Cukup Pakai Handphone, Ini Caraku Memberdayakan UMKM

Aku tuh bahagia deh kalo jalanan sudah macet lagi. Buatku, itu artinya perekonomian mulai pulih kembali. Ternyata, salah satu kunci penting pemulihan ekonomi Indonesia adalah dengan mendorong bangkitnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 
 
Tau gak sih, ternyata Indonesia termasuk 10 negara terbesar dengan pertumbuhan e-commerce sebesar 78 persen dan berada di peringkat ke-1. Sementara Meksiko berada di peringkat kedua, dengan nilai pertumbuhan 59 persen. Berarti aku termasuk salah satu dari 78% pengguna e-commerce yang sekarang mulai diramaikan oleh produk-produk UMKM.
 
Online shopping adalah jalan ninjaku memberdayakan UMKM
Sejak program Bangga Buatan Indonesia diluncurkan hingga akhir Juni 2021, gerakan ini telah berhasil menambah 6,5 juta unit UMKM sehingga total pelaku UMKM yang sudah onboarding sekitar 14,5 juta unit UMKM yang masuk dalam ekosistem digital.
 
Sekarang ini, sudah banyak sekali pelaku UMKM yang melek digital dan memanfaatkan e-commerce untuk memasarkan produknya. Terlebih lagi, ada promo-promo yang menarik konsumen setiap beberapa waktu sekali.

JNE Meraih Penghargaan Brand Pemberdaya UKM

Sebagai konsumen setia, aku juga rajin mantengin e-commerce setiap ada promo shopping untuk berburu produk-produk UMKM. Kalo udah kaya gini, aku pastinya pilih JNE dong sudah terpercaya sebagai perusahaan logistik ternama di Indonesia.

Aku dan JNE punya satu kesamaan loh, yaitu kami sama-sama suka memberdayakan UMKM. Ada kabar baik nih, JNE baru saja mendapatkan penghargaan Brand Pemberdaya UKM dari Briefer - IGICO Advisory dan Rumah Perubahan pada 11 Maret lalu. Penghargaan ini diberikan oleh Prof Rhenald Khasali, Founder Rumah Perubahan kepada Presiden Direktur JNE, M. Feriadi Soeprapto.  
 
“Brand Pemberdaya UKM” ini merupakan sebuah penghargaan yang didedikasikan khusus bagi perusahaan dari berbagai kategori hingga pemerintah daerah yang aktif dalam berkontribusi, mendukung dan memberdayakan UKM agar dapat menopang langsung ekosistem UKM demi kebangkitan ekonomi Indonesia. JNE salah satunya!  
JNE mendapat penghargaan Brand Pemberdaya UKM
JNE melaksanakan berbagai program seperti edukasi digital marketing dalam roadshow webinar JNE Ngajak Online di seluruh Indonesia. Selain itu, JNE juga aktif menggencarkan kolaborasi program bersama UKM lokal dan brand artisan ternama untuk meningkatkan daya saing dan daya jual agar UKM naik kelas.
 
UKM Fulfillment Center juga dikembangkan oleh JNE untuk mendorong kemajuan bisnis pelaku usaha terutama UKM, dengan menyediakan berbagai fasilitas warehousing, order fulfillment, technology development, shipping management dan delivery, menjadi solusi lengkap untuk para UKM lokal. 

Dukungan Layanan JNE Untuk UMKM

Pelaku UMKM sangat terbantu dengan layanan JNE untuk mengirimkan berbagai produk mereka. Berbagai paket dan dokumen dengan tujuan dalam negeri dilayani melalui lebih dari 1,500 titik layanan eksklusif dari penjemputan hingga pengantaran yang tersebar di seluruh Indonesia.
 
Layanan COD JNE
Layanan yang memudahkan pembeli dengan memberikan cara pembayaran tunai saat kirim paket/dokumen sudah diterima.  

Promo HARBOKIR
Promo yang sudah dijalankan sejak 2016 ini memanjakan para pelanggan dengan memberikan bebas ongkir di seluruh Indonesia.
 
Layanan Super Speed
Layanan JNE yang memastikan paket/dokumen sampai sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan oleh konsumen.
 
Layanan PESONA
Siapa yang suka kaya aku suka tetiba pengen makanan atau oleh-oleh khas dari daerah tertentu. Aku tuh lagi pengen banget deh makan Pie Susu khas Bali dan Kripik Pisang Goroho ala Manado. Nah, layanan PESONA (Pesan Oleh-oleh Nusantara) dari JNE ini nih solusinya!
 
YES (Yakin Esok Sampai)
Layanan ini ditujukan bagi pelanggan yang ingin paket/dokumennya sampai di tujuan keesokan harinya, termasuk di hari Minggu dan hari libur nasional.
 
OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)
Layanan untuk pengiriman paket/dokumen ke seluruh Indonesia dengan harga ongkos kirim yang lebih ekonomis, namun waktu pengirimannya lebih lama tergantung zona daerah tujuan pengiriman.
 
