Tips Masak ala Restoran Berbintang Pakai House Kari ala Jepang

いらっしゃいませ(dibaca: irasshaimase). Pecinta makanan Jepang pasti familiar dengan sapaan selamat datang khas para waiter saat kita memasuki restoran Jepang. Coba absen dulu yuk, kamu suka makanan Jepang apa aja sih? Sushi? Takoyaki? Katsu? Okonomiyaki? Kari? Wait, kari? Ternyata kari juga merupakan salah makanan yang populer di Jepang loh!
 
Pada tahun 1913 seiring dengan semakin maraknya pengaruh dunia Barat menjadi momentum juga di industri makanan di Jepang. Ditandai dengan 3 makanan Barat yang populer di masyarakat Jepang kala itu, yaitu  croquette, tonkatsu dan kari.

Kala itu Seisuke Urakami, pendahulu House Foods Group, mulai menjual bubuk kari dalam botol kepada pelanggan. Ini adalah cikal bakal pertama hadirnya budaya kari House Group. House Foods merupakan sebuah perusahaan produsen makanan ternama yang menguasai pangsa pasar penjualan Kari Jepang di Jepang yang membawa House Kari ala Jepang ke Indonesia sejak 2016 melalui House & Vox Indonesia.
steak-saus-kari-ala-jepang
Steak with Saus House Kari ala Jepang

House Kari ala Jepang 

PT House & Vox Indonesia menghadirkan House Kari ala Jepang, bumbu saus padat berbentuk blok (Kari Roux) yang gurih, tidak perlu menambahkan garam atau penyedap rasa lainnya karena sudah memiliki cita rasa kari jepang yang enak dan mild. Alhamdulillah, produk Kari ala Jepang ini sudah bersertifikasi Halal dari LPPOM MUI.
 
House Kari ala Jepang tersedia dalam kemasan 935 gr dan 300 gr serta tersedia dalam varian rasa Original dan Spicy. Awalnya produk dengan kemasan 935 gr diperuntukkan bagi target market Horeca (hotel, restoran dan cafe). Namun, seiring waktu sejak tahun 2020 House & Vox Indonesia meluncurkan kemasan 300 gr untuk pangsa pasar ibu-ibu rumah tangga. Tidak hanya dipasarkan di Indonesia, produk ini juga sudah beredar di beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Brunei dan Dubai.

Keistimewaan House Kari ala Jepang yaitu tidak mengandung santan dan dengan rasa karinya yang mild bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Good newsnya, produk ini sudah bisa didapatkan di beberapa supermarket di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Makassar dan Manado, serta beberapa situs belanja online di Indonesia.
Cooking Demo House Kari ala Jepang bersama Chef Theo
Pada 22 Januari lalu, aku berkesempatan untuk mengikuti Cooking Demo bersama Chef Theo bertempat di Almond Zucchini Cooking Studio di Jakarta Selatan. Aku beserta para peserta lainnya ditantang untuk men-duplicate dish dari Chef Theodorus Setyo. Gak tanggung-tanggung, kami cuma dikasih waktu 15 menit aja loh! Deg! Jantung serasa mau copot, serasa ikutan kompetisi masak ala Masterchef nih 😅
 
Memang koentjinya adalah di House Kari ala Jepang! Setelah melihat cooking demo dari Chef Theo, kami pun berlomba-lomba untuk menyelesaikan tantangan membuat Steak with Saus Kari ala Jepang. Saat itu, aku berpartner dengan mba Nunik, dan kami pun berbagi tugas. Mulai dari membuat croquette,  sauce Kari ala Jepang, memasak steak hingga menata hasil masakan kami.  

Tips Masak House Kari ala Jepang Dari Chef Theo

Selama cooking demo, Chef Theo banyak memberikan beberapa tips masak ala Chef loh! Jadi, kita ibu-ibu rumah tangga juga bisa masak makanan ala resto, dijamin jadi chef kesayangan keluarga di rumah. Apalagi, bikin kreasi masakannya pakai House Kari ala Jepang. Pastinya makin oishii!
  1. Kalau mau merebus kentang sebaiknya tidak digabung dengan sayuran lainnya. Karena kentang bisa merusak cita rasa sayuran lainnya.
  2. Satu blok House Kari ala Jepang cukup dicairkan dengan 300 ml air diatas api kecil.
  3. Agar croquette renyah, lumuri 2 kali dengan telur, tepung terigu dan tepung panir (breadcrumb).
  4. Untuk garnish, kita bisa membumbui tomat cherry dan baby carrot dengan garam, lada dan dilumuri madu. Baru dimasukkan ke oven atau di-blow torch.
  5. Daging steak cukup dibumbui dengan garam dan lada sebelum dimasak, karena saus Kari ala Jepang sudah mempunya cita rasa yang lezat.

Resep Ala Resto Pakai House Kari ala Jepang

Aku punya oleh-oleh loh dari acara Cooking Demo House of Heritages by House Kari ala Jepang. Resep makanan ala resto bintang lima dengan saus House Kari ala Jepang yang lezat, yaitu Steak with Saus Kari ala Jepang.
 
