasHapus
  20. Bagus nih ya idenya, mengangkat tentang dunia start up ke dalam drakor. Padahal sebenarnya di Indonesia kompetisi start up gini udah berlangsung bertahun-tahun ya... kenapa di Indonesia ga bikin film seperti di Korea.

    BalasHapus
  21. Ahay, akhirnya ada review Kdrama ini. Tema cerita yang diusung bagus dan kekinian banget secara dunia startup selalu menarik untuk diikuti. Cuma aku gemes sangat, Ji Pyeong kenapa harus jadi second lead sih, hiks. Aku tak rela si ganteng berlesung pipit manis ini jadi kalah-kalahan mulu sama Do San.

    BalasHapus
  22. waaa sampe sekarang aku belum nonton donk drama korea yang lagi hits ini, pengen nonton tapi nanti ah kalo udah beres hehehe

    BalasHapus
  23. Lagi banyak dibahas ya. Tapi saya belum nonton. Mau nunggubtamat dulu biar ga baper nunggunya hehe

    BalasHapus
  24. Aku belum nonton drakor ini mbak jadi ga bisa ikutan pollingnya hahaha. Jadi pengen nonton drakor deh jadinya

    BalasHapus
  25. jadi pengen nonton drakor ini juga apalagi tema start up yang lagi tren buat generasi milenial dan generasi Z

    BalasHapus
  26. aku tim mana nih.... dua duanya cowok ya hehehe... diriku nikutin yang paling rame dipilih aja ya kak, soalnya ngga paham korea beneran hahaha takut salah

    BalasHapus
  27. Ini yang lagi rame jd pembicaraan penyka drakor ya, mulai ada tim mana tim mana hehe, krn aku gak nonton eh belum nonton jd msh gk tau kudu pilih siapa :D
    Tapi seru jg ya kyk makin jadi mengenal karakter org via drama kyk gini

    BalasHapus
  28. Aku agak kudet sama drama Korea dan suka keder sama namanya wkwk. Tapi lagi nonton di televisi yang dokter keturunan vampir itu. Cuma ya nontonnya bolong bolong sih karena ceritanya kurang mengikat

    BalasHapus
  29. Ya salam, aku berencana nonton start up ntar kalo episodnya udah tayang semua.. eh malah baca spoiler.. hammer jdnya kurang penasaran deh huft wkwk..

    BalasHapus
  30. Aku pilih Ji Pyeong sih karena lebih sreg aja gantengnya di aku wkwkwk... Aku juga ngikutin drakor ini tapi gak ngefans banget.

    BalasHapus
  31. whooaa drama ini memang lagi booming yaa sampai kepecah jadi 2 kubu. Tapi aku belum nonton nih, aku masih nunggu tamat dulu hahahhahaha

    BalasHapus
  32. Pertanyaanmu sulit dijawab kalau ga nonton sendiri Mbak. Hihihi.
    Kalau sekilas dari baca, saya pilih si anak baik saja deh. Biasanya lurus dan bisa dipercaya.

    BalasHapus
  33. Cerita drakor dengan tema seperti ini, dapat dikatakan up to date ya karena startup di masa ini sudah banyak yang mengenal

    BalasHapus
  34. Aku gak tahu pilih yang mana hehe. Karena untuk drakor masih meraba-raba belum banyak nonton. Baru 1-2 saja yang kutonton dan gak tuntas juga

    BalasHapus
  35. Nggak mau jawab akh. Kudu nonton dulu. Pun asli belum pernah nonton drakor. Makasih infonya kak

    BalasHapus
  36. Banyak yg merekomendasikan drama ini, tapi aku belum ada niatan buat nonton. Kayaknya aku harus nonton dalam waktu dekat nih. Eh tapi, aku mau nunggu tamat dulu deh biar gak capek nunggu tiap minggu🤭

    BalasHapus