Reguler
Layanan pengiriman paket/dokumen ke seluruh wilayah Indonesia, dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman 1-7 hari kerja, tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman.
 
JNE Loyalty Card
Program keanggotaan yang ditujukan kepada pelanggan setia JNE yang memberikan berbagai reward dan hadiah yang menarik. Ayo, sudah daftar JNE Loyalty Card belum?
 
JNE Pick-up Point (PIPO)
Layanan ini memberikan alternatif pelanggan dalam proses penerimaan kiriman. Dengan JNE PIPO, pengirim dan penerima dapat memilih cara penyampaian kiriman dengan cara diambil sendiri di cabang JNE terdekat yang mempunyai layanan PIPO.
 
JNE @BOX 
JNE @BOX adalah layanan pengemasan kiriman sesuai persyaratan pengiriman udara. JNE @BOX menggunakan bubblepack wrapping sehingga memungkinkan untuk pengiriman barang pecah belah atau perangkat elektronik.
 
Nah, kalo sudah banyak pilihan layanan pengiriman paket/dokumen dari JNE gini, tugas kita tinggal check out keranjang belanjaan di e-commerce kesayangan. Ayo, sudahkah kamu memberdayakan UMKM hari ini? 👀

17 komentar

  1. JNE sudah terpercaya untuk jadi partner logistik untuk UMKM yang ingin mnegembangkan pasar. Beneran menjembatani pengusaha dengan pelanggan. Maju terus JNE

    BalasHapus
  2. selamat ya atas penghargaan yang diraih oleh JNE. selama ini aq juga sering pakai JNE kalo lagi kirim2 dan terima barang dan emang pelayanannya jempolan

    BalasHapus
  3. zaman now, faktor pendukung UMKM adalah penjualan online ya, Mbak. Makanya harus endapat dukungan pengiriman barang atau paket yang cepat. JNE keren nih, membantu UMKM Indonesia termasuk selama masa pandemi. Wajar sekali kalau JNE meraih penghargaan membantu memberdaya UMKM Indonesia.

    BalasHapus
  4. Program JNE sangat bagus untuk perkembangan UMKM ,apalagi memang kontribusinya besar dalam mendukung dan memajukan perekonomian juga

    BalasHapus
  5. Gampang banget ya kak utk memberdayakan UMKM kita. Cukup beli barang/jasa mereka. Kalo lokasinya jauh, bisa pake jasa kurir, khususnya JNE. Di situlah ekonomi akan berputar. Ekonomi negara juga bertumbuh. Sama-sama diuntungkan tuh.

    BalasHapus
  6. JNE ini adalah salah satu perusahaan logistik yang menginspirasi, dimana-mana beritanya sangat positif.

    BalasHapus
  7. Aku dong hobi beli-beli di marketplace segala barang. *tutup muka
    Salut dgn JNE karena banyak program yg ditujukan utk UMKM. Klo UMKM bertumbuh, JNE juga ikut mengalami pertumbuhan.

    BalasHapus
  8. Bener banget, JNE termasuk salah satu layanan pengiriman yang cukup lengkap fiturnya dan jangkauannya juga se-Indonesia. Makanya tinggal dipilih, layanan mana yang akan digunakan.

    BalasHapus
  9. pilihan layanan antar jemput pengiriman produk UMKM dari JNE lengkap banget yaa, bisa dipilih-ilih sesuai kebutuhan UMKM nya jadi menyenangkan UMKM dan konsumen, really connecting the dots and happiness

    BalasHapus
  10. berkat adanya jasa pengiriman seperti JNE, kita bisa beli barang buatan UMKM khususnya meskipun berbeda daerah apalagi beda pulau

    BalasHapus
  11. halo kak,
    yakin nih bahagia kalau macet? aku sih ogah, hihihi. JNE selamat yaaa dapet pernghargaan kece nih. JNE emang perusahaan logistik favoritku sih. mereka profesional, kantornya rapih, pelayanannya super ramah dan harga terjangkau. selama aku kirim paket buat usaha online ku gak pernah ada masalah. lancar jaya.

    BalasHapus
  12. JNE jadi salah satu perusahaan ekspedisi terbaik dan terpercaya di Indonesia, udah punya banyak counter cabang juga, jadi ngirim paket lebih mudah untuk pelaku UMKM

    BalasHapus
  13. Keren banget emang JNE ini, nyaris di setiap sudut kota ada JNE yang nemenin UMKM lebih maju dan lebih mendunia

    BalasHapus
  14. Wow JNE keren...
    Aku boleh ikutan bangga dong, sebagai pengguna setia JNE yang membeli produk UMKM melalui e-commerce hihihi

    BalasHapus
  15. mantap ya JNE, makin-makin. walau ada gempuran ekspedisi yang meninggi tetapi tetap eksis dan berprestasi.

    BalasHapus
  16. Yang bikin aku betah sama JNE itu adalah karena layanannya variatif. Jadinya bisa menyesuaikan kebutuhan.

    BalasHapus
  17. Saya sering pakai jne tapii nggak semua dicoba hehe

    BalasHapus