Bahan-bahannya:
  • Daging steak 200-250 gram
  • Air 300 ml
  • Kentang 2 buah
  • Zuchhini 1 buah
  • Broccoli 1 buah
  • Wortel 1 buah
  • Daun sawi 2 lembar
  • Bawang bombay 1/2 siung
  • Bawang merah 2 siung
  • Bawang putih 1 siung
  • Cabe rawit 2 buah
  • Daun jeruk 2 lembah
  • Batang serai 1 buah
  • Telur 1 buah
  • Tepung terigu
  • Tepung panir
resep-masakan-house-kari-ala-jepang
Masakan ala resto berbintang pakai House Kari ala Jepang

Cara membuatnya:
  1. Bumbui daging steak dengan garam dan lada secukupnya. Diamkan sejenak.
  2. Potong dadu-dadu zuchhini, broccoli dan wortel lalu rebus hingga matang. Tiriskan.
  3. Potong kentang tipis-tipis lalu rebus hingga matang. Lalu, hancurkan dengan menggunakan garpu hingga teksturnya lembut. Bentuk bulat-bulat, lalu celupkan di telur, tepung terigu dan tepung panir. Lalu goreng croquette hingga kuning keemasan.
  4. Tumis bawang merah, bawang putih, serai dan daun jeruk hingga harum, lalu tambahkan air 300 ml untuk mencairkan 1 blok House Kari ala Jepang hingga mengental.
  5. Tumis bawang bombay dan potongan zucchini, broccoli dan wortel hingga harum. Susun tumisan sayur di atas lembaran daun sawi dan bungkus serta masukkan dalam cetakan hingga berbentuk bulat. 
  6. Masak steak dengan api sedang hingga tingkat kematangan sesuai selera.
  7. Susun croquette, sayuran, saus House Kari ala Jepang dan steak di piring. Bon appetit!
Mudah sekali kan, bikin masakan ala resto berbintang dengan House Kari ala Jepang! Selamat berkreasi ya, nextnya aku mau coba bikin Omelet Kari dan Nasi Kari Chicken Katsu ah. 🍛

36 komentar

  1. kalau sudah ada bumbunya begini pasti lebih baik hehehehe. mempersiapka bahan tak terlalu lama tinggal disiapkan dengan bumbu. Aman deh

    BalasHapus
  2. Wah, saya baru tau nih, Mbak, kalau merebus kentang jangan bersama sayuran lainnya, akan akan merusak cita ras sayuran lain. Dan ini karinya sudah nendang benar ya. Tidak perlu ditambah apa-apa lagi. Memudahkan sekali. Tidak hanya buat Ibu rumah tangga, tapi juga anak kost.

    BalasHapus
  3. Selalu penasaran sama kari jepang yg kalau dilihat di komik2 itu ada apelnya segala hihi, jadi pengen cobain bikin juga nih

    BalasHapus
  4. Kari ala Jepang memang enak, dan Sesuatu banget memang Teh ikutan duplicate dish nya Chef Theo, dan daku nge-blank dong wkwkwk.

    BalasHapus
  5. ihhh kok enakk sih bisa cooking challenge langsung sama chef nyaa nih, resepnya menarik nih buat dicoba, kayanya sabi lah hihi, okee otw recook ahhhh :))

    BalasHapus
  6. Gimana ya rasanya kari jepang apa ky indonesia ada santannya gitu

    BalasHapus
  7. Duuuh, dari foto masakannya aja udah kayak hasil chef terkenal mba
    Jadi ngiler deh pengen makan eh bikin juga masakan pake Kari House ini

    BalasHapus
  8. Fotonya cakep mbak. Jadi pingin incip. Cuma klo porsiku kayaknya kudu nambah nih. Haha
    By the way jadi pingin masak pake kari house juga nih

    BalasHapus
  9. Membuat masakan khas Jepang pakai bumbu House Kari ini emang enak mbak
    Aku sudah pernah coba masak di rumah

    BalasHapus
  10. Bumbu House Kari ini praktis banget ya kak. Tinggal tambah bahan2 yang dibutuhkan, beres deh.Apalagi dibantu ama chef Theo waktu itu, duh aku jadi pgn ikutan cooking demonya deh. Pasti seru dan penasaran dgn hasil akhir dr masakannya.

    BalasHapus
  11. Kalau ngomongin Kari Jepang, selalu ngiler. Udah sejak rajin baca manga dan nonton anime, wishlist kalau ke Jepang ya makan nasi karinya, otentik banget rasanya. Ah jadi pengen coba bikin aaah

    BalasHapus
  12. Sebagai pecinta kuliner Jepang, aku kudu cobain bumbu praktis yang lezat, House Kari.
    Btw, terimakasih kak...sudah menuliskan tips memasak croquette.
    Aku sesungguhnya suka melihat orang masak, tapi disuruh masak sendiri, wah...gugupnya luar biasa.

    Tapi dengan menggunakan Bumbu House Kari, masak kari seenak bikinan chef.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak Lencin. Saya juga suka sama makanan Jepang. Langsung penasaran rasanya seperti apa, nih Bumbu House Kari-nya. Pastinya enak, sih. Langsung pengen bungkus bawa pulang, hehehe.

      Hapus
  13. ini seru banget masak-masaknyaaa :) jadi praktis anti gagal ya kalau udah ada bumbunya gini sih hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi untuk pas lombanya bikin deg-degan mbak haha.
      Dan iya, asik ini karinya simple bikinnya

      Hapus
  14. Aku juga suka makanan jepang, yap Ramen dengan kuah kari yang paling favorit. Karena suka pedas, aku suka kuah karinya dengan rasa pedas.

    BalasHapus
  15. wuaaah... terima kasih resepnya bisa dicoba nih. Anakku suka sekali makan steak, beberapa kali bikin sendiri dan penasaran sama resep2 yang beum di coba..

    BalasHapus
  16. Huaaa... makasih ya resep dan cara buatnya. Mudah dan bahannya bisa didapatkan. Yang penting kan ala resto sehingga makin semangat makannya. Kan jarang-jarang...

    BalasHapus
  17. Dengan house kali ala jepang ini, masak kari jadi lebih gampang dan tentunya pasti enak yaaaa.. hihi. Buibu emang cinta banget sama sesuatu yang memudahkan kaya bumbu kari ala jepang iniii

    BalasHapus
  18. enak yaa mba kalau udah belajar masak gini, bisa dipraktekin lagi kalau udah di rumah.. jadi orang rumah bisa ikut ngerasain gimana lezatnyaa rasa kari ala jepang

    BalasHapus
  19. Masakan Jepang selalu menggoda mata kita euy. Aku punya adik ipar yang suka banget sama masakan Jepang. Apalagi dia juga pernah study dan magang ke Jepang.

    BalasHapus
  20. Sepertinya ketrampilan membuat masakan Jepang akan semakin menarik belajar pada pakarnya, melalui tulisan ini saya mendapatkannya

    BalasHapus
  21. Hai kak ini Dennise.Praktis banget ya masak dengan House Kari ala Jepang,bumbu tersedia tinggal mengolah bahan yang ada.Jujur,masakan Jepang itu bagiku susah dipraktekan karena terbentur dengan bumbunya yang banyak jenis

    BalasHapus
  22. Tidak mengandung santan? Low cholesterol dong... Jadi tertarik nih.. Cucok buat saya. House kari ala jepang memang layak dicoba...
    Makasih resepnya ya kak...

    BalasHapus
  23. baca judulnya udah langsung ngeces deh saya

    karena saya suka banget kari, dan baru tau kalo merebus kentang sebaiknya tidak digabung dengan sayuran lainnya

    pantesan selama ini kari buatan saya gak enak dan kepaksa beli deh

    BalasHapus
  24. Beda kari Jepang dengan kari Indonesia apa ya? Hebat Jepang setiap ada perubahan didunia bisa menyesuaikannya tanpa meninggalkan budaya jepang, termasuk dibidang makananya

    BalasHapus
  25. Wah, tq nih tipsnya, bisa saya coba di rumah Masak ala Restoran Berbintang Pakai House Kari ala Jepang, pasti enak hehe

    BalasHapus
  26. kari adalah salah satu masakan kesukaanku nih. Jadi pengen coba buat juga di rumah deh, kayaknya cara buatnya gak terlalu susah

    BalasHapus
  27. Benar-benar bakal membantu ibu rumah tangga macam saya ni, yang pengen makan enak tetapi malas bikin bumbu. Tinggal pake house kari ala jepang aja.

    BalasHapus
  28. Jalan ninja bu ibu ini mah, masak di rumah rasa restoran bintang lima.

    BalasHapus
  29. Baru tahu kalau kentang gak boleh direbus bareng sayuran yang lain. Cus dicatat dulu. BTW, anak-anakku nih senang banget semua masakan dengan bumbu kari. Ayam, daging, telor, seafood. Kayaknya doyan segalanya kalau dicampur kari. Nanti cobain House Kari ini ah. Prosesnya gampang pulak.

    BalasHapus
  30. Jadi pengen buat house kari juga nih d rumah. Klo udah ada bumbu jadi , masak lebih praktis dan cepat, yg udah kelaperan bisa cepat menikmatinya

    BalasHapus
  31. Bahagia sekali saya baca ini, mamak-mamak yang skill masaknya agak-agak jadi dapat angin segar :D
    Dengan bantuan House Kari bisa bikin kari dengan rasa mewah di rumah. Langsung cobalah..
    Makasih resepnya Mba :)

    BalasHapus
  32. Beberapa kali baca review House Kari ala Jepang ini, tapi belum pernah nyobain. Duh makin penasaran ingni nyobain bikin di rumah.

    BalasHapus
  33. Bumbu House Kari ala Jepang memang enak banget. Cocok juga buat yang suka kari, tapi gak tahan sama baunya. Ini baunya lebih soft. Udah gitu cara bikinnya praktis karena rouxnya udah berasa

    BalasHapus
  34. Belajar masak langsung sama pakarnya pasti beda ya mba, aku pernah ikut event di Almond Zuchhini juga dulu.

    Btw platingannya cantik banget mbak, udah kaya kontestan master chef.

    BalasHapus